Nursing News : Jurnal Ilmiah Keperawatan
Vol 3, No 2 (2018): Nursing News : Jurnal Ilmiah Keperawatan

HUBUNGAN KEPRIBADIAN GURU DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BHANI AHMAD TLOGO INDAH KELURAHAN TLOGOMAS

Maria Dappa Kambu (Unknown)
Swito Prastiwi (Unknown)
Yanti Rosdiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2018

Abstract

Bahasa adalah sarana dalam menyampaikan suatu gagasan perasan kepada orang lain. Kemampuan berbahasa anak usia TK sangat bergantung dari stimulan yang diberikan. Kepribadian guru sangat mempengaruhi pemberian stimulasi pada anak melalui metode pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepribadian guru dengan perkembangan kemampuan bicara dan bahasa anak usia 4 - 5 tahun di TK Bhani Ahmad Tlogo Indah, Kelurahan Tlogomas, Kota Malang. Desain penelitian mengunakan desain korelasi. Populasi dalam penelitian siswa di TK Bhani Ahmad sebanyak 24 orang anak dan sampel penelitian menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan observasi. Metode analisa data yang digunakan yaitu uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan kepribadian guru, sebagian besar yaitu sebanyak 17 anak (70,83%) menilai bahwa guru dikategorikan memiliki kepribadian baik, perkembangan kemampuan bahasa anak, sebagian besar yaitu sebanyak 17 anak (70,83%) dikategorikan baik, serta uji Chi-Square didapatkan p value = 0,009 < α (0,05) yang berarti data dinyatakan signifikan dan H1 diterima. Artinya ada hubungan antara kepribadian guru dengan perkembangan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Bhani Ahmad Tlogo Indah, Kelurahan Tlogomas, Kota Malang. Dengan demikian guru tidak hanya dituntut untuk mengutamakan teori dan metode yang digunakan dalam mengajar, akan tetapi perlu memperhatikan dan meningkatkan kepribadiannya dalam mendidik sehingga memberikan kemajuan dalam perkembangan kemampuan bahasa anak. ABSTRACT Language is a means to convey a notion of juice to others. Language skills of children preschool age is very dependent on the stimulant given. The teacher's personality greatly affect stimulation in children through learning methods. The purpose of this study was to determine the relationship between the personality of the teacher with the development of speech and language skills of children aged 4-5 years in kindergarten Bhani Ahmad Tlogo Beautiful, Village Tlogomas, Malang. The study design using the correlation design. The population in this study students in kindergarten Bhani Ahmad as many as 24 children and a sample using a total sampling. Data collection techniques used are questionnaires and observation. Data analysis method used is Chi-square test using SPSS. The results showed the teacher's personality, most of which as many as 17 children (70.83%) assess that their teachers be categorized as having a good personality, the development of children's language abilities, most of which as many as 17 children (70.83%) categorized as good, and Chi -Square obtained p value = 0.009

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

fikes

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Nursing News : Jurnal Ilmiah Keperawatan ISSN 2527-9823(online) adalah jurnal berkala empat bulanan (April, Agustus, Desember) yang memuat berbagai artikel/naskah berupa hasil penelitian, studi kasus, hasil pemikiran, maupun karya tulis ilmiah oleh seluruh civitas profesi kesehatan mulai dari ...