cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Jalan Jembatan
ISSN : 19070284     EISSN : 25278681     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Jalan-Jembatan adalah wadah informasi bidang Jalan dan Jembatan berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait yang meliputi Bidang Bahan dan Perkerasan Jalan, Geoteknik Jalan, Transportasi dan Teknik Lalu-Lintas serta Lingkungan Jalan, Jembatan dan Bangunan Pelengkap Jalan. Terbit pertama kali tahun 1984, dengan frekuensi terbit tiga kali setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Mulai tahun 2016 terbit dengan frekuensi dua kali setahun, edisi Januari - Juni dan edisi Juli - Desember, dalam versi cetak dan versi elektronik.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "No 3 (1996)" : 5 Documents clear
CASE STUDIES IN SOIL STABILISATION FROM AFRICA DAN CENTRAL AMERICA Woodbrige, Martin
Jurnal Jalan-Jembatan No 3 (1996)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sering dengan pesatnya pertumbuhan industri di Indonesia maka kebutuhan bahan galian golongan - golongan C semakin maningkat dari tahun ke tahun. Kebutuhan material dengan mutu baik juga sudah menjadi suatu tuntutan. Khususnya dalam pembangunan jalan dan gedung. Untuk memenuhi sekaligus menjamin selalu tersedianya bahan dengan mutu yang baik serta mengurangi kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya, maka disarankan digunakan beberapa alternatif metode kontruksi jalan dan kalau memungkinkan lebih banyak manfaatkan bahan/material lokal. Ini akan lebih menguntungkan secara ekonomi dimana biaya konstruksi diharapkan bisa ditekan atau dikurangin. Dua contoh hasil percobaan stabilisasi tanah diuraikan dalam makalah ini yaitu suatu percobaan stabilisasi yang berhasil baik sedangkan yang lain tidak agar dapat membandingkan teknik stabilisasi yang mana lebih menguntungkan dibanding teknik yang lain. Dan pengguna suatu metode konstruksi/ teknik yang satu lebih baik dan memberikan manfaat dibanding teknik yang lain.
THE ASSESSMENT OF ROCK SLOPE STABILITY ANALYSIS Sunaryo, Eddie
Jurnal Jalan-Jembatan No 3 (1996)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini adalah merupakan suatu rangkaian dari percakapan lereng/galian tebing jalan pada batwan. Sehingga akan dapat membantu dalam hal perencanaannya. Untuk itu, dalam tulisan ini hanya dibahas perencanaan disain yang harus diperhatikan. Galian lereng atau tebing jalan harus didisain aman sepanjang dari kemungkinan longsoran tebing bantuan yang terjadi. Untuk maksud tersebut dipelukan evaluasi stabilitas pendahuluan untuk desain perencanaan galian tebing yang dapat dituangkan dalam petunjuk praktis lapangan. Penelaahan data dari faktor geologi berupa analisa diskontinuitas pada masa batuan dan material propertis tanah/batuan sangat penting untuk analisa stabilitas lereng/tebing batuan. Pengumpulan, pengukuran data di lapangan ini dilakukan secara visual dengan mengamati perlapisan tanah/batuan dilapangan. Data yang diperoleh sangat berguna untuk analisa perenccanaan lereng/tebing batuan. Teknik pengukuran diskontinmitas pada tanah/batuan yang telah didiskripsikan adalah merupakan tahapan penyelidikan lapangan yang sangat penting. Aspek yang penting untuk diketahui dalam analisa kemantapan lereng/batuan adalah sistem pengadaan data dan cara mempresentasikan data yang diperoleh dan dapat dilakukan dengan " sherical projection methods ". Dengan menggunakan " Great Cirele Stereographic plot " pada kelompok joint set. Seperti " fanili " dapat diidentifikasikan potensial blok/bidang yang tidak stabil yang diperhatikan dalam satu bentuk diagram keruntuhan.
PENGGUNAAN HASIL SONDIR UNTUK INTERPRESTASI PARAMETER TANAH DAN PERENCANAAN PONDASI Tjahyati, Hermin
Jurnal Jalan-Jembatan No 3 (1996)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sondir adalah suatu jenis pengujian lapangan yang digunakan untuk memperoleh data tanah sesuai dengan kedalamannya. Dengan uji sondir secara teknis profil tanah dapat diperoleh secara kontinya, mudah dan ekonomis. Data tanah yang diperoleh secara langsung adalah besarnya tahanan ujung konus dan jumlah hambatan pelekat sepanjang ke dalam tersebut. Sedangkan dari interprestasi lainnya dapat diperoleh gambaran mengetahui jenis lapisan tanah dan kolerasi kuat geser undrain dengan tahanan ujung dan JHP yang langsung dapat digunakan dalam rumus dimana perhitungannya sangat tergantung dari metode yang digunakan.
SISTIM PROTEKSI ANODA KORBAN TIANG PANCANG PIPA BAJA JEMBATAN Abdurrohim, Ahmad
Jurnal Jalan-Jembatan No 3 (1996)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hampir semua jembatan rangka baja yang dibangun oleh Bina Marga sejak tahun 1970, menggunakan pondasi tiang pancang pipa baja. Sebagian besar struktur berada di dalam tanah air, karena itu lebih banyak kesulitan untuk mendeteksi perkembangan karat pada struktur tiang pancang pipa baja. Berbeda dengan bangunan atas rangka baja yang satu dan dua komponen rangka baja putus, maka akan berakibat fatal seluruh jembatan. Untuk mengantisipasi kemungkinan putus akibat korosi, maka telah dilakukan penelitian salah satu sistem proteksi yaitu dengan proteksi katodik anoda korban. Lokasi penelitian yaitu pada beberapa jembatan rangka baja, diantaranya jembatan telolama km 4.00 Ujang Pandang jembatan Londok km 2.00 Pontianak, jembatan, Muara Angke pada tol Cengkareng, Proteksi didesain untuk umur sampai dengan 10 tahun. Hasil monitoring mamajukkan bahwa sistem proteksi dapat bekerja baik.
PENGUKURAN MODULUS KEKAKUAN HRA MENGGUNAKAN ALAT UMATTA Bambang Sugeng S., Wahyudi Mandala Putra. ,
Jurnal Jalan-Jembatan No 3 (1996)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Selama beberapa tahun ini. penggunaan model yang dilcembangkan oleh Shell dan The Asphalt Institute untuk memperkirakan modulus kekakuan campuran aspol telah banyak dipolcai, ha/ ini disebabkan of eh karena pemakaian peralat an di !aboratorium untuk suatu penelitian adalah komplelcs dan maha/, serta p<ida umumnya pemakaian model lebih tepat untuk suatu penelitian. Beberapa usaha telah dilakukan untuk mengembangkan peralatan yang bisa digunakan untuk mengukur modulus kekalman secara rutin dan mudah, Universal Material Testing-Apparatus (UMA7TA)yang dikembangkan di Australia dimaksudkan untuk memenuhi tujuan tersebu.t. Campuran Hot Rolled Asphalt Type C (BS. 594, 1984) dlpillh dalampen 1/itlan In/, danpengaruh tipefiller pada campuran selanjutnya diteliti. Semen. abu terbang dan kapur terhidrasi dipilih untuk diselidiki dalam penelitiqn ini dan ni/ai kadar aspal optimum untuk masing-masing campuran' tersebut ditentukan dengan . analisa Marshall.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

1996 1996


Filter By Issues
All Issue Vol 39 No 1 (2022) Vol 38 No 2 (2021) Vol 38 No 1 (2021) Vol 37 No 2 (2020) Vol 37 No 1 (2020) Vol 36 No 2 (2019) Vol 36 No 1 (2019) Vol 35 No 2 (2018) Vol 35 No 1 (2018) Vol 34 No 2 (2017) Vol 34 No 1 (2017) Vol 33 No 2 (2016) Vol 33 No 1 (2016) Vol 32 No 3 (2015) Vol 32 No 2 (2015) Vol 32 No 1 (2015) Vol 31 No 3 (2014) Vol 31 No 2 (2014) Vol 31 No 1 (2014) Vol 30 No 3 (2013) Vol 30 No 2 (2013) Vol 30 No 1 (2013) Vol 29 No 3 (2012) Vol 29 No 2 (2012) Vol 29 No 1 (2012) Vol 28 No 3 (2011) Vol 28 No 2 (2011) Vol 28 No 1 (2011) Vol 27 No 3 (2010) Vol 27 No 2 (2010) Vol 27 No 1 (2010) Vol 26 No 3 (2009) Vol 26 No 2 (2009) Vol 26 No 1 (2009) Vol 25 No 3 (2008) Vol 25 No 2 (2008) Vol 25 No 2 (2008) Vol 25 No 1 (2008) Vol 24 No 3 (2007) Vol 24 No 2 (2007) Vol 24 No 1 (2007) Vol 23 No 3 (2006) Vol 23 No 2 (2006) Vol 23 No 1 (2006) Vol 22 No 4 (2005) Vol 22 No 3 (2005) Vol 22 No 2 (2005) Vol 22 No 1 (2005) Vol 21 No 4 (2004) Vol 21 No 3 (2004) Vol 21 No 2 (2004) Vol 21 No 1 (2004) Vol 20 No 4 (2003) Vol 19 No 3 (2002) Vol 19 No 2 (2002) Vol 19 No 1 (2002) Vol 18 No 2 (2001) Vol 18 No 1 (2001) Vol 17 No 2 (2000) Vol 17 No 1 (2000) Vol 16 No 3 (2000) Vol 16 No 2 (1999) Vol 15 No 4 (1999) Vol 15 No 1 (1998) Vol 15 No 3 (1997) Vol 15 No 1 (1997) No 4 (1997) No 2 (1997) Vol 13 No 2 (1996) Vol 13 No 1 (1996) No 4 (1996) No 3 (1996) Vol 12 No 3 (1995) Vol 12 No 2 (1995) Vol 12 No 1 (1995) Vol 11 No 1 (1994) Vol 10 No 3 (1993) Vol 10 No 2 (1993) Vol 10 No 1 (1993) Vol 9 No 4 (1993) Vol 9 No 3 (1992) Vol 9 No 2 (1992) Vol 9 No 1 (1992) Vol 8 No 3 (1992) Vol 7 No 3 (1991) No 2 (1991) No 1 (1991) No 1 (1990) No 2 (1989) No 1 (1989) No 4 (1987) No 2 (1987) No 1 (1987) No 1 (1986) No 3 (1985) No 3 (1984) No 2 (1984) No 1 (1984) More Issue