cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 02167786     EISSN : 25281097     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemenis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in April & October).
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 1 (2023): Februari" : 25 Documents clear
Faktor-faktor yang mempengaruhi risk manajemen disclosure pada perusahaan manufaktur Roni Mulyatno; Laela Qodriani; Firman Hidayat
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen Vol 19, No 1 (2023): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v19i1.12715

Abstract

Risk manajement disclosure merupakan salah satu faktor informasi yang dibutuhkan oleh  investor dan para pengguna lainya dalam pengambilan keputusan. Rendahnya pengungkapan risiko secara sukarela masih menjadi salah satu perhatitan para peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi risk manajement disclosure pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2019-2021 dengan metode purposive sampling di peroleh sampel 35 perusahaan. Metode statistik yang digunakan untuk menganalisis menggunakan analisis regresi berganda. Variabel yang digunakan adalah ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris dan leverage sebagai variabel bebas dan risk manajemen disclosure sebagai variabel terikat. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial ukuran perusahaan dan leverage tidak ada pengaruh sedangkan ukuran dewan komisaris berpengaruh terhadap risk manajement disclosure.
Antecedents of knowledge-sharing behavior in higher education Husain Nurisman
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen Vol 19, No 1 (2023): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v19i1.12381

Abstract

Knowledge sharing (KS) has been consistently recognized as essential in organizational development and employee improvement. This paper aims to expand on previous empirical research on KS by examining the effect of personality traits (PT) and perceived organizational support (POS) on one's knowledge-sharing behavior in higher education. The authors also examined perceived organizational support's moderating and mediating roles in these relationships. Using a questionnaire and data from 205 lecturers from 3 universities in Jakarta were used for research hypotheses. The results of this study reveal that personality traits (PT) and perceived organizational support (POS) have a significant influence on knowledge-sharing behavior (KS). The results also show that a higher level of perceived organizational support (POS) cannot strengthen the relationship between personality traits (PT) and knowledge-sharing behavior (KS). The teacher's desire to share knowledge can be influenced by the teacher's personality traits and the organization's role in creating supportive conditions. Organizations can provide good welfare and opportunities for their members to develop. This study shows that personality traits (PT) and perceived organizational support (POS) are essential factors influencing a person's desire to share knowledge, especially in higher education.
Pengaruh promotion, store atmosphere, dan service quality terhadap customer satisfaction dimediasi oleh purchase decision Esra Yuningsih L. Purba Siboro; Raden Teja Yokanan
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen Vol 19, No 1 (2023): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v19i1.12833

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan seperti promosi, suasana toko, dan kualitas pelayanan melalui keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berfokus pada pelanggan Lotte Grosir Yogyakarta, dengan jumlah sebanyak 152 responden. Teknik sampel menggunakan purposive sampling, karena alasannya dengan menggunakan teknik ini peneliti dapat menentukan kriteria-kriteria tertentu yang ditetapkan. Kriteria yang dimaksudkan adalah: (a) Pelanggan yang telah berusia diatas 17 tahun (b) Pelanggan yang telah melakukan transaksi lebih dari 1 kali. Hasil penelitian menggunakan smartpls menunjukkan bukti bahwa promosi, tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, suasana toko tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, kualitas pelayanan berpengaruh positif secara signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, suasana toko tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, keputusan pembelian tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, promosi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian, suasana toko tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian, kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan  melalui keputusan pembelian.
Pengaruh earning per share dan return on equity terhadap harga saham dengan nilai perusahaan sebagai variabel moderasi di masa pandemi covid-19 Alsyadilla Anggita; Irwansyah Irwansyah
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen Vol 19, No 1 (2023): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v19i1.12671

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh rasio Earning per Share (EPS) dan Return on Equity (ROE) terhadap harga saham perusahaan makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia periode kuartalan tahun 2020-2021 di masa pandemi COVID-19 dengan nilai perusahaan yaitu rasio Price to Book Value (PBV) sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder, yaitu laporan keuangan Q1 hingga Q3, laporan tahunan perusahaan makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia, serta historis harga saham perusahaan. Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 76 perusahaan dan 19 sampel perusahaan dengan 152 sampel laporan keuangan. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dan Moderated Analysis Regression (MRA) dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio EPS berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, rasio ROE berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, rasio PBV tidak mampu memoderasi hubungan EPS dan harga saham, dan rasio PBV mampu memoderasi hubungan ROE dan harga saham dengan efek memperkuat.
Pengembangan kawasan perbatasan negara di Apou Kayan Sonny Sudiar; Natasya Aurelia; Andi Purnawarman; Aisyah Aisyah; Rahmah Daniah
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen Vol 19, No 1 (2023): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v19i1.12121

Abstract

Salah satu gagasan penting dalam pembangunan wilayah perbatasan negara adalah dengan upaya melakukan pemekaran wilayah perbatasan tersebut sebagai sebuah Daerah Otonom Baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan beberapa Kecamatan di wilayah Apou Kayan dimekarkan menjadi Daerah Otonomi Baru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemekeran wilayah DOB Apou Kayan merupakan sebuah upaya yang perlu dilakukan untuk melindungi kepentingan nasional Indonesia di kawasan-kawasan perbatasan, dan memperkuat daya saing ekonomi Indonesia secara global, serta untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik di wilayah perbatasan khususnya di wilayah Apou Kayan. Karena kawasan perbatasaan pada hakikatnya memiliki arti yang sangat vital dan strategis bagi Indonesia, paling tidak jika dilihat dari tiga sudut pandang, yaitu:  pertahanan-keamanan, ekonomi-perdagangan, dan sosial-budaya. Merujuk pada kondisi tersebut maka penelitian ini merekomendasikan bahwa mengingat letak geografis wilayah Apou Kayan yang berbatasan langsung dengan wilayah perbatasan negara tetangga Malaysia maka pemerintah pusat dianggap penting untuk memberikan pengaturan khusus terkait dengan penataan ruangnya, sehingga dapat dimekarkan sebagai Daerah Otonomi Baru.
Pengaruh solvabilitas, opini audit dan profitabilitas terhadap audit report lag pada perusahaan sektor pertambangan Maylin Yuma Dedewi; Yusuf Yusuf
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen Vol 19, No 1 (2023): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v19i1.12716

Abstract

Audit report lag adalah keterlambatan auditor dalam menyelesaikan laporan audit perusahaan diukur dari tanggal penutupan buku sampai tanggal diterbitkannya opini atau laporan audit. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh solvabilitas, opini audit, dan profitabilitas terhadap audit report lag. Objek dalam penelitian ini yaitu perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2021. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan yang diterbitkan oleh website resmi www.idx.co.id. Metode pemilihan sampel penelitian ini adalah purposive sampling dan diperoleh 23 perusahaan yang sesuai dengan kriteria dengan periode penelitian 3 tahun sehingga sampel yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebanyak 69 sampel. Metode penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dan menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa solvabilitas dan opini audit berpengaruh terhadap audit report lag. Sedangkan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap audit report lag.
Dampak inovasi terhadap customer value co-creation behavior yang dimediasi customer engagement Rahayu Rahayu
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen Vol 19, No 1 (2023): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v19i1.12471

Abstract

Jenis studi ini merupakan  explanatory research menggunakan pendekatan  kuantitatif. Perolehan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Survei dilakukan secara online dengan google form yang disebar dimedia sosial dan diperoleh 226 responden yang merupakan pelanggan produk “batik tulis “ yang diproduksi oleh pengusaha kecil menegah di Jawa Timur. pengujian hipotesis menggunakan SEM SmartPLS. Ada enam hipotesis yang diajukan dalam studi ini, keenam hipotesis tersebut menunjukkan hubungan yang positip dan semua diterima.  Variabel customer engagement (CE) memediasi pengaruh antara innovativeness dan customer value co-creation behavior (CVCB). Innovativeness yang melibatkan pelanggan akan mampu menciptakan produk/jasa yang mendekati selera konsumen karena adanya refleksi dari pengalaman konsumen
Pengaruh kinerja keuangan dan faktor eksternal terhadap harga saham pada perusahaan LQ45 Yana Ulfah; Upik Refitamasi
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen Vol 19, No 1 (2023): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v19i1.12834

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalis dan mengetahui pengaruh kinerja keuangan dan faktor eksternal terhadap harga saham. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan yang masuk secara konsisten dalam indeks LQ45 dari tahun 2016-2019. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Variabel dependen yang digunakan adalah harga saham dan variabel independen yang digunakan terdiri dari kinerja keuangan dan faktor eksternal. Variabel kinerja keuangan yang digunakan adalah dividend payout ratio, debt to equity ratio, dan return on assets. Variabel faktor ekternal yang digunakan adalah inflasi dan suku bunga. Hasil dari penelitian ini adalah semua variabel yang diteliti berpengaruh terhadap harga saham namun tidak secara signifikan. Hal tersebut dikarenakan banyak faktor-faktor lain yang lebih mendominasi dalam penilaian investor terhadap harga saham perusahaan LQ45.
Pengaruh citra merek, harga, kualitas produk dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian Septiana Nur Hidayati; Erny Rachmawati; Tri Septin Muji R; Alfato Yusnar Kharismasyah
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen Vol 19, No 1 (2023): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v19i1.12679

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh citra merek, harga, kualitas produk, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian Tupperware di Kota Cilacap. Sampel pada penelitian sebanyak 125 responden yang merupakan pembeli produk Tupperware, dipilih berdasarkan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji instrumen, statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan citra merek, harga, kualitas produk dan gaya hidup berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial citra merek, kualitas produk dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial harga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.
Faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham pertambangan yang terdaftar di bursa efek Indonesia Aan Digita Malik; Ahmad Juliana; Muhammad Tharmizi Junaid; Yulita Gajan Daran
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen Vol 19, No 1 (2023): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v19i1.12164

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio Current Ratio, Return On Equity, Sales Growth Terhadap Harga Saham yang Berdampak pada kinerja Keuangan Perusahaan pada perusahaan pertambangan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan data primer berupa laporan keuangan 30 perusahaan periode 2018 – 2021 dimana laporan keuangan dibuat data panel dan diolah dengan SPSS 24. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deksriptif. Analisis data meliputi uji kelayakan data, uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda, serta pengujian hipotesis secara parsial dan simultan. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa data yang ada dalam penelitian ini normal dan terbebas dari autokorelasi serta multikolonieritas. Penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh Current Ratio terhadap harga saham (CR) positif dan tidak signifikan, pengaruh Return On Equity terhadap harga saham negatif dan signifikan,  pengaruh Sales Growth terhadap harga saham positif dan tidak signifikan. Pengaruh current ratio, return on equity dan sales growth terhadap harga saham secara simultan positif dan tidak signifikan.

Page 1 of 3 | Total Record : 25