cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Jalan Jembatan
ISSN : 19070284     EISSN : 25278681     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Jalan-Jembatan adalah wadah informasi bidang Jalan dan Jembatan berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait yang meliputi Bidang Bahan dan Perkerasan Jalan, Geoteknik Jalan, Transportasi dan Teknik Lalu-Lintas serta Lingkungan Jalan, Jembatan dan Bangunan Pelengkap Jalan. Terbit pertama kali tahun 1984, dengan frekuensi terbit tiga kali setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Mulai tahun 2016 terbit dengan frekuensi dua kali setahun, edisi Januari - Juni dan edisi Juli - Desember, dalam versi cetak dan versi elektronik.
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 21 No 3 (2004)" : 4 Documents clear
Analisa ruji (dowel) dan batang pengikat (tie bar) pada perkerasan kaku Affandi, Furqon
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 21 No 3 (2004)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tegangan pada batang ruji (dowel) merupakan hasil dari geser, lentur dan tahanan. Tegangan ini bisa dianalisa secara analitis untuk menentukan factor factor yang mempengaruhi karakteristik penyaluran beban. Selanjutnya, efektifitas dari batang ruji untuk menyalurkan beban pada sambungan tergantung pada karakteristik tanah dasar juga. Sebagai hasilnya hampir semua agensi telah membuat standarisasi dari ukuran ruji ini, dimana diameter dan panjang ruji tergantung pada tebal perkerasan. Didalam menganalisa tegangan pada ruji, sangat penting bagi para perencana untuk memahami penyebab dan besarnya tegangan yang terjadi.
Korelasi antara modulus lapangan dengan modulus laboratorium untuk tanah dasar I. Ketut Darsana, Nyoman Suaryana ,
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 21 No 3 (2004)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada saat ini telah tedadi perubahan besar dalam metoda perencanaan tebal perkerasan jalan raya, yaitu dari metoda impiris kemetoda mekanistik yang moderen. Parameter yang berpengaruh dalam perencanaan tebal perkerasan secara mekanistik dapat dikelompokkan menjadi empat yaitu : lalu-lintas, karakteristik material, kriteria keruntuhan dan kondisi lingkungan. Karakteristik material dinyatakan dengan besaran modulus elastitas. Ada beberapa metoda untuk menentukan parameter modulus elastisitas tersebut,yang pertama adalah dengan perhitungan balik (back calculation) terhadap hash pengujian lendutan di lapangan dan yang kedua adalah pengujian di laboratorium dengan alat beban berulang triaxial. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari korelasi antara modulus lapangan dengan modulus laboratorium. Korelasi tersebut sangat bermanfaat bagi para Perencana dalam menentukan parameter modulus tanah dasar yang tepat untuk digunakan dalam menghitung tebal perkerasan. Meskipun dengan data terbatas, secara umum diperoleh bahwa modulus lapangan nilainya lebih besar. dari Modulus laboratorium, kira-kira 1,1 kalinya.
Peningkatan kinerja campuran beraspal dengan mikro karbon suroso, tjitjik wasiah
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 21 No 3 (2004)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sejalan dengan perkembangan perekonomian dan kapasitas lalu lintas- pun bertambah sehingga perkerasan jalan seringkali rusak sebelum umur pakai dilalui. Banyak jenis bahan untuk meningkatkan mutu aspal maupun campuran beraspal sehingga kerusakan dini pada perkerasan jalan dapat dicegah, salah satunya yaitu modifikasi dengan mikro karbon yang berfungsi sebagai penguat ( reinforcement ).. Pada penelitian mill penambahan mikro karbon dengan dua cara, yaitu cara kering ( mikro karbon ditambahkan kedalam aggregat ) dan cara basah (mikro karbon ditambahkan kedalam aspal ). Pencampuiran mikro karbon cara kering memberikan hash pengujian mutu campuran Marshall yang lebih balk dari campuran basah. Hal irti disebabkan pada pengzglan secara basah rongga terisi udara ( VIM) dan rongga terisi aspal pada pengujian Marshall tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan. Dan hash pengujian kinetja campuran yaitu dari pengujian Wheel Tracking Machine terlihat bahwa dengan penambahan inikTo karbon secara kering stabilitas dincimis campuran aspal plus 15 % mikro karbon = 4200 lintasan per menit , serta deformasi permanen = 0,01 min/nzenit. Dengan demikian campuran aspal plus macro karbon lebih tahan terhadap kerusakan, lebih awet dari pada aspal biasa, dan dengan kenaikan harga yang relatif kecil nzemberikan nilai tambah kekuatan yang yang cukup berarti
Pengaruh penggunaan pasir alam terhadap kinerja campuran beton aspal Iwan Riswan, Nono Y. Ronny P.A
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 21 No 3 (2004)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk pemeliharaan dan pembangunan falan, kebutuhan agregat pecah dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, sedangkan somber agregat lama kelanzaan makin berkurang. Pada Spesifikasi Kimpraswil tnenyebutkan bahwa untuk campuran dapat menggunakan pasir sebanyak maksitnum 15%. Pada tulisan irri, penulis telah mengevalusi pengaruh penggunaan pasir alam tersebut terhadap kinerja campuran, yang mana untuk mengevaluasi kinerja campuran di laboratorium Jenis pengujian yang dilakukan adalah pengujian dengan Marshall, Wheel Tracking Machine dan UMATTA. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan pasir alam pada campuran mengakibatkan kinerja campuran tersebut mengalami penurunan. Hal tersebut diturijzildcan dengan nilai stabilitas dinamis dan Modulus Resilient yang lebih rendah dari pada campuran yang tanpa penggunaan pasir. Makin banyak pengunaan pasir alam maka makin besar pula penurunan kinerjanya, sehingga penggunaan pasir alam maksimum15% sesuai Spesifikasi Kimpraswil Tahun 2004 perlu ditinjau kembali

Page 1 of 1 | Total Record : 4


Filter by Year

2004 2004


Filter By Issues
All Issue Vol 39 No 1 (2022) Vol 38 No 2 (2021) Vol 38 No 1 (2021) Vol 37 No 2 (2020) Vol 37 No 1 (2020) Vol 36 No 2 (2019) Vol 36 No 1 (2019) Vol 35 No 2 (2018) Vol 35 No 1 (2018) Vol 34 No 2 (2017) Vol 34 No 1 (2017) Vol 33 No 2 (2016) Vol 33 No 1 (2016) Vol 32 No 3 (2015) Vol 32 No 2 (2015) Vol 32 No 1 (2015) Vol 31 No 3 (2014) Vol 31 No 2 (2014) Vol 31 No 1 (2014) Vol 30 No 3 (2013) Vol 30 No 2 (2013) Vol 30 No 1 (2013) Vol 29 No 3 (2012) Vol 29 No 2 (2012) Vol 29 No 1 (2012) Vol 28 No 3 (2011) Vol 28 No 2 (2011) Vol 28 No 1 (2011) Vol 27 No 3 (2010) Vol 27 No 2 (2010) Vol 27 No 1 (2010) Vol 26 No 3 (2009) Vol 26 No 2 (2009) Vol 26 No 1 (2009) Vol 25 No 3 (2008) Vol 25 No 2 (2008) Vol 25 No 2 (2008) Vol 25 No 1 (2008) Vol 24 No 3 (2007) Vol 24 No 2 (2007) Vol 24 No 1 (2007) Vol 23 No 3 (2006) Vol 23 No 2 (2006) Vol 23 No 1 (2006) Vol 22 No 4 (2005) Vol 22 No 3 (2005) Vol 22 No 2 (2005) Vol 22 No 1 (2005) Vol 21 No 4 (2004) Vol 21 No 3 (2004) Vol 21 No 2 (2004) Vol 21 No 1 (2004) Vol 20 No 4 (2003) Vol 19 No 3 (2002) Vol 19 No 2 (2002) Vol 19 No 1 (2002) Vol 18 No 2 (2001) Vol 18 No 1 (2001) Vol 17 No 2 (2000) Vol 17 No 1 (2000) Vol 16 No 3 (2000) Vol 16 No 2 (1999) Vol 15 No 4 (1999) Vol 15 No 1 (1998) Vol 15 No 3 (1997) Vol 15 No 1 (1997) No 4 (1997) No 2 (1997) Vol 13 No 2 (1996) Vol 13 No 1 (1996) No 4 (1996) No 3 (1996) Vol 12 No 3 (1995) Vol 12 No 2 (1995) Vol 12 No 1 (1995) Vol 11 No 1 (1994) Vol 10 No 3 (1993) Vol 10 No 2 (1993) Vol 10 No 1 (1993) Vol 9 No 4 (1993) Vol 9 No 3 (1992) Vol 9 No 2 (1992) Vol 9 No 1 (1992) Vol 8 No 3 (1992) Vol 7 No 3 (1991) No 2 (1991) No 1 (1991) No 1 (1990) No 2 (1989) No 1 (1989) No 4 (1987) No 2 (1987) No 1 (1987) No 1 (1986) No 3 (1985) No 3 (1984) No 2 (1984) No 1 (1984) More Issue