cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
ISSN : 20887485     EISSN : 26849313     DOI : https://doi.org/10.35906/equili
Core Subject : Economy,
Jurnal Equlibrium merupakan jurnal ilmiah terbit enam bulan sekali yang memuat hasil-hasil penelitian baik teoritis maupun terapan dari bidang ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi serta disiplin ilmu lainnya yang relevan dengan bidang ilmu ekonomi.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2021)" : 8 Documents clear
PEMBANGUNAN EKONOMI INKLUSIF NASIONAL, PROVINSI DAN KABUPATEN/KOTA SE - SULAWESI SELATAN M Mujahid Shaleh
Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/je001.v10i1.741

Abstract

AbstrakPermasalahan kemiskinan dan ketimpangan sosial ekonomi antar individu maupun wilayah saat ini masih dialami oleh Indonesia dan negara-negara lain di dunia. Fenomena kemiskinan dan ketidakadilan global ditunjukkan dengan adanya 20% populasi dunia yang mampu menikmati lebih dari 70% pendapatan dunia, atau dengan kata lain sebanyak 80% populasi dunia hanya mampu menikmati kurang dari 30% pendapatan dunia. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran perkembangan Capaian Indeks Pembangunan Ekonomi Inklusif Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Selatan periode 2013-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan Analisis Indeks Pembangunan Ekonomi Inklusif, dengan menggunakan data Laju Pertumbuhan Ekonomi, PDRB Perkapita, Tingkat Kemiskinan, Tingkat Pengangguran Terbuka, Gini Ratio dan Indek Pembangunan Manusia Provinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Selatan Tahun 2019. Hasil analisis Indeks Pembangunan Ekonomi Inklusif menunjukkan Pertumbuhan inklusif Sulawesi Selatan sudah termasuk kedalam kategori memuaskan dengan capaian Indeks 6,00 namun masih pada level menengah dengan menempati posisi ke 15 dari 34 Provinsi Se-Indonesia. Kata Kunci: Indeks Pembangunan Ekonomi Inklusif; Ketimpangan; Kemiskinan AbstractThe problems of poverty and socio-economic inequality between individuals and regions are still experienced by Indonesia and other countries in the world. The phenomenon of global poverty and injustice is shown by the existence of 20% of the world's population who are able to enjoy more than 70% of world income, or in other words as much as 80% of the world's population can only enjoy less than 30% of world income. This study aims to provide an overview of the development of the National, Provincial and District / City Inclusive Economic Development Index Achievements in South Sulawesi for the period 2013-2019. The method used in this research is descriptive quantitative using Inclusive Economic Development Index Analysis, using data on Economic Growth Rate, GRDP Per Capita, Poverty Level, Open Unemployment Rate, Gini Ratio and Human Development Index for South Sulawesi Province and Districts / Cities in South Sulawesi. In 2019. The results of the analysis of the Inclusive Economic Development Index show that South Sulawesi's inclusive growth has been included in the satisfactory category with an index of 6.00 but is still at the intermediate level, occupying the 15th position out of 34 Provinces in Indonesia.Keywords: Inclusive Economic Development Index; Inequality; Poverty
OPTIMALISASI KINERJA PERAWAT BERBASIS BEBAN KERJA DENGAN INTERVINING STRES KERJA PADA PERAWAT DI PUSKESMAS Adya Hermawati; Yosiana Yosiana
Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/je001.v10i1.661

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk untuk menganalisa pengaruh beban kerja terhadap stres kerja, stres kerja terhadap kinerja perawat, beban kerja terhadap kinerja perawat, hubungan antara beban kerja terhadap kinerja perawat di Puskesmas Tumpang Kabupaten Malang yang dimediasi stres kerja. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan melalui metode survei yang didasarkan pada kuesioner. Ada 30 perawat Puskesmas Tumpang yang diwawancarai untuk mendapatkan variabel dalam menjawab tujuan penelitian. Data dikumpulkan dalam bentuk ordinal skala Likert. Model analisis yang digunakan yaitu analisis jalur (Path Analysis). Populasi penelitian ini adalah semua perawat puskesmas tumpang yang berjumlah 30 perawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume pekerjaan yang banyak dengan jumlah sumber daya manusia yang terbatas menyebabkan beban kerja perawat semakin tinggi dimana hal ini menjadi pemicu  meningkatnya stres kerja.Keywords : Beban kerja, stres kerja, kinerja ABSTRACTThe purpose of this study was to analyze the effect of workload on work stress, work stress on nurses 'performance, workload on nurses' performance, the relationship between workload and nurse performance at Tumpang Public Health Center, Malang Regency, which was mediated by work stress. This research was conducted using a quantitative approach and through a survey method based on a questionnaire. There were 30 nurses at Tumpang Puskesmas who were interviewed to get the variables in answering the research objectives. Data were collected in the form of a Likert scale ordinal. The analysis model used is path analysis. The population of this study were all nurses at the overlapping health centers, totaling 30 nurses. The results showed that the large volume of work with a limited number of human resources caused the workload of nurses to be higher which was a trigger for increased work stress.Keywords: Workload, work stress, performance
THE EFFECT OF WORKLOAD AND AUDITOR SPECIALIZATION ON AUDIT QUALITY WITH AUDIT COMMITTEE QUALITY AS MODERATING VARIABLE Erma Setiawati; Eskasari Putri; Dyana Madyaratri
Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/je001.v10i1.744

Abstract

ABSTRAK The study aims to axamine the effect of workload and specialization of auditors on audit quality with quality of the audit committee as a moderating variable. This research is a quantitative study using a descriptive approach. The population in this research is a Jakarta Islamic Index (JII) companies listed on the Sharia Exchange in 2016-2018. The sampling technique in this study used the purposive sampling method. Data analysis method used was logistic regression analysis method using Statistical Package for Social Sciences (SPSS) version 21 program. The result of this research indicate that workload give impact on audit quality. Specialization of auditors, and quality of the audit committee do not impact on audit quality. Moderating analysis shows that quality of the audit committee is not able to moderate workload and specialization of auditors on audit quality.Kata Kunci:   audit quality, workload, auditor spe-cialization, audit committee
MEMBANGUN KEPERCAYAAN KEPADA RUMAH SAKIT BERDASARKAN KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN Suhermin Suhermin; Adya Hermawati
Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/je001.v10i1.662

Abstract

Abstrak. Kepercayaan adalah hal terpenting dalam menjaga hubungan baik antara organisasi layanan dan pelanggan mereka. Kepercayaan pasien terhadap rumah sakit merupakan kunci utama kemajuan sebuah rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan kepercayaan di RS Sumberglagah Mojokerto. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien dan keluarganya yang menjalani rawat inap di RS Sumberglagah. Penelitian ini menggunakan 14 indikator, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 kali indikator yaitu sebanyak 140 pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan masing-masing berpengaruh terhadap kepuasan dan kepercayaan, artinya kualitas pelayanan rumah sakit yang baik dapat meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pasien dan keluarganya di RS Sumberglagah Mojokerto. Aspek empati yaitu kesediaan setiap petugas untuk memberikan perhatian pribadi (individu) kepada pasien dan keluarga pasien merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh rumah sakit untuk menciptakan pelayanan yang optimal. Pelayanan yang berorientasi komunikasi sangat membantu pasien dalam proses penyembuhan atau dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan harapan untuk sembuh. Komunikasi ini akan membuat pasien dan keluarga pasien percaya untuk dirawat di rumah sakit iniKeywords: Kepercayaan, Kualitas Layanan, Kepuasan PasienAbstrack. Trust is the most important thing in maintaining good relations between service organizations and their customers. Patient trust in the hospital is the main key to the progress of a hospital. The purpose of this study was to analyze and examine the effect of service quality on satisfaction and trust at Sumberglagah Hospital, Mojokerto. The population in this study were patients and their families of inpatients at Sumberglagah Hospital. This study uses 14 indicators, therefore the sample in this study is 10 times the indicator, namely as many as 140 patients. The results showed that the quality of service each had an effect on satisfaction and trust, meaning that the quality of good hospital services could increase the satisfaction and trust of patients and their families at Sumberglagah Hospital, Mojokerto. The empathy aspect, namely the willingness of each officer to give personal (individual) attention to the patient and the patient's family, is an important thing that must be considered by the hospital to create optimal service. Communication-oriented services really help patients in the healing process or can foster self-confidence and hope for recovery. This communication will make a patient and the patient's family trust to be hospitalized at this hospitalKeywords: service quality, satisfaction, trust
PENGARUH BEBAN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PENGELOLAAN KEUNGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN KONAWE SELATAN Husin Husin; Nurwati Nurwati; Sitti Aisyah
Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/je001.v10i1.663

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban kerja dan kompensasi terhadap kinerja pegawai. Kinerja merupakan perilaku yang terukur sebagai prestasi kerja yang dihasilkan oleh pegawai sesuai dengan perannya dalam instansi. Permasalahan yang ada pada instansi saat ini adalah belum tercapainya target kinerja pegawai karena pengetahuan mengenai pekerjaan masih relatif sempit. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data kuantitatif dan data kualitatif yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data  menggunakan kuesioner. Dalam penelitian ini mengambil sampel semua pegawai Bidang Pengelolaan Aset Kabupaten Konawe Selatan berjumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan metode analisis linear berganda. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa variabel beban kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Variabel kompensasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Variabel beban kerja dan kompensasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai.Kata kunci: Beban Kerja, Kompensasi, Kinerja Pegawai ABSTRACTThis study aims to determine the effect of workload and compensation on employee performance. Performance is a behavior that is measured as the work performance produced by employees according to their role in the agency. The problem that exists in agencies at this time is that employees' performance targets have not been achieved because knowledge about work is still relatively narrow. The types of data used in this research include quantitative data and qualitative data sourced from primary data and secondary data. The data collection method used a questionnaire. In this study, taking a sample of all employees of the Asset Management Division of South Konawe Regency totaling 30 people. This research uses multiple linear analysis method. These findings indicate that the workload variable partially has a positive and significant effect on employee performance. The compensation variable partially has a positive and significant effect on employee performance. Workload and compensation variables simultaneously have a significant effect on employee performance.Keywords: Workload, Compensation, Employee Performance
PENGARUH INFRASTRUKTUR FISIK TERHADAP OUTPUT SEKTOR INDUSTRI PENGOLAHAN DI INDONESIA Wulan Anggraini; Istiqomah Istiqomah; Neni Widayaningsih; Sodik Dwi Purnomo
Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/je001.v10i1.680

Abstract

AbstrakKepercayaan adalah hal terpenting dalam menjaga hubungan baik antara organisasi layanan dan pelanggan mereka. Kepercayaan pasien terhadap rumah sakit merupakan kunci utama kemajuan sebuah rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan kepercayaan di RS Sumberglagah Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan masing-masing berpengaruh terhadap kepuasan dan kepercayaan, artinya kualitas pelayanan rumah sakit yang baik dapat meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pasien dan keluarganya. Aspek empati yaitu kesediaan setiap petugas untuk memberikan perhatian pribadi (individu) kepada pasien dan keluarga pasien merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh rumah sakit untuk menciptakan pelayanan yang optimal. Pelayanan yang berorientasi komunikasi sangat membantu pasien dalam proses penyembuhan atau dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan harapan untuk sembuh. Komunikasi ini akan membuat pasien dan keluarga pasien percaya untuk dirawat di rumah sakit iniKata Kunci: Kepercayaan, Kualitas Layanan, Kepuasan AbstractTrust is the most important thing in maintaining good relations between service organizations and their customers. Patient trust in the hospital is the main key to the progress of a hospital. The purpose of this study was to analyze and examine the effect of service quality on satisfaction and trust. The results showed that the quality of service each had an effect on satisfaction and trust, meaning that the quality of good hospital services could increase the satisfaction and trust of patients and their families at Sumberglagah Hospital, Mojokerto. The empathy aspect, namely the willingness of each officer to give personal (individual) attention to the patient and the patient's family, is an important thing that must be considered by the hospital to create optimal service. Communication-oriented services really help patients in the healing process or can foster self-confidence and hope for recovery. This communication will make a patient and the patient's family trust to be hospitalized at this hospitalKeywords: Service Quality, Satisfaction, Trust
PENGARUH ATTITUDE, SUBJECTIVE NORMS, PERCEIVED BEHAVIORAL CONTROL, PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE, DAN SUBSIDY TERHADAP MINAT PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY PADA E-COMMERCE Lutfiana Ayu Pradita; Munari Munari
Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/je001.v10i1.721

Abstract

AbstrakPenelitian yang dilakukan ditujukan untuk menguji pengaruh attitude (A), subjective norms (SN), perceived behavioral control (PBC), perceived usefulness (PU), perceived ease of use (PEU), dan subsidy (S) terhadap minat penggunaan financial technology pada e-commerce. Adapun penelitian dilakukan di UPN “Veteran” Jawa Timur Program Studi Akuntansi Angkatan 2017. Metode survey digunakan pada penelitian ini dengan membagikan sejumlah kuesioner berisi beberapa pernyataan kepada mahasiswa program studi akuntansi angkatan 2017 UPN “Veteran” Jawa Timur yang menggunakan financial technology pada aplikasi e-commerce. Populasi pada penelitian yaitu 282 mahasiswa akuntansi angkatan 2017 UPN “Veteran” Jawa Timur. Sedangkan, sampel yang ditentukan pada penelitian dipilih sebanyak 100 responden. Penelitian menggunakan teknik analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan program SPSS 22 for windows. Pengujian yang dilakukan antara lain uji validitas & reliabilitas, uji R2, uji normalitas, uji asumsi klasik (uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas), uji F, uji t.  Hasil dari penelitian menunjukkan jika attitude (A), subjective norms (SN), perceived behavioral control (PBC), perceived usefulness (PU), perceived ease of use (PEU), dan subsidy (S) berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan financial technology pada e-commerce.Kata Kunci: Fintech, E-Commerce, TPB-TAM, SubsidyAbstractThe research aims to test the effect of attitude (A), subjective norms (SN), perceived behavioral control (PBC), perceived usefulness (PU), perceived ease of use (PEU), and subsidy (S) on the behavioral intention to use financial technology in e-commerce application. This research was conducted at UPN “Veteran” Jawa Timur Accounting Students 2017. The survey method is used by providing a number of questionnaires to the accouunting students 2017 UPN “Veteran” Jawa Timur who used e-commerce application. The population in this study was 282 accounting students 2017 UPN "Veteran" Jawa Timur. Meanwhile, the sample specified in the study was selected as many as 100 respondents. The research using multiple linier regression analysis techniques with the SPSS 22 for windows program. The tests include validity & reliablity test, R2 test, normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, F test and t test. The results of this research indicate that attitude (A), subjective norms (SN), perceived behavioral control (PBC), perceived usefulness (PU), perceived ease of use (PEU), and subsidy (S) had a significant effect on the behavioral intention to use financial technology in e-commerce.Keywords: Fintech, E-Commerce, TPB-TAM, Subsidy 
PENGARUH PERSONAL COST DAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP TINDAKAN WHISTLEBLOWING Halim Usman; Yohanes Rura
Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/je001.v10i1.640

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji dan menganalisis pengaruh personal cost dan pemberian reward terhadap tindakan whistleblowing. Populasi dalam penelitian ini yakni mahasiswa akuntansi di Universitas Muhammadiyah Palopo. Pengambilan sampel menggunakan puposive sampling dengan membagikan kuesioner melalui google form kepada mahasiswa dan menghasilkan sebagai 137 responden. Analisis regresi linear berganda digunakan dalam penelitian ini, dengan memastikan data yang diolah merupakan data yang telah lolos uji validitas, uji reliabilitas serta uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa personal cost dan pemberian reward berpengaruh positif terhadap tindakan whistleblowing sesuai dengan persepsi mahasiswa akuntansi di Universitas Muhammadiyah Palopo.Kata Kunci: whisteblowing, personal cost, rewardAbstractThe purpose of this study is to examine and analyze the effect of personal cost and reward on whistleblowing. The population in this study were accounting students at the Muhammadiyah University of Palopo. Sampling using purposive sampling by distributing questionnaires via google form to students and resulted in 137 respondents. Multiple linear regression analysis is used in this study, by ensuring that the data processed is data that has passed the validity test, reliability test and classical assumption test. Based on the results of the research that has been done, it can be seen that personal costs and reward giving have a positive effect on whistleblowing in accordance with the perceptions of accounting students at Muhammadiyah Palopo University.Keywords: whistleblowing, personal cost, reward     

Page 1 of 1 | Total Record : 8