cover
Contact Name
Brave A. Sugiarso
Contact Email
brave@unsrat.ac.id
Phone
+6282195447295
Journal Mail Official
ejournal.informatika@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Unsrat, Jl. Kampus Unsrat Bahu, Kec. Malalayang, Manado 95115
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
Jurnal Teknik Informatika
ISSN : 23018364     EISSN : 26856131     DOI : https://doi.org/10.35793/jti
Rekayasa Perangkat Lunak, IoT, Big Data, Cyber Security, Cloud Computing, Multimedia, Grafika Komputer
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 18 No. 1 (2023): Jurnal Teknik Informatika" : 5 Documents clear
Rancang Bangun Aplikasi Pemetaan Kekuatan Jaringan Wi-Fi dan Monitoring Lalu Lintas Jaringan Berbasis Web Progresif (Studi Kasus : Jaringan Wi-Fi Fakultas Teknik Unsrat): Progressive Web App Based Wi-Fi Network Strength Mapping and Network Traffic Monitoring (Case Study at Faculty of Engineering Unsrat) Fernando Rindorindo
Jurnal Teknik Informatika Vol. 18 No. 1 (2023): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract — The network administrator must ensure that the Wi-Fi network is evenly available to all users. To achieve this, the network administrator needs a tool to map the strength of the Wi-Fi signal, in order to identify areas with a weak or no Wi-Fi coverage. However, such a tool is not available in existing network monitoring applications. Therefore, in this study, an application is developed to map the strength of the Wi-Fi signal and simultaneously monitor network traffic. App development will be using Extreme Programming development method. The research began with the creation of an Android-based Wi-Fi signal scanner application, followed by the development of a web application that displays the Wi-Fi signal strength map and monitors network traffic. The map creation utilized the Leaflet.js library, while network traffic monitoring was implemented using Cacti. After testing the developed applications, the scanner application successfully captured and stored data in the database, and the web application successfully displayed the Wi-Fi signal strength map and presented network traffic monitoring with graphical representation. Key words—Data Transfers Speed; Mapping; PWA; Wi-Fi   Abstrak — Pihak pengelola jaringan Wi-Fi harus memastikan jaringan Wi-Fi tersedia secara merata ke seluruh pengguna. Untuk mencapai hal tersebut, pengelola jaringan membutuhkan sebuah tools untuk memetakan kekuatan sinyal Wi-Fi, sehingga dapat diketahui area yang lemah atau belum terjangkau sinyal Wi-Fi. Namun, tools tersebut belum tersedia pada aplikasi - aplikasi monitoring jaringan yang ada. Sehingga dalam penelitian ini dikembangkan aplikasi yang dapat memetakan kekuatan sinyal Wi-Fi dan sekaligus memonitor lalu lintas jaringan. Pembuatan aplikasi akan menggunakan metode pengembangan Extreme Programming. Penelitian ini diawali dengan pembuatan aplikasi scanner sinyal Wi-Fi berbasis Android, kemudian dibuat aplikasi web yang menampilkan peta kekuatan sinyal Wi-Fi dan monitoring lalu lintas jaringan.  Pembuatan peta menggunakan library Leaflet.js dan pembuatan monitoring lalu lintas jaringan menggunakan Cacti. Setelah dilakukan pengujian terhadap aplikasi yang dibuat, aplikasi scanner berhasil untuk mengambil dan menyimpan data ke dalam database dan aplikasi web berhasil menampilkan peta kekuatan sinyal Wi-Fi dan berhasil menampilkan monitoring lalu lintas jaringan dengan tampilan grafik. Kata kunci — Kecepatan Transfer Data;  Pemetaan; PWA; Wi-Fi;  
Analisis dan Perancangan Antarmuka Pengguna untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna Menggunakan Metode Desain yang Berpusat pada Pengguna pada Portal Inspire Universitas : Analysis and Design of User Interface to Improve User Experience Using User Centered Design Method on the Inspire Portal of Sam Ratulangi University Denaya Efrata Sekeon; Alwin M. Sambul; Sary D. E. Paturusi
Jurnal Teknik Informatika Vol. 18 No. 1 (2023): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract — User interface is a term used to describe the appearance of a computer or equipment that the user interacts with. User experience isn't just what consumers see; This can not only provide a design that appeals to the eye, but can also explain why the design is the way it is, a design that can make users feel comfortable when achieving their goals when utilizing the services provided by websites and applications. The purpose of this study is to find out whether the user centered design approach has a positive impact on the analysis and design of user interface and user experience on the Inspire Portal of Sam Ratulangi University.. Researchers have received the final results, namely, the mean value in the attractiveness aspect which was initially -1.61 the value became 0.71, for the second aspect, namely perspicuity (clarity) the initial value -1.72 rose to 0.68, and for the next aspect, namely the third efficiency value before improvement -1.67 to 0.61, and the fourth aspect dependability (accuracy) value before improvement -1.64 and after improvement the value became 0.67,  The fifth aspect is stimulation before the improvement of the mean value of -1.64 after improvement to 0.58 and for the last aspect, namely novelty before improvement the value is -1.69 and after improvement the value becomes 0.64. The measurement tool in this study uses a user experience questionnaire, and for the final results of the benchmark comparison there are four aspects that are below average, namely attractiveness, efficiency, stimulation, and novelty. Key words — UNSRAT INSPIRE Portal; User Centered Design Methods; User Experience; User Experience Questionnaire; User Interface.   Abstrak — User interface adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tampilan komputer atau peralatan yang berinteraksi dengan pengguna. Pengalaman pengguna bukan hanya apa yang dilihat konsumen; Ini tidak hanya dapat memberikan desain yang menarik bagi mata, tetapi juga dapat menjelaskan mengapa desainnya seperti itu, desain yang dapat membuat pengguna merasa nyaman ketika mencapai tujuan mereka ketika memanfaatkan layanan yang disediakan oleh situs web dan aplikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan user centered design memberikan dampak positif terhadap analisis dan desain user interface dan user experience pada Portal Inspire Universitas Sam Ratulangi. Peneliti telah menerima hasil akhir yaitu, nilai mean pada aspek attractiveness (daya tarik) yang awalnya -1.61 nilainya menjadi 0.71, untuk aspek yang kedua yaitu perspicuity (kejelasan) nilai awalnya -1.72 naik menjadi 0.68, serta untuk aspek berikutnya yaitu yang ketiga efficiency (efisiensi) nilai sebelum perbaikan -1.67 menjadi 0.61, dan aspek yang keempat dependability (ketepatan) nilai sebelum perbaikan -1.64 dan setelah perbaikan nilainya menjadi 0.67, aspek yang kelima yaitu stimulation (stimulasi) sebelum dilakukan perbaikan nilai meannya -1.64 setelah dilakukan perbaikan menjadi 0.58 dan untuk aspek yang terakhir yaitu novelty (kebaruan) sebelum perbaikan nilainya -1.69 dan setelah dilakukan perbaikan nilainya menjadi 0.64. Alat pengukuran dalam penelitian ini menggunakan user experience questionnaire, dan untuk hasil akhir dari comparison benchmarknya ada empat aspek yang dibawah rata-rata yaitu attractiveness, efficiency, stimulation, dan novelty. Kata kunci — Antarmuka Pengguna; Kuisioner Pengalaman Pengguna; Metode Desain yang Berpusat pada Pengguna; Portal INSPIRE UNSRAT; Pengalaman Pengguna.
Pengembangan Arsitektur Microservices dengan RESTful API Gateway menggunakan Backend-for-frontend Pattern pada Portal Akademik Perguruan Tinggi: Development of Microservices Architecture with RESTful API Gateway using Backend-for-frontend Pattern in Higher Education Academic Portal Fransiscus Xaverius Senduk; Xaverius B. N. Najoan; Sherwin R. U. A. Sompie
Jurnal Teknik Informatika Vol. 18 No. 1 (2023): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract — Applications are typically built with a monolithic architecture, where all application components are combined into a single, indivisible application. As the monolithic application is further updated and developed, the drawbacks of this monolithic architecture begin to outweigh its benefits. At this time, the INSPIRE UNSRAT Portal still uses a monolithic architecture, hence further development will bring about the drawbacks of this architecture. Based on these issues, this study was conducted with the aim of developing a microservices architecture with a RESTful API Gateway using the Backend-for-frontend pattern, using the INSPIRE UNSRAT Portal application as a case study. The software development method used is Scrum, therefore it was carried out in collaboration with three other researchers in the fields of project management, mobile applications, and testing. This research succeeded in designing and creating a microservices architecture that includes 8 services and 39 endpoints, accelerating the development process, and allowing for improved service quality on mobile devices. Key words — Academic; Microservices; Portal; RESTful API;   Abstrak — Pada umumnya aplikasi dibangun dengan arsitektur monolith dimana semua komponen aplikasi dikombinasikan menjadi satu aplikasi tunggal yang tidak terbagi-bagi. Setelah aplikasi monolitik tersebut diperbarui dan dikembangkan lebih lanjut, kerugian dari arsitektur monolith ini akan mulai melampaui manfaat yang ditawarkannya. Pada saat ini, Portal INSPIRE UNSRAT masih menggunakan arsitektur monolith sehingga pada pengembangan lebih lanjut akan timbul kerugian dari arsitektur ini. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibuatlah penelitian ini yang bertujuan untuk mengembangkan arsitektur microservices dengan RESTful API Gateway menggunakan Backend-for-frontend pattern dengan mengambil studi kasus pada aplikasi Portal INSPIRE UNSRAT. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah Scrum sehingga dikerjakan bersama dengan tiga peneliti lain di bidang manajemen proyek, aplikasi mobile, dan pengujian. Penelitian ini berhasil merancang dan membuat arsitektur microservices yang di dalamnya terdapat 8 service dan 39 endpoint, mempercepat proses pengembangan, dan memungkinkan kualitas layanan yang ditingkatkan pada perangkat mobile. Kata kunci — Akademik; Microservices; Portal; RESTful API;
Rancang Bangun Aplikasi Pemetaan Aset PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan UP3 Manado: Design Of Asset Mapping Application Of PT PLN (Persero) UP3 Manado Customer Service Implementing Unit Anastasya Lumowa; Dringhuzen J. Mamahit; Yaulie D. Y. Rindengan
Jurnal Teknik Informatika Vol. 18 No. 1 (2023): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract — With the rapid advancement of technology, web-based applications have experienced significant growth and are being utilized in various fields, including real-time online monitoring that can be accessed from anywhere. The purpose of developing the Asset Mapping Information System Application for PT PLN (Persero) UP3 Manado is to facilitate the search and real-time monitoring of assets owned by PT PLN (Persero) UP3 Manado through a web-based platform. This application enables users to easily search, store, add, edit, and delete asset data. The system also provides a map interface for visualizing asset locations along with associated information. The application utilizes XAMPP as the development platform and MySQL as the database system, creating a robust foundation for system development. Through the development of this web-based application, users including management and involved parties will be assisted in obtaining information and monitoring assets owned by PT PLN (Persero) UP3 Manado in an online environment. Key words— Design and Build; SI Asset Mapping; PLN (Persero) Manado; RAD (Rapid Application Development); SIG   Abstrak — Seiring dengan perkembangan teknologi, aplikasi yang bergantung pada platform web telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dan dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang, termasuk pengawasan secara online dan secara waktu-nyata yang dapat dijangkau dari mana saja. Tujuan pembuatan Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Pemetaan Aset milik PT PLN (Persero) UP3 Manado adalah agar dapat memudahkan dalam pencarian dan pemantauan aset yang dimiliki oleh PT PLN (Persero) UP3 Manado dengan hanya perlu mengakses aplikasi web ini dan dapat juga membantu dengan dapat menyimpan, menambahkan, mengedit, dan menghapus data aset yang ada sehingga itu dapat memudahkan dan bisa dengan gampang memantau lewat peta langsung yang dimana pemetaan telah dibuat dan memiliki titik lokasi pasti dimana aset itu berada dan keterangan apa yang ada pada titik aset tersebut. Aplikasi Pemetaan Aset ini menggabungkan XAMPP sebagai platform pengembangan dan MySQL sebagai sistem basis data, menciptakan landasan kokoh dalam pembuatan sistem ini. Melalui pengembangan aplikasi berbasis web ini, pengguna termasuk manajemen dan pihak-pihak yang terlibat akan lebih terbantu dalam mendapatkan informasi serta memonitor aset-aset milik PT PLN (Persero) UP3 Manado secara daring. Kata kunci — PLN (Persero) Manado; Rancang Bangun;  RAD (Rapid Application Development);  SIG; SI Pemetaan Aset.
Rancang Bangun Aplikasi Perpustakaan Digital Berbasis Mobile Menggunakan Framework Flutter: Design and Development of Mobile-Based Digital Library Application Using Flutter Romario Lendo; Agustinus Jacobus; Heilbert Armando Mapaly
Jurnal Teknik Informatika Vol. 18 No. 1 (2023): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract — A digital library is a service that stores and provides access to a collection of reading materials stored digitally, such as e-books, journals, newspapers, and so on. Sam Ratulangi University already has a similar service called E-Library Unsrat. However, the service only provides content search functionality and does not support borrowing, reading, and returning books. Therefore, in order to borrow books, one must visit the library unit in person. This research aims to create a mobile-based digital library system at Sam Ratulang University in Manado that provides content management services such as uploading, borrowing, reading, and returning by students for the digitized library content, accessible without having to visit the library unit. The system also ensures content protection against copyright infringement or plagiarism by implementing watermarks and content locking, preventing selection and copying. To achieve this goal, the research begins with conducting needs analysis, design, implementation or execution, and evaluation. In the implementation process, used framework Flutter to build flexible and responsive application  systems. Based on the implementation and test results, a digital library system was successfully created that can manage content and can process transactions for borrowing, reading, returning content digitally.                 Key words — Content Management; Digital Library, Mobile-based;   Abstrak — Perpustakaan digital merupakan layanan yang meyimpan dan menyediakan akses ke koleksi bahan bacaan yang disimpan secara digital, seperti buku elektronik, jurnal, surat kabar, dan sebagainya. Universitas sam ratulangi telah memiliki layanan serupa yang bernama E-Library unsrat. Akan tetapi layanan tersebut hanya menyediakan layanan pencarian konten dan tidak bisa untuk melakukan peminjaman, baca, dan pengembalian buku sehingga untuk melakukan peminjaman buku, harus datang langsung ke unit perpustakaan terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sistem perpustakaan digital berbasis mobile di Universitas Sam Ratulangi Manado yang menyediakan layanan pengelolaan konten seperti pengunggahan, peminjaman, baca, dan juga pengembalian oleh mahasiswa terhadap konten - konten perpustakaan yang telah didigitalisasikan dan dapat diakses tanpa harus datang ke unit perpustakaan juga menjaga konten agar terhindar dari pelanggaran hak cipta atau plagiarisme dengan menerapkan watermark dan penguncian terhadap konten sehingga tidak bisa diseleksi dan dicopy. Untuk mencapai hal tersebut, penelitian ini dimulai dengan melakukan analisa kebutuhan, perancangan, implementasi atau pelaksanaan, dan evaluasi. Pada proses implementasi, digunakan framework Flutter untuk membangun sistem aplikasi yang responsif dan fleksibel. Berdasarkan implementasi dan hasil pengujian, berhasil dibuat sistem perpustakaan digital yang dapat melakukan pengelolaan terhadap konten - konten dan dapat melakukan proses transaksi peminjaman, baca, pengembalian konten secara digital. Kata kunci  — Berbasis Mobile; Perpustakaan Digital; Pengelolaan Konten

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 18 No. 1 (2023): Jurnal Teknik Informatika Vol. 17 No. 4 (2022): Jurnal Teknik Informatika Vol. 17 No. 3 (2022): Jurnal Teknik Informatika Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Teknik Informatika Vol 16, No 4 (2021): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 16, No 3 (2021): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 16, No 2 (2021): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Teknik Informatika Vol 15, No 4 (2020): Jurnal Teknik Informatika Vol 15, No 3 (2020): Jurnal Teknik Informatika Vol 15, No 2 (2020): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 15, No 1 (2020): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 14, No 4 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 14, No 3 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 14, No 1 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 4 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 3 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 2 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 1 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol 12, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol. 12 No. 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol 9, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Teknik Informatika Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Teknik Informatika Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Teknik Informatika Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Teknik Informatika Vol 4, No 1 (2014): Jurnal Teknik Informatika Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Teknik Informatika Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Teknik Informatika Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Teknik Informatika Vol 1, No 2 (2012): Jurnal Teknik Informatika Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Teknik Informatika More Issue