cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Edukasi: Jurnal Pendidikan
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : 18298702     EISSN : 24071803     DOI : -
Core Subject : Education,
EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a Research Scientific Journal published two times a year by LPPM IKIP PGRI Pontianak with p-ISSN 1829-8702 (print) and e-ISSN 2407-1803 (online). The article contains the results of research and other scientific literature related to education, learning, science, technology, socio-culture, and entrepreneurship, especially related to higher and basic Education in order to inspire and provide benefits for the wider community. it contains research results and basic scientific literature) according to the field of its scientific work.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 16, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan" : 5 Documents clear
PENGARUH MODEL PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI PEWARISAN SIFAT Duda, Hilarius Jago; Adibah, Fitri Hamiani; Syafruddin, Didin
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.933 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IX SMPN 3 Silat Hilir pada materi Pewarisan Sifat. Metode penelitian adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequevalent Control Group. Sampel yang digunakan ada dua kelas dengan jumlah siswa perkelas adalah 24. Alat pengumpul data adalah lembar observasi, soal tes, dan angket. Analisis data dengan anlisis statistik dan persentase. Rata-rata persentase hasil observasi pada kelas eksperimen adalah 95,30% dan dan kelas kontrol 97,16% keduanya masuk dalam kategori “baik”. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 77,50. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 58,12. Data hasil angket diperoleh persentase sebesar 75% masuk dalam kategori “baik”. Setelah dilakukan uji hipotesis diperoleh nilai thitung 2,45 lebih besar dari ttabel 2,01, sehingga Ho ditolak. Jadi penerapan model pembelajaran Probing Prompting berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu khususnya materi pewarisan sifat.Kata Kunci: Probing Prompting, hasil belajar, kognitif.
ANALISIS PEMANFAATAN ROSELLA SEBAGI BAHAN PENGGUMPAL TAHU Hartanti, Lucky; Lestari, Oke Anandika
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.906 KB)

Abstract

Ekstrak rosella berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai bahan penggumpal alami protein kedelai sekaligus sebagai pewarna dan pengawet alami, serta meningkatkan nilai gizi tahu karena mengandung antioksidan alami. Penelitian bertujuan membuat tahu dengan menggunakan kelopak bunga rosella sebagai penggumpalnya. Ekstrak bunga rosella dengan jumlah dan konsentrasi tertentu dicampurkan dengan susu kedelai pada suhu yang berbeda yaitu pada suhu mendidih 100oC, suhu 65oC dan suhu 55oC selanjutnya diendapkan dan dipress dalam waktu tertentu. Tahu yang diperolah diukur  rendemannya, protein, kadar air, kandungan vitamin c dan total asamnya. Tahu rosella yang dihasilkan memiliki rendemen yaitu pada kisaran 26,25% - 30% dari berat larutan sari kedelai. Kandungan vitamin C tertinggi terdapat pada tahu yang menggunakan suhu pencampuran terendah 55oC yaitu sebesar 30,8 mg/100 gr bahan, kadar protein tertinggi (4,2%) dan kadar air (80,65%) dimiliki oleh perlakuan pada suhu 65oC. Sedangkan total asam berada pada kisaran 0,22 - 0,38.Kata Kunci: penggumpal, protein, rosella, suhu, tahu.
SIFAT FISIK DAN KANDUNGAN GIZI BUAH PELUNTAN, SENARE, DAN ARA’ DI KALIMANTAN BARAT Niagara, Niagara; Daningsih, Entin; Titin, Titin
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.614 KB)

Abstract

Degradasi lingkungan berpengaruh terhadap hilangnya keanekaragaman buah hutan yang bersifat edibel di Kalimantan Barat. Penelitian bertujuan mengetahui sifat fisik dan kandungan gizi buah peluntan, senare, dan ara’. Bentuk penelitian terdiri dari deskriptif dan eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Penelitian deskriptif dilakukan pengamatan sifat fisik buah terhadap warna kulit muda dan matang, permukaan kulit, warna daging dan biji, ukuran buah dan biji,  bentuk buah, jumlah biji, tekstur daging buah, rasa daging buah, serta aroma buah. Penelitian eksperimen dilakukan pengujian kandungan gizi diolah menggunakan aplikasi SAS versi 6.12 tahun 1996 dengan model RAL. Hasil sifat fisik buah memiliki perbedaan antarbuah peluntan, senare, dan ara’. Hasil analisis kandungan gizi buah menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap uji proksimat.Kata Kunci: sifat fisik, kandungan gizi, peluntan, senare, ara’.
ANALISIS PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP TINDAKAN SWAMEDIKASI DIARE AKUT DI KECAMATAN PONTIANAK TIMUR Robiyanto, Robiyanto; Rosmimi, Monika; Untari, Eka Kartika
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.173 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh karakteristik meliputi usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan pendidikan terhadap tindakan swamedikasi diare akut; dan (2) Menganalisis pengaruh tingkat pengetahuan terhadap tindakan swamedikasi diare akut pada masyarakat yang tinggal di Kecamatan Pontianak Timur. Penelitian tergolong penelitian observasional dengan rancangan penelitian potong lintang. Pengambilan sampel dengan metode quota sampling dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 60 responden. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Uji statistik data menggunakan chi square test. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Usia dan pendidikan memiliki pengaruh terhadap pengetahuan swamedikasi; dan (2) Tingkat pengetahuan responden ternyata  berpengaruh terhadap tindakan swamedikasi diare akut.Kata Kunci: diare akut, swamedikasi, tingkat pengetahuan.
KEMAMPUAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE CALON GURU BIOLOGI MENYUSUN RPP PADA PRAKTIK MICROTEACHING Ariyati, Eka
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.411 KB)

Abstract

Salah satu faktor pendukung keberhasilan kegiatan pembelajaran adalah adanya guru. Oleh karenanya mahasiswa calon guru harus dilatihkan kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK). Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan PCK calon guru Biologi dalam menyusun RPP pada praktik pembelajaran mikro (microteaching). Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa calon guru Biologi Prodi Pendidikan Biologi FKIP Untan TA 2016/2017 yang sedang praktik microteaching berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi RPP yang telah dibuat oleh mahasiswa calon guru biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan PCK mahasiswa calon guru biologi dalam menyusun RPP termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata kemampuan CK sebesar 70,83% (baik), kemampuan PK sebesar 75,70% (baik), dan kemampuan PCK sebesar 66,67% (baik).Kata Kunci: pedagogical content knowledge, RPP, microteaching.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 21, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 20, No 2 (2022): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 20, No 1 (2022): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 19, No 2 (2021): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 19, No 1 (2021): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 18, No 2 (2020): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 18, No 1 (2020): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 17, No 2 (2019): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 17, No 1 (2019): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 17, No 1 (2019): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 15, No 2 (2017): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 15, No 2 (2017): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 15, No 1 (2017): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 15, No 1 (2017): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 14, No 2 (2016): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 14, No 2 (2016): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 14, No 1 (2016): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 14, No 1 (2016): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 2 (2015): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 2 (2015): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 1 (2015): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 1 (2015): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 2 (2014): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 2 (2014): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 1 (2014): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 1 (2014): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 11, No 2 (2013): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 11, No 2 (2013): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 2 (2012): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 1 (2012): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 8, No 2 (2011): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 8, No 2 (2011): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 8, No 1 (2011): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 7, No 1 (2010): Edukasi: Jurnal Pendidikan More Issue