cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
Al Tijarah
ISSN : 24604089     EISSN : 25282948     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Al Tijarah is a semiannually journal published by Department of Management, Faculty of Economics and Management, University of Darussalam Gontor. In line with the objective of the Department and the University, the journal is committed to the development and promotion of contemporary issues in Islamic management and management in its broadest sense in order to keep scholars on research in the area of management. The editorial board welcomes original submission in the fields of management, finance, human resource management, marketing, operational management, and strategic management including from an Islamic perspective. Al Tijarah is currently indexed by DOAJ, IPI, Google Scholar, Crossref, BASE, Sinta and other reputated indexes in the future.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2020): December 2020" : 6 Documents clear
Factors for enhancing innovative work behavior Sugianti Sugianti; Moh. Khoiruddin; Nury Ariani Wulansari; Siti Ridloah
Al Tijarah Vol 6, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/tijarah.v6i2.5308

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan transformasional dan kepemimipinan transaksional pada perilaku kerja inovatif dengan motivasi intrinsik sebagai variabel mediasi pada dosen Universitas Negeri Semarang. Sampel yang digunakan sebanyak 120 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji statistik deskriptif dengan alat analisis yaitu SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini yaitu kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh signifikan pada perilaku kerja inovatif dan tidak signifikan pada motivasi intrinsik, sedangkan kepemimpinan transaksional tidak memiliki pengaruh signifikan pada perilaku kerja inovatif namun signifikan pada motivasi intrinsik. Namun, ketika dimediasi oleh motivasi intrinsik, kepemimpinan transformasional tidak memiliki pengaruh signifikan pada perilaku kerja inovatif sedangkan kepemimpinan transaksional berpengaruh signifikan pada perilaku kerja inovatif. Saran dari penelitian ini diharapkan responden dapat lebih antusias terhadap reward atau imbalan sekecil apapun yang diberikan oleh pimpinan unit kerja, agar dosen dapat bekerja dengan lebih inovatif yang akan membantu meningkatkan kinerja inovasi Universitas Negeri Semarang. Selain itu, pimpinan unit kerja Universitas Negeri Semarang diharapkan lebih tegas dalam menyikapi dosen yang memiliki kinerja rendah atau di bawah standar.
Analisis Implementasi Good Amil Governance berdasarkan Zakat Core Principle di Lembaga Amil Zakat: Studi pada LAZ Nurul Hayat, Surakarta Hartomi Maulana; Muhammad Zuhri
Al Tijarah Vol 6, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/tijarah.v6i2.5500

Abstract

The development of zakah in Indonesia increased significantly when Law no. 38/1999 was introduced by the government. However, problems arise with the growth of the Amil Zakat Institution (LAZ) due to a lack of understanding of zakat regulations, for example the misuse of zakat funds, zakat distribution in the form of loan, and using zakat assets for investment. Good Corporate Governance (GCG) and Zakat Core Principle (ZCP) are systems that aim to realize good management of zakat institutions that lead to manage professionally and transparently. The purpose of this study is to analyze good Amil Governance and also to assess Amil Governance based on ZCP in LAZ Nurul Hayat Surakarta. This study uses a qualitative method with interview, observation, and documentation as data collection techniques. Thematic analysis is used as an analysis technique. The results of the study concluded that LAZ Nurul Hayat Surakarta has carried out a fairly good governance of amil and the implementation of the zakat core principle has been carried out well regarding amil management in this institution.
Penelusuran faktor pengaruh pembiayaan Murabahah Ardiani Ika Sulistyawati; Aprih . Santoso; Rahmad . Kurniawan
Al Tijarah Vol 6, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/tijarah.v6i2.4795

Abstract

This study is to determine the determinants of demand for murabahah financing in Islamic banking companies in Indonesia. This study uses a quantitative regression analysis method with panel data. Sampling using purposive sampling method. The data used are Indonesian Banking Statistics and Islamic Banking Statistics for the period 2013-2018. The results of the study show that the variables of inflation and foreign exchange rates have a positive and significant effect on murabahah financing demand. Another finding is that the BI Rate has a negative and significant effect on murabahah financing demand. The research suggests that companies should still pay attention to every movement from the inflation rate, the rupiah exchange rate and the BI-Rate because they have a not too big effect on Murabahah Financing
Apakah harga menjadi penentu utama pembelian jajanan ayam goreng Crispy Kaki Lima? Muhammad Fadli Al Hawari; Rike Penta Sitio
Al Tijarah Vol 6, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/tijarah.v6i2.5184

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian costumer dalam membeli ayam goreng crispy pada pedagang kaki lima. Khususnya ayam goreng crispy kaki lima dinilai penting karena dapat dipengaruhi oleh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah costumer yang membeli ayam goreng crispy kaki lima di JABODETABEK. pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling yang merupakan bagian dari teknik nonprobability sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah melakukan survey dengan kuesioner online kepada sampel yang berjumlah sebanyak 385. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji pengaruh adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan dan partial terhadap keputusan pembelian ayam goreng crispy kaki lima di JABODETABEK. Variabel tempat adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sehingga pelaku UMKM sangat disarankan untuk menambah booth atau gerai di lokasi yang memiliki kemudahan akses bagi para konsumen.
Analisis event marketing dan keputusan pembelian produk fashion lokal dikalangan pengunjung KICKFEST Bandung Cut Irna Setiawati; Vicha Tafeni Meitasari
Al Tijarah Vol 6, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/tijarah.v6i2.5334

Abstract

Sejak KICKFEST Bandung tahun 2017 ada penurunan yang terjadi di brand clothing sebesar 30-40% dikarenakan  konsumen beralih ke penjualan online dan e-commerce. Selain itu, faktor lain dari penurunSejak KICKFEST Bandung tahun 2017 ada penurunan yang terjadi di brand clothing sebesar 30-40% dikarenakan  konsumen beralih ke penjualan online dan e-commerce. Selain itu, faktor lain dari penurunan clothing dan distro, karena ada perubahan dalam gaya hidup masyarakat untuk tahun sekarang bergaya dalam bentuk fashion bukan menjadi prioritas, untuk zaman sekarang banyak masyarakat harus memilih liburan ke tempat bagus lalu mem-posting ke sosial media. Sehingga itu menjadi kurangnya suatu ketertarikan pengunjung dalam brand fashion produk lokal di acara KICKFEST Bandung. Penelitian ini untuk menganalisis bagaimana gambaran event marketing dan keputusan pembelian serta untuk menguji seberapa pengaruh event marketing terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif serta metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik sampling yaitu non-probablity sampling dan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 100 pengunjung. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa tanggapan pengunjung KICKFEST Bandung 2019 mengenai gambaran event marketing mendapatkan rata-rata total skor 74,67% dan mengenai keputusan pembelian mendapatkan penilaian paling tinggi dengan total skor nilai 75,9%. Terakhir, event marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 52,85%.
Model jual beli kredit (angsuran) pada Lembaga Keuangan Islam Non-Bank (Studi Kasus di Lembaga Keuangan Islam Non-Bank Kota Ponorogo) Ahmad Muqorobin; Annas Syams Rizal Fahmi
Al Tijarah Vol 6, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/tijarah.v6i2.4808

Abstract

Jual-beli kredit (angsuran) sangat  ramai beredar di masyarakat, dikarenakan keperluan masyarakat akan barang secara langsung, sedangkan pembelian tidak dapat dilaksanakan langsung atau kontan.  Mekanisme ini memungkinkan untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan keterbatasan pendapatan yang mereka miliki, sehingga dengan transaksi demikian pembeli dapat memiliki barang-barang konsumsi tanpa harus membayar tunai. Islam mensyariatkan transaksi jual-beli dengan baik tanpa adanya unsur kesamaran, penipuan, riba dan dilakukan dengan dasar keridhoan. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk memperoleh model jenis jual-beli kredit (angsuran) yang dijalankan oleh lembaga keuangan Islam non-Bank, dengan tujuan tersebut dapat membantu nasabah untuk mendapatkan kebutuhan konsumtif maupun produktif demi memenuhi keperluan hidupnya. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif yaitu penelitian hukum yang mempergunakan sumber data sekunder. Normatif, karena penelitian ini akan mengkaji dan menguji data-data sekunder mendapatkan pendapat para ulama fiqih, hukum-hukum, dalil-dalil dalam Al-Quran dan Hadist, yang berkaitan dengan model jual-beli kredit (angsuran) yang sesuai dengan syariat Islam. Hasil penelitian mengungkapkan jenis jual- beli kredit (angsuran) yang diterapkan oleh lembaga keuangan syariah non-Bank dan dapat menyesuaikan dengan model jual-beli kredit (angsuran) yang sesuai dengan ketentuan hukum Islam, sehingga kita semua bisa terhindar dari keraguan dan bertambah yakin serta bisa bermuamalah melakukan jual beli sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan terhindar dari riba.

Page 1 of 1 | Total Record : 6