Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 10, No 1 (2019): April 2019

Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik yang Diajarkan Menggunakan Model Pembelajaran Prediction, Observation And Explaination (POE) dan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

siti umrah (IAIN PALANKA RAYA)
Suhartono Suhartono (Program Studi Tadris (Pendidikan) Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan(FTIK), IAIN Palangka Raya)
Hadma Yuliani (Program Studi Tadris (Pendidikan) Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan(FTIK), IAIN Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
02 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran POE dan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi elastisitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didikĀ  menggunakan model pembelajaran POE dan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Serta terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran POE dan model pembelajaran inkuiri terbimbing.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...