cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Faktor Exacta
ISSN : 1979276X     EISSN : 2502339X     DOI : -
Faktor Exacta is a peer review journal in the field of informatics. This journal was published in March (March, June, September, December) by Institute for Research and Community Service, University of Indraprasta PGRI, Indonesia. All newspapers will be read blind. Accepted papers will be available online (free access) and print version.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 3 (2020)" : 7 Documents clear
Analisis Metode 5S Pada Stasiun Kerja Pembuatan Rumah Boneka Tiara Tiara; Surya Perdana; Atikah Atikah
Faktor Exacta Vol 13, No 3 (2020)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/faktorexacta.v13i3.5912

Abstract

On the production floor CV. There are 6 work stations that produce wooden dollhouses. All activities carried out by workers are carried out simply with irregular production floors where workers put the tools and materials used out of place which causes the workspace to be more narrow and work risks arise. To correct this, an analysis of the work environment will be carried out using 5S. The formulation of the problem is done through observations made on the production floor CV. RB. The review is carried out on the current work environment layout and the problems that occur in it. The identification results are used as a basis for compiling the concept of applying 5S in accordance with the characteristics of the production floor CV. RB. Analysis of the impact caused by the existing conditions is the result of observations and interviews with relevant parties. Furthermore, this research will give a proposal to solve the problems in the production of dollhouses using 5S. One of the improvements made is the provision of training on the basic concepts of 5S. By using 5S there will be improvements where workers will become disciplined, reduce waste and work risks.
Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Tiket Kereta api Daring Dewi Indah Prastuti; Yuli Karyanti
Faktor Exacta Vol 13, No 3 (2020)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/faktorexacta.v13i3.7071

Abstract

Penelitian ini tentang analisis pengaruh elerctronic word of mouth (e-WOM) dengan variabel intensitas (X1), konten (X2), pendapat positif (X3), pendapat negatif (X4) terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring. Penelitian bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh secara parsial intensitas terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring; (2) mengetahui pengaruh secara parsial konten terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring; (3) mengetahui pengaruh secara parsial pendapat positif terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring; (4) mengetahui pengaruh secara parsial pendapat negatif terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring; (5) mengetahui pengaruh secara simultan intensitas, konten, pendapat positif dan pendapat negatif terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik sampel simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner yang dibagikan daring melalui media sosial kepada konsumen transportasi kereta api wilayah kereta Pulau Jawa dibulan Januari 2019 – September 2019 yang pernah membeli tiket kereta api daring sebanyak 400 sampel. Analisis data dengan regresi linear berganda, yaitu uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan : (1) secara parsial intensitas tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring dibuktikan dengan nilai thitung -0,984 < nilai ttabel 1,965 dan nilai Sig. 0,326 > 0,05; (2) secara parsial konten berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring dibuktikan dengan nilai thitung 5,703 > nilai ttabel 1,965 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05; (3) secara parsial pendapat positif berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring dibuktikan dengan nilai thitung 4,893 > nilai ttabel 1,965 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05; (4) secara parsial pendapat negatif tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring dibuktikan dengan nilai thitung 1,810 < nilai ttabel 1,965 dan nilai Sig. 0,071 > 0,05; (5) secara simultan intensitas, konten, pendapat positif dan pendapat negatif berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring dibuktikan dengan nilai Fhitung 23,784 > Ftabel 2,394 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05.
OPEN DATA KIT SYSTEM DAN SMARTPHONE ANDROID SEBAGAI SOLUSI PENGUMPULAN DATA RPTRA JAKARTA SELATAN Mercy Hermawati; Akbar Muchbarak
Faktor Exacta Vol 13, No 3 (2020)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/faktorexacta.v13i3.5944

Abstract

Pengumpulan data merupakan tahap penting dalam setiap melakukan desain atau program penelitian. Saat ini, pada prakteknya pengumpulan data masih banyak menggunakan metode manual yaitu dengan media kertas yang menyebabkan rendahnya kualitas bila volume datanya besar. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi seperti sistem operasi android yang telah mendominasi perangkat mobile di seluruh penjuru dunia. Bahkan ada beberapa tools yang dapat dimanfaatkan untuk pengumpulan data tanpa kertas. Sampai akhir tahun 2019 ini, sudah 60 RPTRA tersebar di beberapa titik lokasi Jakarta Selatan. Namun belum ada satu portal khusus untuk memuat profil dari masing-masing RPTRA tersebut, sehingga sulitnya mendapatkan informasi lengkap seputar RPTRA Jakarta Selatan secara cepat dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan pengumpulan data dengan cepat dan berkualitas menggunakan alat dan metode yang memiliki sebuah server terpusat, memudahkan pengumpulan data RPTRA Jakarta Selatan dengan menggunakan Open Data Kit System dan Smartphone Android. Selain itu juga bertujuan untuk menghasilkan aplikasi android yang dapat digunakan sebagai sarana dalam melihat hasil survei data RPTRA Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Menggunakan open data kit (ODK) sebagai tools pengumpulan data RPTRA Jakarta Selatan. Hasil penelitian yaitu penggunaan ODK System dapat membantu proses pengumpulan data menjadi lebih cepat dan mudah untuk diolah karena sudah dalam bentuk digital. Pengumpulan data RPTRA Jakarta Selatan melalui perangkat mobile dapat dilakukan dalam kondisi online maupun offline atau tanpa jaringan internet, sehingga dapat digunakan dalam segala situasi. Hasil lain dari penelitian ini yaitu informasi hasil survei diharapkan dapat dilihat oleh masyarakat luas melaui aplikasi berbasis android yang mana datanya tersaji secara online.
Analisis Dan Implementasi Metode Earliest Due Date (EDD) Untuk Meminimalisir Keterlambatan Dalam Proses Penjadwalan Perbaikan Kendaraan Nofita Rismawati; Dedy Trisanto
Faktor Exacta Vol 13, No 3 (2020)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/faktorexacta.v13i3.7254

Abstract

Abstrak. Penjadwalan layanan perbaikan kendaran yang dilakukan oleh sebagian besar perusahaan otomotif masih belum efektif dan masih menggunakan proses konvensional dengan melakukan perhitungan berdasarkan subjektif karyawan tanpa menggunakan suatu metode penjadwalan tertentu. Permasalahan yang terjadi pada sebagian besar perusahaan otomotif yaitu adanya keterlambatan dalam penyelesaian perbaikan kendaraan customer sehingga sering melewati batas waktu perjanjian penyelesaian kendaraan customer. Permasalahan keterlambatan tersebut terjadi karena belum menggunakan suatu metode penjadwalan tertentu sehingga belum adanya penentuan pekerjaan yang diprioritaskan. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu metode aturan prioritas yaitu dengan menggunakan metode Earliest Due Date (EDD). Metode ini menjalankan pekerjaan yang memiliki due date yang masih lama setelah pekerjaan dengan due date yang sudah mendekati perjanjian dengan customer. Data yang digunakan merupakan data dari salah satu perusahaan otomotif periode bulan Juni 2020 dengan parameter stall (tempat untuk kendaraan yang diperbaiki) yang digunakan untuk setiap harinya selalu konstan sebanyak 2 stall. Dari hasil perhitungan, menunjukkan bahwa Metode Earliest Due Date (EDD) membantu dalam mengurangi keterlambatan pekerjaan perbaikan kendaraan sehingga dapat meminimalisir kerterlambatan dalam proses penjadwalan perbaikan kendaraan. Kata Kunci: Penjadwalan, Customer, Earliest Due Date (EDD)Abstract. The scheduling of vehicle repair services carried out by most automotive companies is still ineffective and still uses a conventional process by calculating based on employee subjective without using a specific scheduling method. The problem that occurs in most automotive companies is that there is a delay in completing customer vehicle repairs so that they often pass the deadline for the customer's vehicle settlement agreement. The problem of delays occurs because they have not used a specific scheduling method so that there is no prioritized job determination. To solve this problem, a priority rule method is needed, namely by using the Earliest Due Date (EDD) method. This method runs a job that has a due date that is still long after the job with a due date that is close to the agreement with the customer. The data used is data from one of the automotive companies for the period of June 2020 with the stall parameter (the place for the vehicle being repaired) which is used for every day is always constant as much as 2 stalls. From the calculation results, it shows that the Earliest Due Date (EDD) Method helps reduce delays in vehicle repair work so as to minimize delays in the vehicle repair scheduling process. Key words: Scheduling, Customer, Earliest Due Date (EDD)
Sistem Informasi Pendaftaran Anggota Baru Pada Koperasi Simpan Pinjam Mekar Mandiri Jaya Nunu Kustian
Faktor Exacta Vol 13, No 3 (2020)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/faktorexacta.v13i3.6295

Abstract

Koperasi Simpan Pinjam Mekar Mandiri Jaya dalam proses penerimaan anggota baru masih belum optimal dan secara konvensional dengan mengisi data diri calon anggota ke dalam form yang tersedia kemudian menyerahkan ke bagian keuangan yang akan diteruskan kepada kepala koperasi. Tujuan pembuatan aplikasi penerimaan anggota baru pada koperasi Simpan Pinjam Mekar Mandiri Jaya untuk menghasilkan sistem yang lebih baik dengan menerapkan metode komputerisasi dengan pengembangan sistem menggunakan model waterfall agar pendataan anggota baru dan lama lebih mudah, dan kegiatan simpan pinjam dapat mengurangi kesalahan pada saat perhitungan dan kehilangan dokumen yang diakibatkan oleh manusia sehingga sangat memabntu bagi pihak koperasi dan anggota baru dalam bertransaksi.
Orkestrasi Cloud Dengan Chef, Menuju Keselarasan Sistem Otomasi Teknologi Informasi Suryo Bramasto; Melani Indriasari; Endang Ratnawati D.
Faktor Exacta Vol 13, No 3 (2020)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/faktorexacta.v13i3.6426

Abstract

Abstrak. Penelitian pada artikel ini mengimplementasikan orkestrasi dari otomasi layanan-layanan teknologi informasi berbasis cloud,  yang mana dari sisi pengguna merupakan solusi-solusi bisnis. Orkestrasi dilakukan dengan salah satu mesin orkestrasi yakni Chef. Layanan-layanan teknologi informasi yang otomasi pembangunan dan pengelolaannya pada cloud diorkestrasi dengan Chef dibangun dengan web server Apache, database server MySQL, dan load balancer Nginx. Orkestrasi dilakukan dengan membangun arsitektur mesin orkestrasi spesifik yakni Chef pada layanan cloud AWS (Amazon Web Services), kemudian membuat recipes dan cookbooks pada Chef yang berisi perintah-perintah otomasi dan orkestrasi layanan-layanan teknologi informasi. Orkestrasi memungkinkan sebagian besar pekerjaan dari system administrator untuk dilakukan secara otomatis bahkan pada layanan-layanan IT berbasis Cloud yang kompleks, dengan tetap memungkinkan untuk dilakukan pengelolaan layanan sebagaimana yang biasa dilakukan oleh system administrator pada sub-sub sistem dari layanan-layanan IT. Selain itu orkestrasi pada implementasinya akan sangat mendukung pendekatan DevOps pada rancang bangun piranti lunak sebagai sub sistem utama dari layanan IT. Kata Kunci: Chef, cloud, DevOps, orkestrasi, otomasi
Membangun Pythagoras Sebagai Visualisasi Random Forest Untuk Pemodelan Pohon Keputusan Erlin Windia Ambarsari; Herlinda Herlinda
Faktor Exacta Vol 13, No 3 (2020)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/faktorexacta.v13i3.6513

Abstract

Students observed Pythagoras for using a plane Geometry and 3D Geometry. However, Pythagoras can also be built for decision trees. Our research regarding Instagram Usage Habit with construct Pythagoras for a single decision tree. The study's results obtained are ambiguous attribute values. Therefore, it is continued with research to build Pythagoras for Random Forest. The purpose of the study is to facilitate the tracking of ambiguous data contained in the attributes. The results obtained that the relationship between characteristics of the target class, thus resulting in misclassification. This error caused invalid data; for example, there are three times the separation of data on the same attribute for age's target for a group of 20. However, although there are misclassifications caused by invalid data, based on the Pythagorean construction for Random Forest, the data is more easily traced to errors, which cannot be done by a single decision tree.

Page 1 of 1 | Total Record : 7