cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
AL-ATHFAAL : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
ISSN : 26225182     EISSN : 26225484     DOI : -
Core Subject : Education,
Al-Athfaal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Raden Intan Lampung. Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan teori-teori baru dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini Al-Athfaal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, terutama berfokus pada isu-isu utama dalam pengembangan ilmu Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2018): Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini" : 8 Documents clear
Membangun Media Interaktif Belajar Anak Usia Dini Dalam Mengenal Huruf dan Angka Beti Susilawati; Dedi Satriawan
Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2018): Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (766.287 KB) | DOI: 10.24042/ajipaud.v1i1.3059

Abstract

Metode pembelajaran mengalami perkembangan seiring dengang perkembangan teknologi yang semakin maju. Salah satu media yang mulai banyak digunakansaat ini yaitu penggunaan aplikasi visual seperti media pembelajaran berbasis dua dimensi. Media pembelajaran berbasis dua dimensi ini di bangun sebagaipelengkap dan pendukung metode belajar, diskusi informasi dan Tanya jawab. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkandalam rangka mencapai tujuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka yaitu metode pengumpulan data yang diarahkan kepada pencarian data dan informasi melalui dokumen-dokumen, baik dokumen tertulis, foto-foto, gambar, maupun dokumen elektronik yang dapat mendukung dalam proses penulisan. Perangkat lunak yang digunakan dalam membangun media interaktif belajar ini adalah Sitem Operasi : Microsoft Windows Seven (7) Ulitimate dan  SoftwareAdobe Flash CS3 Professional. Hasil yang akan dicapai dari pembuatan media pembelajaran ini adalah bahwaanak-anak balita yang memainkan aplikasi ini dapat memahami tujuan suatumedia interaktif karena disajikan secara visual dengan gambar dan animasi sehingga proses dalam penyajian tidak membosankan dan lebih menyenangkan. Diharapkan dengan adanya desain media interaktif ini dapat memudahkan para orang tua agar sang buah hati belajar dengan senang hati tanpa paksaan tanpa dimintaKata kunci : Media Interaktif, Anak Balita, Huruf, Angka
Penggunaan Playdogh Dalam Mengembangkan Motorik Halus Adhykha Yuningsih; Uswatun Hasanah
Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2018): Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.01 KB) | DOI: 10.24042/ajipaud.v1i1.3408

Abstract

Abstrak Motorik Halus adalah gerakan ringan yang menggunakan otot-otot kecil, memanfaatkan jari jemari serta membutuhkan koordinasi gerak dan daya konsentrasi yang baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui cara penggunaan playdough di kelompok A umur 3-4 tahun. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan, guru memang sudah menerapkan Langkah-Langkah Penggunaan Playdough. Pertama, persiapan sebelum pembelajaran diantaranya menetapkan tujuan pembelajaran, menyiapkan playdough. Kedua, pada saat pembelajaran diantaranya guru membagi anak dalam beberapa kelompok kecil, memperkenalkan media playdough, membagikan media playdough untuk setiap anak, dan anak diperkenankan membentuk benda-benda yang diinginkan. Hanya saja guru sering menerapkan anak untuk meniru bentuk adonan dari yang sudah guru buat.
Pengaruh Metode Karyawisata Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini sovia mas ayu
Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2018): Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87.594 KB) | DOI: 10.24042/ajipaud.v1i1.3240

Abstract

This research aims to determine the effect of study tour method on the language skills of children, especially on the aspect of speaking children aged 5-6 years at Ar-Raudah Playgroup and Kindergarten. This research is a quantitative research,  with 64 children population. The method and skills of language is measured by questionnaire and observation. Correlation and t test hypothesis used to data analyzed with SPSS Statistics 17.0 program. The result of data analysis obtained r value = 0.770 0,207 with significance level 5%. t test yielded t value = 9,496 t table 1,960. Thus result concluded that there are a positive influence between the method and the language skills of children aged 5-6 years, especially on speaking aspects at Ar-Raudah Playgroup and Kindergarten Bandar Lampung.
Pengaruh Pemanfaatan Media Interaktif Limbah Bekas Terhadap Berfikir Kreatif Mahasiswa Meriyati meriyati
Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2018): Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.648 KB) | DOI: 10.24042/ajipaud.v1i1.3241

Abstract

Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga, yang lebih dikenal sebagai sampah), yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel mahasiswa PIAUD yang mengambil mata kuliah media pembelajaran AUDPenelitian ini bertujuan  : (1) Membangun komunitas berbasis pendidikan kreatif. Dalam hal ini, guru dan siswanya.  (2) Mengembangkan berbagai alternative media sederhana yang kreatif dan berkesinambungan sedemikian rupa, sehingga mampu membantu mahasiswa tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang kritis, kreatif, mandiri dan peduli terhadap lingkungannya.(3) Membangun kerja sama antar pendidik  dalam upaya mengembangkan berbagai media alternative yang kreatif, sederhana dan murah sebagai pendidik mandiri yang peduli lingkungan sekitar sekolah dan masyarakat.Analisa data bertujuan untuk mengetahui seberapa besar  pengaruh pemanfaatan media interaktif limbah bekas terhadap berfikir kreatif mahasiswa dengan menggunakan analisis statistic uji t atau t-test Uji hipotesis dilakukan pada taraf signifikan , dengan membandingkan hasil t hitung dibandingkan dengan hasil tabel untuk mengambil kesimpulan hipotesisBerdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap 38 sampel pada Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang mengambil mata kuliah media pembelajaran AUD  diperoleh kesimpulan sebagai berikut: “ Terdapat pengaruh uang signifikan pemanfaatan media interaktif limbah bekas terhadap berfikir kreatif mahasiswa Kata Kunci  : media interaktif, limbah bekas, berfikir kreatif
Peranan Guru Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini ERFHA NURRAHMAWATI
Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2018): Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.827 KB) | DOI: 10.24042/ajipaud.v1i1.3380

Abstract

Penulis melakukan survey di TK Raudlatul Ulum Kresnomulyo Pringsewu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan guru dalam mengembangkan kognitif anak usia dini dan sejauh mana guru dapat berperan dalam mengembangkan kognitif yang dimiliki anak usia dini. Dan hasil penelitian terhadap perkembangan kognitif belum sepenuhnya baik,  dikarenakan guru belum melaksanakan peranannya dengan baik dan ketidak maksimalnya peranan guru disebabkan karena pertama, terlalu banyak pekerjaan yang wajib diselesaikan, seperti membuat PR, dan menyiapkan pembelajaran untuk besok, dan mengoreksi pekerjaan anak-anak, sehingga guru tidak fokus lagi dengan pembelajaran dan perkembangan anak. Kedua  guru kurang dapat memanfaatkan waktu dengan baik. Ketiga guru masih perlu belajar tentang memaksimalkan potensi-potensi peserta didik. Dari satu potensi yang dihargai oleh guru sesungguhnya anak dengan dirinya sendiri akan berusaha memunculkan potensi-potensi yang lain. Karena anak bahagia dan senang dilingkungan sekolahnya. Keempat Guru sudah melaksanakan peranannya tetapi kurang maksimal dan kurang tepat dengan sasarannya, yaitu anak usia dini, pembelajaran yang disajikan guru lebih tepat untuk anak SD yang benar-benar sudah dituntut untuk menekuni pembelajaran dengan serius
Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Melalui Kartu Angka Romlah Umi
Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2018): Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.606 KB) | DOI: 10.24042/ajipaud.v1i1.2998

Abstract

Childhood is a golden age. The emphasis on the importance of early childhood education is not intended to assume that children should start "going to school as early as possible". The purpose of this study is; Develop learning media to improve the ability to recognize the concept of child numbers in the form of a number puzzle card game. This research method is research and development (Research and development or R D). Based on the results of the research that has been carried out, it can be concluded that the results of preliminary research on puzzle learning media through numerical cards: the assessment of material experts gave a score of 52.86% categorized as good enough. the quality got an assessment score of 57.14% categorized as good enough. After being revised the experts gave the following values: the assessment of the experts gave an assessment score of 78.57% categorized as good, the media expert gave an assessment score of 86.67% for the aspect of view categorized as very good and for the aspect of quality got an assessment score of 88.57% categorized as very good.
Pendidikan Moral Anak Usia Dini Dalam Pandangan Psikologi, Pedagogik, dan Agama Nilawati Tadjuddin
Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2018): Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.622 KB) | DOI: 10.24042/ajipaud.v1i1.3386

Abstract

Artikel ini ingin meninjau konsep pendidikan moral untuk menghasilkan perilaku dan sikap anak dalam pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas. Metode penelitian perpustakaan dan teknik analisis isi diterapkan. Artikel ini menunjukkan bahwa  konsep pendidikan moral dalam pandangan Nashk Ulwan yang berhubungan dengan nilai-nilai agama dan konsep pendidikan moral dalam pandangan Kohlberg yang berhubungan dengan tahapan perkembangan moral dapat dibentuk dengan mengukur variabel yaitu:  1) Menyusun pandangan Nasihk Ulwan, dan Kohlberg, 2) Menetapkan konsep-konsep Nasihk Ulwan dan Kohlberg, 3) Menentukan tolak  ukur keberhasilan pandangan Nasihk Ulawan dan Kohlberg, 4) Mengembangkan konsep pendidikan moral, 5) Membangun budaya ilmiah yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan Islam sebagai dasar kurikulum dan konsep pembelajaran pendidikan moral. Model temuan penelitian adalah konsep strategi pengembangan pendidikan moral disekolah, keluarga dan masyarakat untuk menghasilkan sikap perilaku anak yang islami. Akhirnya, artikel ini membahas elemen nilai-nilai moral  dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas.
Pengembangan Model Gerak dan Lagu Berbasis Budaya Lampung Untuk Guru PAUD Di Bandar Lampung Prisma Tejapermana Tejapermana; Siti kurniasih; Yulistyas Dwi Asmira
Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2018): Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.024 KB) | DOI: 10.24042/ajipaud.v1i1.2999

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran gerak dan lagu berbasis budaya Lampung yang dapat digunakan guru PAUD untuk meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak usia dini. Responden penelitian ini adalah 30 guru PAUD di Bandar Lampung Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Pengembangan model yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan ASSURE: 1) Menganalisis kebutuhan, 2) Tujuan pembelajaran, 3) Memilih metode pembelajaran, media dan materi, 4) Memanfaatkan media dan materi, 5) Memerlukan partisipasi peserta didik, dan 6) Mengevaluasi dan merevisi. Teknik analisis data dengan menggunakan deskripsi dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran dengan gerak dan lagu berbasis budaya Lampung yang sangat berpengaruh terhadap aspek-aspek perkembangan anak. Hasil penelitian ini diperoleh suatu produk model pembelajaran gerak dan lagu berbasis budaya Lampung berupa buku panduan dan program pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 8