cover
Contact Name
nafiudin
Contact Email
nafiuddin08@gmail.com
Phone
+6285710308285
Journal Mail Official
sainsmanajemen08@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Sains Manajemen:Jurnal Manajemen UNSERA
ISSN : 26220377     EISSN : 24430064     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 159 Documents
PENGARUH ARUS KAS DAN MODAL KERJA TERHADAP PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) SUB SEKTOR OTOMOTIF TAHUN 2013-2018 Sunaryo, Deni
Sains Manajemen Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Sains Manajemen
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30656/sm.v5i2.1891

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Arus Kas dan Modal Kerja terhadap Likuiditas perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) Sub sektor otomotif tahun 2013-2018.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor otomotif yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dan diperoleh 8 perusahaan sebagai sampel. Data yang dikumpulkan merupakan data sekunder dengan metode dokumentasi melalui informasi dari www.idx.com berupa annual report perusahaan. Alat analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah SPSS 23.00.Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Arus Kas berpengaruh negatif signifikan terhadap Likuiditas. (2) Modal Kerja berpengaruh positif signifikan terhadap Likuiditas. (3) Arus kas dan Modal Kerja berpengaruh positif signifikan terhadap Likuiditas. Kata Kunci: Likuiditas, Arus Kas dan Modal Kerja.
CERDAS BERSAMA WAKAF (CB WAKAF)”: STRATEGI DAN INOVASI PENGELOLAAN WAKAF UANG DI ERA DIGITAL Astuti, Wiji; Merlina, Merlina; Pramono, Nugroho Heri
Sains Manajemen Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Sains Manajemen
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30656/sm.v5i2.1867

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui startegi pengelolan wakaf produktif pada Yayasan Cerdas Bersama Wakaf. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi lansung kepada informan yaitu pengurus Yayasan Cerdas Bersama Wakaf. Pengumpulan data juga dilakukan secara sekunder yaitu melalui studi literatur dari jurnal, text books, dan literatur lainnya. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa strategi yang digunakan oleh Yayasan Cerdas Bersama Wakaf dalam mengelola wakaf yang dihimpun dari masyarakat digunakan untuk pemberdayaan peternak hewan qurban. Selain itu, penelitian ini juga merekomendasikan inovasi pengelolaan wakaf uang di era digital dengan cara membuat sebuah organisasi berbasis platform (fintech) baik berbasis website maupun aplikasi android. Organisasi berbasis platform tersebut dinamakan CB Wakaf. Fokus CB Zakat adalah pada pengelolaan dana wakaf uang untuk pemberdayaan peternak hewan qurban, industri ekonomi kreatif, kost mahasiswa, dan jasa sewa kendaraan.Kata kunci: CB Wakaf, Strategi, Inovasi, Wakaf Uang, Digital
PENGARUH DISKON PADA APLIKASI E-WALLET TERHADAP PERTUMBUHAN MINAT PEMBELIAN IMPULSIF KONSUMEN MILENIAL DI WILAYAH TANGERANG Kusnawan, Agus; Tjong, Sefung; Andy, Andy; Diana, Silaswara
Sains Manajemen Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Sains Manajemen
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30656/sm.v5i2.1861

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan keinginan peneliti untuk mengetahui faktor apa saja dalam layanan sebuah aplikasi dompet digital yang dapat menumbuhkan minat pembelian impulsif khususnya bagi konsumen milenial di Tangerang. Faktor independen yang diteliti adalah Diskon (X) sedangkan faktor dependennya adalah pembelian impulsif (Y), dan pemilihan faktor diskon adalah karena maraknya diskon yang ditawarkan kepada konsumen yang terjadi sekarang ini. Berdasarkan hasil kuesioner yang diolah menggunakan SPSS 20 dengan alat analisis Korelasi diperoleh bahwa faktor yang diteliti memiliki hubungan yang tidak terlalu kuat, yaitu hanya 0,443 (dibawah 0.50). Untuk menjawab seberapa besar pengaruh yang terjadi digunakan alat analisis Regresi Linier Sederhana dan diperoleh hasil bahwa X berpengaruh positif terhadap Y, sedangkan berdasarkan hasil R2 hitung  diperoleh nilai = 0,196 atau dengan kata lain variabel diskon hanya menjawab 19,6 % dari permasalahan yang terjadi. Pengujian hipotesis dengan menggunakan tabel t dan tabel F membuktikan bahwa Ho ditolak, dan  H1 diterima atau dengan kata lain faktor Diskon TIDAK BERPENGARUH SIGNIFIKAN terhadap minat pembelian impulsif sehingga diperlukan penelitian lanjutan untuk mengetahui faktor-fakor lainnya.Kata Kunci : Diskon, Pembelian Impulsif, Dompet Digital
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KEUANGAN BPR SYARIAH DI INDONESIA Sofyan, Mohammad
Sains Manajemen Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Sains Manajemen
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30656/sm.v5i2.1862

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non-Performing Financing (NPF), Financing to Deposit Ratio (FDR), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), dan Return on Asset (ROA) sebagai proksi kinerja keuangan BPR Syariah di Indonesia periode tahun 2007-2018. Populasi penelitian adalah seluruh BPR Syariah di Indonesia. Data sekunder berupa data time series dari Statistik Perbankan Syariah 2007-2018. Analisis data menggunakan analsiis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CAR dan FDR berpengaruh positif terhadap ROA, BOPO berpengaruh negatif terhadap ROA, sedangkan NPF tidak berpengaruh terhadap ROA.Kata Kunci : BPR Syariah, ROA, CAR, BOPO, NPF, FDR
MEMANFAATKAN KEAHLIAN DAN PENGALAMAN LANSIA UNTUK TETAP BEKERJA “STUDI KASUS PADANEGARA JEPANG” Suryadi, Suryadi
Sains Manajemen Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Sains Manajemen
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30656/sm.v5i2.1864

Abstract

Banyak lansia Jepang yang masih tetap bekerja di tempat yang sama seperti sebelum pensiun. Sebagian pekerja lansia menyetujui dengan adanya kebijakan pengkaryaan kembali yang diterapkan pada perusahaan Jepang, karena kurangnya sumber daya manusia. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perusahaan Jepang untuk mempekerjakan lansia yang sudah pensiun antara lain disebabkan meningkatnya angka harapan hidup, himbauan Pemerintah Jepang kepada masyarakat untuk mempekerjakan lansia, untuk meningkatkan produktivitas perusahaan, transfer keahlian dan gaji yang lebih murah serta system kontrak kerja. Berdasarkan uji regresi linear berganda, dapat diketahui elastisitas tenaga kerja pada pekerja lansia dengan kelompok umur 65 tahun ke atas sebesar 0,181, elastisitas tenaga kerja lansia dengan kelompok umur 55 ? 64 tahun lebih tinggi yakni sebesar 0,398 dan elastisitas tenaga kerja lansia dengan kelompok umur15 ? 54 tahun paling tinggi bila dibandingkan dengan kelompok umur lainnya yang mencapai 1,476.Kata Kunci : Lansia, Uji Regresi, Elastisitas
PERAN WORD OF MOUTH DALAM AKTIVITAS SOCIAL COMMERCE Nugroho, Agung Dwi; Hidayatulloh, Amir; Ganinda, Faishal Prahatma; Damayanti, Meylia
Sains Manajemen Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Sains Manajemen
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30656/sm.v5i2.1865

Abstract

commerce. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna media sosial. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan kriteria pengguna media sosial yang telah melakukan pembelian melalui media sosial yang dimiliki dan minimal dua kali pembelian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google form. Responden dalam penelitian ini berjumlah 152 responden yang terdiri dari 115 responden yang berjenis kelamin perempuan dan 37 responden yang berjenis kelamin laki-laki. Responden dalam penelitian ini didominasi oleh responden berjenis kelamin perempuan yaitu 75,7% dari jumlah keseluruhan responden. Alat statistik yang digunakan adalah warpPLS. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa word of mouth berpengaruh terhadap persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, serta niat untuk melakukan social commerce. Selain itu, niat untuk melakukan social commerce dipengaruhi oleh persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan. Hasil penelitian ini juga mengkonfirmasi bahwa persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap persepsi kegunaan.Kata kunci: Social Commerce, Word of mouth, Word of mouth, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahaan Penggunaan
INFLUENCE PROFITABILITY AND SIZE OF CAPITAL STRUCTURE AT SECTOR CIGARETTE MANUFACTURING COMPANY LISTED IN INDONESIA STOCK EXCHANGE PERIOD 2001-2015 Fatari, Fatari
Sains Manajemen Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Sains Manajemen
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30656/sm.v5i2.1868

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur sektor rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2001-2015. Variabel bebas adalah profitabilitas (X1) dan ukuran perusahaan (X2), untuk variabel terikatnya adalah struktur modal (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor rokok ada 4 perusahaan, sedangkan sampel adalah 2 perusahaan manufaktur sektor rokok dengan 15 tahun pengamatan, sehingga diperoleh 30 sampel. Teknik analisis data yang digunakan meliputi asumsi klasik, korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi (R) = 0,597 yang berarti tingkat pengaruh antara profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal adalah sedang, sedangkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,356 yang berarti variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan dalam menerangkan variabel struktur modal sebesar 35,60%, dan sisanya 64,40% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.  Kesimpulan penelitian secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan antara profitabilitas terhadap struktur modal dan terdapat pengaruh signifikan antara ukuran perusahaan terhadap struktur modal. Sedangkan secara simultan terdapat pengaruh signifikan antara profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal. Kata kunci : Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal
PENGARUH PENANGANAN KLAIM TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN STUDI KASUS PT TIKI JNE CABANG BEKASI Yosepha, Sri Yanthy
Sains Manajemen Vol 4, No 2 (2018): Sains Manajemen
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.954 KB) | DOI: 10.30656/sm.v4i2.984

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  Penanganan Klaim Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT Tiki JNE Cabang Bekasi.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu metode Random Sampling yaitu tehnik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Dimana dalam penelitian ini penulis hanya memilih pelanggan yang telah melakukan klaim ke PT. Tiki JNE Cabang Bekasi untuk di jadikan sampel sebanyak 58 orang. Hasil penelitian  diolah dengan program SPSS Versi 22.0 for windows, Hasil Penanganan klaim berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Sehingga memberikan pengaruh yang signifikan pada pelanggan dalam kepuasan pelanggan pada PT Tiki JNE Cabang Bekasi. Kata Kunci :penanganan klaim, kepuasan pelanggan 
ANALISIS PERSEPSI DAN KESIAPAN MASYARAKAT PANDEGLANG DALAM MENGHADAPI PELAKSANAAN KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) ZONA PARIWISATA TANJUNG LESUNG Syamsudin, Syamsudin; Rachman, Nono Arief
Sains Manajemen Vol 4, No 2 (2018): Sains Manajemen
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (803.164 KB) | DOI: 10.30656/sm.v4i2.843

Abstract

Menurut UU 39/2009, pasal 1, Kawasan Ekonomi Khusus, yang selanjutnya disebut KEK, adalah kawasan dengan batas tertentu dalam wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ditetapkan untuk menyelenggarakan fungsi perekonomian dan memperoleh fasilitas tertentu. Persepsi dan kesiapan Masyarakat Pandeglang Terhadap Pelaksanaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang sudah di resmikan oleh Presiden Joko Widodo pada hari Senin tanggal 23 Februari 2015 sampai dengan sekarang sudah berjalan satu tahun lebih. Persepsi dan kesiapan masyarakat ini dapat menjadikan kebijakan pemerintah daerah Pandeglang dalam menyikapi agar program KEK dapat sesuai dengan tujuan awal yaitu meningkatkan perekonomian daerah Pandeglang khususnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu menggambarkan persepsi dan kesepian masyarakat Pandeglang dalam menghadapi KEK Zona Pariwisata Tanjung Lesung dengan menggunakan penelitian deskriptif dan teknik penentuan sampelnya adalah dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan hasil rekapitulasi yang diperoleh dari 400 responden, maka Persepsi masyarakat Pandeglang dalam menghadapi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Zone Parawisata Tanjung Lesung, yaitu: 13122/20000 x 100% = 65.61%, termasuk ke dalam kategori baik. Persepsi juga menghasilkan rtabel sebesar 0.08 jika dibandingkan dengan corrected item-total corellation memiliki nilai lebih besar, maka pernyataan tentang persepsi dinyatakan valid, dan dengan nilai cronbachs alpha 0.926 melebihi 0.60 (0.926>0.60) maka variabel persepsi dikatakan reliabel. Begitu pula kesiapan masyarakat Pandeglang dalam menghadapi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Zone Parawisata Tanjung Lesung yaitu: 13455/20000 x 100% = 67.28%, termasuk ke dalam kategori siap. Kesiapan menghasilkan rtabel sebesar 0.08 jika dibandingkan dengan corrected item-total corellation memiliki nilai lebih besar, maka pernyataan tentang kesiapan dinyatakan valid, dan dengan nilai cronbachs alpha sebesar 0.919 melebihi 0.60 (0.919>0.60) maka variabel kesiapan dikatakan reliabel.Key words: KEK, persepsi, kesiapan masyarakat
Memenangkan Loyalitas Pelanggan Melalui Corporate Social Responsibility Di Pasar Air Minum Kemasan Widikusyanto, Muhammad Johan; Bhakti, Widya Nur; Purbohastuti, Arum Wahyuni
Sains Manajemen Vol 4, No 2 (2018): Sains Manajemen
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.634 KB) | DOI: 10.30656/sm.v4i2.980

Abstract

Persaingan yang ketat dipasar air minum kemasan memaksa setiap pemasar di Industri ini menggunakan strategi pemasaran yang efektif untuk bertahan dan memenangkan persaingan dengan menciptakan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model penelitian yang menggambarkan peran CSR dalam membangun loyalitas pelanggan di pasar air minum kemasan dengan melibatkan dua variabel lain sebagai mediator yaitu kepuasan pelanggan dan kepercayaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemasar air minum kemasan untuk menghadapi persaingan di pasar yang mereka perjuangkan.Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kausal. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 konsumen air minum dalam kemasan di kota Serang dengan teknik Accidental sampling. Teknik analisis yang akan digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak AMOS.Temuan penelitian ini membuktikan bahwa CSR memengaruhi kepuasan dan kepercayaan pelanggan. Kepuasan terbukti memengaruhi kepercayaan dan loyalitas terhadap sikap pelanggan. Kepercayaan pelanggan terbukti berpengaruh pada Loyalitas Sikap. Kepuasan dan kepercayaan tampaknya tidak berpengaruh pada Loyalitas Perilaku.Kepuasan dan kepercayaan adalah variabel yang memediasi pengaruh CSR pada loyalitas sikap. Dengan demikian, CSR dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dengan meningkatkan atau meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan mereka. Kata kunci: CSR, Loyalitas, Kepuasan, Kepercayaan

Page 1 of 16 | Total Record : 159