cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jieet@unesa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya Kampus Ketintang, Gedung A10, lt.2, Surabaya-Indonesia, 60231.
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology)
ISSN : -     EISSN : 2549869X     DOI : http://dx.doi.org/10.26740/
Journal Description: JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology) is a scientific journal that publishes the peer-reviewed research papers in the field of Computer Engineering, Distributed and Parallel Systems, Business Informatics, Computer Science, Computer Security, System & Software Engineering and Educational Technology.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2018)" : 8 Documents clear
Pengembangan Sisitem Infomasi Penerimaan Jasa Servis di Bengkel Motor Dengan Model Prototype Eva Rahmawati Rahmawati; Eva Rahmawati; Cahyo Pambudi
JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology) Vol. 2 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jieet.v2n1.p24-33

Abstract

Pertumbuhan sepeda motor dari tahun ketahun naik secara signifikan, hal ini berbanding lurus dengan munculnya bengkel-bengkel sepeda motor untuk memenuhi kebutuhan konsumen memperbaiki atau merawat kendaraan yang dimilikinya agar berjalan dengan baik. Kenaikan jumlah sepeda motor di Indonesia ini menimbulkan peluang besar bagi pengusaha untuk membuka usaha dibidang service sepeda motor, mulai dari bengkel skala kecil hingga besar pun bermunculan. Namun dalam memudahkan berjalannya usaha dibidang service sepeda motor ini, hanya bengkel-bengkel skala besar atau bengkel dengan status Agen Tunggal Pemegang Merek sajalah yang menerapkan sistem terkomputerisasi. Masih banyak bidang usaha service sepeda motor ini yang belum menggunakan sistem terkomputerisasi untuk mendukung berjalannya usaha. Berdasarkan hal tersebut, penulis membuat suatu sistem informasi penerimaan jasa service sepeda motor yang dapat membantu bagi organisasi dan perusahan kecil. Sistem ini memungkinkan pengguna secara dengan cepat memahami cara penggunaan sistem terkomputerisasi untuk mendukung proses penerimaan jasa service dikarenakan tampilan yang digunakan bersifat user friendly. Model pengembangan sistem yang digunakan dalam perancangan sistem ini menggunakan model Unified Modeling Language (UML), serta sistem ini mendukung pengolahan data master, transaksi hingga menampilkan laporan yang dibutuhkan, serta sistem ini mendukung adanya hak akses dan perekaman siapa saja yang menggunakan sistem. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan metode prototype yang bertujuan agar proses perancangan dah hasil akhir aplikasi yang dibuat dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan Bengkel.
Penentuan Top Brand Menggunakan Social Network Analysis pada e-commerce Tokopedia dan Bukalapak Made Kevin Bratawisnu; Muhammad Rizqy Dwi Putra; Wildan Ignatio
JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology) Vol. 2 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jieet.v2n1.p1-5

Abstract

Perkembangan internet di Indonesia meningkat pesat sehingga hal ini mendorong pula perkembangan media sosial di Indonesia. Bisnis e-commerce dapat memanfaatkan perkembangan media sosial untuk strategi pemasaran yang dilakukan dan penyebaran informasi secara online. Media sosial yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Twitter. Pada media sosial Twitter, user mengungkapkan informasi yang diketahui terkait suatu brand. Hal ini membuktikan tingkat awareness user tersebut terhadap suatu brand. Informasi tersebut merupakan User Generated Content (UGC) yaitu jejak rekam yang ditinggalkan user di media sosial. Penelitian ini memanfaatkan fenomena tersebut untuk mengukur peringkat brand dalam upaya mengukur kesadaran seseorang akan suatu brand. Metode yang digunakan adalah Social Network Analysis (SNA) yaitu metode untuk memolakan user yang berkomunikasi di media sosial.  Pemanfaatan analisis aktor di media sosial dengan menggunakan SNA membantu perusahaan dalam menilai posisi perusahaan berdasarkan tingkat awareness masyarakat di media sosial terkait brand perusahaan. Bisnis e-commerce merupakan bisnis yang muncul dikarenakan perkembangan teknologi dan aktif dalam mempromosikan kegiatan pemasaran di media social. Jenis e-commerce yang aktif melakukan kegiatan engagement adalah e-commerce C2C (Consumer to Consumer) yaitu Bukalapak dan Tokopedia. Sehingga penelitian ini akan menentukan top brand diantara kedua e-commerce tersebut. Penelitian ini menggunakan metode SNA, dengan data sekunder berupa tweets konsumen di Twitter terkait Bukalapak dan Tokopedia. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu hasil dari fenomena yang terjadi. Hasil dari penelitian ini adalah peringkat brand e-commerce berdasarkan tingkat awareness user di media sosial.
Analisa Persepsi Customer Feedback e-commerce Tokopedia dan Bukalapak Menggunakan Text Network Analysis Made Kevin Bratawisnu; Rudi Rinaldi; Muhamad Fulki Firdaus
JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology) Vol. 2 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jieet.v2n1.p6-12

Abstract

Kemajuan teknologi informasi telah membawa peluang bagi bisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Pengguna media. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah penelitian yang bertujuan untuk sosial yang semakin meningkat setiap tahunnya menjadikan media sosial menjadi tools perusahaan untuk melihat konsumennya. Perusahaan harus mengetahui analisis media sosial dengan cara yang tepat sesuai dengan rencana bisnis perusahaan. Pemakaian media sosial oleh pengguna telah menghasilkan data jejak keseharian individu dimana terdapat pandangan seseorang terhadap suatu obyek. Data yang terkumpul dengan ukuran yang besar dalam media sosial dan bersifat kompleks tersebut adalah big data. Pemanfaatan social computing dapat digunakan untuk menganalisis pola yang terdapat pada big data. Salah satu tool dari social computing yaitu Text Network Analysis (TNA) adalah teknik penelitian yang berfokus pada identifikasi dan membandingkan hubungan jaringan antara kata, kalimat dan sistem untuk memodelkan interaksi yang menghasilkan pengetahuan atau informasi yang baru. Dalam penelitian ini Text Network Analysis (TNA) akan menunjukkan asosiasi persepsi konsumen melalui customer feedback yang diberikannya pada media social terrhadap e-commerce Consumer to Consumer (C2C) terbesar di Indonesia yaitu Tokopedia dan Bukalapakmendeskripsikan karakteristik dari suatu objek, orang, grup, organisasi atau lingkungan yang menggambarkan situasi atau kejadian tertentu. Data pada penelitian ini yaitu data sekunder dengan cara crawling data pada media sosial Twitter dengan menggunakan metode analisis yaitu Text Network Analysis (TNA). Hasil asosiasi persepsi dari pengolahan data di media sosial melalui Text Network Analysis (TNA) dapat digunakan bisnis e-commerce sebagai marketing intelligence.
Sistem Informasi Monitoring Akademik Dan Prestasi Siswa Dengan Metode Waterfall Entin Sutinah; Gustiyasyah Nurul Azima; Encep Fahmi Imaduddin
JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology) Vol. 2 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jieet.v2n1.p47-59

Abstract

Proses monitoring kegiatan akademik di SDN Jatiluhur IV masih berjalan manual, dimana pihak sekolah hanya menggunakan aplikasi Microsoft Excel untuk penyimpanan datanya, sedangkan dalam aplikasi tersebut datanya masih kurang akurat karena sistem belum mampu untuk melakukan pengecekan data secara otomatis. Selain itu, untuk mendapatkan laporan akademik masih membutuhkan waktu yang lama dan sulit untuk mendapatkannya dikarenakan data-data akademik yang masih terpisah. Dalam proses pengembangan sistem monitoring akademik siswa, penulis memberikan solusi pembangunan sebuah sistem baru, dimana dalam sistem baru tersebut terdapat fasilitas-fasilitas berupa, penyimpanan data yang terintegrasi dan akurat serta memudahkan guru, wali kelas, wali murid dan kepala sekolah dalam mengontrol kegiatan belajar mengajaar. Metode pengembangan sistem Penulis menggunakan metode waterfall dan UML (Unifed Modeling Language) sebagai software arsitecture. Tools yang digunakan dalam membangunan sistem ini dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta untuk database server menggunakan MySQL. Dengan adanya sistem ini nantinya akan memudahkan pihak sekolah ataupun wali murid dalam proses monitoring akademik dan prestasi siswa
Online Assignment Submission System untuk Efisiensi Pengelolaan Tugas Mahasiswa Mohammad Suryawinata; Nuril Lutvi Azizah; cindy taurusta
JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology) Vol. 2 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jieet.v2n1.p34-40

Abstract

Dalam sebuah proses pendidikan, mahasiswa akan mengikuti beberapa tahap. Mulai dari perkuliahan, mengerjakan tugas-tugas, dan mengikuti ujian, baik itu tengah semester maupun akhir semester. Proses ujian akhir semester secara  tertulis masih banyak dilakukan pada matakuliah yang tidak menerapkan proyek akhir berupa perancangan sebuah system, produk atau karya tulis. Banyak dosen  di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo selama ini masih menggunakan kertas untuk proses penugasan mahasiswa seperti membuat makalah atau portofolio. Evaluasi dalam merupakan satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari proses pendidikan. Banyak istilah yang digunakan untuk melakukan evaluasi pendidikan antara lain tes, asesmen, ujian, dan lain sebagainya. Evaluasi digunakan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami dan mempelajari materi. Selain itu evaluasi juga digunakan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik  mencapai tujuan pembelajaran. Penugasan atau pemberian tugas merupakan salah satu cara evaluasi dalam proses belajar mengajar dengan memberikan tugas pada peserta didik. Dalam penelitian ini, peneliti akan melakukan pengembangan sistem pengumpulan tugas secara online dengan mempertimbangkan efektifitas waktu dan biaya yang bisa diminimalisir. Pengumpulan tugas secara online ini penting karena dapat membantu mahasiswa dalam pengumpulan tugas agar tidak saling menunggu dengan mahasiswa lain. Serta untuk dosen, manfaat dari sistem ini diharapkan bisa menghemat waktu dalam mengorganisir tugas dan juga mengetahui urutan mahasiswa yang mengumpulkan tugas dari awal hingga akhir deadline. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu pengumpulan tugas dan pengelolaan tugas oleh dosen menjadi lebih efektif.
Implementasi Business Inteligence Menentukan Daerah Rawan Gempa Bumi di Indonesia dengan Fitur Geolokasi Novisa Ardewati; FNU Marizka; Ridho Darman; Jesi Namora
JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology) Vol. 2 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jieet.v2n1.p13-18

Abstract

Gempa bumi merupakan bencana alam yang dapat menimbulkan banyak kerusakan. Secara geografis, Indonesia terletak pada kawasan cincin api (ring of fire), yaitu lokasi yang sering mengalami bencana gempa bumi dan letusan gunung berapi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) adalah Lembaga yang memiliki data tentang bencana yang terjadi di Indonesia dalam ukuran besar. Agar data tersebut dapat diolah menjadi informasi yang lebih bernilai, diperlukan aplikasi yang dapat memvisualisasikan data-data tersebut. Sehingga dapat menampilkan informasi berupa provinsi yang rawan bencana dan aman dari bencana khususnya gempa bumi. Penerapan business inteligence sangat cocok untuk kasus ini agar BNPB dapat mengelompokkan bencana khususnya gempa bumi di setiap provinsi yang ada di Indonesia untuk mempermudah masyarakat mendapat informasi bencana gempa bumi yang terjadi. Penelitian ini menggunakan salah satu aplikasi business inteligence yakni QlikView untuk dapat mengelompokkan bencana gempa bumi yang terjadi di setiap provinsi di Indonesia serta menampilkan visualisasinya pada peta menggunakan fitur geolokasi.
Simulasi Pembelajaran Internet of Things menggunakan Cisco Packet Tracer 7.1.1 zaeni miftah
JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology) Vol. 2 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jieet.v2n1.p41-46

Abstract

Perkembangan teknologi informatika saat ini sangat membantu bagi kehidupan manusia, terutama teknologi yang dikenal dengan Internet of Things (IoT) dimana teknologi ini dikenal mampu menghubungkan semua perangkat elektronika dengan kontroller yang dikendalikan melalui jaringan internet, seperti contoh gerbang atau garasi otomatis dimana proses kerja yaitu  inputan berupa sensor kemudian diproses melalui mikrokontroller unit dan output dapat menggerakkan garasi rumah dan masih banyak lagi manfaat dari teknologi ini. Dalam membangun sebuah teknologi Internet of Things maka diperlukan pengetahuan dasar jaringan komputer yaitu protokol TCP/IP dan bahasa pemrograman, untuk bahasa pemrograman disini dapat menggunakan bahasa pemrograman seperti arduino serta beberapa perangkat keras yang diperlukan seperti microcontroller unit (MCU), Sensor dan Aktuator sedangkan  perangkat lunak disini seperti editor Arduino IDE. Kebutuhan sarana dan prasarana ini tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, bagi beberapa kalangan dalam memenuhi kebutuhan seperti perangkat keras ataupun perangkat lunak untuk pembelajaran internet of things ini masih menjadi masalah, dengan menggunakan software simulai seperti software Cisco Packet Tracer yang digunakan sebagai simulasi pembelajaran Internet of Things sehingga masalah keterbatasan dari perangkat keras ataupun perangkat lunak dapat teratasi. dalam pembelajaran ini perangkat yang dirancang yaitu pintu garasi mobil dapat dibuka menggunakan Smartphone atau Tablet-PC dan sensor gerak digunakan untuk mendeteksi adanya objek yang bergerak kemudian sinyal diteruskan ke MCU selanjutnya menyalakan alaram, lampu LED dan Speaker
Ekplorasi Pola Interaksi dan Penggerak Opini Dalam Jaringan Sosial Pada Percakapan Bom Surabaya 2018 di Media Sosial Twitter Deacta Ayu Digpasari; Risca Septi Widyawati; Andry Alamsyah
JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology) Vol. 2 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jieet.v2n1.p19-23

Abstract

Penggunaan dari media sosial kini semakin marak digunakan oleh masyarakat umum karena media sosial membantu menghubungkan satu sama lain tanpa mengenal waktu dan jarak serta memberikan sarana untuk penggunanya dapat berinteraksi. Salah satu media sosial terpopuler adalah Twitter. Melalui Twitter dapat dilakukan analisis konteks sosial menggunakan sistem komputasi atau biasa disebut dengan Social Computing. Salah satu metode yang dapat dilakukan adalah Social Network Analysis (SNA) yang dapat mengidentifikasi pola interaksi sosial yang terjadi antar pengguna dalam suatu jaringan. Penelitian ini berjudul œEksplorasi Pola Interaksi & Penggerak Opini dalam Jaringan Sosial pada Percakapan Bom Surabaya 2018 di Media Sosial Twitter memiliki tujuan untuk mengidentifikasi aktor yang paling berpengaruh pada interaksi percakapan mengenai bom di Surabaya pada tahun 2018 yang dapat diprediksi sebagai penggerak opini dalam diseminasi informasi pada jaringan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan semua tweet (reply, mention, dan retweet) yang berisi percakapan menggunakan bahasa Indonesia mengenai peristiwa bom di Surabaya pada tahun 2018 pada rentang waktu 13-21 Mei 2018 tanpa batasan lokasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode SNA. Ukuran yang diteliti adalah degree centrality, closeness centrality, betweeness centrality, dan eigenvector centrality. Dari hasil penelitian didapatkan 3081 nodes (akun) dan 4163 edges (interaksi) yang terjadi selama tujuh hari pada interaksi sosial percakapan mengenai bom di Surabaya tahun 2018. Berdasarkan penelitian tersebut dapat diindentifikasi bahwa aktor yang paling berpengaruh dalam jaringan sosial tersebut adalah akun Jokowi.

Page 1 of 1 | Total Record : 8