cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : 2502986X     EISSN : 25029878     DOI : -
Core Subject : Education,
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2502-9878, p-ISSN: 2502-986X) is a journal publishes original research and review articles in the field of mathematics and mathematics education. This journal published twice a year (in March and September).
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 1: Maret - Agustus 2019" : 4 Documents clear
Dimensi Partisi Graf Thorn dari Graf Kincir 〖Wd〗_2^m untuk m=1,2,3 Zayendra, Siska -; Mardhaningsih, Auli; Yulianti, Lyra; Effendi, Effendi
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 1: Maret - Agustus 2019
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.842 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v4i1.1434

Abstract

Misalkan G = (V, E)  adalah  suatu  graf terhubung.  Himpunan  titik  V(G) dipartisi  menjadi  beberapa  partisi,  dan  Π = {S1, S2, ..., Sk } sebagai  himpunan yang berisikan  k-partisi  tersebut.  Misalkan  v ∈ V (G),  representasi  v terhadap Π didefinisikan sebagai r(v|Π)  = (d(v, S1), .., d(v, Sk )).  Π disebut  partisi  penye- lesaian jika setiap  titik  di G mempunyai  representasi  yang berbeda  terhadap Π. Kardinalitas yang minimum dari partisi  penyelesaian disebut  dimensi partisi  dari G, ditulis pd(G). Thorn  dari graf G, dengan parameter l1, l2, . . . , ln diperoleh dengan menambahkan daun sebanyak li ke titik vi  dari graf G, untuk  i ∈ {1, . . . , n}, dengan  li  ≥ 1.  Graf  thorn  dari  graf G dinotasikan  dengan  T h(G, l1, l2 , . . . , ln ). Pada  jurnal ini ditentukan dimensi partisi  graf thorn  dari graf kincir W d2m   untuk m = 1, 2, 3, dinotasikan  dengan T h(W d2m , l0 , l1, . . . , l2m ), untuk  i = 0, 1, 2, .., 2m.Kata kunci: Dimensi partisi,  graf thorn, graf kincir
Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Tadris Fisika Menggunakan Four Tier Diagnostic Test pada Mata Kuliah Kalkulus II Abbas, Muhammad Luqman Hakim
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 1: Maret - Agustus 2019
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (740.769 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v4i1.1487

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi mahasiswa Tadris Fisika yang sedang menempuh matakuliah Kalkulus II menggunakan four tier diagnostic test. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes diagnostik menggunakan four tier diagnostic test dan teknik wawancara. Hasil analisis tes diagnostik menggunakan four tier diagnostic test menunjukkan bahwa dari 41 mahasiswa tadris Fisika yang menjadi sampel pada penelitian ini, didapatkan sebanyak 52,03% mahasiswa termasuk kriteria mengetahui konsep, sedangkan sisanya 5,69% mahasiswa tidak mengetahui konsep, 2,44% mahasiswa menebak dan 39,84% mahasiswa mengalami miskonsepsi. Sebagaian besar mahasiswa mengalami miskonsepsi pada konsep turunan fungsi logaritma natural, Integral rangkap dua, aplikasi integral rangkap dua, persamaan diferensial orde satu dan dua.
Efektivitas Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Komik pada Pembelajaran Garis dan Sudut di SMP Negeri 7 Surabaya Ula, Ma'rifatul; Kristanti, Febriana; Mursyidah, Himmatul
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 1: Maret - Agustus 2019
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.333 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v4i1.1292

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan media komik pada peserta didik kelas VII-B di SMP Negeri 7 Surabaya. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-B SMP Negeri 7 Surabaya dengan jumlah 30 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes tulis, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keaktifan peserta didik tercapai karena tujuh dari delapan aktivitas peserta didik dalam rentang waktu ideal; (2) Keberhasilan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran tercapai dengan baik; (3) Ketuntasan hasil belajar peserta didik menunjukkan 80% dari seluruh peserta didik telah mencapai KKM (ketuntasan secara individu); dan (4) Respon peserta didik terhadap pembelajaran menunjukkan respon positif. Jadi, pembelajaran discovery learning dengan media komik efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada peserta didik kelas VII-B di SMP Negeri 7 Surabaya.
Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Aplikasi Symbolab dengan Metode Konvensiona pada Mahasiswa Teknik Elektro Anggraini, Yussi; Sunaryantiningsih, Ina
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 1: Maret - Agustus 2019
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.785 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v3i2.1252

Abstract

Sebuah proses pembelajaran yang baik yaitu yang bermanfaat untuk peserta didik. Penggunaan aplikasi pembelajaran sangatlah diperlukan untuk menunjang proses belajar itu menjadi interkatif. Tujuan penelitian ini yaitu membandingkan hasil belajar dengan menggunakan metode konvensional dan aplikasi symbolab math solver pada mahasiswa teknik elektro universitas pgri madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif (quasi eksperimen). Pengambilan data menggunakan data observasi, angket dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa teknik elektro angkatan 2017/2018. Uji-T digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar melalui pembelajaran symbolab dan tanpa menggunakan symbolab/ konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kalkulus dengan menggunakan aplikasi SMS lebih efektif dibanding dengan menggunakan metode konvensional dilihat dari peningkatan hasil belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 4