SIGMA
Vol 4, No 1 (2018): SIGMA

PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN DAYA NALAR MAHASISWA MELALUI PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR DAN DISKUSI MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP

Lilis Mariyatul Fitriyah (STKIP PGRI Sumenep)
Nur Fitriyah Indraswari (STKIP PGRI Sumenep)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2018

Abstract

Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengembangan koneksi matematis dan daya nalar mahasiswa melalui pemberian tugas terstruktur dan diskusi menggunakan aplikasi WhatsApp. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Analisis data menggunakan uji t sampel berpasangan. Selain itu, digunakan juga indeks gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pemberian tugas terstruktur dan diskusi menggunakan aplikasi WhatsApp efektif mengembangkan kemampuan koneksi matematis dan daya nalar mahasiswa. Indeks gain menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematis dalam kategori sedang dan daya nalar mahasiswa dalam kategori rendah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal_sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal SIGMA diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura Pamekasan. Artikel yang dimuat meliputi tulisan tentang pembelajaran baik SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi dalam bentuk: Temuan Penelitian, pembelajaran bidang studi ...