cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman
ISSN : -     EISSN : 24776300     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin. Jurnal ini terbit sebanyak dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan penelitian dan artikel konseptual yang berkaitan dengan bidang ilmu bimbingan dan konseling, pendidikan, dan psikologi pendidikan..
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2016): June" : 6 Documents clear
PERANAN KOMONIKASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK Mahfuz Mahfuz
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 2, No 1 (2016): June
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.666 KB) | DOI: 10.31602/jbkr.v2i1.667

Abstract

Dalam sistem kehidupan manusia, komunikasi merupakan sesuatu yang sangatdiperlukan. Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi yang terjadi antaradua orang atau kelompok-kelompok orang dimana dengan bahasa mereka sendirisehingga terjadi saling pengertian dan dapat mengubah tingkah laku mareka. Pendidikanmerupakan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur sertamemungkinkan para warganya untuk mengembangkan diri baik yang berkenaan denganaspek jasmaniah maupun rohaniah melalui proses komonikasi pembelajaran.Metodologi penelitian digunakan dengan pendekatan kualitatif dengan tehnikpengumpulan data observasi, wawancara, dokumnatsi di Kecamatan Gambut KabupatenBanjar. Untuk mencapai tujuan suatu organisasi sangat diperlukan komunikasi efektif,dan kemampuan berkomunikasi seorang pemimpin memegang peranan penting karenaseorang pemimpin akan berhadapan dengan beraneka ragam manusia dengan berbagaiwatak dan latar belakangnya. maka diperlukan pula pemahaman pribadi terhadapbawahannya secara individual berbeda-beda. Komunikasi dapat dilakukan denganbentuk-bentuk seperti instruksi atau perintah, saran, bimbingan, petunjuk, nasehatmaupun kritik yang bersifat konstruktif. Dengan komunikasi baik, efektif dan efisienyang terjalin antara kepala sekolah dan guru-guru di sekolah mempunyai perananpenting dalam rangka mencapai tujuan sekolah terutama meningkatkan prestasi siswadari waktu ke waktu.
MANAJEMEN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TUGAS (TASK BASED LANGUAGE TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA Ike Anita
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 2, No 1 (2016): June
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.8 KB) | DOI: 10.31602/jbkr.v2i1.669

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah pelaksanaan Tugas ModelPembelajaran Berbasis atau Task Pengajaran Bahasa Berbasis dapat meningkatkankemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris di Jurusan Komunikasi diLanglangbuana University. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodepenelitian atau kombinasi metode. Itu adalah campuran metode penelitian kuantitatifdan kualitatif. Hipotesis dari penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh yang signifikanketika Model Task Based Learning diterapkan dalam mengajar sehingga penerapanmodel ini dapat diterima.
MANAJEMEN PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH BINAAN PESANTREN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK Mariyatul Qibtiyah
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 2, No 1 (2016): June
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.346 KB) | DOI: 10.31602/jbkr.v2i1.670

Abstract

Educational success is only measured by cognitive domain, and barely measured from affective andpsychomotoric domains, thus fostering character and moral are neglected. There are many youngpeople, pupils and students that can not be expected to become the good skill of human resourcesbut they are to be a burden of development. The aim of this research is to formulate a conceptualmodel of educational management of character development. The research method is descriptivemethod. Locations of the research are MA Salafiyah Syafiiyah Tebuireng Jombang, MA Nurul JadidPaiton Probolinggo and MA Darusshulah Jember. The procedure of this research through threephases: orientation studies, general exploration and exploration centered. In this study theresearcher herself as a key instrument in collecting primary data and secondary data. Techniques ofdata collection through: in-depth interviews, participant observation and documentation studies.The research results showed that the planning is done to internalize the character values in theformulation of the vision, mission, objectives, syllabus and lesson plans and the entire program ofactivities that lead to the formation of character. Organizing done through the delegation of tasksbased on skill and profession of each teacher in various seminars, MGMP and workshops.Implementation of education are implemented integratedly among intra-curricular activities, extracurricularand pesantren activities. The strategy emphasizes the exemplary education, habituationand parenting. The principles taught in instilling character are through the process of knowledge(knowing), do (doing) and finally to familiarize (habituation). Assessment is done through programassessment, process and outcome. Output generated the character of learners. The Conclusion are;The success of the MA in planting character values can not be separated from the role of kyai,institutional leaders and chaplains (ustadz) in providing role models and guidance to the learnersto put it mildly solely seek the blessing of Allah, besides influenced by education managementdevelopment of good character, and values of best practices developed in pesantren throughhabituation life or ro'an mutual cooperation, brotherhood, freedom of thought, simplicity of life,independence and akhlakul karimah. Recommendations to the pesantren leaders, headmaster,teachers and education to continuously improve the development of character educationmanagement better. To the head of the government it is time to give attention to a balanced and fairMA significantly assisted pesantren has managed to produce graduates who are more character(noble).
STARTEGI INTERVENSI PENGEMBANGAN KARAKTER REMAJA DALAM SISTEM NILAI MENUJU INDONESIA EMAS jarkawi jarkawi
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 2, No 1 (2016): June
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.367 KB) | DOI: 10.31602/jbkr.v2i1.668

Abstract

Masa remaja merupakan suatu tahapan perkembangan dari awal remaja pada rentang usia kronologis13/14 tahun sampai dengan akhir remaja pada usia kronologis 18/19 tahun. Perkembangan remaja yangoptimal akan membentuk karakter bermutu dan kompetitif namun apabila perkembangan remajaterhambat perkembangannya karena ketidak mampuan dalam suatu kompleksitas kehidupan tentu akanmembentuk karakter yang kurang baik. Remaja dalam perkembangan karakternya akan dihadapkanpada suatu pilihan menerima atau menolak untuk melakukan sesuatu dengan dasar pemikiran, persepsiatau suatu landasan nilai dalam suatu sistem nilai, baik itu nilai teologis, etis, estetis, fisiologis, logisdan teleologis yang dipilihnya ini akan tumbuh dan berkembang dalam suatu rule life sistem (RLS)remaja seiring dengan gerakan soisial sebagai dampak globaliasi dan kemajuan ilmu pengetahuan danteknologi imformasi. Untuk perkembangan karakter remaja berumutu dan kompetitif di era globaliasiperlu suatu strategi intervensi Psikoeducation value dengan SGDPK (small grouf discussion) agarremaja dapat memberdayakan potensi dirinya untuk belajar dan berpikir yang bermutu dan kompetitif.Konsep ini untuk menjadi suatu bahan pemikiran dalam mengembangkan karakter remaja dalam suatusitem nilai serta sebagai bahan kajian kebijakan publik yang strategis dalam mengembangkan karakterremaja menuju Indonesia emas.
PEMANFAATAN TEKONOLOGI INFORMASI (TI) DALAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SEBAGAI REPRESENTASI BERKEMBANGNYA BUDAYA PROFESIONAL KONSELOR DALAM MELAYANI SISWA Sumarwiyah Sumarwiyah; Edris Zamroni
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 2, No 1 (2016): June
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.682 KB) | DOI: 10.31602/jbkr.v2i1.882

Abstract

Tantangan era millennial yang diperkuat dengan diberlakukannya Masyarakat Ekkonomi ASEAN adalah bagaimana memanfaatkan teknologi sebagai tools yang memperlancar pekerjaan manusia. Bimbingan dan konseling adalah salah satu bidang yang menangkap peluang tersebut dalam pelaksanaan layanannya. Upaya ini merupakan wujud pembudayaan profesionalisasi berbasis teknologi pada konselor dalam melayani siswa.
IMPLIKASI KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI TINGKAT KABUPATEN Deti Rostini
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 2, No 1 (2016): June
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.965 KB) | DOI: 10.31602/jbkr.v2i1.666

Abstract

Manajemen Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan model pengelolaan yangmemberikan otonomi atau kemandirian kepada sekolah dan mendorong pengambilankeputusan partisipatif yang melibatkan secara langsung semua warga sekolah. Otonomisekolah ini memerlukan pengawasan terhadap kinerja kepala sekolah dalamkemampuan menjalankan kepemimpinan di sekolah. Penelitian ini dilakukan untukmenilai kinerja kepala sekolah dalam kemampuan manajerial dan supervisi. Penelitiandilakukan terhadap 66 orang kepala sekolah di salah satu kabupaten di Jawa Barat. Hasilpenelitian menunjukkan dalam manajerial, kemampuan kepala sekolah tertinggi padaindikator mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuaidengan arah dan tujuan pendidikan nasional, sedangkan kemampuan manajerialterendah pada indikator memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatanpembelajaran dan manajemen seolah/madrasah. Dalam supervisi, kemampuan kepalasekolah yang tertinggi pada indikator merencanakan program supervisi akademik dalamrangka peningkatan profesionalisme guru, dan kemampuan terendah pada indikatormenindaklanjuti hasil supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalismeguru.

Page 1 of 1 | Total Record : 6