Abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis saintifik. (2) Mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis saintifik dan (3) Melihat respon positif siswa terhadap penggunaan bahan ajar berbasis saintifik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi peneltian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VIII MTs Al-Ma’sum Malausma. Adapun sampelnya adalah kelas VIII B dan kelas VIII C. Analisis data dilakukan dengan menguji validitas, reliabilitas, daya pembeda, indeks kesukaran, dan uji analisis dengan menggunakan uji t dan analisis regresi. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan bahan ajar berbasis saintifik lebih baik secara signifikan pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol yang menggunakan bahan ajar biasa dan terdapat pengaruh positif penggunaan bahan ajar saintifik terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Kata kunci: Pemahaman Matematis, Bahan Ajar Berbasis saintifik.
Copyrights © 2018