cover
Contact Name
Sri Hariyani
Contact Email
pi@unikama.ac.id
Phone
+6281332496234
Journal Mail Official
srihariyani@unikama.ac.id
Editorial Address
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang Jl. Supriadi No 48 Malang. Indonesia
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Pi: Mathematics Education Journal
ISSN : 25975161     EISSN : 25976915     DOI : https://doi.org/10.21067/pmej
Core Subject : Education,
Pi: Mathematics Education Journal is issued as an academic journal and devoted to the publication of research papers in the field of mathematics education. Mathematics education should be interpreted to mean the whole field of human ideas and activities that could affect the teaching and learning of mathematics. We welcome authors for original research articles aims on Mathematics Education. Subjects suitable for publication include, but are not limited to the following fields: 1. Learning mathematics 2. Media development of mathematics 3. Assesment and evaluation in mathematics 4. Mathematics curriculum 5. Thinking Process
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2021): Oktober" : 6 Documents clear
MATHEMATIC FINGER GAME BERPENDEKATAN OPEN-ENDED DALAM OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR Elly's Mersina Mursidik; Veni Ambarwati
Pi: Mathematics Education Journal Vol. 4 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/pmej.v4i2.5151

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan solusi alternatif melalui pembelajaran interaktif bagi siswa sekolah dasar untuk meningkatkan operasi hitung perkalian menggunakan mathematic finger game. Subjek penelitian adalah siswa kelas rendah sekolah dasar (kelas 4, 5 dan 6). Metode Dick and Carey digunakan dalam pengembangan ini dengan tahapan identifikasi tujuan, analisis kebutuhan, identifikasi tingkah laku awal siswa, merumuskan tujuan, pengembangan test acuan kriteria, pengembangan strategi pembelajaran, pengembangan dan memilih media pembelajaran, merancang. Perpaduan tiga permainan jari yaitu Hompipah, suit Indonesia dan suit Jepang menjadi Mathematic finger game yang dikaitkan dengan operasi hitung peraklian. Permainan dikemas menjadi pembelajaran interkatif berpendekatan open-ended dengan melibatkan kemampuan berpikir kreatif dalam menjawab sesuai kebebasan berpikir terarah serta kemampuan berpikir kritis dalam memberi dan menerima masukan atas jawaban penyelesaian masalah yang dapat diterima secara logis.
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN METODE SYDW PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 3 PAREPARE Edy Sofyan; Gusniwati Gusniwati; Buhaerah Buhaerah
Pi: Mathematics Education Journal Vol. 4 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/pmej.v4i2.5206

Abstract

Pemanfaatan dan sosialisasi video instruksional adalah solusi efektif untuk pembelajaran online selama pandemi Covid-19. Video pembelajaran ini berbantuan aplikasi YouTube dan WhatsApp. Penggunaan aplikasi ini dapat membantu siswa berpartisipasi dalam kegiatan selama pandemi Covid-19.Selain itu, aplikasi YouTube dan WhatsApp juga dapat memberikan inovasi bagi guru untuk mengembangkan media pembelajaran online. Metode yang digunakan adalah SYDW (Sharing to Youtube and Discussion in WhatsApp ). Kegiatan ini dilaksanakan di UPTD SMPN 3 Parepare, Kecamatan Bacukiki Barat,Kelurahan Bumi Harapan, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan ini melibatkan siswa SMP kelas IX.1. Hasil survei menunjukkan bahwa melalui penggunaan video pembelajaran berbasis YouTube dan WhatsApp, sebagian besar siswa dapat memahami materi dengan baik. Dengan video pembelajaran, siswa juga termotivasi untuk belajar. Selain itu, belajar juga menjadi menyenangkan dan menarik. Sehingga, video pembelajaran dapat menjadi alternatif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di tengah pandemi Covid-19. Video pembelajaran tersebut dapat membantu guru menyampaikan pelajaran dengan baik dan jelas. Sehingga, siswa lebih mudah memahami pelajaran karena adanya penjelasan dari guru yang mereka lihat melalui video pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis YouTube dan WhatsApp dapat dijadikan sebagai sumber belajar bagi siswa dan sebagai inovasi pembelajaran bagi guru.
ANALISIS ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL Yuni Ashari Rachmawati; Evi Widayanti
Pi: Mathematics Education Journal Vol. 4 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/pmej.v4i2.5227

Abstract

Berpikir kreatif merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengembangkan gagasan yang berkualitas dan berbeda dengan orang lain serta sesuai dengan tugasnya. Kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dilihat melalui pemberian soal open ended. Soal open ended merupakan soal yang mempunyai beberapa jawaban benar dan banyak cara untuk mendapatkan jawaban tersebut. Soal open ended yang telah dikerjakan akan dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open ended pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pada akhir pemberian masalah dilakukan analisis berdasarkan beberapa indikator kemampuan berpikir kreatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 17 Surabaya tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 5 subjek. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes berupa soal open ended yang memiliki banyak jawaban benar dan sudah divalidasi oleh dua validator. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada siswa secara keseluruhan sudah mencapai aspek kelancaran dan elaborasi. Hanya beberapa siswa saja yang mencapai aspek keluwesan dan hanya ada satu siswa yang mencapai aspek kebaruan. Hal ini membuktikan bahwa siswa berkemampuan tinggi pun tidak selalu memenuhi keempat indikator berpikir kreatif.
PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING MODEL POLYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP MODERN AL-RIFA’IE MALANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Achmad Bachrul Anam; Retno Marsitin; Nyamik Rahayu Sesanti
Pi: Mathematics Education Journal Vol. 4 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/pmej.v4i2.5377

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami soal dan mengerjakannya terutama pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan metode pendekatan problem solving dengan model polya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc Teggart. Penelitian dilaksanakan di SMP Modern Al-Rifa’ie Malang pada peserta didik kelas VIII-D dengan menggunakan subjek sebanyak 28 peserta didik tahun ajaran 2020/2021. Teknik dan Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, adanya peningkatan hasil belajar peserta didik aspek kognitif pada setiap siklus. Persentase ketuntasan rata-rata yang diperoleh pada siklus I yaitu 34% sedangkan persentase ketuntasan rata-rata pada siklus II yaitu 80%. Jadi persentase peningkatan yang terjadi pada siklus I dan II yaitu 46%. Kata Kunci: Penelitian tindakan kelas, problem solving model polya, hasil belajar.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING (E-LEARNING) TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS V SDI Al-HUSNA Intan Safira Dwi Santy; Heni Pujiastuti
Pi: Mathematics Education Journal Vol. 4 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/pmej.v4i2.5637

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika berbasis daring (e-learning) terhadap kepercayaan diri siswa di SDI Al-Husna. Pada masa kini, proses pembelajaran dengan menggunakan E-learning dapat bersifat interaktif sehingga siswa mampu berinteraksi dengan teknologi sebagai media belajarnya. Dikarenakan banyaknya pengaruh luar yang tidak diawasi oleh guru sehingga ketidakfokusan siswa berkurang terhadap materi yang disampaikan, akibatnya siswa tidak menyimak dengan baik, siswa tersebut tertinggal dan enggan untuk bertanya kembali, sehingga rasa kepercayaan diri siswa berkurang, baik untuk bertanya maupun berpendapat. Kurangnya kepercayaan diri siswa terhadap dirinya sendiri dapat berpengaruh terhadap pola berpikirnya, sehingga sering menutup diri. Masalah kepercayaan diri pada individu menjadi prioritas yang harus dibangun untuk mengefektifkan pembelajaran berbasis e-learning. Metode pengumpulan data yang diambil adalah dengan memberikan angket kepada siswa.
KREATIVITAS SISWA KEMAMPUAN TINGGI DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL Ucik Fitri Handayani
Pi: Mathematics Education Journal Vol. 4 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/pmej.v4i2.5757

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas siswa tinggi dalam memecahkan masalah matematika kontekstual. Penelitian ini fokus pada siswa kelas VIII yang rata-rata kelasnya lebih tinggi dari kelas lain. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Hasil jawaban siswa dianalisis menggunakan indikator fluency, flexibility, dan novelty. Kemudian dikategorikan berdasarkan tingkat kreativitas. Terdapat 2 siswa kemampuan tinggi yang dipilih sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat siswa kemampuan tinggi yang berada pada tingkat 4 (sangat kreatif) yang memenuhi 3 indikator yakni kelancaran, keluwesan dan kebaruan dengan baik sesuai materi dan kemampuannya. (2) Terdapat siswa kemampuan tinggi berada pada tingkat 3 (kreatif) yang memenuhi 2 indikator yakni kelancaran dan keluwesan dengan baik sesuai materi dan kemampuannya. (3) Ada indikator kebaruan yang tidak terpenuhi oleh siswa kemampuan tinggi. (4) Siswa kelompok kemampuan tinggi memiliki tingkat yang berbeda sesuai kemampuan dan pengetahuan siswa. (5) Kurangnya kreativitas siswa berkemampuan tinggi dikarenakan siswa belum memahami masalah kontekstual karena latihan soal yang kurang.

Page 1 of 1 | Total Record : 6