cover
Contact Name
Budi Hendrawan
Contact Email
hendrawan_budy@umtas.ac.id
Phone
+628111821933
Journal Mail Official
jurnalnaturalistic@umtas.ac.id
Editorial Address
Program studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya Jl. Tamansari Km. 2,5 Tamansari Kota Tasikmalaya, Jawa Barat Telp/Fax. (0265) 235092
Location
Kota tasikmalaya,
Jawa barat
INDONESIA
Naturalistic : Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 25282921     EISSN : 25282921     DOI : https://doi.org/10.35568/
Core Subject : Education,
Lingkup artikel yang diterima adalah: 1. Metodologi Pembelajaran (Pendekatan, Media, Metode, Model, Strategi) 2. Pedagogik 3. Filsafat Pendidikan 4. Psikologi Pendidikan 5. Kurikulum 6. Pendidikan Agama 7. Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pembelajaran, IPA, IPS, PKn, B. Indonesia, Matematika, B. Inggris, Penjaskes, Seni Budaya dan Keterampilan)
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2a (2020): NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran" : 10 Documents clear
IMPLEMENTASI SIKAP HORMAT PADA SEKOLAH BERBASIS HUMANISTIK, SD SANGGAR ANAK ALAM Andreas Erwin Prasetya
NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 2a (2020): NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal ini diterbitkan oleh: PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.253 KB) | DOI: 10.35568/naturalistic.v4i2a.635

Abstract

This study started from concern over the lack of respect between teachers and students, or vice versa. Based on these concerns, researchers sought to uncover the model of respect as applied in a school that based on humanistic values, namely SD Sanggar Anak Alam (SD Salam). Researchers conducted observations, interviews, and study documentation to obtain data on the implementation of a respectful attitude inside of learning and outside of learning. Then the data are analyzed using the stages of data display, data reduction, and conclusions. From this process, the researchers concluded that there were two forms of respect in SD Salam , There were (1) respect was realized through equal dialogue between students and facilitators or vice versa, (2) respect was realized through joint activities including queuing, listening to friends, resolving conflicts between friends, and students who mingle each other.
UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU DI SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI: bahasa indonesia Yohana Liando Tiarma Sihotang
NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 2a (2020): NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal ini diterbitkan oleh: PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.957 KB) | DOI: 10.35568/naturalistic.v4i2a.660

Abstract

Dalam mengupayahkan karamter rasa ingin tahu pada siswa kita harus mengetahuin sifat dan hal hal apa saja yang diminatin pada siswa tersebut, suatu emosi yang berkaitan dengan perilaku ingin tahu seperti eksplorasi, investigasi, dan belajar, terbukti dengan pengamatan pada spesies hewan manusia dan banyak. Istilah ini juga dapat digunakan untuk menunjukkan perilaku itu sendiri disebabkan oleh emosi rasa ingin tahu. Untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa lebih banyak antusias untuk mencoba berbagai hal. Siswa yang telah menginjak remaja, ketertarikan atau rasa ingin tahu anak Anda masihlah ada. Rasa ingin tahu itu belum sepenuhnya lenyap. Hanya saja, saat ia beranjak remaja, rasa ingin tahunya sangat terbatas. Ia hanya penasaran terhadap hal-hal yang menyangkut seksualitas dan lawan jenis. Sementara itu, ketertarikannya terhadap hal lain seolah melenyap.
RUDI (RUMAH DISKUSI) SEBAGAI UPAYA INOVATIF DALAM E-LEARNING Nabilatul Inayah; Ihdy Khafida Zahra; Tafiv Awalia Noviati
NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 2a (2020): NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal ini diterbitkan oleh: PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.036 KB) | DOI: 10.35568/naturalistic.v4i2a.675

Abstract

PERSEPSI GURU TERHADAP TANTANGAN DAN PELUANG PENDIDIKAN: TEACHER'S PERCEPTION OF EDUCATION CHALLENGES AND OPPORTUNITIES Teni Husnul Khotimah; Natasya Siti Rokaibah; Suci Zahrotunnisa; Muhammad Wildan Firdaus; Rahimul Wiqi; Chaerul Rochman
NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 2a (2020): NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal ini diterbitkan oleh: PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (575.542 KB) | DOI: 10.35568/naturalistic.v4i2a.690

Abstract

This study aims to determine the views of physics and non-physics teachers on the challenges and opportunities of education now and in the future, namely the entry of Indonesia in industry 4.0. Education is not a simple thing that we can ignore because basically education is the basis of the formation of a character. Countries are said to be developed if the quality of human resources possessed is high quality. In this study we used a participatory qualitative research method. The instrument used was a questionnaire response to the challenges and educational opportunities which amounted to 25 statements and was given to 10 educators in West Java. The results of this study indicate the profile of respondents' responses to educational challenges and opportunities is varied and the indicator profile of educational challenges and opportunities is at 70%. This study concludes that the level of educator response to the nature of education is quite low at 70%. The most dominant aspects of challenges and opportunities include the role of globalization and technological development. This study recommends that teachers improve the individual quality of each student and the placement of learning systems that are compatible with the education system in the era of the industrial revolution 4.0.
SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SD DALAM MENYUSUN RPP Yustina Mulyaningsih
NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 2a (2020): NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal ini diterbitkan oleh: PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (751.505 KB) | DOI: 10.35568/naturalistic.v4i2a.755

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuktikan supervisi klinis dapat meningkatkan dan mengukur presentase peningkatan kompetensi guru dalam menyusunan RPP sebelum dan sesudah supervisi klinis.Merupakan penelitian Tindakan sekolah (PTS). Subyek penelitian adalah guru SD Sambikerep yang berjumlah 3 orang. Hasil penelitian membuktikan bahwa supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi dan prosentase ketuntasan guru dalam menyususn RPP. Hal ini terbukti dengan tercapainya semua indikator keberhasilan dalam penelitian. Indikator kinerja yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah kompetensi guru dalam menyusun RPP minimal mendapatkan rata-rata skor minimal 70 dengan persentase ketuntasan minimal 80%.Hasil penelitian menunjukkan supervisi klinis terbukti dapat meningkatkan kompetensi guru dan meningkatkan presentase ketuntasan guru dalammenyusun RPP, terbukti pada siklus pertama prosentase guru yang dalam menyususn RPP 66 % dan meningkat pada siklus kedua menjadi 100%, dengan demikian terdapat kenaikan presentase sebesar 34 %. This researsch aims to prove clinical supervision be able to increasing and quantify percentage of raising teacher competency in preparing lesson plans before and after clinical supervision. This research was school action research. The subject or the sudy were teachers of Sambikerep elementary school, amounting to 3 people. The results of the study prove that clinical supervision can improve the competence and percentage of teacher completeness in developing lesson plans. This is proven by the achievement of all indicators of success in research. Performance indicators that are used as a reference in this study are teacher competency in preparing lesson plans to get a minimum average score of at least 70 with a percentage of completeness of at least 80%. The results of research show clinical supervision is proven to improve teacher competency and increase the percentage of teacher completeness in compiling lesson plans, as evidenced in the first cycle the percentage of teachers in preparing the lesson plan was 66% and increased in the second cycle to 100%, so there was an increase in percentage by 34%.
PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN PELATIK (PETUALANGAN LABIRIN TEMATIK) PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 TENTANG CITA-CITAKU KELAS IV SD Bagus Ginanjar; Apri Utami Parta Santi
NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 2a (2020): NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal ini diterbitkan oleh: PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1117.416 KB) | DOI: 10.35568/naturalistic.v4i2a.777

Abstract

This research is motivated by the difficulty of students in working on thematic questions and the lack of appropriate evaluation media for thematic learning. The aim is to develop a media for evaluating the learning practices of thematic learning theme 6 sub themes 1 about my ideals and knowing the level of student response to the media developed based on the media validation questionnaire, material, language and questionnaire for small and large groups of students. This research was conducted at SDN PONDOK BETUNG 02 Pondok Aren with the research subjects consisted of 4 students for the small group test and 16 students for the large group test. The type of research used is Research and Development (R&D). development procedures used by researchers refer to the Borg and Gall research model. The instrument used was a questionnaire. Pelatik learning media on thematic learning theme 6 sub themes 1 about my ideals have gone through a revision stage based on the suggestions and input from 4 validators namely 2 material experts, 1 media expert and 1 linguist. The results of the study were obtained namely 1) this learning media has gone through the stages of development to the validation test and was declared valid with a score of 85.33% with a very decent category; 2) based on the data obtained from the questionnaire students' responses to the media developed got very good responses with a score of 98.4%. The results of this study are expected to help teachers and students in the learning process and make students more interested in working on problems in thematic learning. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesulitan siswa dalam mengerjakan soal tematik dan kurangnya media evaluasi yang sesuai untuk pembelajaran tematik. Tujuannya untuk mengembangkan media evaluasi pembelajaran pelatik pada pembelajaran tematik tema 6 sub tema 1 tentang cita-citaku dan mengetahui tingkat respon siswa terhadap media yang dikembangkan berdasarkan angket validasi media, materi, bahasa serta angket uji coba kelompok kecil dan besar siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN PONDOK BETUNG 02 Pondok Aren dengan subjek penelitian siswa berjumlah 4 siswa untuk uji kelompok kecil dan 16 siswa untuk uji kelompok besar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). prosedur pengembangan yang digunakan peneliti mengacu pada model penelitian Borg and Gall. Instrumen yang digunakan adalah angket. Media pembelajaran pelatik pada pembelajaran tematik tema 6 sub tema 1 tentang cita-citaku ini telah melalui tahap revisi berdasarkan saran dan masukan dari 4 validator yaitu 2 ahli materi, 1 ahli media dan 1 ahli bahasa. Hasil dari penelitian diperoleh yaitu 1) media pembelajaran ini telah melalui tahapan pengembangan sampai uji validasi dan dinyatakan valid dengan skor 85,33% dengan kategori sangat layak; 2) berdasarkan berdasarkan data yang diperoleh dari angket respon siswa pada media yang dikembangkan mendapat respon sangat baik dengan skor 98,4%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran dan membuat siswa lebih tertarik dalam mengerjakan soal dalam pembelajaran tematik. Kata Kunci: Media evaluasi pembelajaran, pelatik, pembelajaran tematik
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA SD Zefania Putri Zefacha; Mawardi Mawardi
NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 2a (2020): NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal ini diterbitkan oleh: PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (625.759 KB) | DOI: 10.35568/naturalistic.v4i2a.780

Abstract

PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA PERPUSTAKAAN TINGKAT SEKOLAH DASAR DESA IWUL, PARUNG R Andi AG; Zulfitria Zulfitria; Happy Indira Dewi
NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 2a (2020): NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal ini diterbitkan oleh: PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.593 KB) | DOI: 10.35568/naturalistic.v4i2a.794

Abstract

Tujuan penelitian mengetahui pengolahan bahan pustaka perpustakaan tingkat sekolah dasar. Perpustakaan merupakan prioritas sumber belajar utama yang harus diperhatikan dan keberadaannya harus dimiliki setiap institusi yang bidang kegiatannya berkaitan dengan masalah pendidikan. Perpustakaan yang baik adalah perpustakaan yang dikelola dengan baik dan memiliki manajemen pengolahan perpustakaan yang baik pula. Pengolahan bahan pustaka perpustakaan terdiri dari: 1. Pengadaan koleksi; 2. Koleksi perpustakaan; 3. Prasarana dan sarana perpustakaan; 4. Pengolahan koleksi buku. Metode penelitian deskriptif kualitatif; tempat penelitian: sekolah dasar gugus SD 02 desa Iwul, Kecamatan Parung; informan penelitian: guru penanggung jawab perpustakaan sekolah, waktu penelitian: Agustus-September 2019. Hasil penelitian: pengolahan bahan pustaka perpustakaan tingkat pendidikan dasar ada pada katagori sedang dengan jumlah total skor 35. Setiap sekolah belum melaksanakan pengolahan bahan pustaka perpustakaan secara maksimal karena belum ada tenaga khusus yang menangani dan bertanggung jawab langsung pada bidang perpustakaan. Kesimpulan: pengolahan bahan pustaka perpustakaan harus ditangani oleh petugas yang langsung menangani dan bertanggung jawab pada bidang perpustakaan. Ruangan yang digunakan untuk kegiatan perpustakaan masih ruangan yang sama dengan ruang kepala sekolah.
PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU, KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU DI MTs AL-MUQOWAMAH SINGAPARNA TASIKMALAYA Neneng Arni Nuraeni; Idrus Affandi; Ani Heryani
NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 2a (2020): NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal ini diterbitkan oleh: PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.148 KB) | DOI: 10.35568/naturalistic.v4i2a.810

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi kebijakan dan kompetensi guru terhadap kinerja guru MTs Al-Muqowamah Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan hipotesis penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara kebijakan sertifikasi guru terhadap kinerja guru di MTs Al-Muqowamah, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru terhadap kinerja guru di MTs Al Muqowamah. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa Impementasi kebijakan sertifikasi guru di MTs Al-Muqowamah Tasikmalaya termasuk tinggi dengan skor tertinggi sebesar 153 poin, kompetensi guru sudah termasuk baik, dimana nilai tertinggi sebesar 151 point, dan kinerja guru termasuk kategori tinggi, dimana nilai terbesar adalah 151 point. Melihat dari hal tersebut mengindikasikan bahwa persepsi terhadap implementasi kebijakan sertifikasi guru telah sesuai dengan harapan yang diinginkan oleh responden. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh implementasi kebijakan sertifikasi guru terhadap kinerja guru di MTs Al-Muqowamah Tasikmalaya, analisis jalur path variabel implementasi kebijakan memiliki koefesiensi sebesar 0,592. Adapun pengaruh langsung dan tidak langsung sebesar 1%. Terta terdapat pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru di MTs Al-Muqowamah Tasikmalaya dimana variabel kompetensi guru (x2) mempunyai koefesiensi jalur 0,419. Adapun pengaruh langsung dan tidak langsung sebesar 32.6%.
PEMBELAJARAN MUSIK ANGKLUNG MELALUI METODE HAND SIGN KODALY PADA SISWA TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI CIAMIS Ade Ani Sunartin; Denden Setiaji
NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 2a (2020): NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal ini diterbitkan oleh: PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.188 KB) | DOI: 10.35568/naturalistic.v4i2a.813

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pembelajaran musik angklung melalui metode hand Sign kodaly pada siswa tunarungu di sekolah luar biasa negeri Ciamis”. Adapun latar belakang penelitian ini yaitu belum pernah ada yang meneliti tentang metode hand sign Kodaly di sekolah luar biasa ciamis, dilakukan di SLB Ciamis karena sekolah tersebut yang mampu mendukung dalalam penelitian ini, SLB Ciamis sudah mempunyai sarana alat musik yang lengkap untuk mendukung dalam proses pembelajaran. Pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, studi literatur, pengolahan datanya dilakukan dengan cara menyusun perencanaan pembelajaran, langkah – langkah pembelajaran, serta hasil perubahan dari metode yang dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pembelajaran musik angklung ini merupakan kegiatan dalam pembelajaran yang mengandung unsur pengembangan kemapuan dasar siswa dibidang musik meliputi kemamampuan intektual, emosional, sosial, perseptual, fisik, kreatifitas serta memiliki nilai nilai kearifan lokal.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 8 No. 1 (2023): Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 7 No. 2 (2023): Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 7 No. 1 (2022): Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 6 No. 2 (2022): Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 5 No. 2b (2021): Vol. 5 No. 2b (2021): Edisi 2nd Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Senada) Per Vol. 6 No. 1 (2021): Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 5 No. 2 (2021): Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 5 No. 1 (2020): NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 2b (2020): Edisi Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Senada) Inovasi Pembelajaran di SD Vol. 4 No. 2a (2020): NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 1 (2019): NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 2 (2019): NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2018): NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2018): NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 1 (2017): NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2017): NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2016): NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran More Issue