Jurnal Jalan Jembatan
Vol 12 No 3 (1995)

HASIL PENELITIAN PENDAULUAN PENGARUH PENAMBAHAN SYNTETIC RUBBER (POLYMER) TERHADAP KETAHANAN ASPAL PEN 60 DAN 80 TEEREHADAP SUHU (Pi) DAN PELAPUKAN (AGING INDEX)

suroso, Tjijik Wasiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Pembangunan jalan di indonesia makin lama makin meningkat sehingga penggunaan aspal serta pemeliharaan makin meningkat pula. Pada perkerasan jalan dengan lalu lintas padat dan berat, sehingga terjadi Rutting, Cracking, serta terjadinya pelapukan aspal. Oleh karena itu perlu dicari bahan tambah aspal yang dapat memberikan hasil yang lebih baik dan waktu pelayanan yang lebih lama sehingga dapat menghemat dana untuk rehabilitasi. Suatu bahan polymer/Syntetic Rubber dapat digunakan sebagai bahan tambah terhadap aspal karena dapat meningkatkan ketahanan terhada suhu, menurunkan index pelapukan. Bahan ini mempunyai struktur yang berupa ikatan menyilang sehingga dapat menahan penguapan fraksi minyak dalam aspal. Hal ini terlihat dari hasil penentuan aging index aspal setelah ditambah polymer, sehingga diharapkan aspal + polymer ini pada perkerrasan jalan akan dapat lebih tahan teradap oksidasi serta tahan terhadap lalu-lintas berta dari pada aspal biasa. Dari hasil penelitian secara laboratorium dan analisa data penambahan Syntetic Rubber (polymer) sebesar 3% dalam aspal akan menaikan ketahanan aspal pen 60 terehadap suhu dan menurunkan aging index. Sedangkan pada aspal pen 80 penambahan 3% Syntetic Rubber (polymer) menaikan kepekaan teradap suhu (Pi).

Copyrights © 1995






Journal Info

Abbrev

jurnaljembatan

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Jurnal Jalan-Jembatan adalah wadah informasi bidang Jalan dan Jembatan berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait yang meliputi Bidang Bahan dan Perkerasan Jalan, Geoteknik Jalan, Transportasi dan Teknik Lalu-Lintas serta Lingkungan Jalan, Jembatan dan Bangunan ...