B-Dent, Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah
Volume 5, Nomor 2, Desember 2018

PERBEDAAN KEKASARAN PERMUKAAN RESIN AKRILIK YANG DIRENDAM DALAM LARUTAN SODIUM HIPOKLORIT DAN EKSTRAK JAMUR ENDOFIT ASPERGILLUS SP (AKAR RHIZOPHORA MUCRONATA)

Okmes Fadriyanti (Bagian Prostodonti Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah)
Fennisa Irza Putri (Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah)
Leny Sang Surya (Bagian Pedodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2019

Abstract

Penggunaan resin akrilik polimerisasi panas masih menjadi pilihan sebagai basis gigi tiruan lepasan, merupakan bagian yang berkontak dengan mukosa mulut. Salah satu sifat fisis dari bahan ini yang perlu diperhatikan adalah kekasaran permukaan, yang dapat mempengaruhi secara langsung terhadap retensi bakteri dan jamur terutama Candida albicans. Pencegahan Candida albicans pada resin akrilik dengan menambahkan bahan antijamur dalam larutan pembersih gigi tiruan. Jamur endofit Aspergillus sp yang berasal dari akar Rhizophora mucronata, berpotensi sebagai bahan antijamur. Tujuan penelitian untuk mengetahui efek ekstrak jamur endofit Aspergillus sp terhadap kekasaran permukaan resin akrilik polimerisasi panas. Rancangan penelitian menggunakan post-test only control group design. Sampel lempeng resin akrilik polimerisasi panas dengan ukuran 65 mm x 10 mm x 2,5 mm yang direndam selama 6 hari dalam larutan sodium hipoklorit 1% ekstrak dan jamur endofit Aspergillus sp, dan di uji menggunakan independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan kekasaran permukaan resin akrilik dalam larutan ekstrak jamur endofit Aspergillus sp meningkat dibandingkan dengan sodium hipoklorit, dengan rerata kekasaran permukaan perendaman resin akrilik terendah pada kelompok larutan sodium hipoklorit dan tertinggi pada kelompok ekstrak jamur endofit Aspergillus sp (akar Rhizophora mucronata) (p>0,05).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bdent

Publisher

Subject

Dentistry

Description

Jurnal B-Dent (JBD) adalah jurnal kedokteran gigi yang mempublikasikan karya tulis ilmiah (berupa penelitian, laporan kasus dan tinjauan pustaka) yang berhubungan dengan seluruh bidang ilmu kedokteran gigi. Jurnal ini diterbitkan oleh Universitas Baiturrahmah, Padang, Sumatera Barat dan dikelola ...