cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
WACANA DIDAKTIKA
ISSN : 23379820     EISSN : 25798464     DOI : -
WACANA DIDAKTIKA adalah jurnal pemikiran penelitian pendidikan dan sains yang secara khusus memuat artikel ilmiah seputar pendidikan dan sains, baik berupa hasil peikiran konseptual ataupun hasil penelitian. Wacana didaktika terbit setiap semester (dua kali dalam setahun) yaitu setiap bulan Juni dan bulan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2016): Juni 2016" : 11 Documents clear
Efisiensi Teknis Usahatani Padi (Oryza Sativa L) Dengan Sistem Tanam Jajar Legowo di Desa Dasok Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan Mohammad Shoimus Sholeh
Wacana Didaktika Vol 4 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.261 KB) | DOI: 10.31102/wacanadidaktika.4.1.55-64

Abstract

Program sistem tanam jajarlegowo yang memodifikasi sistem pola tanam diharapkan dapat meningkatkan produktivitas padi sehingga pendapatan petani juga meningkat. Penerapan penanaman padi dengan sistem jajar legowo harus efisien secara teknik agar mendapatkan prouksi padi maksimal dengan tingkat pengguaan faktor-faktor produksi tertentu. Dalam pembangunan pertanian, teknologi penggunaan faktor-faktor produksi memegang peranan penting karena kurang tepatnya jumlah dan kombinasi faktor produksi mengakibatkan rendahnya produksi yang dihasilkan atau tingginya biaya produksi. Maka dari itu Untuk meningkatkan produksi, penggunaan faktor-faktor produksi harus efisien dan efektif. Efisien secara teknik apabila produksi padi actual mendekati produksi potensial. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi usahatani padi dan tingkat efisiensi teknis penerapan sistem tanam jajar legowo. Analisis yang digunakan yaitu stochastic frontier untuk menganalisis tingkat efisiensi teknis. Dari hasil analisis diperoleh faktor-faktor produksi yang berpengaruh nyata terhadap produksi usahatani padi adalah pupuk organik, pupuk kimia dan tenaga kerja. Rata-rata tingkat efisiensi teknis sebesar 0,92, berarti petani sudah mencapai produksi 92% dari potensial produksi padi dan masih terdapat 8% untuk meningkatkan produksi padi. Dengan tingkat efisiensi sebesar 0,92 diperoleh pendapatan usahatani padi sebesar Rp. 4.725.522,- dengan luasan lahan 0,367 ha dalam satu musim tanam. Hal ini menunjukkan bahwa petani masih dapat meningkatkan pendapatan usahatani padi dengan meningkatkan efisiensi teknis.
Tindak Tutur Dalam Transaksi Jual Beli Ikan di Pasar Keppo Agus Wahdian
Wacana Didaktika Vol 4 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.197 KB) | DOI: 10.31102/wacanadidaktika.4.1.1-15

Abstract

Tindak tutur digunakan oleh orang-orang atau masyarakat yang kegiatannya berhubungan dengan bahasa salah satunya yaitu sebagai penjual ikan di pasar. Untuk memberikan tuturan yang menarik perhatian pembeli, seorang penjual ikan harus mengolah kata-kata yang diujarkannya. Begitu juga dengan si pembeli dia tidak langsung terpengaruh dengan apa yang dikatakan oleh si penjual, keduanya sama-sama mengolah kata-kata untuk mencapai kesepakatan dalam bentuk bernegosiasi. Oleh karena itu, hal sedemikian menjadi fenomena tersendiri bagi penulis untuk meneliti lebih lanjut tindak tutur dalam transaksi jual beli ikan di pasar Keppo Pamekasan. Dari uraian di atas timbul permasalahan, yaitu tentang tindak tutur dalam transaksi jual beli ikan di pasar Keppo Pamekasan, dengan tujuan ingin memperoleh deskripsi yang objektif tentang tindak tutur yang digunakannnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi yaitu berupa pengamatan langsung kepada suatu objek yang akan diteliti, jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif sebab data yang diteliti berupa data perekaman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ada tiga tahapan, (1) Reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data yang dilakukan pada bab IV, yaitu berupa (1) pemilihan tindak tutur, tindak tutur ini dipilih karena mereka akan mengetahui segala tindak dan usaha dari si penjual dan pembeli ikan di pasar Keppo. Di dalam penelitian ini tindak tutur yang terjadi lebih banyak pada ketidaksetujuan dari harga yang diberikan dengan berbagai alasan yang diungkapkan. Dari ketidaksetujuan tersebut dari pihak penjual maupun pembeli terjadi suatu negosiasi yaitu tawar menawar dari pihak penjual dan pembeli ikan, dalam hal ini tentunya si penjual menginginkan ikan dengan harga yang tinggi meskipun kualitasnya rendah, begitu juga sebaliknya pembeli menginginkan ikan dengan harga yang murah meskipun kualitasnya tinggi. Dari hal tersebut munculah tindakan kompromi dari pihak si penjual dengan si pembeli
The Research of Literary Criticism (Materialism in The Great Gatsby Novel by Fitzgerald) Jaftiyatur Rohaniyah
Wacana Didaktika Vol 4 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.211 KB) | DOI: 10.31102/wacanadidaktika.4.1.16-25

Abstract

The material as the life’s necessities of human changes into prestige of the human himself. Material is no longer interpreted as the life’s necessities but it changes into money. It becomes the symbol of success and happiness. This shift process certainly brings a lot of change to the human nature. Material which at the beginning is considered as the life necessities turns into human obsession to reach the happiness. In the literary criticism, materialism is one of approach to analyze the values in the literary works. Its used by Fitzgerald to view the complexity of the story in the ‘Great Gatsby’ Novel, but unfortunately the fact, its ironic because material satisfaction is only empty happiness as reflected in this paper.
The Effect of Textbook Readability on Students’ Reading Comprehension Dinar Vincy Yunitaka Bahrudin
Wacana Didaktika Vol 4 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.208 KB) | DOI: 10.31102/wacanadidaktika.4.1.42-54

Abstract

Language learners should learn reading skill as one of four language skills. It is to make learners' ability on foreign language becomes more comprehensive. The purpose of reading is to improve the understanding about the content of the text and it is the central purpose of language learners. Text readability level is also influenced by the readers’ motivation, ability, and interest. Thats whay in selecting reading texts, the teacher should concern to text readability level and the student language level. Students' level must be related with text readability level, so that it is inappropriate to give junior high school students difficult text such as a difficult scientific text. Therefore this study conclude that the is an effect of textbook readability on students reading comprehension.
Teaching English to Young Learners: Things That The Teachers Should Consider Arisandi Setiyawan
Wacana Didaktika Vol 4 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.357 KB) | DOI: 10.31102/wacanadidaktika.4.1.26-32

Abstract

Teaching English to young learners is challenging to the English teachers because young learners have difference point of view and character. Even though it looks so easy to teach English to young learners, the teachers should not underestimate some aspect before teaching young learners, therefore this article discusses about three aspects that should be considered by the teachers when they teach English to young learners, those are; the strategy when they teach, the characteristics of young learners and the classroom management.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Argument Based Science Inquiry (ABSI) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berargumentasi Siswa SMA Agus Budiyono
Wacana Didaktika Vol 4 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.812 KB) | DOI: 10.31102/wacanadidaktika.4.1.84-93

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang besarnya pengaruh dan peningkatan kemampuan berargumentasi siswa SMA melalui pembelajaran model argument-based science inquiry. Penelitian menggunakan metode pre-experimental dengan one group pretest posttest design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di MAN Pamekasan Jawa Timur, sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas dengan jumlah 34 siswa yang dipilih secara acak kelas. Penelitian ini menggunakan instrument tes kemampuan berargumentasi. Adapun Teknik analisis data menggunakan effect size dan N-gain. Hasil penelitian diperoleh nilai effect size sebesar 5,80 yang berarti model pembelajaran ABSI berpengaruh sangat besar terhadap kemampuan berargumentasi siswa, serta nilai <g> sebesar 0,85 atau peningkatan kemampuan berargumentasi siswa berada pada kategori tinggi.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA El-Indahnia Kamariyah
Wacana Didaktika Vol 4 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.187 KB) | DOI: 10.31102/wacanadidaktika.4.1.78-83

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran fisika sub pokok bahasan tekanan hidrostatis kelas XI IPA SMA Miftahul Ulum Al-Baidowi Pamolaan Camplong Sampang. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar siswa terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelompok kontrol dengan model pembelajaran konvensional yaitu 76,2 dan 51,6. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai perhitungan thitung sebesar 10,25 sedangkan nilai ttabel dengan taraf signifikansi 0,01 adalah 2,660, karena nilai thitung > ttabel maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional sebagai pembanding. Persentase hasil analisis pengamatan ranah afektif dan psikomotorik belajar siswa menyatakan bahwa rata-rata persentase afektif dan psikomotorik belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yaitu 77,3% dan 81,1%, lebih baik dibandingkan dengan afektif dan psikomotorik belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional yaitu 51,5% dan 49,6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Miftahul Ulum Al-Baidowi Pamolaan Camplong Sampang pada sub pokok bahasan tekanan hidrostatis.
Testing Students Through The Writing Skills Fitrah Yuliawati
Wacana Didaktika Vol 4 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.855 KB) | DOI: 10.31102/wacanadidaktika.4.1.33-41

Abstract

Four major skills in communicating through language are often broadly defined as listening, listening and speaking, reading and writing. In many situations where English is taught for general purposes, these skills should be carefully integrated and used to perform as many genuinely communicative tasks as possible. Where this is the case, it is important for the test writer to concentrate on those types of test items which appear directly relevant to the ability to use language for real-life communication, especially in oral interaction. Thus, questions which test the ability to understand and respond appropriately to polite request, advice, instructions, etc. would be preferred to tests of reading aloud or telling stories. In the written section of a test, questions requiring students to write letters, memos, reports and messages would be used in place of many of the more traditional compositions used in the past.
Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dengan dan Tanpa Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Fisika SMA Negeri 1 Galis Chairatul Umamah
Wacana Didaktika Vol 4 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.114 KB) | DOI: 10.31102/wacanadidaktika.4.1.65-72

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar fisika siswa SMA pada kelas yang diterapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan penggunaan media animasi dengan kelas yang hanya diterapkan model pembelajaran GI tanpa penggunaan media animasi. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas, dengan kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran GI dengan media anaimasi sebagai kelas eksperimen, dan kelas yang diberi perlakuan hanya menggunakan model pembelajaran GI sebagai kelas kontrol. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan beberapa cara diantaranya wawancara, observasi dan tes hasil belajar. Melalui serangkaian uji statistik terhadap data ∆ (selisih nilai tes akhir dengan tes awal) diperoleh suatu pembuktian hipotesis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari model pembelajaran GI dengan penggunaan media animasi terhadap hasil belajar fisika siswa (Thit =0,03 dan Ttabel = 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media animasi dalam penggunaan model pembelajaran GI terhadap hasil belajar Fisika siswa.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika SMK Yenny Agustine Shovia Insany; Suprianto Suprianto
Wacana Didaktika Vol 4 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.208 KB) | DOI: 10.31102/wacanadidaktika.4.1.73-77

Abstract

Masalah yang dihadapi siswa dalam pembelajaran fisika adalah rendahnya hasil belajar siswa, yakni hanya 3-4 orang siswa yang mampu menerima penjelasan guru dengan baik, pengajaran berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif, tingkat rasa percaya diri siswa untuk saling mengemukakan pendapat masih sedikit, interaksi antar siswa kurang. Hal itu menyebabkan prestasi belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran fisika kelas XI SMK/Sederajat di Pamekasan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan bentuk desain eksperimen pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA A dan kelas XI IPA B, kelas XI IPA A sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dan kelas XI IPA B sebagai kelompok kontrol yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil observasi data penelitian dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis (uji t). Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan homogen, uji hipotesis (uji t) HI diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis pengamatan pembelajaran pada kedua kelas diperoleh rerata persentase yaitu pada kelas eksperimen 90,6% dan kelas kontrol 87,5%, proses keterlaksanaan pembelajaran pada kedua kelas berlangsung dengan baik. Sedangkan untuk aktivitas siswa pada kelas eksperimen diperoleh 73,2%, kelas kontrol sebesar 61,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran fisika kelas XI SMK/Sederajat di Pamekasan tahun ajaran 2015/2016.

Page 1 of 2 | Total Record : 11