Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 10, No 1 (2019): April 2019

Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Fisika Terapan

Umamah, Chairatul (Unknown)
Andi, Herman Jufri (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model project based learning (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran fisika terapan. Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Fisika Universitas Islam Madura. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Desain yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas, kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing kelas 22 peserta didik. parameter penelitian yang diukur meliputi keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang meliputi aspek: berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil dan berpikir elaborasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan bantuan program SPSS 22.0 For windows. Hasil analisis data dengan menggunakan uji-T (hipotesis). Dari hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan berfikir kritis peserta didik pada matakuliah Fisika Terapan. Hasil ini dapat ditunjukkan bahwa kelas Eksperimen memiliki pencapaian keterampilan berpikir kreatif yang secara signifikan lebih tinggi dari kelas kontrol.Kata Kunci: Project Based Learning, Keterampilan Berpikir Kreatif, Fisika Terapan..

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...