JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 3 No. 1 (2019): April 2019

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIS DI SMK SWASTA MUHAMMADIYAH PASIR PENYU

Natal, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2019

Abstract

Permasalahan klasik dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru adalah guru masih menjadi pusat perhatian; guru tidak memakai media pembelajaran; guru tidak melakukan inovasi dalam pembelajaran. Permasalahan klasik tersebut harus segera dibenahi agar proses pembelajaran menjadi lebih menarik. Salah satu cara membenahi permasalahan tersebut adalah guru mengikuti kegiatan pendampingan dan bimbingan sebelum pelaksanaan supervisi klinis dilakukan. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui seberapa efektif pelaksanaan supervisi akademis mampu meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran di SMK Swasta Muhammadiyah Pasir penyu. Penelitian tindakan sekolah ini mengambil setting di SMK Swasta Muhammadiyah Pasir Penyu dengan jumlah subjek penelitian 11 guru. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan melalui 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu digunakan terhadap data yang diperoleh dari pengamatan guru selama berlangsungnya pembelajaran dan selama mengikuti supervisi Akademis. Hasil penelitian tindakan ini adalah: 1) supervisi akademis meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran di SMK Swasta Muhammadiyah Pasir Penyu sebesar 10,28 poin dalam kategori baik

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...