cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini memuat artikel tentang hasil penelitian dan kajian mengenai Pendidikan Bahasa atau serumpunnya yang terbit setiap Juni dan Desember
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Bahasa" : 20 Documents clear
LATAR BELAKANG DAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA TAHUN AKDEMIK 2013/2014 PRODI BAHASA INGGRIS Diah Astriyanti, Desi Sri Astuti, Aria Djalil, Ismail Kasim, Abdul Arif,
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (459.759 KB) | DOI: 10.31571/bahasa.v4i2.88

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara rinci latar belakang mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris Tahun Akademik 2013/2014. Instrumen yang digunakan untuk menemukan jawaban dari penelitian ini adalah kuesioner, tes tertulis PMB, dan tes tertulis pre-test dan post-test matrikulasi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif, Analisis korelasional, dan Analisis variansi. Dari kuesioner latar belakang mahasiswa terjabarkan  bahwa mahasiswa bahasa Inggris IKIP PGRI Pontianak terdiri dari latar belakang demografis yang berbeda-beda, begitu juga dengan latar belakang pendidikan orang tua, pendapatan orang tua, serta sumber belajar yang mereka miliki. Terhadap kemampuan berbahasa inggris awal mereka sebelum dan sesudah matrikulasi dapat diasumsikan kualitas pengajaran Bahasa Inggris di antara kab/kota juga beragam. Akibatnya  pengetahuan awal mereka dalam bahasa Ingggrispun cukup beragam. Dari hasil keseluruhan latar belakang akademik mahasiswa dengan nilai akademik mereka menunjukkan korelasi yang signifikan. Kemudian dari hasil pre-test dan post-test matrikulasi mahasiswa menunjukkan bahwa program matrikulasi efektif untuk meningkatkan kinerja mahasiswa. Kata kunci: Bahasa Inggris, Latar Belakang Demografis, Matrikulasi, Kinerja Akademik.
KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL CATATAN MALAM TERAKHIR KARYA FIRDYA TAUFIQURRAHMAN Agustina, Rini
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.778 KB) | DOI: 10.31571/bahasa.v4i2.94

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan konflik batin tokoh utama dalam novelCatatan Malam Terakhir karya Firdya Taufiqurrahman. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologis sastra. Data dalam penelitian ini berupa kutipan novel yang mengandung konflik batin. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Catatan Malam terakhir karya Firdya Taufiqurrahman. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dengan alat pengumpulan data adalah peneliti sendiri sebagai instrumen kunci. Validitas data dalam penelitianini adalah triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis jalinan atau saluran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik batin tokoh utama yangterkandung dalam novel Catatan Malam terakhir karya Firdya Taufiqurrahman sebagai berikut, perasaan kecewa, malu, bingung, sedih, iri hati, perasaan khawatir, curiga, takut, dan iritasi.Kata Kunci: sastra, novel, dan konflik batin.
EFEKTIVITAS DIRECT CORRECTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MAHASISWA IKIP PGRI PONTIANAK Elly Syahadati, Dayat, Dian Shinta,
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.09 KB) | DOI: 10.31571/bahasa.v4i2.89

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan teknik direct correction dalam meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa semester dua IKIP PGRI Pontianak tahun akademik 2015. Untuk memperoleh data, metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan bentuk kuasi-eksperimen. Sampel diambil dengan cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelompok, eksperimen dan kontrol. Sedangkan, teknik untuk mengumpulkan data menggunakan pengukuran dengan instrumen berupa tes tulis. Data dianalisa dengan menggunakan uji-t. Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, diketahui bahwa t hitung 6,276, dan kemudian dikonsultasikan dengan t tabel sebesar 2, 021dengan taraf signifkansi 0,005, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan yang mengatakan direct correction efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa (Ha) diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat dikatakan bahwa penggunaan direct correction efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa.Kata kunci: efektivitas, direct correction, kemampuan menulis, kuasi-eksperimen.
THE EFFECTIVENESS OF TEAM ASISTED INDIVIDUALIZATION IN TEACHING VOCABULARY VIEWED FROM STUDENTS’ MOTIVATION Sulaiman, Sulaiman
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.751 KB) | DOI: 10.31571/bahasa.v4i2.95

Abstract

AbstractThis research reveals an experimental study about the effectiveness of Team Assisted Individualization in teaching vocabulary at a private university in Pontianak. The population of this research was the first semester students of university. The sample was two classes consisting of 60 students taken by using cluster random sampling. The data analysis was done by applying descriptive and inferential statistics (ANOVA and Tukey Test) to test the research hypothesis.Based on the results of the analysis, the findings of this research are: (1) the students who were taught by using Team Assisted Individualization hadbetter vocabulary mastery that those who were taught  with Peer tutoring. In other words,  the use of Team Assisted Individualization was more effective than Peer Tutoring in teaching Vocabulary; (2) the students with high motivation had better vocabulary mastery than those with low motivation; and (3) there was interaction between teaching method and motivation toward students’ vocabulary mastery.Based on research findings, it can be concluded that Team Assisted Individualization is an effective teaching method to teach vocabulary for the first semester students of  university in Pontianak. The effectiveness of the method is influenced by the students’ level of motivation. Keywords: Team Assisted Individualization, Peer Tutoring Method, vocabulary , motivation.
DEIKSIS BAHASA MELAYU DIALEK SINTANG KECAMATAN SERAWAI: KAJIAN PRAGMATIK Ramaniyar, Eti
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.238 KB) | DOI: 10.31571/bahasa.v4i2.90

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bentuk deiksis persona, tempat dan waktu Bahasa Melayu Dialek Sintang Kecamatan Serawai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian berupa pertuturan masyarakat bahasa Melayu Dialek Sintang Kecamatan Serawai dengan data dan sumber data berupa pertuturan atau dialog percakapan yang telah ditranskip dalam bentuk teks. Pengumpulan data menggunakan metode simak atau penyimakan, yaitu teknik simak bebas libat cakap. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan aspek deiksis yang terdapat dalam pertuturan mencakup dieksis persona berupa aku (saya), duan, ikaU (kamu), diriʔ (anda), kIan (kalian), io (dia atau ia) sidoʔ (mereka). deiksis tempat berupa dituʔ, dInun, dan dioʔ. Serta menggunakan dua demonstrativa yoʔ/ iyoʔ (itu) dan demonstrativa tuʔ/ ituʔ (ini), dan waktu berupa pituʔ, kemariʔ, ari pagi, pelamari, malam tuʔ.Kata kunci: deiksis, bahasa Melayu, dialek Sintang. 
PENGEMBANGAN DRAFT BAHAN AJAR PADA MATA KULIAH BASIC READING PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS Yulia Rhamadiyanti, Tri Kurniawati, Citra Kusumaningsih,
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.272 KB) | DOI: 10.31571/bahasa.v4i2.96

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk bahan ajar pada mata kuliah basic reading. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development model Borg and Gall. dari sepuluh langkah model borg and gall, penulis melakukan pengembangan bahan ajar pada tahap ke-3 yaitu pengembangan draf awal bahan ajar. Dari hasil pengembangan bahan ajar yang telah dilakukan, maka bentuk bahan ajar dari penelitian ini adalah handout. Handout disusun berdasarkan tujuan instruksional khusus, analisis instruksional, analisis perilaku awal mahasiswa, tujuan instruksional khusus, dan RPKPS/sillabus. Kata kunci: bahan ajar, penelitian dan pengembangan, basic reading.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA INDAH PUISI MELALUI STRATEGI PELATIHAN INDUSTRI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SIANTAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Wulansari, Fitri
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.816 KB) | DOI: 10.31571/bahasa.v4i2.91

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan refleksi guru ternyata terdapat beberapa masalah dalam proses pembelajaran membaca, khususnya membaca indah puisi. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu upaya. Upaya yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menerapkan strategi pelatihan industri. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran membaca indah puisi menggunakan strategi pelatihan industri pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Siantan tahun 2014/2015? Metode penelitian ini adalah kualitatif, bentuk penelitian deskriptif, dan rancangan penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu siklus I, II, dan III. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan siswa kelas VII  semester II SMP Negeri 3 Siantan tahun 2014/2015. Data diambil melalui tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukan peningkatan dalam proses dan hasil pembelajaran. Peningkatan terjadi pada proses dan hasil pembelajaran. Nilai rata-rata yang diperoleh siklus I berjumlah 55,17 nilai rata-rata pada siklus II berjumlah 75,03, dan nilai rata-rata siklus III berjumlah 83,89. Oleh sebab itu, peneliti  memilih strategi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Keikutsertaan siswa dalam pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: kemampuan, membaca indah puisi, dan strategi pelatihan industri.
Tindak Tutur dalam Wacana Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata (Sebuah Tinjauan Pragmatik) Wiranty, Wiendi
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.138 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan bagaimana tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam wacana novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi dalam wacana novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pustaka dan alat pengumpul data adalah peneliti sendiri sebagai instrument kunci. Teknik analisis data  yang digunakan adalah metode padan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam wacana novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Kata Kunci: Tindak tutur, Novel, Lokusi, Perlokusi, Ilokusi.
ANALISIS CITRA WANITA DALAM NOVEL PEREMPUAN JOGJA KARYA ACHMAD MUNIF Lizawati, Lizawati
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.981 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan citra wanita dalam novel Perempuan Jogja karya Achmad Munif. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra.Teknik analisis data menggunakan analisis isi dengan studi dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra fisik wanita dalam novel Perempuan Jogja karya Achmad Munif yaitu: (1) Raden Ayu Indri Astuti: cantik dan anggun; (2) Rumanti: cantik bagai bunga, kecantikannya perpaduan antara Monalisa dengan Dewi Drupati; (3) Popi: cantik seperti Ibunya, dan cantik walaupun cuek terhadap penampilan. Citra nonfisik wanita dalam novel Perempuan Jogja karya Achmad Munif yaitu: (1) Raden Ayu Indri Astuti: wanita yang cinta kasih kepada keluarga, wanita yang  berwatak keras, dan wanita yang cerdas; (2) Rumanti: wanita yang cinta kasih kepada suami, wanita yang selalu sabar dan tidak egois; (3) Popi: wanita yang cerdas dan wanita yang enerjik. Kata kunci: novel, citra wanita, citra fisik dan citra nonfisik.
KAJIAN TINDAK TUTUR WACANA “BUAT AKTA USIA DEWASA” KORAN TRIBUN PONTIANAK Hartati, Mesterianti
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.299 KB) | DOI: 10.31571/bahasa.v4i2.93

Abstract

Koran menjadi bagian dari media massa mempunyai andil besar dalam menyampaikan suatu informasi. Melalui media koran, terjadi tindak tutur di dalam informasi yang disampaikan. Penelitian ini mengkaji masalah mengenai tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi pada salah satu wacana yang terdapat di koran Tribun Pontianak. Wacana yang dimaksud adalah bagian halaman hotline yang memuat suara rakyat yaitu berawal dari pertanyaan masyarakat mengenai cara pembuatan akta kelahiran. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tindak tutur yang terjadi di wacana tersebut.  Data yang diperoleh dari penelitian berupa teks yang berkaitan dengan tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi.Dari penelitian tersebut dapat diketahui bahwa dalam rubrik suara rakyat khususnya di halaman hotline mengenai pembuatan akta lahir terkandung tindak tutur,  yaitu tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi. Kata Kunci: Tindak, Tutur Wacana Koran Tribun Pontianak.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2015 2015