Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 10, No 1 (2019): April 2019

Penggunaan Alat Peraga Gerak Proyektil terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa SMA

Zukhal Laila (Universitas PGRI Semarang)
Duwi Nuvitalia (Universitas PGRI Semarang)
Ernawati Saptaningrum (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
02 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran fisika menggunakan alat peraga gerak proyektil terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas X MIA MA Keterampilan Al Irsyad Gajah. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan bentuk desain Pretest Posttest Control Group Desain. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2018/2019 semester gasal. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA MA Keterampilan Al Irsyad Gajah. Sampel penelitian menggunakan dua kelas yaitu X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 1 sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data yaitu dengan subjektif tes berjumlah 4 soal uraian dan non tes berupa penilaian lembar praktikum. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pembelajaran fisika menggunakan alat peraga gerak proyektil terhadap kemampuan berpikir analitis siswa X MIA 2 MA Keterampilan Al Irsyad Gajah. Hal itu sesuai dengan perhitungan uji t dengan thitung > ttabel (9,593 > 2,042) dan uji t Independent samples test memperoleh nilai yang signifikan yaitu dengan sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 serta memunculkan hasil standar deviasi 7,57. Hasil uji gain dengan rata-rata 0,74 kategori tinggi juga mendukung hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran fisika menggunakan alat peraga gerak proyektil terhadap kemampuan berpikir analitis siswa X MIA MA Keterampilan Al Irsyad Gajah.Kata Kunci: Alat Peraga Gerak Proyektil, Kemampuan Berpikir Analitis, Gerak Parabola

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...