cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan
ISSN : 16936418     EISSN : 2580247X     DOI : -
Core Subject : Education,
EDUKASI is a peer-reviewed scientific journal that focuses on Religious Educational Research. It published by Center for Research And Development of Religious Education, Republic Indonesia Ministry of Religious Affairs, since 2003 and had been released three times a year. Now (since 2017) it governed in associated and corporated to Religious Researchers Association. And since 2009 it had been accredited by Indonesian Science Institution. Nowadays are about to prepare for becoming International Journal reputation that would be indexed at global high ranked index. As the scientific reading material publication, the EDUKASI aimed to provide readers with a better comprehensive understanding of Religious Educational Studies in Indonesia, and even around Asia countries and the world. We invited all researchers, lecturers, teachers, and whoever interested and have a manuscript of religious education to send off what you have been researched and reported to be published in EDUKASI. The articles should be original, unpublished and not under review for possible publication in any other journals. All submitted manuscripts will be blindly-reviewed by qualified academics in the field. This process may take several weeks or months.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "EDUKASI | VOLUME 8, NOMOR 3, DESEMBER 2010" : 5 Documents clear
Menggagas IAIN sebagai Pusat Unggulan Imam Amrusi Jailani
EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan EDUKASI | VOLUME 8, NOMOR 3, DESEMBER 2010
Publisher : Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.651 KB) | DOI: 10.32729/edukasi.v8i3.103

Abstract

Tidak dipungkiri bahwa setiap lembaga pendidikan, khususnya pendidikan tinggi harus dapat memegang peranannya sebagai pusat keunggulan yang dapat kita banggakan. hal tersebut merupakan satu-satunya cara agar lembaga pendidikan tinggi tersebut dapat diakui secara akademis oleh masyarakat. dalam hal ini, IAIN memiliki peluang yang sama untuk menjadi pusat keunggulan dalam ranah studi Islam dengan universitas atau lembaga pendidikan tinggi “sekular” lainnya. lembaga ini akan segera membuka fakultas-fakultas “secular” seperti hokum, sosiologi, matematika, biologi, psikologi, dan lain-lain.
Pendidikan Berbasis Masyarakat : Studi Kasus di Pondok Pesantren al-Ittifaq Bandung Nurhattati Fuad
EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan EDUKASI | VOLUME 8, NOMOR 3, DESEMBER 2010
Publisher : Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.031 KB) | DOI: 10.32729/edukasi.v8i3.99

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk mengebolarasi bagaimana pendidikan berbasis masyarakat dipraktekkan di pesantren al-Ittifaq, dengan focus pada: 1) kemandirian pesantren yang dijalankan, 2) model pendidikan apa yang dipraktekkan di pesantren, dan 3) pengaturan karakteristik pendidikan berbasi masyarakat dipraktekkan.
Pendidikan Multikultural untuk Pembangunan Masyarakat Madani di Pesantren : Studi Kasus Pesantren Modern As-Salam Zakiyuddin Baidhawy
EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan EDUKASI | VOLUME 8, NOMOR 3, DESEMBER 2010
Publisher : Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.502 KB) | DOI: 10.32729/edukasi.v8i3.100

Abstract

Pasca tragedy 11 september 2001 dan peristiwa bali 10 oktober 2002, terorisme khususnya di Indonesia, dikaitkan dengan gerakan Islam. beberapa pelaku kekerasan diduga berasal dari pendidikan pesantren. apakah benar bahwa pesantren mengajarkan santrinya tentang terror dan kekerasan? bagaimana isi kurikulum dan proses belajar mengajar di pesantren? apakah kegiatan belajar mengajar di pesantren mendukung untuk hidup bersama dalam keragaman santri, dan memperkuat nilai-nilai civil society.
Ngelmu Laku Tumrap Liyan : Pesantren Muslim Kultural dan Peradaban Multikultural di Indonesia M. Endi Saputro
EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan EDUKASI | VOLUME 8, NOMOR 3, DESEMBER 2010
Publisher : Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.989 KB) | DOI: 10.32729/edukasi.v8i3.101

Abstract

Sejak lama masyarakat Indonesia memiliki dan merawat akomodasi multicultural. muslim berperan besar dalam usaha mengembangkan akomodasi multicultural ini. secara normatif, komuniti muslim memiliki kepekaan dan tanggungjawab sosial yang tinggi terhadap masyarakat di sekitarnya. komuniti muslim, dari sisi kenyataan, senantiasa berada pada kondisi islamicate, dalam arti, keberadaannya selalu berada di tengah-tengah komuniti religi lain.
Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Satu Atap (MTs-SA) di PP. Miftahul Ulum I Sampang-Jawa Timur Djamaluddin Djamaluddin
EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan EDUKASI | VOLUME 8, NOMOR 3, DESEMBER 2010
Publisher : Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.794 KB) | DOI: 10.32729/edukasi.v8i3.102

Abstract

Penyelenggaraan MTs-PSA melalui Australia-Indonesia Partnership for Basic Program (AI-BEP) telah berhasil membantu menuntaskan Wajar 9 tahun dalam melayani siswa kurang mampu dan jauh dari lokasi pendidikan jenjang SLTP di kecamatan Omben yang telah meningkatkan APM 62,13% dan APK 79,16% pada tahun 2008 menjadi 75,48% dan APK 98,04% pada tahun 2010. di samping telah menggugah kesadaran orang tua siswa tentang pentingnya pendidikan anak tidak hanya sebatas jenjang SD/MI tapi sampai pada jenjang lebih tinggi. upaya peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan pada MTs-PSA belum terjadi secara signifikan, meskipun dari aspek prasarana bangunan cukup memadai, karena belum didukung oleh tersedianya tenaga pendidik dan kependidikan yang memadai yang seyogyanya menjadi tanggung jawab yayasan, sehingga berdampak pada rendahnya capaian prestasi output.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2010 2010


Filter By Issues
All Issue Vol. 21 No. 2 (2023): EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Vol. 21 No. 1 (2023): EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Vol. 20 No. 3 (2022): EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Vol. 20 No. 2 (2022): EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Vol. 20 No. 1 (2022): EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Vol. 19 No. 3 (2021): EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Vol. 19 No. 2 (2021): EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Vol. 19 No. 1 (2021): EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Vol. 18 No. 3 (2020): EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Vol. 18 No. 2 (2020): EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Vol. 18 No. 1 (2020): EDUKASI: JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN AGAMA DAN KEAGAMAAN Vol. 17 No. 3 (2019): EDUKASI: JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN AGAMA DAN KEAGAMAAN Vol. 17 No. 2 (2019): EDUKASI: JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN AGAMA DAN KEAGAMAAN Vol. 17 No. 1 (2019): EDUKASI: JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN AGAMA DAN KEAGAMAAN Vol. 16 No. 3 (2018): EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Vol. 16 No. 2 (2018): EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Vol. 16 No. 1 (2018): EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan EDUKASI | Volume 15, Nomor 3, Desember 2017 EDUKASI | Volume 15, Nomor 2, Agustus 2017 EDUKASI | Volume 15, Nomor 1, April 2017 EDUKASI | Volume 14, Nomor 3, Desember 2016 EDUKASI | Volume 14, Nomor 2, Agustus 2016 EDUKASI | Volume 14, Nomor 1, April 2016 EDUKASI | VOLUME 13, NOMOR 3, DESEMBER 2015 EDUKASI | VOLUME 13, NOMOR 2, AGUSTUS 2015 EDUKASI | VOLUME 13, NOMOR 1, APRIL 2015 EDUKASI | VOLUME 12, NOMOR 3, DESEMBER 2014 EDUKASI | VOLUME 12, NOMOR 2, AGUSTUS 2014 EDUKASI | VOLUME 12, NOMOR 1, APRIL 2014 EDUKASI | VOLUME 11, NOMOR 3, DESEMBER 2013 EDUKASI | VOLUME 11, NOMOR 2, AGUSTUS 2013 EDUKASI | VOLUME 11, NOMOR 1, APRIL 2013 EDUKASI | VOLUME 10, NOMOR 3, DESEMBER 2012 EDUKASI | VOLUME 10, NOMOR 2, AGUSTUS 2012 EDUKASI | VOLUME 10, NOMOR 1, APRIL 2012 EDUKASI | VOLUME 9, NOMOR 3, DESEMBER 2011 EDUKASI | VOLUME 9, NOMOR 2, AGUSTUS 2011 EDUKASI | VOLUME 9, NOMOR 1, APRIL 2011 EDUKASI | VOLUME 8, NOMOR 3, DESEMBER 2010 EDUKASI | VOLUME 8, NOMOR 2, AGUSTUS 2010 EDUKASI | VOLUME 8, NOMOR 1, APRIL 2010 EDUKASI | VOLUME 7, NOMOR 4, DESEMBER 2009 EDUKASI | VOLUME 7, NOMOR 3, SEPTEMBER 2009 EDUKASI | VOLUME 7, NOMOR 2, JUNI 2009 EDUKASI | VOLUME 6, NOMOR 4, DESEMBER 2008 EDUKASI | VOLUME 6, NOMOR 3, SEPTEMBER 2008 EDUKASI | VOLUME 6, NOMOR 2, JUNI 2008 EDUKASI | VOLUME 5, NOMOR 4, DESEMBER 2007 EDUKASI | VOLUME 5, NOMOR 3, SEPTEMBER 2007 EDUKASI | VOLUME 5, NOMOR 2, JUNI 2007 EDUKASI | VOLUME 5, NOMOR 1, MARET 2007 EDUKASI | VOLUME 4, NOMOR 4, DESEMBER 2006 EDUKASI | VOLUME 4, NOMOR 3, JULI 2006 EDUKASI | VOLUME 4, NOMOR 2, JUNI 2006 EDUKASI | VOLUME 4, NOMOR 1, JANUARI 2006 EDUKASI | VOLUME 3, NOMOR 4, DESEMBER 2005 EDUKASI | VOLUME 3, NOMOR 3, SEPTEMBER 2005 EDUKASI | VOLUME 3, NOMOR 2, JUNI 2005 EDUKASI | VOLUME 3, NOMOR 1, APRIL 2005 EDUKASI | VOLUME 2, NOMOR 4, OKTOBER 2004 EDUKASI | VOLUME 2, NOMOR 3, JULI 2004 EDUKASI | VOLUME 2, NOMOR 2, APRIL 2004 EDUKASI | VOLUME 2, NOMOR 1, JANUARI 2004 EDUKASI | VOLUME 1, NOMOR 4, OKTOBER 2003 EDUKASI | VOLUME 1, NOMOR 3, JULI 2003 EDUKASI | VOLUME 1, NOMOR 2, APRIL 2003 EDUKASI | VOLUME 1, NOMOR 1, JANUARI 2003 More Issue