cover
Contact Name
Brave A. Sugiarso
Contact Email
brave@unsrat.ac.id
Phone
+6282195447295
Journal Mail Official
ejournal.informatika@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Unsrat, Jl. Kampus Unsrat Bahu, Kec. Malalayang, Manado 95115
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
Jurnal Teknik Informatika
ISSN : 23018364     EISSN : 26856131     DOI : https://doi.org/10.35793/jti
Rekayasa Perangkat Lunak, IoT, Big Data, Cyber Security, Cloud Computing, Multimedia, Grafika Komputer
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 1 (2020): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA" : 5 Documents clear
Pengembangan Sistem Informasi Peringatan Dini Banjir Di Kota Manado Berbasis Internet of Things Nainggolan, Jonathan Poltak; Najoan, Meicsy E.I.; Karouw, Stanley D.S.
Jurnal Teknik Informatika Vol 15, No 1 (2020): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.15.1.2020.29064

Abstract

Abstrak - Bencana banjir pada jaman ini sangat sering dihadapi masyarakat pada dewasa ini. Kota Manado merupakan salah satu kota yang terdampak bencana ini. Pada saat ini di butuhkan teknologi sistem peringatan dini banjir yang dapat membantu menginformasikan secara cepat. Salah satu teknologi yang dapat diimplementasikan dalam peringatan dini banjir yaitu dengan teknologi Internet of things. Penelitian ini membuat sistem yang memantau ketingian air sungai secara berulang dan ketika mencapai ketingian yang ditentukan maka akan mengirimkan pesan peringatan dini banjir secara otomatis. Sistem ini berbasis mini komputer Raspberry PI dengan menggunakan protokol MQTT. Untuk mengukur ketingian air menggunakan sensor ultrasonik HCSR04 dan mengukur suhu sekitar dengan sensor DHT11 serta untuk pengiriman pesan peringatan dini berbasis sms gateway menggunakan modem GSM.  Dari hasil pengujian yang dilakukan semua komponen pada maket dan sistem berjalan dengan baik. Sensor dapat menerima data ketinggian air dan suhu yang selanjutnya langsung dikirimkan ke penerima melalui sms maupun grafik. Kata Kunci : Banjir; Internet of things;  MQTT; Raspberry PI
Identifikasi dan Kuantifikasi Manfaat Teknologi Informasi di Kabupaten Talaud Bahar, Jasinda; Sentinuwo, Steven; Karouw, Stanley; Tuturoong, Nancy; Robot, Jimmy
Jurnal Teknik Informatika Vol 15, No 1 (2020): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.15.1.2020.29027

Abstract

Talaud Regency has implemented information technology such to improve the performance of the officials as well as the quality of public services as a form of good governance. Presidential Instruction No 3 of 2003 concerning National Policy and Strategy on E-Government Development, and Presidential Regulation No 95 of 2018 on Electronic-based Government System, stated that, in order to have a clean, effective, transparent, and accountable governance along with quality and trustworthy public service, an electronic-based government system is needed.To understand the benefit of those information technology implementations in Talaud Regency Government, it is necessary to do a research and analysis. The data collecting technique was done by distributing questionnaires and doing interviews. using IT Valuation Matrix method to facilitate the research and analysis process. The research result shows that the information technology implementations in Talaud Regency have impacted positively because they are able to minimize the regional expenditure. It is also noted that the implementations have improved the performance of the officials and accelerate the government’s workflow despite of the inadequacy in infrastructure and human resource.
Rancang Bangun Aplikasi Game Pembelajaran Dan Simulasi Sistem Bilangan Digital Berbasis Android Wurara, Devit; Sompie, Sherwin R. U. A.; Paturusi, Sarry D. E.; Kainde, Henry Valentino
Jurnal Teknik Informatika Vol 15, No 1 (2020): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.15.1.2020.29026

Abstract

Penggunaan aplikasi game merupakan salah satu hiburan yang banyak diminati masyarakat berbagai kalangan sehingga sangat baik dipadukan dengan materi pembelajaran, Salah satu materi dasar yang menjadi pembelajaran Mahasiswa Jurusan Elektro program studi Informatika yaitu dasar-dasar teknik digital antara lain membahas mengenai pemahaman sistem bilangan sampai proses pengkonversian sistem bilangan. Tujuan penelitian ini adalah membangun sebuah aplikasi game pembelajaran dan simulasi untuk memberikan kemudahan bagi pengguna dalam belajar sistem bilangan digital disertai dengan hiburan permainan sehingga dapat meningkatkan pengetahuan pengguna. Penelitian ini menggunakan metode player-centric game design dan hasil aplikasi yang telah dibuat dapat berjalan pada platform android. Berdasarkan hasil observasi dapat diketahui perbedaan dari pengguna sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi dengan jawaban dari soal pertanyaan yang diberikan. Persentase yang di dapatkan untuk Mahasiswa sebagai pengguna 42% menjawab benar sebelum menggunakan aplikasi dan 90% menjawab benar setelah menggunakan aplikasi. Persentase yang di dapat dari Siswa SMK sebagai pengguna 0% menjawab benar sebelum menggunakan aplikasi dan 74% menjawab benar setelah menggunakan aplikasi. 
Analisis Sentimen Twitter Pasca Pengumuman Hasil Pilpres 2019 Menggunakan Metode Lexicon Analysis Nababan, Adi Pandu Rahmat; Lumenta, Arie Salmon Matius; Rindengan, Yaulie Deo; Pontoh, Fransisca Joanet; Akay, Yuri Vanli
Jurnal Teknik Informatika Vol 15, No 1 (2020): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.15.1.2020.29030

Abstract

Perkembangan yang cepat dalam bidang teknologi informasi menjadi sebuah paradigma baru. Twitter salah satu produk teknologi yang memungkinkan pengguna menyampaikan informasi peristiwa dari dunia nyata ke media sosial sehingga dapat diketahui khalayak luas lewat media internet. Salah satu peristiwa menarik adalah pengumuman hasil Pilpres oleh KPU pada tanggal 21 Mei 2019. Banyak kicauan di twitter menjadi trending topik yang berhubungan dengan kejadian tersebut. Karena itu pada penelitian ini akan dilakukan penarikan data tweet, kemudian menganalisis data dengan metode lexicon analysis. Lalu menampilkan data yang telah dianalisis. Pada penelitian ini terdapat 21 hashtag trending topik yang ditarik. Selanjutnya data tweet melalui tahap preprosesing yaitu tokenizing, normalisasi kata, filtering dan stemming. Data dianalisis menggunakan metode lexicon analisis dan dukungan kamus lexicon dan dijalankan dalam bahasa R untuk menentukan sentimen positif, negatif dan netral. Dari hasil penelitian sentimen positif   tertinggi  pada hashtag #JokowiAminSudahMenang sebanyak 54%. Sentimen negatif   tertinggi    pada   hashtag    #PrabowoBukanPemimpin sebanyak 51%, serta sentimen netral tertinggi terdapat pada #98jagademokrasi sebanyak 72%. Lexicon analysis dapat mengklasifikasikan data tweet dalam tiga kelas yaitu positif, negatif dan netral. Dan tingkat akurasi analisis sangat ditentukan oleh banyaknya jumlah kata pada kamus lexicon.
Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Sekolah Dasar Kelas 1 Nelwan, Christa Kitsy; Mamahit, Dringhuzen Jekke; Sugiarso, Brave Angkasa; Yusupa, Ade
Jurnal Teknik Informatika Vol 15, No 1 (2020): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.15.1.2020.29036

Abstract

Education is a conscious and planned effort to create learning environment and learning process so students actively develop their potential. Interactive learning applications is a suitable media as learning methods for children, seeing in terms of technological developments in this era which certainly did not escape the attention of children. Therefore, to increase learning preferences of children, is to follow the conditions and situations that occur at this time. This research aims to design and build learning applications that can become interactive media that are interesting and easily understood by children. The method used is the Multimedia Development Life Cycle. This research resulted in an interactive application for grade 1 elementary school children, which was interesting, added interest in learning and was easy to use.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 18 No. 1 (2023): Jurnal Teknik Informatika Vol. 17 No. 4 (2022): Jurnal Teknik Informatika Vol. 17 No. 3 (2022): Jurnal Teknik Informatika Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Teknik Informatika Vol 16, No 4 (2021): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 16, No 3 (2021): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 16, No 2 (2021): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Teknik Informatika Vol 15, No 4 (2020): Jurnal Teknik Informatika Vol 15, No 3 (2020): Jurnal Teknik Informatika Vol 15, No 2 (2020): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 15, No 1 (2020): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 14, No 4 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 14, No 3 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 14, No 1 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 4 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 3 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 2 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 1 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol 12, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol. 12 No. 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol 9, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Teknik Informatika Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Teknik Informatika Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Teknik Informatika Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Teknik Informatika Vol 4, No 1 (2014): Jurnal Teknik Informatika Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Teknik Informatika Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Teknik Informatika Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Teknik Informatika Vol 1, No 2 (2012): Jurnal Teknik Informatika Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Teknik Informatika More Issue