cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
AL-ATHFAAL : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
ISSN : 26225182     EISSN : 26225484     DOI : -
Core Subject : Education,
Al-Athfaal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Raden Intan Lampung. Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan teori-teori baru dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini Al-Athfaal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, terutama berfokus pada isu-isu utama dalam pengembangan ilmu Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Arjuna Subject : -
Articles 81 Documents
Mengembangkan Kreatifitas Anak Melalui Permainan Warna Dengan Media Benang Alma rara anggia; Untung Nopriansyah
Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 2 (2018): Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.316 KB) | DOI: 10.24042/ajipaud.v1i2.3789

Abstract

Penulis Melakukan penelitian di RA Perwanida I Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian Deskriptif Kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kreativitas anak melalui permainan warna dengan media benang pada usia 5-6 tahun di RA Perwanida I Bandar lampung. Berdasarkan hasil penelitian dapat penulis simpulkan bahwa dalam mengembangkan kreativitas anak melalui permainan warna dengan media benang di RA Perwanida I Bandar Lampung bahwa tingkat perkembangan kreativitas anak yang termasuk pada kategori belum berkembang ada 4 orang anak dengan tingkat presentase 20%, kategori mulai berkembang ada 7 anak dengan tingkat presentase 35% sedangkan kategori berkembang sesuai harapan ada 7 anak dengan tingkat presentase 35% dan kemampuan anak dengan kategori berkembang sangat baik ada 2 anak dengan tingkat presentase 10%.
Peningkatan Keterampilan Sosial Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Bengkulu dini widiya yanti; rika partika sari
Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 2 (2018): Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.547 KB) | DOI: 10.24042/ajipaud.v1i2.3508

Abstract

AbstractThe aims of this research is to get information and data about the effort ti increase children’s social skills in grade B kindergarten through playing method of traditional games in PAUD Yasporbi Kota Bengkulu. Research method used action research method. This method conduced in two cycles according to Kemmis and Taggart model which consist of 4 stages (plan, action, observation and reflection). Data collecting tecniques used field notes, interview, documentation and observation. Research subject was taken from 10 children of 5-6 years old. The result of the research shows that children’s social skills through playing method of traditional games could increase of grade B kindergarten. Analysis of data obtained from the comparison between pre-percentage increase which showed from pre-intervency the class avarage is 47,70% up to 79,79% at posttest result. Keywords: social skills, traditional games.AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan data tentang upaya meningkatkan  keterampilan sosial melalui permainan tradisional bengkulu di PAUD Yasporbi Kota Bengkulu. Metode penelitian yang dignakan adalah metode Kemmis dan Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refeksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari 10 anak berusia 5 -6 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan sosial anak PAUD kelas B melalui metode permainan tradisional sebesar 47,79% dari praintervensi rata-rata kelas dan 79,79% pada hasil posttest.Kata kunci: Keterampilan sosial, permainan tradisonal.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE MELALUI KARTU ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK SEKAR WANGI KEDATON BANDAR LAMPUNG umi, romlah
Jurnal Al-Athfaal Vol 1, No 1 (2018): Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.606 KB)

Abstract

Childhood is a golden age. The emphasis on the importance of early childhood education is not intended to assume that children should start "going to school as early as possible". The purpose of this study is; Develop learning media to improve the ability to recognize the concept of child numbers in the form of a number puzzle card game. This research method is research and development (Research and development or R & D). Based on the results of the research that has been carried out, it can be concluded that the results of preliminary research on puzzle learning media through numerical cards: the assessment of material experts gave a score of 52.86% categorized as good enough. the quality got an assessment score of 57.14% categorized as good enough. After being revised the experts gave the following values: the assessment of the experts gave an assessment score of 78.57% categorized as good, the media expert gave an assessment score of 86.67% for the aspect of view categorized as very good and for the aspect of quality got an assessment score of 88.57% categorized as very good.
PENGEMBANGAN MODEL GERAK DAN LAGU BERBASIS BUDAYA LAMPUNG UNTUK GURU PAUD DI BANDAR LAMPUNG Tejapermana, Prisma Tejapermana; kurniasih, Siti; Asmira, Yulistyas Dwi
Jurnal Al-Athfaal Vol 1, No 1 (2018): Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.024 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran gerak dan lagu berbasis budaya Lampung yang dapat digunakan guru PAUD untuk meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak usia dini. Responden penelitian ini adalah 30 guru PAUD di Bandar Lampung Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Pengembangan model yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan ASSURE: 1) Menganalisis kebutuhan, 2) Tujuan pembelajaran, 3) Memilih metode pembelajaran, media dan materi, 4) Memanfaatkan media dan materi, 5) Memerlukan partisipasi peserta didik, dan 6) Mengevaluasi dan merevisi. Teknik analisis data dengan menggunakan deskripsi dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran dengan gerak dan lagu berbasis budaya Lampung yang sangat berpengaruh terhadap aspek-aspek perkembangan anak. Hasil penelitian ini diperoleh suatu produk model pembelajaran gerak dan lagu berbasis budaya Lampung berupa buku panduan dan program pembelajaran.
MEMBANGUN MEDIA INTERAKTIF BELAJAR ANAK USIA DINI DALAM MENGENAL HURUF DAN ANGKA Susilawati, Beti
Jurnal Al-Athfaal Vol 1, No 1 (2018): Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode pembelajaran mengalami perkembangan seiring dengang perkembangan teknologi yang semakin maju. Salah satu media yang mulai banyak digunakansaat ini yaitu penggunaan aplikasi visual seperti media pembelajaran berbasis dua dimensi. Media pembelajaran berbasis dua dimensi ini di bangun sebagaipelengkap dan pendukung metode belajar, diskusi informasi dan Tanya jawab. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkandalam rangka mencapai tujuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka yaitu metode pengumpulan data yang diarahkan kepada pencarian data dan informasi melalui dokumen-dokumen, baik dokumen tertulis, foto-foto, gambar, maupun dokumen elektronik yang dapat mendukung dalam proses penulisan. Perangkat lunak yang digunakan dalam membangun media interaktif belajar ini adalah Sitem Operasi : Microsoft Windows Seven (7) Ulitimate dan  SoftwareAdobe Flash CS3 Professional. Hasil yang akan dicapai dari pembuatan media pembelajaran ini adalah bahwaanak-anak balita yang memainkan aplikasi ini dapat memahami tujuan suatumedia interaktif karena disajikan secara visual dengan gambar dan animasi sehingga proses dalam penyajian tidak membosankan dan lebih menyenangkan. Diharapkan dengan adanya desain media interaktif ini dapat memudahkan para orang tua agar sang buah hati belajar dengan senang hati tanpa paksaan tanpa dimintaKata kunci : Media Interaktif, Anak Balita, Huruf, Angka
Pengaruh Metode Karyawisata Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di Ar-Raudah Playgroup and Kindergarten Bandar Lampung ayu, sovia mas
Jurnal Al-Athfaal Vol 1, No 1 (2018): Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.614 KB)

Abstract

This research aims to determine the effect of study tour method on the language skills of children, especially on the aspect of speaking children aged 5-6 years at Ar-Raudah Playgroup and Kindergarten. This research is a quantitative research,  with 64 children population. The method and skills of language is measured by questionnaire and observation. Correlation and t test hypothesis used to data analyzed with SPSS Statistics 17.0 program. The result of data analysis obtained r value = 0.770 > 0,207 with significance level 5%. t test yielded t value = 9,496 > t table 1,960. Thus result concluded that there are a positive influence between the method and the language skills of children aged 5-6 years, especially on speaking aspects at Ar-Raudah Playgroup and Kindergarten Bandar Lampung.
PERANAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK RAUDLATUL ULUM KRESNOMULYO NURRAHMAWATI, ERFHA
Jurnal Al-Athfaal Vol 1, No 1 (2018): Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.827 KB)

Abstract

Penulis melakukan survey di TK Raudlatul Ulum Kresnomulyo Pringsewu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan guru dalam mengembangkan kognitif anak usia dini dan sejauh mana guru dapat berperan dalam mengembangkan kognitif yang dimiliki anak usia dini. Dan hasil penelitian terhadap perkembangan kognitif belum sepenuhnya baik,  dikarenakan guru belum melaksanakan peranannya dengan baik dan ketidak maksimalnya peranan guru disebabkan karena pertama, terlalu banyak pekerjaan yang wajib diselesaikan, seperti membuat PR, dan menyiapkan pembelajaran untuk besok, dan mengoreksi pekerjaan anak-anak, sehingga guru tidak fokus lagi dengan pembelajaran dan perkembangan anak. Kedua  guru kurang dapat memanfaatkan waktu dengan baik. Ketiga guru masih perlu belajar tentang memaksimalkan potensi-potensi peserta didik. Dari satu potensi yang dihargai oleh guru sesungguhnya anak dengan dirinya sendiri akan berusaha memunculkan potensi-potensi yang lain. Karena anak bahagia dan senang dilingkungan sekolahnya. Keempat Guru sudah melaksanakan peranannya tetapi kurang maksimal dan kurang tepat dengan sasarannya, yaitu anak usia dini, pembelajaran yang disajikan guru lebih tepat untuk anak SD yang benar-benar sudah dituntut untuk menekuni pembelajaran dengan serius
PENDIDIKAN MORAL ANAK USIA DINI DALAM PANDANGAN PSIKOLOGI, PEDAGOGIK DAN AGAMA TADJUDDIN, NILAWATI
Jurnal Al-Athfaal Vol 1, No 1 (2018): Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.622 KB)

Abstract

Artikel ini ingin meninjau konsep pendidikan moral untuk menghasilkan perilaku dan sikap anak dalam pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas. Metode penelitian perpustakaan dan teknik analisis isi diterapkan. Artikel ini menunjukkan bahwa  konsep pendidikan moral dalam pandangan Nashk Ulwan yang berhubungan dengan nilai-nilai agama dan konsep pendidikan moral dalam pandangan Kohlberg yang berhubungan dengan tahapan perkembangan moral dapat dibentuk dengan mengukur variabel yaitu:  1) Menyusun pandangan Nasihk Ulwan, dan Kohlberg, 2) Menetapkan konsep-konsep Nasihk Ulwan dan Kohlberg, 3) Menentukan tolak  ukur keberhasilan pandangan Nasihk Ulawan dan Kohlberg, 4) Mengembangkan konsep pendidikan moral, 5) Membangun budaya ilmiah yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan Islam sebagai dasar kurikulum dan konsep pembelajaran pendidikan moral. Model temuan penelitian adalah konsep strategi pengembangan pendidikan moral disekolah, keluarga dan masyarakat untuk menghasilkan sikap perilaku anak yang islami. Akhirnya, artikel ini membahas elemen nilai-nilai moral  dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas.
PENGARUH PEMANFAAT MEDIA INTERAKTIF LIMBAH BEKAS TERHADAP BERFIKIR KREATIF MAHASISWA meriyati, Meriyati
Jurnal Al-Athfaal Vol 1, No 1 (2018): Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.648 KB)

Abstract

Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga, yang lebih dikenal sebagai sampah), yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel mahasiswa PIAUD yang mengambil mata kuliah media pembelajaran AUDPenelitian ini bertujuan  : (1) Membangun komunitas berbasis pendidikan kreatif. Dalam hal ini, guru dan siswanya.  (2) Mengembangkan berbagai alternative media sederhana yang kreatif dan berkesinambungan sedemikian rupa, sehingga mampu membantu mahasiswa tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang kritis, kreatif, mandiri dan peduli terhadap lingkungannya.(3) Membangun kerja sama antar pendidik  dalam upaya mengembangkan berbagai media alternative yang kreatif, sederhana dan murah sebagai pendidik mandiri yang peduli lingkungan sekitar sekolah dan masyarakat.Analisa data bertujuan untuk mengetahui seberapa besar  pengaruh pemanfaatan media interaktif limbah bekas terhadap berfikir kreatif mahasiswa dengan menggunakan analisis statistic uji t atau t-test Uji hipotesis dilakukan pada taraf signifikan , dengan membandingkan hasil t hitung dibandingkan dengan hasil tabel untuk mengambil kesimpulan hipotesisBerdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap 38 sampel pada Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang mengambil mata kuliah media pembelajaran AUD  diperoleh kesimpulan sebagai berikut: “ Terdapat pengaruh uang signifikan pemanfaatan media interaktif limbah bekas terhadap berfikir kreatif mahasiswa Kata Kunci  : media interaktif, limbah bekas, berfikir kreatif
PENGGUNAAN PLAYDOUGH DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS KELOMPOK A DI RAUDHATUL ATHFAL ISMARIA AL-QUR’ANNIYAH RAJABASA BANDAR LAMPUNG Yuningsih, Adhykha
Jurnal Al-Athfaal Vol 1, No 1 (2018): Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Motorik Halus adalah gerakan ringan yang menggunakan otot-otot kecil, memanfaatkan jari jemari serta membutuhkan koordinasi gerak dan daya konsentrasi yang baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui cara penggunaan playdough di kelompok A umur 3-4 tahun. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan, guru memang sudah menerapkan Langkah-Langkah Penggunaan Playdough. Pertama, persiapan sebelum pembelajaran diantaranya menetapkan tujuan pembelajaran, menyiapkan playdough. Kedua, pada saat pembelajaran diantaranya guru membagi anak dalam beberapa kelompok kecil, memperkenalkan media playdough, membagikan media playdough untuk setiap anak, dan anak diperkenankan membentuk benda-benda yang diinginkan. Hanya saja guru sering menerapkan anak untuk meniru bentuk adonan dari yang sudah guru buat.