cover
Contact Name
Mia Dwianna
Contact Email
mia.dwiana@untirta.ac.id
Phone
+6287832743759
Journal Mail Official
jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id
Editorial Address
Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten.
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
JRK (Jurnal Riset Komunikasi)
ISSN : -     EISSN : 26864754     DOI : DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jrk
Jurnal Riset Komunikasi aims to encourage research in communication studies. Focus and scopes within the journal include but not limited to: 1. Media anda Text Analysis 2. Cross-cultural Communication 3. Enviromental Communication 4. Health Communication 5. Organizational Communication 6. Political Communication 7. Gender Studies
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 2 (2022)" : 10 Documents clear
PARTISIPASI ELEMEN MASYARAKAT FILM TERHADAP PERSOALAN LINGKUNGAN HIDUP Yanuar Luqman; Muhammad Wahyu Widagdo; Nurist Surayya Ulfa
Jurnal Riset Komunikasi Vol 13, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v13i2.17478

Abstract

Environmental issues are very complex things that require the participation of various elements of society. The film community is one element of society that is expected to contribute to participation in environmental management. The film produced by the community is one of the cultural artifacts, environmental communication is also inseparable from culture as its context. Film is also a participatory media that is used for the important role of community participation in creating special appropriate media content. With a qualitative descriptive method, this study aims to determine the strategy of the film community in conveying environmental messages. The results showed that the two selected communities had an equally important concern for environmental sustainability. Both use social media for communication coverage through films by choosing advocating narratives to provide a space for dialogue between the general public and interested parties, in this case the government and contributors to environmental problems.
Back Cover - Vol. 13 No. 2 Desember 2022 (JRK) Jurnal Riset Komunikasi
Jurnal Riset Komunikasi Vol 13, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v13i2.18651

Abstract

EKSISTENSI DAN PERLAWANAN KAUM EMAK-EMAK DALAM PARADIGMA FEMINISME PADA PILPRES 2019 Rangga Gumelar; Iman Mukhroman; Ikhsan Ahmad; Zakaria .
Jurnal Riset Komunikasi Vol 13, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v13i2.16657

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana eksistensi para emak-emak dalam kontes pilpres 2019 pada Sudut Pandang Feminisme Liberalisme Pada Selubung Ideologi Patriaki. Banyak nilai-nilai dari cara berpikir ideologi patriaki yang kemudian menjadi bagian penting dan memiliki nilai dalam kehidupan sosial di masyarakat Indonesia. Ideologi tersebut seakan dengan tidak memberikan kesempatan para kaum emak-emak dalam kancah politik. Apakah fenomena saat ini sebagai gerakan yang sangat berati dalam peningkatan dan peran wanita atau hanya sebagai komodifikasi dalam politik semata. Dengan pendekatan dan metode kualitatif, penelitian ini mencoba menggambarkan apa yang kemudian terjadi diatas fenomena emak-emak dalam piplres 2019 dan konsep diri yang melekat. Observasi dan wawancara mendalam merupakan tehnik yang diakui sebagai sebuah validasi dalam penilitian kualitatif, termasuk didalamnya adanya triangulasi oleh peneliti. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Partisipasi perempuan dalam ranah politik tidak dapat dilepaskan dari pengaruh sistem budaya patriarki yang diwarnai dengan dominasi laki-laki atas perempuan. Masih banyak kaum emak-emak yang memilih lebih cenderung pada kaykinan sesaat bukan pada ideologi yang ada, artinya lebih cenderung damai dan menerima. Sehingga siapapun sesungguhnya yang menjadi pemenang bukanlah masalah bagi kaum emak-emak ini. 
KONSTRUKSI SOSIAL TEKNOLOGI MEDIA BARU APLIKASI TELEMEDICINE OLEH KELOMPOK RELEVAN DOKTER Ryanka Dizayani Putra; Umaimah Wahid; Hafied Cangara
Jurnal Riset Komunikasi Vol 13, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v13i2.16689

Abstract

Konstruksi sosial yang dibentuk Pandemi Covid-19 membuat aplikasi telemedicine di Indonesia semakin banyak jenisnya dan  pengguna nya baik masyarakat umum sebagai pasien hingga dokter. Secara umum, aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pelayanan kesehatan antara dokter dan pasien tanpa batas ruang dan waktu, mulai dari konsultasi jarak jauh hingga peresepan obat yang bisa dikirim ke rumah. Namun penelitian yang menggunakan Teori Social Construction of Technology (SCOT) menemukan data lebih spesifik dengan menggunakan salah satu komponen SCOT yakni Interpretative Flexibility. Penelitian sebelumnya mengambil sudut pandang interpretasi dari para pasien, namun penelitian ini mengambil sudut pandang para Dokter. Ditemukan bahwa Kelompok Relevan Dokter memaknai teknologi aplikasi telemedicine sebagai penunjang profesinya sebagai dokter, menambah jam praktik secara leluasa untuk menambah pendapatan, dan meningkatkan pelayanan kesehatan Indonesia secara cepat dan seluas-luasnya memanfaatkan keunggulan Media Baru. Hasil penelitian juga menunjukan hasil dari komponen-komponen teori SCOT lainnya yakni The Relevant Social Group, Closure & Stabilization, dan  The Wider Context. Diketahui meski interpretasi dokter terhadap teknologi ini telah mencapai penutupan (closure) namun masih perlu adanya perbaikan dari konteks yang lebih luas yakni segi ekonomi-politik agar maraknya jenis aplikasi yang sama, lalu banyaknya jumlah dokter, namun tidak sebanding dengan jumlah pasien sehingga membuat aplikasi telemedicine terancam ditinggalkan dokter.
MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL CLUBHOUSE DI KALANGAN ANGGOTA KLUB PHOTOGRAPHER INDONESIA Muhammad Jaiz; Dhian Arofah; Darwis Sagita; Nurprapti Wahyu W.
Jurnal Riset Komunikasi Vol 13, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v13i2.16448

Abstract

Teori New Media menyebutkan bahwa media selalu berkembang, selalu ada media baru untuk menunjang kehidupan manusia. Clubhouse merupakan aplikasi jejaring sosial yang diluncurkan pada tahun 2020. Media sosial berbasis audio live streaming ini mengalami peningkatan jumlah pengguna yang cukup drastis, hingga menempati posisi ke enam sebagai aplikasi media sosial terpopuler di App Store pada tahun 2020. Salah satu Klub yang dibuat oleh pegguna Indonesia di aplikasi Clubhouse adalah klub Photographer Indonesia. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui motif penggunaan media sosial Clubhouse di kalangan anggota klub Photographer Indonesia berdasarkan 4 kategori motif menurut McQuail, yaitu 1) Motif Informasi; 2) Motif Identitas Pribadi; 3) Motif Integrasi dan Interaksi Sosial; 4) Motif Hiburan. Penulisan dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara pada lima orang anggota Photographer Indonesia. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa motif anggota Photographer Indonesia menggunakan Clubhouse yang paling dominan adalah Motif Informasi karena informasi adalah hal yang penting bagi manusia.Kata kunci : Clubhouse, Motif Penggunaan Media, Media Sosial
KOMUNIKASI CORPORATE BRANDING LICIN.LOVE MELALUI PROGRAM “LIMBAH JELANTAH” Nadya Aulia Hanum; Yulia Rahmawati; Farida Hariyati
Jurnal Riset Komunikasi Vol 13, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v13i2.16981

Abstract

Corporate branding merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi dalam rangka membentuk kesan yang diinginkan di benak khalayak. Licin.love memerlukan strategi komunikasi yang sesuai dengan target khalayak perusahaan tersebut. Perusahaan startup Licin.love merupakan perusahaan yang berorientasi pada lingkungan dengan program Limbah Jelantah dan sukses melakukan serangkaian strategi branding terhadap khalayak mereka. Fokus penelitian ini adalah untuk melihat dan mendeskripsikan bentuk komunikasi perusahaan Licin.love dalam kegiatan coporate branding melalui program “Limbah Jelantah”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Dalam mengumpulkan data dan informasi peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori organisasi modern yang merupakan turunan dari konteks komunikasi organisasi. Dalam melakukan corporate branding, ternyata sektor komunikasi juga berperan sangat penting dalam melakukan rangkaian pengembangan perusahaan khususnya melalui kegiatan branding perusahaan.   Penelitian ini melihat bahwa perusahaan Licin.love dalam program “Limbah Jelantah” telah menggunakan rangkaian strategi dalam komunikasi dan coporate branding yang dilakukan secara bertahap kepada para karyawan atau timnya untuk membentuk citra atau kesan yang diinginkan sebagai perusahaan yang menyediakan program penyelamatan lingkungan khususnya limbah jelantah.
KOMUNIKASI DALAM BUDAYA POPULER KEDAI KOPI Dimas Akhsin Azhar; Veny Purba; Ferdinandus Ngare
Jurnal Riset Komunikasi Vol 13, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v13i2.16490

Abstract

Komunikasi adalah salah satu kegiatan manusia yang tak pernah berhenti. Setiap saat manusia sebagai mahluk sosial selalu berkomunikasi dengan yang lainnya baik itu secara verbal maupun non-verbal, secara tatap muka maupun melalui medium. Disadari maupun tidak, kedai kopi telah menjadi salah satu medium komunikasi antara individu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana budaya kopi pada saat ini menjadi media baru dalam cara melakukan komunikasi. Bagaimana nilai-nilai dalam komunikasi tertuang dalam kedai kopi yang menjadi sebuah ‘tempat ketiga’ bagi individu dan interaksi komunikasi yang terjadi dalam kebudayaan kopi ini.
Front Cover - Vol. 13 No. 2 Desember 2022 (JRK) Jurnal Riset Komunikasi
Jurnal Riset Komunikasi Vol 13, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v13i2.18650

Abstract

ANALISIS FENOMENA TRASH TALKING PADA GAME ONLINE MOBILE LEGENDS Citrani Nur; Yunita Sari; Hendri Prasetya
Jurnal Riset Komunikasi Vol 13, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v13i2.17028

Abstract

Game mobile online popular saat ini sudah banyak dikompetisikan dan masuk pada turnamen resmi esport (elektronik sport) salah satunya Mobile Legends: Bang Bang. Game yang mengutamakan strategi antar tim ini memiliki fitur voice dan chat untuk kemudahan interaksi dan koordinasi antar tim. Hal negative yang kerap timbul ketika pemain menggunakan fitur tersebut seperti cyberbullying lewat trash talking antar pemain. Fenomena ini muncul pada fitur yang harusnya memberi manfaat untuk meningkatkan permainan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena Trash Talking yang terjadi pada Game Mobile Legends bisa terjadi serta faktor apa saja yang mempengaruhinya. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi dan data yang dikumpulkan dengan menggunakan wawancara pemain Mobile Legends itu sendiri sebagai subyek penelitian. Hasil yang ditemukan: 1. Fenomena trash talking terjadi pada game online mobile legends akibat emosi para pemain dalam permainan, 2. Trash talking tidak hanya terjadi pada pemain dewasa melainkan anak dibawah umur, 3. Ketidakefektivan fitur yang dibuat oleh Moonton bisa menyebabkan cyberbullying melalui trash talking. 
APPS E-NTEGRATION: INTEGRATED DIGITAL ASPIRATION SPACE FOR STUDENTS Eva Agus Triana; Fajar Harry Akbar; Dini Sri Istiningdias; Fajar Hariyanto
Jurnal Riset Komunikasi Vol 13, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v13i2.18456

Abstract

AbstractThe student movement is always motivated by lofty ideals as a representation of society in fighting for justice and prosperity through consolidation and demonstrations. Various student obstacles in representing community aspirations are very complex. Starting from the emergence of provocateurs, students who just joined in, clashes with security officers, disturbing security, anarchist demonstrations that cause casualties. This paper aims to provide solutions in the form of application innovation which includes application interface design, parties involved, planning analysis, implementation, and application implications that contain menu elements according to student needs in conveying public aspirations in an integrated manner. This research uses literature study as the main reference. Students must move intelligently, utilizing technology and social media as tools to convey aspirations with high intellectual power. The E-integration application is here to answer students' concerns. Apart from conveying aspirations, students also learn to improve literacy through reading, understanding, and listening.

Page 1 of 1 | Total Record : 10