cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Faktor Exacta
ISSN : 1979276X     EISSN : 2502339X     DOI : -
Faktor Exacta is a peer review journal in the field of informatics. This journal was published in March (March, June, September, December) by Institute for Research and Community Service, University of Indraprasta PGRI, Indonesia. All newspapers will be read blind. Accepted papers will be available online (free access) and print version.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2018)" : 10 Documents clear
SIMULASI KEAMANAN JARINGAN DENGAN METODE DHCP SNOOPING DAN VLAN zaeni miftah
Faktor Exacta Vol 11, No 2 (2018)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (678.921 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v11i2.2456

Abstract

Jaringan komputer dan Internet merupakan kebutuhan bagi masyarakat, banyaknya pengguna yang memanfaatkan jaringan Komputer dan internet maka keamanan pada jaringan Komputer dan Internet merupakan hal yang sangat dibutuhkan pada saat ini khususnya dilingkungan STMIK Eresha. Banyak upaya yang dilakukan untuk memberikan pelayanan jaringan komputer dan internet seperti peningkatan bandwith sampai pada memberikan keamanan pada jaringan komputer dan internet seperti menggunakan ACL, Switchport Security, Vlan dan DHCP Snooping, DHCP Snooping merupakan keamanan pada jaringan komputer dan internet yang digunakan untuk mencegah atau memfilter terhadap adanya server lain yang tidak dipercaya dalam memberikan akses jaringan kepada pengguna atau komputer client. Penulis akan melakukan analisis perbandingan terhadap jaringan komputer dan internet dengan metode DHCP Snooping dan tanpa DHCP Snooping menggunakan Software simulasi Cisco Packet Tracer, hasil perbandingan keamanan jaringan komputer dan internet tanpa DHCP Snooping yaitu beberapa komputer client tidak aman serta tidak dapat terhubung ke server sedangkan menggunakan metode DHCP Snooping mampu melakukan filter atau penyaringan terhadap server yang tidak dipercaya sehingga jaringan komputer dan internet menjadi aman
Penggunaan Teknologi Augmented Reality Dalam Mempelajari Sistem Tata Surya dengan Android Aswin Fitriansyah
Faktor Exacta Vol 11, No 2 (2018)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (73.516 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v11i2.2515

Abstract

Abstract. In the history of human life, science is one of the bridges of man to perfection. The human tendency to become pious makes it always move forward to become a better creation day by day. One of the many dynamic movements of humans is reflected in the development of technology and information that helps human work to be more effective and efficient, especially in the application of learning media. Based on this reason, an Augmented Reality application was developed in the learning of the solar system. Through the analysis and design of application infrastructure built using the waterfall method, the analysis stages include system weakness analysis and system requirements analysis, design or design which includes a modeling system using flowchart. From this study produced an Andorid based solar learning Augmented Reality application.Keywords: Solar System, System, Android
Analisis Pengendalian Manajemen Persediaan Dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantty (Studi Kasus Di Pt. X) Drajat Indrajaya
Faktor Exacta Vol 11, No 2 (2018)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.192 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v11i2.2467

Abstract

Kapasitas produksi yang optimal dengan sediaan bahan yang cukup dapat meningkatkan efisiensi produksi didalam suatu industri manufaktur. Menghindari persediaan bahan baku yang berlebihan akan menaikkan modal kerja yang dapat digunakan dengan lebih produktif di tempat lain. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah bagaimana kebijakan yang dilakukan PT.X dalam melakukan pengawasan terhadap persediaan bahan baku mesin diesel model TF 85 MLY untuk kelancaran proses produksi.Masalah yang perlu dipertimbangkan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengendalikan kuantitas (unit) bahan yang akan diolah atau dibeli sebagai bagian (jumlah lot) sehingga seluruh biaya yang terkait dengan pengolahan atau pembelian menjadi minimum. Metode EOQ (Economic Order Quantity) merupakan salah satu teknik yang digunakan secara luas untuk pengendalian persediaan. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan EOQ yang telah diterapkan pada material lokal kelompok A, pengeluaran dapat dihemat sebesar Rp. 24.114.173 dari biaya total yang dikeluarkan PT. X dalam setahun. Hasil perhitungan dengan atau tanpa menggunakan metode EOQ yang tidak terlalu signifikan, turut dipengaruhi oleh penerapan kebijakan PT. X dengan para pemasoknya yang belum sesuai, oleh karena masih banyaknya supplier yang tidak memenuhi standar PT. X baik dalam hal pengiriman maupun technical.          Kata kunci: EOQ, Persediaan, Bahan Baku, Kapasitas Produksi (jumlah 3-5 kata)
Penggunaan Query Optimization Pada Sistem Informasi Akademik Untuk Penjadwalan Mata Kuliah Dan Pengisian Krs (Kartu Rencana Studi) Pada Universitas Matana Himawan Himawan
Faktor Exacta Vol 11, No 2 (2018)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.379 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v11i2.2513

Abstract

The classic problem that is quite common and often encountered in almost all university in Indonesia is at the time of preparation of the list of subjects that are routinely done at every semester turn, either the odd semester or even semester for filling the Study Plan Card (KRS) done by every students. The constraints that caused the problem to occur were due to the limited factor of the classroom (theoretical class and lab lab), the ratio factor of the number of lecturers to the students taking the course and then the lecturer availability factor that could teach for each course offered by every course available at Matana University. Because of the factors that make the list of courses along with the schedule of the day and time becomes complicated and not easy to do, because the preparation of the optimal course schedule is to avoid the occurrence of incompatibility or clash between the schedule of 1 course with other courses, then avoid using the same room in the same day and time as the same lecturer or with different lecturers. Based on these matters, the management of University of Matana through Senate meeting decided to arrange planning for the development of Academic Information System (SIAKAD) using SQL Optimization method that can be used to assist the smoothness of lecturing process and academic and administration service activities at Matana University. Key words:courses scheduling, KRS, SQL Optimization, Academic Information Systems
Implementasi Sistem Monitoring Kualitas Air Berbasis Intellegent Sensor Ph Dan Temperatur Pada Wtp Pnj Reza Istoni
Faktor Exacta Vol 11, No 2 (2018)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (515.444 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v11i2.2342

Abstract

Kualitas air merupakan parameter yang sangat penting dari sebuah WTP. Kualitas air menjadi satu ukuran bahwa produk air dalam kemasan tersebut layak konsumsi dan memenuhi standar yang berlaku. WTP PNJ merupakan industry pengolahan air bersih siap minum yang berfungsi selama ini sebagai pusat unggulan dalam pelatihan, pengajaran dan juga tempat riset para peneliti, baik dosen, mahasiswa maupun umum. Peralatan yang digunakan untuk mendeteksi dan memonitor kualitas air ini menggunakan alat yang di sebutIntellegent sensor yang dibuat sendiri dan digunakan untuk mendeteksi kadar pH dan tingkat temperatur pada air. Sedangkan untuk monitoringnya digunakan software LabVIEW. Intellegent sensor secara real time telah berhasil dan teruji mampu mendeteksi dan memonitor kualitas air pada sumber WTP di PNJ berdasarkan pH dan temperaturnya, lalu mengirimkan data dan dimonitoring secara real time oleh software LabVIEW. pH yang terdeteksi berada pada nilai rata-rata 4 untuk sumber air WTP, dan temperaturnya berada pada rata-rata 280 C. sedangkan untuk air siap minumnya terukur rata-rata pH sebesar 7 dan temperaturnya berkisar 240C. berdasarkan hasil monitoring ini dapat dijadikan referensi dalam pengelolaan WTP PNJ.
Analisis Pengembangan Perpustakaan Digital Bebasis Android Dengan Metode Scrum Agung Wahyudi
Faktor Exacta Vol 11, No 2 (2018)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.685 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v11i2.2484

Abstract

Perpustakaan SMA Negeri 88 Jakarta adalah salah satu unit pendukung dalam kegiatan akademis. Saat ini perpustakaan telah menggunakan sistem informasi untuk meningkatkan layanan kepada pengguna siswa siswi dan meningkatkan efektifitas proses pengembangan, termasuk dalam hal menangani masalah sirkulasi buku. Namun terdapat permasalahan yaitu belum optimalnya pencarian koleksi buku perpustakaan dan belum ada fasilitas histori peminjaman buku oleh anggota. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan penggunaan Service Oriented Architecture, yaitu mengintegrasikan web service pada android. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi berbasis android dengan metode scrum yang menerapkan Service Oriented Architecture menggunakan web service untuk mengintegrasikan sistem informasi sekolah, sistem informasi perpustakaan dan sistem informasi kepegawaian, sehingga pertukaran data dan informasi dapat semakin mudah dan cepat.
Perancangan Desain Alat Pemanenan Air Hujan Dengan Media Filter Dan Pembangkit Listrik Mikrohidro (Yagipure) Fajar Adinugraha; BRYAN SOEBAGIJO; NICOLAS ALBERT WITONO; BRILLIANT JOAN WONGSO
Faktor Exacta Vol 11, No 2 (2018)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1547.01 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v11i2.2377

Abstract

Abstrak. Air menjadi kebutuhan utama manusia. Ketersediaan air semakin lama semakin berkurang. Pemanenan air hujan dapat digunakan sebagai solusi cadangan air. Namun, diperlukan alat agar air hujan tersebut bisa digunakan secara optimal. Alat yang dibuat berupa alat pemanenan air hujan yang meliputi media filter dan pembangkit listrik mikrohidro. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan perancangan, pembuatan, dan simulasi alat pemanenan air hujan yang diberi nama Yagipure. Jenis penelitian adalah penelitian rekayasa (forward engineering). Alat Yagipure ini memiliki dimensi panjang 60 cm, lebar 40 cm dan tinggi 160 cm. Media filter di dalam alat Yagipure akan mengoptimalkan air hujan sebagai cadangan air. Media filter tersusun dari sabut dengan ketebalan 10 cm, zeolit dengan ketebalan 5 cm, dan karbon aktif dengan kebetalan 5 cm. Alat ini dilengkapi dengan turbin (kincir air) yang dihubungkan dengan dinamo dan aki sebagai pembangkit listrik mikrohidro. Air yang ada di bak penampungan dapat digunakan sebagai cadangan untuk kebutuhan air bersih. Kata Kunci: pemanenan air hujan, alat yagipure, cadangan air, energi alternatif Abstract. Water is a primary human need. The availability of water is getting in this recent time. Rainwater harvesting can be used as a water backup solution. Thus, a rain water catcher is needed to be developed and used in order to increase the water volume optimally to fulfil human need of water. The tool is basically rain water harvesting equipment which includes filter media and microhydro power plant. The objective of this research is to describe the design, manufacture, and simulating of rain water harvestin named Yagipure. The research is an engineering research – forward engineering. The Yagipure has a dimension of 60 cm long, 40 cm wide and 160 cm high. The filter media inside Yagipure will optimize rainwater as a water reserve. The media filters are composed of fiber with a thickness of 10 cm, zeolite with a thickness of 5 cm, and activated carbon with a thicknes of 5 cm. This tool consists of a turbine (water mill) which connected by the dynamo and accu as a microhydro power plant. The water in the reservoir can be used as a reserve for clean water needs. Key words: rain water harvesting, yagipure, water reserve, alternative energy
PENGGUNAAN METODE BLACK BOX TESTING (BOUNDARY VALUE ANALYSIS) PADA SISTEM AKADEMIK (SMA/SMK) Puji Astuti
Faktor Exacta Vol 11, No 2 (2018)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (766.976 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v11i2.2510

Abstract

By using this applied system, then the process of academic data collection in SMA / SMK easier and faster in data processing, because this applied system there are buttons that help for data processing and there are columns for searching data and others , And by using Black Box Testing (Boundary Value Analysis) data entry function can be accurate, appropriate functional and in making report of student, teacher and rapar more effective and efficient,Keywords: Academic, System, Black Box Testing
Pola Pemanfaatan Permainan di Scientia Square Park Serpong Kasus : zona adventure playground dian nugraha
Faktor Exacta Vol 11, No 2 (2018)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.376 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v11i2.2429

Abstract

Usia anak merupakan usia keemasan karena anak dalam proses pengembangan baik pengembangan dalam fisik, intelektual, sosial maupun emosional. Taman Bermain merupakan salah satu sarana dalam membantu proses pengembangannya,karena didalam taman bermain anak dapat melakukan aktivitas fisik,intelektual maupun social dan emosional.  Dalam taman bermain terdapat beberapa permainan, dimana permainan ini mempunyai karakter yang berbeda sehingga anak-anak dapat memilih jenis permainan yang disukai.  Dari jenis-jenis permainan yang . terdiri dari 4 jenis permainan yaitu lacer, home shesaw, double rock trail, slowly & twisa..ada, ada beberapa yang disukai oleh anak ini  dapat  terlihat dari pemanfaatan permainan yang sering digunakanMelalui Peta Perilaku anak dalam pola pemanfaatan arena bermain merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini, peta perilaku digunakan untuk mengetahui secara natural perilaku apa saja dalam arena bermain yang timbul pada saat bermain. Suasana bermain yang aktif pada anak khususnya di Taman Bermain Scientia Park di Serpong . Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui Pola permainan apa saja yang banyak dimanfaatkan oleh anak-anak.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan melalui peta perilaku anak dalam menggunakan permainan, dari pengamatan ini diharapkan didapat hasil yang senatural mungkin tentang perilaku yang berhubungan langsung permainan yang digunakan. Dalam penelitian ini diharapkan menghasilkan masukan dalam penggadaan pola permainan yang disukai oleh anak.
ANALISIS DAMPAK PENGARUH GAME MOBILE TERHADAP AKTIFITAS PERGAULAN SISWA SDN TANJUNG BARAT 07 JAKARTA Heri Satria Setiawan
Faktor Exacta Vol 11, No 2 (2018)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.055 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v11i2.2338

Abstract

Abstrak. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat menuntut kita untuk jeli memilah dan memilih berbagai informasi yang kita terima. Salah satu dampak dari kemajuan teknologi adalah munculnya perangkat gadget berupa smartphone yang selain berguna sebagai sarana komunikasi juga bisa sebagai game.. Berbagai permainan diakses melalui internet secara bebas. Tidak hanya informasi, berbagai sarana hiburan juga disajikan oleh internet. Salah satunya adalah game mobile. Seiring dengan perkembangan, bermunculan beragam game yang menarik para siswa sehingga berdampak terhadap aktifitas pergaulannya dan prestasi sekolah mereka. Perubahan perilaku pada remaja yang mengalami kecanduan game mobile mungkin tidak dirasakan oleh siswa itu sendiri, tetapi dapat dirasakan oleh orang lain dilingkungan mereka khususnya orang tua dan guru. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji dampak pengaruh game mobile terhadap aktifitas pergaulan siswa SD Negeri 07 Tanjung Barat. Subyek penelitian ini adalah siswa SD yang terkategori memiliki tingkat suka main Game Mobile tinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket pada siswa. Ada tiga dampak dari kecanduan Game menurut WHO (World Health Organization): Menarik diri dari lingkungan, mudah kehilangan kendali, dan tidak peduli dengan kegiatan lain di sekitarnya. Namun Pilihan permainan yang tepat dan tidak mengandung unsur kekerasan, serat pemakaian yang tidak kecanduan diketahui bermanfaat meningkatkan kinerja otak. Kata kunci : GameMobile, Siswa, Aktifitas, Pergaulan, Prestasi  Abstract. The rapid advancement of information and communication technology requires us to carefully sort and select the various information we receive. One of the impact of technological advances is the emergence of gadgets such as smartphones in addition to useful as a means of communication can also be a game .. Various games accessed via the internet freely. Not only information, various entertainment facilities are also presented by the internet. One of them is mobile games. Along with the development, emerging a variety of games that attract students so that the impact on their social activities and school performance. Changes in behavior in adolescents who are addicted to mobile games may not be perceived by the students themselves, but can be felt by others in their environment, especially parents and teachers. The aim of this research is to examine the effect of the influence of mobile games on the social activities of elementary school students 07 Tanjung Barat Barat. The subjects of this study are elementary students who are categorized as having a high level of play for Mobile Games. Data collection methods used are questionnaires on students. There are three effects of Game addiction according to the WHO (World Health Organization): Withdraw from the environment, easily lose control, and not care about other activities around it. But the choice of the right game and does not contain elements of violence, non-addictive usage fiber known to be useful improve brain performance Keywords: GameMobile, Student, Activities, Intercourse, Achievement

Page 1 of 1 | Total Record : 10