cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Edukasi: Jurnal Pendidikan
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : 18298702     EISSN : 24071803     DOI : -
Core Subject : Education,
EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a Research Scientific Journal published two times a year by LPPM IKIP PGRI Pontianak with p-ISSN 1829-8702 (print) and e-ISSN 2407-1803 (online). The article contains the results of research and other scientific literature related to education, learning, science, technology, socio-culture, and entrepreneurship, especially related to higher and basic Education in order to inspire and provide benefits for the wider community. it contains research results and basic scientific literature) according to the field of its scientific work.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 2 (2022): Edukasi: Jurnal Pendidikan" : 14 Documents clear
Madrasah Diniah as Media Teaching and Learning Islamic Moderation Values at Qur’an Learning Centers Nur Zaytun Hasanah; Shafira Dhaisani Sutra; Sutta Wira Admojo; M Nurul Ikhsan Saleh
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 20, No 2 (2022): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/edukasi.v20i2.4046

Abstract

AbstractMadrasah diniah has an essential role in educating the younger generation concerning instilling Islamic values from an early age. Moderation Islam (wasathiyah Islam) has now become a school of Islamic thought that has become a discourse. This research aimed to interpret madrasah diniah education as a medium for teaching and learning Islamic moderation values to students of Taman Pendidikan Al-Quran (Qur’an Learning Center). The research method used qualitative. This research was conducted at Baiturrahman Mosque, Sleman, Yogyakarta. The subjects were three Qur’an Learning Center teachers of the Baiturrahman Mosque. This research used data collection techniques through interviews, observations, and secondary sources. The data analysis technique used in the form of content analysis techniques. Based on the results of the research, it was found that early madrasah diniah education can be used as a medium of teaching and learning to instill Islamic moderation values.  AbstrakMadrasah diniah memiliki peran penting dalam mendidik generasi muda dalam kaitannya menanamkan nilai-nilai Islam sejak dini. Moderasi Islam (wasathiyah Islam) telah menjadi aliran pemikiran Islam yang menjadi pembicaraan. Tujuan penelitian adalah untuk menginterpretasikan pendidikan madrasah diniah sebagai media pengajaran dan pembelajaran nilai-nilai moderasi Islam pada santri Taman Pendidikan Al-Quran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian dilakukan di Masjid Baiturrahman, Sleman, Yogyakarta. Subjek penelitian adalah tiga guru santri Taman Pendidikan Al-Quran Masjid Baiturrahman. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan sumber sekunder. Teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis konten. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa pendidikan madrasah diniah dapat dijadikan sebagai media pengajaran dan pembelajaran dalam menanamkan nilai-nilai moderasi Islam.  
Materi Keterampilan Membaca Bahasa Prancis Tingkat A1 untuk Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Google Sites Wahyu Tri Widyastuti; Ratna Ratna; Evi Rosyani Dewi
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 20, No 2 (2022): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/edukasi.v20i2.4034

Abstract

Abstrak Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di dunia pendidikan sangat diperlukan guna mendukung proses pembelajaran. Salah satu kemampuan yang dibutuhkan di masa Revolusi Industri 4.0 adalah literasi teknologi sehingga perlu  mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk menganalisis materi pembelajaran membaca bahasa Prancis tingkat A1 sebagai tahap awal dalam pengembangan model pembelajaran berbasis Google Sites. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka dan teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tujuh pemetaan materi untuk pembelajaran keterampilan membaca bahasa Prancis tingkat A1 berbasis Google Sites. Struktur penyajian pengembangan yaitu wacana tulis, materi gramatikal, dan evaluasi pembelajaran menggunakan LearningApps. Ketujuh materi tersebut digunakan untuk pengembangan model pembelajaran keterampilan membaca bahasa Prancis tingkat A1 berbasis Google Sites.  AbstractThe use of information and communication technology in the world of education is needed to support the learning process. One of the skills needed during the Industrial Revolution 4.0 is technological literacy, so it is necessary to integrate technology in learning. This research aimed to analyze the learning material for learning French at A1 level as an early stage in developing a learning model based on Google Sites. The research used descriptive qualitative method with literature study data collection techniques and data analysis techniques were carried out by reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results of this research showed seven material mappings for learning French language reading skills at A1 level based on Google Sites. The development presentation structure is written discourse, grammatical material, and learning evaluation using LearningApps. The seven materials were used to develop a learning model for French Reading Skills at A1 level based on Google Sites.
Persepsi dan Kepuasan Mahasiswa terhadap Penempatan Magang pada Hotel Berbintang Eryd Saputra; Heri Nuryanto; Miratia Afriani
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 20, No 2 (2022): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/edukasi.v20i2.4351

Abstract

Abstrak Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi dan kepuasan mahasiswa terhadap penempatan magang pada hotel-hotel berbintang yang berada di Kota Batam dan Pulau Bintan. Penelitian mengunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi berjumlah 50 orang mahasiswa. Jumlah sampel 50 orang mahasiswa dengan total sampling sebagai teknik sampel. Teknik pengumpulan data mengunakan kuesioner berbasis Google Form. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, semua mahasiswa setuju dengan pernyataan yang diajukan terkait persepsi dan kepuasan mahasiswa terhadap penempatan magang pada hotel berbintang yang ada di Kota Batam dan Pulau Bintan; hotel tempat mahasiswa magang mendukung penuh untuk kemajuan keahlian mahasiswa; seluruh mahasiswa cukup setuju dengan pernyataan tentang pengelolaan magang yang dilakukan oleh bagian kerja sama Politeknik Pariwisata Batam; dan Bagian kerja sama dapat mengakomodir semua kebutuhan mahasiswa magang pada hotel-hotel yang berada di Kota Batam dan Pulau Bintan.  AbstractThis research aimed to describe student perceptions and satisfaction with internship placements at star hotels in Batam City and Bintan Island. The research used a quantitative descriptive method. The population was 50 students. The number of samples was 50 students with total sampling as the sampling technique. The data collection technique used a Google Form-based questionnaire. The data analysis technique used descriptive analysis. Based on the results of the research, all students agreed with the statement submitted regarding student perceptions and satisfaction with internship placements at star hotels in Batam City and Bintan Island, hotels where student internships fully support the advancement of student skills, all students quite agree with the statement regarding the management of internships carried out by the cooperation section of the Batam Tourism Polytechnic, and the cooperation department can accommodate all the needs of interns at hotels in Batam City and Bintan Island.
Analisis Keterampilan Menulis melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Mai Yuliastri Simarmata; Magdalena Pitra Yatty; Najla Shafa Fadhillah
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 20, No 2 (2022): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/edukasi.v20i2.4085

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil pembelajaran keterampilan menulis melalui proyek profil pelajar Pancasila di SMP Al-Fityan Kubu Raya, Kalimantan Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Responden penelitian berjumlah 26 peserta didik yang berasal dari kelas VII SMP Al-Fityan Kubu Raya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observai dan tes essay. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterampilan menulis peserta didik kelas VII SMP Al-Fityan Kubu Raya melalui proyek penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema gaya hidup berkelanjutan judul “Sampahku, tanggung jawabku” termasuk dalam kategori sangat baik.  AbstractThe research aimed to determine the learning outcomes of writing skills through the Pancasila student profile project at Al-Fityan Kubu Raya Junior High School, West Kalimantan. The research method used descriptive qualitative. The research respondents were 26 students from class VII SMP Al-Fityan Kubu Raya. Data collection techniques were carried out by observation and tests. Data collection tools used observation sheets and essay tests. The data analysis technique used the Miles and Huberman model. Based on the results of the research, it can be concluded that the writing skills of seventh grade students of SMP Al-Fityan Kubu Raya through a project to strengthen the profile of Pancasila students with the theme of a sustainable lifestyle "My trash, my responsibility" was included in the very good category.
Efikasi Diri Mahasiswa Akuntansi pada Masa Pandemi COVID-19 Popi Fauziati; Herawati Herawati; Siti Rahmi; Yetty Morelent; Muhammad Teguh Laduny Shaden
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 20, No 2 (2022): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/edukasi.v20i2.4297

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian untuk menguji pengaruh efikasi diri terhadap prestasi akademik mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Bung Hatta, Padang pada masa pandemi COVID-19. Penelitian merupakan penelitian korelasional dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Populasi penelitian adalah mahasiswa Akuntansi yang aktif di Universitas Bung Hatta angkatan 2018-2020 berjumlah 303 orang. Sampel penelitian berjumlah 76 orang yang dipilih menggunakan proportionate stratified random sampling technique. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa mahasiswa dapat mengefikasi diri pada masa pandemi COVID-19. Simpulan penelitian adalah efikasi diri berpengaruh positif terhadap prestasi akademik mahasiswa Akuntansi Universitas Bung Hatta.  AbstractThe purpose of the research was to examine the effect of self-efficacy on academic performance of students of the Accounting Program at Universitas Bung Hatta, Padang during the COVID-19 pandemic. This research was a correlational research and data collection was done by using a questionnaire. The population in the research was accounting students who were active at Universitas Bung Hatta in 2018-2020 totaling 303 people. The research sample was 76 people who were selected using the proportionate stratified random sampling technique. Analysis of the data used simple linear regression. The results of the analysis showed that students can be self-efficacy during the COVID-19 pandemic. The conclusion of the research was that self-efficacy has a positive effect on the academic performance of accounting students at Universitas Bung Hatta.
Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Menggunakan Metode Supervisi Akademik Neti Herwati
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 20, No 2 (2022): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/edukasi.v20i2.4416

Abstract

Abstrak Penelitian dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja siswa (LKPD) mengunakan metode supervisi terhadap guru mata pelajaran. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan sekolah melalui supervisi akademik. Subjek penelitian adalah sepuluh guru di SMP Negeri 4 Pontianak. Penilaian dilakukan dengan mengisi instrumen penilaian kompetensi profesional guru melalui supervisi akademik. Hasil supervisi akademik untuk meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran dalam menyusun RPP dan LKPD melalui supervisi dan refleksi tergambarkan dari hasil pengamatan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru dalam menyusun RPP dan LKPD serta pelaksanaan proses pembelajaran mengalami peningkatan melalui supervisi akademik pada kategori baik.  AbstractThis research aimed to improve the ability of ten teachers in preparing lesson plans (RPP) and student worksheets (LKPD) using the supervision method for subject teachers. The type of research conducted was school action research through academic supervision. The subjects in this research were ten teachers of SMP Negeri 4 Pontianak. The assessment was carried out by filling out the instrument for assessing the professional competence of subject teachers’ academic supervision. The results of academic supervision to improve the ability of subject teachers in preparing RPP and LKPD through supervision and reflection were illustrated by the results of observations for two cycles. The professional competence of teachers in preparing RPP and LKPD as well as the implementation of the learning process as increased through academic supervision in the good category.
Pengembangan Modul Elektronik Evaluasi Pendidikan Komputer Berbasis Android di Perguruan Tinggi Ade Fitri Rahmadani; Karmila Suryani; Rini Widyastuti; Adam Putra Nanda Gultom; Rani Sulastri
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 20, No 2 (2022): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/edukasi.v20i2.4143

Abstract

AbstrakTujuan dilakukan penelitian untuk menghasilkan sebuah modul elektonik berbasis Android pada mata kuliah Evaluasi Pendidikan Komputer yang valid dan praktis. Model pengembangan fourD digunakan dalam penelitian dengan tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Uji validitas dilakukan menggunakan angket yang diisi oleh dua validator, yaitu validator ahli media dan validator ahli materi. Uji kepraktisan produk dilakukan dengan menyebarkan angket praktikalitas ke 30 mahasiswa yang kuliah di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Penentuan nilai validitas dan praktikalitas menggunakan teknik analisis data yaitu menentukan jumlah skor dari masing-masing validator dengan menjumlahkan semua skor yang diperoleh dari masing-masing indikator. Berdasarkan hasil analisis data, modul elektonik yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis sehingga modul elektonik yang dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu sumber bahan ajar pada mata kuliah Evaluasi Pendidikan Komputer. AbstractThe research aimed to produce an Android-based electronic module in the Computer Education Evaluation course valid and practical. The fourD development model is used in this research with stages, namely define, design, develop, and disseminate. To test the validity, the researcher used a questionnaire filled out by two validators, namely the media expert validator and the material expert validator. To test the practicality of the product, the researchers distributed a practicality questionnaire to 30 students studying in the Informatics and Computer Engineering Education Study Program. The results of data analysis showed that the developed electronic module was stated to be very valid and very practical so the electronic module can be used as a source of teaching materials in the Computer Education Evaluation course.
Strategi Guru Sosiologi dalam Meningkatkan Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Komputer dan Smartphone Pascazonasi Ika Nurul Aini; Joan Hesti Gita Purwasih
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 20, No 2 (2022): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/edukasi.v20i2.4447

Abstract

Abstrak Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil, tantangan, dan strategi guru dalam menghadapi Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Komputer dan Smartphone (EHB-BKS) SMA Negeri di Kota Malang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Informan penelitian yaitu siswa, guru mata pelajaran Sosiologi, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber. Data penelitian dianalisis secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memberikan informasi dan pengenalan bentuk-bentuk soal EHB-BKS sejak dini, yaitu mulai dari kelas X. Guru juga menerapkan strategi penguatan pemahaman soal dengan membagi kisi-kisi soal, memberikan latihan-latihan soal, dan melakukan pembahasan soal. Secara tidak langsung, guru dapat mengevaluasi dan menguatkan materi Sosiologi dari kelas X hingga kelas XII. Upaya tersebut dapat berpengaruh pada peningkatan hasil EHB-BKS. AbstractThe research aimed to determine the results, challenges, and strategies of teachers in dealing with Computer and Smartphone-Based Learning Outcomes Evaluation (EHB-BKS) in Malang City Senior High School. The type of research conducted was descriptive qualitative. The determination of research informants used a purposive sampling technique. Research informants were students, teachers of sociology subjects, and vice principals in the field of curriculum. Data collection techniques used observation, interviews, and documentation. The validity of the data obtained through triangulation of sources. The analysis technique used interactive analysis. The result showed that the teacher provided information and introduced the forms of EHB-BKS questions from an early age, starting from class X. The teachers also implemented strategies to strengthen understanding of the questions by dividing the grid of questions, the gave practice questions, and discussing the questions. Indirectly, the teacher can evaluate and strengthen the Sociology material from class X to class XII. These efforts can have an effect on increasing the results of EHB-BKS.
Tantangan Alumni Pendidikan Sosiologi Mengikuti Seleksi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Eva Fras Juiyanti Hutasoit; Joan Hesti Gita Purwasih
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 20, No 2 (2022): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/edukasi.v20i2.4453

Abstract

Abstrak Penelitian bertujuan untuk menjelaskan tantangan yang dihadapi alumni Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Malang (UM) dalam mengikuti seleksi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan. Hasil penelitian penting dianalisis untuk mengetahui tingkat kesiapan alumni Pendidikan Sosiologi UM dalam mengikuti seleksi PPG Prajabatan. Tantangan atau kendala alumni juga penting diketahui agar mahasiswa Pendidikan Sosiologi UM lebih mempersiapkan diri menghadapi seleksi PPG Prajabatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif. Responden penelitian berjumlah 11 orang alumni Pendidikan Sosiologi UM. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan materi yang tidak maksimal dapat menjadi salah satu tantangan internal dan pelaksanaan tes subtantif yang jauh dari domisili menjadi tantangan eksternal alumni Pendidikan Sosiologi UM. AbstractThe research aimed to explain the challenges faced by alumni of the Sociology Education State University of Malang (UM) in participating in the Education selection PreOccupational Teacher Profession (PPG). It is important to analyze the results of this research to determine the level of readiness of UM Sociology Education alumni to take part in the PPG PreOccupational selection. It is also important to know the challenges or constraints of alumni so that UM Sociology Education students are able to better prepare themselves for the future PPG PreOccupational selection. This type of research was descriptive qualitative. The number of research respondents was 11 alumni of Sociology Education State UM. Data collection techniques used interviews. Data were analyzed using an interactive analysis model consisting of data collection, data reduction, data presentation, and verification or drawing conclusions. The results of the research showed that material mastery that is not optimal can be one of the internal challenges and the implementation of substantive tests that are far from their domicile is an external challenge for alumni of UM Sociology Education.
Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Hendra Dani Saputra; Wawan Purwanto; Toto Sugiarto; Fauzan Zaharbaini; Ahmad Arif; Fazrin Hidayat
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 20, No 2 (2022): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/edukasi.v20i2.4470

Abstract

Abstrak Penelitian bertujuan mengukur efektivitas pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran problem solving. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI TKR 2 SMKN 3 Bungo Kabupaten Bungo Provinsi Jambi yang berjumlah 24 siswa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik total sampling sehingga keseluruhan populasi merupakan sampel penelitian. Penelitian termasuk penelitian preexperimental menggunakan desain one group pretest-posttest. Instrumen penelitian menggunakan soal tes objektif pilihan ganda sejumlah 30 butir soal. Data yang terkumpul dilakukan analisis ketuntasan belajar siswa, effect size, dan gain ternormalisasi. Hasil analisis ketuntasan klasikal hasil belajar siswa menunjukkan telah tercapai ketuntasan dalam hasil belajar. Analisis effect size menunjukkan model pembelajaran problem solving memiliki efek dengan kategori besar. Hasil analisis uji gain ternormalisasi terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menerapkan model pembelajaran problem solving pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving tebukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa. AbstractThe research aimed to measure the effectiveness of learning by applying the problem solving learning model. The research population was students of class XI TKR 2 SMKN 3 Bungo, Bungo Regency, Jambi Province, with a total of 24 students. Sampling using the total sampling technique so that the research sample was the entire population. This research included preexperimental research using a one-group pretest-posttest design. The research instrument used multiple choice objective test questions with a total of 30 questions. The data collected was analyzed for student learning completeness, effect size, and normalized gain. The results of the classical completeness analysis of learning outcomes showed that completeness has been achieved in learning outcomes. The effect size analysis showed that the problem solving learning model has a large category effect. The results of the normalized gain test analysis showed an increase in student's ability to apply the problem solving learning model in the medium category. It was concluded that the application of the problem solving learning model proved to be effective in increasing learning outcomes.

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 21, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 20, No 2 (2022): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 20, No 1 (2022): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 19, No 2 (2021): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 19, No 1 (2021): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 18, No 2 (2020): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 18, No 1 (2020): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 17, No 2 (2019): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 17, No 1 (2019): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 17, No 1 (2019): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 15, No 2 (2017): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 15, No 2 (2017): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 15, No 1 (2017): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 15, No 1 (2017): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 14, No 2 (2016): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 14, No 2 (2016): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 14, No 1 (2016): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 14, No 1 (2016): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 2 (2015): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 2 (2015): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 1 (2015): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 1 (2015): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 2 (2014): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 2 (2014): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 1 (2014): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 1 (2014): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 11, No 2 (2013): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 11, No 2 (2013): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 2 (2012): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 1 (2012): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 8, No 2 (2011): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 8, No 2 (2011): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 8, No 1 (2011): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 7, No 1 (2010): Edukasi: Jurnal Pendidikan More Issue