Jurnal Artefak
Vol 5, No 2 (2018): September

ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH ISU KONTROVERSIAL DI SMA (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Banyumas)

Saefudin, Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk, memaparkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sejarah isu-isu kontroversial yang ada di SMA Negeri 1 Banyumas. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Banyumas yang menggunakan bentuk penelitian kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus tunggal. Sumber data terdiri atas informan (guru-guru sejarah dan peserta didik), tempat dan peristiwa (aktivitas pembelajaran isu kontroversial dikelas), dokumen dan arsip (silabus, RPP, promes, prota, dll). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi langsung, dan pengkajian dokumen dan arsip (content analysis). Untuk teknik cuplikan (sampling) menggunakan purposive sampling dan time sampling. Validitas data menggunakan triangulasi data, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Sedangkan analisis data menggunakan analisis interaktif dengan tiga tahapan analisis yang terjadi secara bersamaan, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi yang berinteraksi dengan pengumpulan data secara bersiklus/berkesinambungan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: dalam menyusun perencanaan pembelajaran, guru membuat perangkat pembelajaran secara mandiri, tetapi tidak terlepas dari contoh yang telah dibuat secara top down dari pemerintah; dan pelaksanaan pembelajaran sejarah isu-isu yang masih kontroversial masih berjalan setengah hati karena konsep yang dipegang oleh guru masih berada dalam tahap refleksi dan lemah dalam tahap aktualisasi, sehingga pembelajaran menjadi out of context.Kata Kunci: pembelajaran sejarah, sejarah isu-isu kontroversial, SMAThis research has a purpose to, explain and implementation learning performing plannings controversial issue issue histories that is at SMA Negeri 1 Banyumas. This research is done at SMA Negeri 1 Banyumas who utilizes to form kualitatif's research with cases study observational strategy single. Data source comprise of informan (history and participant teacher is taught), temp at and scene (controversial issue learning activity is brazed), document and archives (syllabus, RPP, promissory note, prota, etc.). Data collecting tech utilize visceral interview tech, direct observation, and pengkajian is document and archives (content analysis). For cuplikan's tech (sampling) utilize purposive is sampling and time is sampling. Data validity utilize data triangulation, cognitive triangulation, researcher triangulation and method triangulation. Meanwhile analisis is data utilizes analisis interactive with three happening analisis step concurrently, namely data reduction, data representation, and simpulan's pull verifies that gets interaction with ala data collecting gets cycle continual. Observational result already been done points out that: deep arrange learning plannings, teacher making independent ala learning peripheral, but don't despite example already being made by ala top down of government; and history learning performings issue issue that still controversial still heart half walking because concept which held by teacher is still lie deep reflection phase and namby pamby in actualization phase, so learning becomes out of context.Keywords: history learning, controversial issue history, SMA

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

artefak

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ARTEPAK, diterbitkan olah Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh. Jurnal ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan profesi guru IPS, kajian Sejarah Lokal & Nasional, Kebudayaan, dan ...