JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia
Vol 10 No 1 (2019): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia

ANALISA GENDER DAN PENTINGNYA KONDISI PSYCHOLOGICAL WELLBEING BURUH DI TEMPAT KERJA (Penelitian pada Buruh Tekstil di Indonesia)

Widya Nandini (Universitas Indonesia)
Sari Wahyuni (Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2019

Abstract

Era globalisasi mendorong kompetisi di berbagai sektor semakin ketat. Salah satunya adalah sektor tekstil. Pendapatan ekspor Indonesia tertinggi berasal dari tekstil. Sehingga penelitian ini akan mengkaji beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja buruh tekstil di Indonesia. Penelitian ini akan membahas mengenai pentingnya iklim psikologis di pabrik seperti dukungan supervisor dan kondisi job insecurity terhadap psychological wellbeing pekerja. Penelitian ini juga mengkaji lagi pengaruh dari kondisi psychological wellbeing terhadap kepuasan kerja dan kesehatan fisik. Dua kondisi ini merupakan faktor penting yang mempengaruhi kinerja buruh ditempat kerja. Penelitian ini menggunakan data dari Survei Better Work Indonesia di tahun 2012 dan 2015. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pada 1017 buruh di 84 pabrik tekstil di Indonesia. Hasil menunjukkan pengaruh yang signifikan dari dukungan supervisor dan job insecurity pekerja terhadap psychological wellbeing. Penelitian iji juga menemukan bahwa kondisi psikologis pekerja mempengaruhi secara signifikan terhadap kepuasan kerja dan kesehatan fisik. Penelitian ini menyoroti aspek pentingnya mengelola kondisi psikologis pekerja dalam rangka mendorong dan mengoptimalkan kinerja. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa gender memoderasi secara signifikan pengaruh antara kondisi psikologis dan kesehatan fisik buruh.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jrmsi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia: JRMSI published since 2010. Registred with code of E-ISSN 2301-8313. JRMSI contains article related to the field of management, including financial management, marketing management, human resource management, strategic management, operations management, and ...