cover
Contact Name
Mia Dwianna
Contact Email
mia.dwiana@untirta.ac.id
Phone
+6287832743759
Journal Mail Official
jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id
Editorial Address
Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten.
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
JRK (Jurnal Riset Komunikasi)
ISSN : -     EISSN : 26864754     DOI : DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jrk
Jurnal Riset Komunikasi aims to encourage research in communication studies. Focus and scopes within the journal include but not limited to: 1. Media anda Text Analysis 2. Cross-cultural Communication 3. Enviromental Communication 4. Health Communication 5. Organizational Communication 6. Political Communication 7. Gender Studies
Articles 4 Documents
Search results for , issue " Vol 8, No 1 (2017): JRK Vol 8 No 1 Juni 2017" : 4 Documents clear
Iket “Ki Mas Jong” Dan Representasi Identitas Banten Priana, Ronny Yudhi Septa
Jurnal Riset Komunikasi Vol 8, No 1 (2017): JRK Vol 8 No 1 Juni 2017
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (34.627 KB)

Abstract

Cultural representations of a society can be demonstrated through the symbols used on dress and other cultural products. This not point out of how to the efforts of everyone who read and interpret the symbolism of an object. This research tries to unravel by signs on the body in the form of a bond head with a two significance Roland Barthes. This study uses qualitative descriptive method using semiotic analysis of Roland Barthes. The research data is in the form of iket “Ki Mas Jong” which is a symbol of culture of Banten Province. research shows that there are meanings denotation and connotation that represent the culture of the community. Understanding symbols can be seen and assessed by the reading of meaning through mythical significance.
Proses Perencanaan Aktivitas Akun Media Sosial Instagram Perusahaanoleh Divisi Humas Taman Mini Indonesia Indah Akbar, Thoriq Nul; Hafiar, Hanny; Subekti, Priyo
Jurnal Riset Komunikasi Vol 8, No 1 (2017): JRK Vol 8 No 1 Juni 2017
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (34.627 KB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses perencanaan aktivitas akun media sosial Instagram yang dilakukan oleh Humas Taman Mini Indonesia Indah. Proses perencanaan aktivitas akun media sosial Instagram Taman Mini terdiri dari proses perencanaan penyampaian pesan (share), optimalisasi (optimize), pengelolaan (manage), dan management (keterlibatan) pada akun Instagram Taman Mini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan sifat penelitan data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah keajegan penelitian dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses penyampaian pesan pada akun Instagram Taman Mini belum optimal karena target audiens belum spesifik. Optimalisasi belum optimal karena belum ada social media strategist yang bertanggungjawab penuh mengelola media sosial. Tidak adanya goals dan regulasi juga membuat aktivitas pengelolaan akun media sosial berjalan normatif. Proses perencanaan engagement dilakukan dengan membuat games interaktif, dan selebihnya masih dilakukan secara normatif. Peneliti memberikan saran kepada Taman Mini untuk mengklasifikasikan target audiens mereka terlebih dahulu agar penyampaian pesan lebih efektif. Taman Mini memerlukan peran social media strategist yang dapat bertanggungjawab penuh untuk mengelola media sosial agar aktivitas yang dilakukan dapat optimal. Taman Mini harus membuat goals dan regulasi yang menjadi acuan dalam menjalankan aktivitasnya agar lebih terarah dan mempermudah aktivitas evaluasi. Aktivitas engagement pada akun Instagram Taman Mini juga perlu dikembangkan demi menjaga interaksi dengan audiens mereka
EKONOMI POLITIK MEDIA : PEMBERITAAN MENJELANG PEMILIHAN GUBERNUR BANTEN 2017 OLEH RADAR BANTEN DAN BARAYA TV P, ACHMAD NASHRUDIN
Jurnal Riset Komunikasi Vol 8, No 1 (2017): JRK Vol 8 No 1 Juni 2017
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (34.627 KB)

Abstract

Penelitian tentang Ekonomi Politik Media : Pada pemberitaan menjelang Pemilihan gubernur Banten 2017 oleh Radar Banten dan Baraya TV ini dilatar belakangi oleh fenomena melonggarnya nilai-nilai objektifitas dan independensi media massa dalam menjalankan fungsinya sebagamana di atur dalam UU Pers dan UU Penyiaran. Pada saat kampanye, para kandidat atau calon gubuernur dan wakil gubernur berlomba-lomba untuk mendapatkan ”tempat’ dan dikenal sekaligus mengobral janji kepada calon pemilhan untuk mendapatkan simpati. Pada saat itu, media seolah lupa pada fungsi dan posisinya. Penelitian ini bertujuan mengetahui fenomena relasi media dengan para kandidat dan bagaimana fenomena ekonomi politik media di kedua lembaga (Radar Banten dan Baraya Pos) tersebut pada saat menjelang pemilihan gubernur Banten tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan paradigma konstruktivis dan menggunakan metode pengumpulan data melalui depth-interview, dari informan terpilih. Hasil penelitian menggambarkan bahwa relasi media (hubungan antara) media dengan para calon relatif longgar, tergambar dari hasil pengamatan dan wawancara yang menunjukkan bahwa kedua media tersebut “begitu mesra” dengan para kandidat, dan kebijakan media dalam mengangkat berita lebih disarakan pada kepentingan ekonomi vis a vis dengan kepentingan politik.
“Masjid Terapung Banten” Sebagai Landmark Provinsi Banten Witantra, Ari Pandu
Jurnal Riset Komunikasi Vol 8, No 1 (2017): JRK Vol 8 No 1 Juni 2017
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (34.627 KB)

Abstract

Landmark dibutuhkan sebagai sebuah identitas suatu daerah. Banten sebagai salah satu Provinsi yang belum lama terlahir masih membutuhkan satu landmark yang dapat menjadi icon penting tujuan wisata. Rencana pembangunan Masjid Terapung Banten diharapkan dapat dikembangkan menjadi salah satu Icon provinsi Banten. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka atau studi literatur hingga mendeskripsikan keadaan yang sebenarnya terjadi di Banten. Temuan yang nantinya didapatkan akan menjadi rekomendasi bagi penentu kebijakan untuk merealisasikan terciptanya Icon bagi Provinsi Banten. Penelitian ini akan mengkaji pilihan metode promosi yang paling tepat untuk menjadikan objek yang diusulkan menjadi Landmark Provinsi Banten agar dapat diterima secara luas bagi masyarakat Banten maupun para wisatawan baik lokal atau Internasional

Page 1 of 1 | Total Record : 4