cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and thinking about the development of education and learning, Science and Technology.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 3 (2017): Volume 2 Nomor 3, Agustus 2017" : 15 Documents clear
Penerapan Metode Part-whole untuk Meningkatkan Ketrampilan Senam Ketangkasan Gerakan Round-off pada Siswa Kelas XI RPL-3 SMK Negeri 5 Malang Ibnu Darmawan; M. E. Winarno; Agung Kurniawan
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 3 (2017): Volume 2 Nomor 3, Agustus 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.727 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i3.59

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan senam ketangkasan gerakan round-off siswa kelas XI RPL-3 SMK Negeri 5 Malang dengan menerapkan metode part-whole. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI RPL-3 SMK Negeri 5 Malang. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah penerapan metode part-whole dapat meningkatkan keterampilan senam ketangkasan gerakan round-off siswa Kelas XI RPL-3 SMK Negeri 5 Malang.
Peningkatan Prestasi Belajar Penjasorkes Kelas IV Menggunakan Model Pembelajaran Inside Outside Cyrcle (IOC) Suwardi Suwardi
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 3 (2017): Volume 2 Nomor 3, Agustus 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.67 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i3.74

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Penjasorkes materi kebersihan dengan penerapan model pembelajaran Inside Outside Cyrcle (IOC) untuk siswa kelas IV di SDN 1 Prigi  Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016.  Pengamatan terhadap proses terlihat pada siklus I siswa tuntas sebanyak 16 siswa (73%) dan pada siklus II siswa tuntas sebanyak 19 siswa (86%), terjadi peningkatan prestasi belajar siswa 3 siswa (14%), maka terjadi  peningkatan prestasi belajar Penjasorkes materi Kebersihan melalui model pembelajaran Inside Outside Cyrcle (IOC) bagi siswa kelas IV di SDN 1 Prigi  Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Perkalian Bilangan Eny Handayani
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 3 (2017): Volume 2 Nomor 3, Agustus 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.568 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i3.75

Abstract

Pengamatan belajar matematika di kelas dua menunjukkan bahwa hanya 40% yang mengerti, sementara 60% siswa lainnya belum mengerti tentang perkalian. Penelitian yang digunakan adalah Class Action Research yang terdiri dari 4 tahap. Ada rencana, implementasi, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas II dalam memahami perkalian melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami perkalian Nilai rata-rata siswa meningkat secara bertahap dari siklus tinju ke siklus II yaitu masing-masing 72% dan 88%.
Penerapan Teknik Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perbandingan dan Skala pada Siswa Kelas VI SD Lasmini Lasmini
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 3 (2017): Volume 2 Nomor 3, Agustus 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.586 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i3.68

Abstract

Masih  banyak  guru  dalam  mengajar matematika  masih menggunakan metode belajar klasikal yakni ceramah yang bagi siswa sangat membosankan.  Padahal  metode pembelajaran yang variatif  sangat membantu  siswa  untuk  memahami  materi  pelajaran,  diantaranya  untuk meningkatkan hasil pembelajaran matematika. Salah satu  metode pembelajaran  yang  dapat  membantu  untuk  meningkatkan  pembelajaran matematika di sekolah dasar adalaj metode make a match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakian kelas (PTK). Hasil Penelitian menunjukkan peningkatan  hasil dan ketuntasan belajar siswa, peningkatan hasil belajar siswa, di mana nilai hasil belajar siswa dari rata-rata pada studi awal hanya  50,91, naik menjadi 60,91 pada siklus pertama, dan 75,45 pada siklus kedua.
Peningkatan Hasil Belajar Servis atas Permainan Bolavoli dengan Menggunakan Metode Drill dan Bermain Umi Hazinah; Umi Hazinah
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 3 (2017): Volume 2 Nomor 3, Agustus 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.549 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i3.80

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilakukan untuk memecahkan masalah tentang rendahnya nilai hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani khususnya tentang bolavoli. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi guru dan siswa serta tes. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan kenaikan hasil belajar pada tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 72,29% dan meningkat pada siklus II sebesar 81,66%.
Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas I Dwi Astuti
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 3 (2017): Volume 2 Nomor 3, Agustus 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.11 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i3.71

Abstract

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) seringkali dianggap sulit sehingga banyak siswa yang kurang memahami dan mencapai nilai relatif rendah. Kesulitan disebabkan materi yang cukup luas, selalu berkembang, metode ceramah yang digunakan pendidik dan cara belajar siswa yang kurang tepat. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peningkatan  prestasi belajar IPS Materi Kasih Sayang melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) bagi siswa kelas I semester 1 tahun pelajaran 2015/2016 di SDN 1 Pogalan Kecamatan Pogalan  Kabupaten Trenggalek. Penelitian tindakan kelas ini  merupakan kegiatan yang sangat vital dan merupakan dasar yang dipergunakan untuk merubah pola pikir guru dalam melaksanakan pembelajaran.
Penerapan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Proses Belajar Mengajar Gugus IV Sanankulon Sri Utami
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 3 (2017): Volume 2 Nomor 3, Agustus 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.316 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i3.70

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak supervise klinis terhadap kinerja guru dalam proses belajar mengajar.Tindakan melalui supervise klinis.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kinerja guru  dalam     melaksanakan proses belajar mengajar,   siklus I mencapai 72% atau ada13 guru dari 18 guru sudah berhasil dalam melaksanakan proses belajar mengajar,  siklus II keberhasilan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar mencapai 89%atau ada 16 guru dari 18 guru sudah berhasil dalam melaksanakan proses belajar mengajar.
Penurunan Minat bersekolah di SD Negeri dibandingkan SD Islam: Studi Kasus di Kecamatan Garum Kabupaten Blitar Riyadus Solihin; Achmad Ryan Fauzi
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 3 (2017): Volume 2 Nomor 3, Agustus 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.248 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i3.84

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena yang terjadi di Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Dimana ketika memasuki usia sekolah dasar kebanyakan orang tua siswa memilih menyekolahkan anaknya ke Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Sekolah Dasar Islam (SDI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab penurunan minat untuk bersekolah di Sekolah Dasar Negeri dibandingkan Sekolah Dasar Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif berjenis studi kasus.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan minat ini disebabkan karena program pendidikan keagamaan di SDI/MI lebih banyak dan seimbang daripada di SDN. Sementara saat ini masyarakat sangat membutuhkan sekolah yang berbasis keagamaan dengan harapan adanya kesimbangan antara ilmu umum dan agama yang kelak dapat membentuk akhlak anak mereka.
Supervisi Administrasi Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Sri Winarni
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 3 (2017): Volume 2 Nomor 3, Agustus 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (50.358 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i3.72

Abstract

Tujuan penelitian  ini  adalah untuk mengetahui gambaran objektif tentang peningkatan kinerja guru dalam menyusun perangkat pembelajaran melalui supervisi administrasi pada guru kelas IV,V dan VI SDN 1 Pandean Kecamatan Dongko Semster II Tahun Pelajaran 2016/2017. Pelaksanaan  supervisi   kepala  sekolah  di SD Negeri 1 Pandean membantu menjelaskan permasalahan bagaimana pelaksanaan supervisi administrasi guru kelas dapat meningkatkan kinerja guru kelas IV, V dan VI di SD Negeri 1 Pandean. Supervisi administrasi guru kelas akan  meningkatkan kinerja guru dalam penyusunan administrasi guru kelas.
Keterkaitan Manajemen Pengetahuan dan Kecakapan Organisasional dengan Kinerja Inovasi serta Fungsi Mediasi Orientasi Kewirausahaan Any Rustia Dewi; Suatmo Pantja Putra
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 3 (2017): Volume 2 Nomor 3, Agustus 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.522 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i3.69

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperkaya khasanah keilmuan manajemen dalam konteks kinerja inovasi. Penelitian ini adalah penelitian penjelasan dengan metode kuantitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik sampel proporsional dengan jumlah responden 100 UKM sebagai syarat minimal dalam analisis Structural Equation Model (SEM). Sedangkan teknis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan antara manajemen pengetahuan dan kecakapan organisasional dengan kinerja inovasi yang dimediasi oleh orientasi kewirausahaan. Maknanya, untuk meningkatkan kinerja inovasi dibutuhkan manajemen pengetahuan dan kecakapan organisasi sekaligus sikap orientasi kewirausahaan.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2017 2017