Jurnal Pendidikan Anak
Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Anak

KEMAMPUAN BERCERITA ANAK PRASEKOLAH (5-6 TAHUN)

Revina Rizqiyani (Unknown)
Nur Azizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengetahuan tentang perkembangan bahasa anak prasekolah terutama dalam kemampuan bercerita. Penelitian ini melibatkan 60 anak yang terdiri dari 32 anak laki-laki dan 28 anak perempuan yang berkisar usia 5-6 tahun dan terdapat 4 guru. Metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain control group pretest-posttet. Data deskriptive kualitatif didapat dari wawancara guru. Data kuantitatif didapat dari lembar observasi kemampuan bercerita. Anak-anak melakukan kegiatan bercerita menggunakan wordless picture book untuk kelompok eksperimen dan buku bergambar yang terdapat teksnya untuk kelompok kontrol. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan wordless picture book lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan bercerita pada anak prasekolah dibandingkan buku cerita pada umumnya. Anak-anak lebih mahir dalam pilihan kata dan gestur melalui gambar yang dilihat. Kata Kunci: wordless picture book, prasekolah, kemampuan bercerita

Copyrights © 2018