Journal of Aquaculture and Fish Health
Vol. 8 No. 1 (2019): JAFH Vol. 8 No. 1 Februari 2019

APLIKASI TEKNOLOGI INDUCE SPAWNING UNTUK MEMPERCEPAT PEMIJAHAN IKAN LELE PADA MITRA PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT

Akhmad Taufiq Mukti (Department of Fish Health Management and Aquaculture, Faculty of Fisheries and Marine, Universitas Airlangga, Indonesia)
Ahmad Shofy Mubarak (Departemen Kelautan, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga, Surabaya 60115)
Endang Tri Wahyurini (Fakultas Pertanian, Universitas Islam Madura, Pamekasan, Madura)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2019

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah mengenalkan aplikasi teknologi induce spawning untuk mempercepat pemijahan ikan lele di masyarakat. Metode kegiatan adalah penyuluhan dan diskusi, pelatihan, praktek dan demoplot serta pendampingan berkelanjutan. Kelompok mitra PKM adalah Kampong Lele di Desa Pakamban Laok, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang diberikan adalah teknologi induce spawning (TIS) untuk pemijahan ikan lele. Semangat dan motivasi kelompok mitra sangat tinggi dan antusias dalam menerima pengetahuan dan mengaplikasikan teknologi yang diberikan. TIS dapat mempercepat proses kematangan gonad dan pemijahan induk ikan lele dengan fekunditas dan penetasan lebih tinggi daripada pemijahan alami.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JAFH

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

The Journal of Aquaculture And Fish Health (JAFH) has an objective to publish and provide high-quality scientific contributions to the field of fisheries. These contributions came from innovative researches that encourage science and technology development in the field of fisheries and marine ...