cover
Contact Name
Hamdan Sugilar
Contact Email
Hamdan Sugilar
Phone
-
Journal Mail Official
pmtk@uinsgd.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Analisa
ISSN : 25495135     EISSN : 25495143     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal Analysa Is a Journal published by Department Mathematics Education Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Starting Year 2013. Emphasizing On Aspects Related to Mathematics Learning Include: Curriculum, Strategy / Method, Learning Media, Evaluation, Psychology of Mathematics Learning, Didactical Mathematics , Thinking Process and Development of Mathematics, History / Philosophy of Mathematics and Other Mathematics Education. Journal Analysa is published twice a year in June and December with 5 articles per number or 10 articles per year. Copyright Department of Mathematics Education UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2018): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2018" : 7 Documents clear
Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education di Propinsi Riau Suci Yuniati; Arnida Sari
Jurnal Analisa Vol 4, No 1 (2018): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : Department of Mathematics Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, West Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ja.v4i1.1588

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika yang terintegrasi nilai-nilai keislaman melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada mata pelajaran matematika untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Munawwarah Pekanbaru dan MTs Negeri Danau Bingkuang Kampar. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yaitu: (A)nalysis, meliputi analisis kurikulum dan analisis kebutuhan; (D)esign, meliputi penyusunan Modul; (D)evelopment, dilakukan pengembangan Modul matematika terintegrasi nilai-nilai keislaman dengan RME; (I)mplementation, dilakukan untuk mendapatkan data praktikalitas; (E)valuation, dilakukan untuk menganalisis data berdasarkan tahap implementation. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket. Hasil perhitungan data hasil uji validitas oleh ahli teknologi pendidikan memperoleh Persentasi keidealan 85,19% dan oleh ahli materi pembelajaran memperoleh 86,42%, serta penilaian praktikalitas pada saat uji coba memperoleh 84,14%. Data tersebut menunjukkan bahwa modul matematika yang terintegrasi nilai-nilai keislaman melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang dikembangkan layak dan praktis untuk digunakan oleh siswa.
ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEORI BILANGAN Abdul Karim; Arfatin Nurrahmah
Jurnal Analisa Vol 4, No 1 (2018): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : Department of Mathematics Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, West Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ja.v4i1.2101

Abstract

Kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep yang diberikan serta mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi apa yang diketahui dan apa yang akan dibuktikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis mahasiswa dalam matakuliah teori bilangan. Metodologi penelitian yang digunakan menggunakan menggunakan metode penelitian deduktif kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian kemampuan pemahaman matematis dari dua indikotor penelitian yaitu kemampuan pemahaman konseptual dan kemampuan pemahaman fungsional, sebagian besar mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal pemahaman. Sebanyak 77% dari sampel penelitian belum paham cara menyelesaikan soal. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa mahasiswa belum dapat mengoptimalkan seluruh kemampuan terutama kemampuan pemahaman matematisnya dalam mengerjakan soal teori bilangan sehingga cenderung menyerah dalam mengerjakan soal ketika mengalami kesulitan.  Sebanyak 23% sampel sudah mengerti cara menyelesaikan namun masih beberapa yang kurang tepat dalam langkah penyelesaiannya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah lemahnya pemahaman dalam membedakan bilangan rasional dengan irasional beserta definisi dan sifat-sifatmya (materi prasyarat)
PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP Asep Ikin Sugandi; Martin Bernard
Jurnal Analisa Vol 4, No 1 (2018): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : Department of Mathematics Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, West Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ja.v4i1.2364

Abstract

Abstrak Tujuan dalam penelitian ini adalah  untuk meneleaah perbandingan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa antara yang pembelajarnya menggunakan pendekatan  konstekstual dengan pembelajaran biasa. Populasi dalam penelitian ini  adalah seluruh siswa SMP  yang berkemampuan sedang yang berada dikota Cimahi, sedangkan sampelnya dipilih dua kelas yang berjumlah 56 orang dari  satu SMP di kota Cimahi yang  berkemampuan sedang.  Instrumen  pada penelitian ini berupa tes berbentuk soal uraian untuk tes kemampuan pemahaman dan komunikasi  matematis. Instrumen yang digunakan sudah memenuhi soal yang baik berdasarkan validitas, reliabilitas, daya pembeda dan indeks kesukaran.  Berdasarkan perhitungan menggunakan SPSS 18 didapat hasil sebagai berikut (1) pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman matematik yang pembelajarnya menggunakan  pendekatan konstekstual lebih baik dibandingkan  pembelajaran  biasa. (2) pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konstekstual lebih baik dibandingkan pembelajaran biasa Kata Kunci: Pemahaman, Komunikasi, Kontekstual
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MADRASAH ALIYAH wawan kusmawan; Turmudi Turmudi; Dadang Juandi; Hamdan Sugilar
Jurnal Analisa Vol 4, No 1 (2018): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : Department of Mathematics Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, West Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ja.v4i1.2839

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah antara siswa yang mendapatkan pembelajaran model investigasi kelompok dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Subjek penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil secara acak dari delapan kelas XI yang ada di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung dengan teknik purposive sampling. Kelas pertama sebagai kelas kontrol dan kelas kedua sebagai kelas eksperimen. Kelas kontrol memperoleh pembelajaran biasa dan kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan model investigasi kelompok. Pengumpulan data hasil penelitian menggunakan instrumen berupa soal-soal tes kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis dianalisis secara kuantitatif. Data sebelum dianalisis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas dilanjutkan uji-t, jika data tidak normal memakai uji Mann-Whitney. Data hasil skala sikap dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan pembelajaran model investigasi kelompok dengan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Analisis data angket skala sikap memperlihatkan bahwa siswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika yang mencakup sikap terhadap pelajaran matematika, pembelajaran dengan model investigasi kelompok maupun terhadap soal-soal kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis.
Pengembangan Modul Matematika Berbasis Matematika Realistik untuk Kelas VII SMP Semester I Witri - Lestari; Sherly Handayani
Jurnal Analisa Vol 4, No 1 (2018): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : Department of Mathematics Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, West Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ja.v4i1.2902

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu desain bahan ajar pembelajaran berbentuk modul yang efektif untuk memfasilitasi proses pembelajaran matematika peserta didik kelas VII SMP Semester I. Modul Matematika ini dibuat berdasarkan hasil analisis kebutuhan terhadap kompetensi matematika yang seharusnya dimiliki oleh peserta didik kelas VII SMP. Alat pengambilan data berupa angket pertanyaan untuk guru sekolah. Prosedur penelitian diadaptasi dari model pengembangan instruksional (MPI) M. Atwi Suparman yang terdiri dari beberapa langkah, yaitu: mengidentifikasi kebutuhan dan menulis tujuan instruksional, melakukan analisis intruksional, mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik, menulis tujuan instruksional khusus,  menyusun alat penilaian hasil belajar, menyusun strategi instruksional, mengembangkan bahan instruksional, melaksanakan evaluasi formatif. Temuan penelitian yaitu dihasilkan suatu bahan ajar berbentuk modul yang sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika peserta didik kelas VII SMP pada semester.
Penerapan Pembelajaran Investigasi Kelompok terhadap Hasil Belajar Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Rusdian Rifa'i; Nenden Suciyati Sartika
Jurnal Analisa Vol 4, No 1 (2018): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : Department of Mathematics Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, West Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ja.v4i1.1960

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan pembelajaran investigasi kelompok terhadap hasil belajar matematis siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang berdesain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Bandung, sedangkan yang dijadikan sampel adalah siswa kelas VIII yang dipilih secara acak berdasarkan kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tipe uraian yang disusun berdasarkan indikator-indikator hasil belajar matematika. Statistik yang digunakan dalam manganalisis data hasil penelitian adalah statistik parametrik dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar matematis siswa yang memperoleh pembelajaran investigasi kelompok lebih baik daripada hasil belajar matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.
MENINGKATKANKEMAMPUAN METAFORA MENGGUNAKAN STRATEGI REACT BERBANTUAN BAHAN AJAR ALJABAR Sendi Ramdhani; Rani Sugiarni
Jurnal Analisa Vol 4, No 1 (2018): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : Department of Mathematics Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, West Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ja.v4i1.2485

Abstract

Abstrak. Kemampuan matematika siswa masih rendah, khususnya  kemampuan metafora. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan metafora matematis siswa dengan strategi REACT berbantuan Bahan Ajar Aljabar. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII SMP Al-Madina tahun ajaran 2017-2018, sampel pada penelitian ini sebanyak 22 orang. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan metafora tiap siklus, lembar observasi guru dan sisiwa dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan pembelajaran dengan Strategi REACT berbantuan bahan ajar Aljabar dapat meningkatkan kemampuan metafora para siswa di SMP Al-Madina. Hal ini ditunjukan dengan hasil tes kemampuan metafora setiap siklusnya. Pada tindakan siklus I daya serap klasikal siswa menacapai 59 %, dan tindakan siklus II hampir 77 % daya serap klasikal mengalami peningkatan. Selain itu aktivitas guru dan siswa pada setiap siklus baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan stategi REACT dapat meningkatkan kemampuan metafora.Kata kunci: REACT, Kemampuan Metafora, PTKAbstract. The mathematical ability of students is still low, especially the ability of metaphor. This study aims to determine the improvement of students' mathematical metaphorical abilities with the strategy of REACT aided Instructional Materials Algebra. The research method uses Classroom Action Research which is implemented in 2 action cycles. Population in this research is student of class VII of Al Madina Junior High School year 2017-2018, sample in this research counted 22 people. The instrument used is a matter of metaphor ability test each cycle, teacher observation sheet and side in learning. The results showed that by applying the learning with REACT Strategy assisted Algebra learning materials can improve the metaphor ability of the students at Al Madina Junior High School. This is indicated by the metaphor capability test results of each cycle. In the cycle I action the classical absorption of students reaches 59%, and the second cycle action almost 77% of the classical absorption is increased. In addition, the activities of teachers and students in each cycle well. Based on the results of this study concluded that learning with REACT strategy can improve the ability of metaphor.Keywords: REACT, Metaphorical Ability, PTK

Page 1 of 1 | Total Record : 7