cover
Contact Name
Wahyudin Rahman
Contact Email
wahyu@unismuhluwuk.ac.id
Phone
+6285342453454
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. KH.Wahid Hasyim No 58
Location
Kab. banggai,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R"
ISSN : 25794744     EISSN : 25812262     DOI : https://doi.org/10.32529/jim
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ilmiah Manajemen "Emor" (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset) diterbitkan 2 kali setahun yaitu pada bulan Juni dan bulan Desember sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan ilmu manajemen. Jurnal Emor berisi gagasan, laporan hasil penelitian serta pembahasan teori dan konsep ilmu manajemen dan bisnis.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2023): Juni" : 12 Documents clear
PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS DAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PENGGUNA TOKOPEDIA DI KOTA MAKASSAR Nurul Fadilah Aswar; Annisa Paramaswary Aslam; Irma Satriani
Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R" Vol 7, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32529/jim.v7i1.2494

Abstract

Pada era globalisasi ini, hampir semua aktivitas dan kegiatan sehari-hari dapat dilakukan hanya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti internet. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Data Indonesia, diketahui bahwa kebiasaan masyarakat Indonesia di dalam berinternet paling banyak salah satunya untuk melakukan aktivitas berbelanja online yang mencapai angka 42,2% persen dari total pengakses internet. Seperti yang telah dipaparkan mengenai data-data industri e-commerce di Indonesia, salah satu yang menjadi pemain besar di industri e-commerce tersebut adalah Tokopedia. Pendekatan penelitian saat ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data pada penelitian saat ini menggunakan teknik pengumpulan data kuantitatif dengan survei sebagai instrumennya. Populasi pengguna Tokopedia yang berjumlah 158,3 juta, teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana melalui alat SPSS 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Terdapat pengaruh secara positif dan signgikan untuk variabel brand image yang dimiliki Tokopedia terhadap loyalitas konsumen oleh Pengguna Tokopedia di Makassar, (2) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan untuk variabel brand image yang dimiliki Tokopedia terhadap kepuasan konsumen oleh Pengguna Tokopedia di Makassar.
ANALISIS LAPORAN REALISASI ANGGARAN BELANJA PADA MASA PANDEMI COVID 19 PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN BANGGAI Yusni .; Rosma Ndiak
Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R" Vol 7, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32529/jim.v7i1.2118

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa realisasi anggaran belanja pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Banggai pada masa Pandemi Covid 19. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dengan cara menghitung rasio efisiensi dan rasio pertumbuhan realisasi anggaran belanja tahun 2019-2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat efisiensi belanja Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Banggai rentang tahun 2019-2021 rata-rata cukup efisien, dimana  tahun 2019 tingkat efisiensi yaitu 94.8%, tahun 2020 tingkat efisiensi yaitu 39.03%, dan di tahun 2021 tingkat efisiensi meningkat menjadi 98.18%. Sedangkan tingkat pertumbuhan belanja mengalami fluktuasi dimana tahun 2019 tigkat pertumbuhan belanja 2.95%. Pada tahun 2020 tingkat pertumbuhan belanja menurun menjadi -68.22%, Dan pada tahun 2021 pertumbuhan belanja meningkat menjadi 212.1%.  
ANALISIS RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI BADAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN BANGGAI Nur Atni Botutihe; Dandi Saputra Lado
Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R" Vol 7, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32529/jim.v7i1.2053

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang seberapa besar kontribusi retribusi daerah khususnya retribusi jasa umum yaitu retribusi pasar, retribusi persampahan dan retribusi parkir di Kabupaten Banggai. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukan, kontribusi retribusi pasar, retribusi persampahan dan retribusi parkir di Kabupaten Banggai masih tergolong sangat kurang.
ANALISIS PERHITUNGAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) PADA PT. XYZ Arfandi .; Muhammad Nur Abdi
Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R" Vol 7, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32529/jim.v7i1.2509

Abstract

Tax revenue is one of the most important sources of financing for national development. Changes in the economic structure from an agricultural economy to an industrial economy have led to an increasing role of taxes, especially VAT, as financing, the objectives of this study are How is the calculation of Value Added Tax at PT XYZ and How is the accounting treatment for the calculation of Value Added Tax at PT XYZ. The research method is a quantitative description with a purposive sampling approach with the condition that the tax provisions of VAT are 11%, the results of the study found that in calculating Value Added Tax (VAT), the indirect method can be used, namely output tax minus input tax, the result obtained is the tax that must be deposited into the State treasury. 
PERAN MARKETPLACE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM DI KOTA MATARAM Ida Bagus Ariawan; Muhammad Nur Abdi
Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R" Vol 7, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32529/jim.v7i1.2507

Abstract

Marketplace is a place to market products electronically by bringing together sellers and buyers to interact with each other. Sales carried out by business actors is an activity that must run well, because with good sales, business income will increase. Good sales are accompanied by a conceptualized marketing strategy, this is so that the strategy created has an impact on reaching the target market. The role of technology is needed by business actors, because nowadays everything is side by side with technology. Several MSMEs in Mataram City utilize marketplace technology in marketing their products and supporting increased sales in terms of online. In this study using qualitative methods by conducting interviews. The purpose of this study was to determine the role of marketplace in increasing the income of MSMEs in Mataram City. The number of participants was 11 informants from MSMEs business actors in Mataram City. The results showed that there was a role of the marketplace in increasing revenue for MSMEs as seen from the good and positive assessment by informants. Based on the results of this study, according to MSME business actors, the marketplace is considered important and useful so that the platform needs to be used by MSMEs to increase their income.
PENGARUH PROMOSI DI MEDIA SOSIAL DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HISANA FRIED CHICKEN DI KOTA LUWUK Sain Segar K.SID
Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R" Vol 7, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32529/jim.v7i1.2499

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh promosi di media sosial dan word of mouth terhadap keputusan pembelian Hisana Fried Chicken di Kota Luwuk digunakan penelitian ini yaitu sebanyak 60 responden, dengan teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi di media sosial dan word of mouth secara serempak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Hisana Fried Chicken Luwuk. Promosi di media sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Hisana Fried Chicken Luwuk. Word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Hisana Fried Chicken Luwuk.Kata Kunci: Promosi Di Media Sosial, Word Of Mouth, Keputusan Pembelian
PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN LIKIUDITAS TERHADAP KEBIJAKAN DEVIDEN PADA PERUSAHAAN TRANSPORTASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Muhammad Umar Data; Yusril Ansar; Nurlindayani Nurlindayani
Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R" Vol 7, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32529/jim.v7i1.2515

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Profitabilitas, Leverage, Dan Likiuditas Terhadap Kebijakan Deviden Pada Perusahaan Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Pengumpulan data menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan. Populasinya adalah Perusahaan Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Sampel yang digunakan adalah 10 perusahaan dengan metode perposive sampling. Hasil data variabel penelitian tersebut telah diuji asumsi klasik berupa asumsi normalitas, multikolinearitas, Heteroskedatisitas. Metode analisis data menggunakan teknik regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap Kebijakan Deviden pada perusahaan transportasi di Bursa Efek Indonesia. Kedua, Leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kebijakan Deviden pada perusahaan Transportasi di Bursa Efek Indonesia.. Ketiga Likiuditas tidak berpengaruh signifikan terhadap Kebijakan Devidan pada perusahaan Transportasi di Bursa Efek Indonesia.
PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN PADA PT BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) Rezki Arianty Akob; Sri Wahyuni; Sri Risnawati; Andi Batari Nirwana Kanna
Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R" Vol 7, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32529/jim.v7i1.2425

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran standar akuntansi keuangan dalam pengelolaan transaksi keuangan yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif komparatif dengan menggunakan data sekunder. Berdasarkan hasil pengujian, penerapan Standar Akuntansi Syariah dalam pengelolaan transaksi keuangan pada bank syariah termasuk mendukung pembangunan ekonomi karena berdasarkan prinsip bagi hasil yang saling menguntungkan memberikan keuntungan yang wajar. Selain itu, pengelolaan transaksi keuangan di BSI telah sesuai dengan PSAK 101.
PENGARUH PERILAKU INOVATIF DAN KETERLIBATAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. HADJI KALLA TOYOTA CABANG LUWUK BANGGAI Riski Mahyudin Lamato; Asmita Wulansari Dg. Liwang
Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R" Vol 7, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32529/jim.v7i1.2726

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh partipasi kerja dan pemikiran inovatif di kalangan karyawan terhadap tingkat produktivitas di PT. Hadji Kalla Toyota  Cabang Luwuk Banggai. Pengumpulan data primer dilakukan dengan cara kuesioner. Investigasi ini menggunakan sampling jenuh, yang mengarah ke ukuran sampel 101 pekerja. Validitas dan reliabilitas asumsi normalitas dan heteroskedastisitas, bersama dengan asumsi konvensional lainnya, telah dinilai melalui analisis hasil kuesioner. Model regresi linier digunakan dalam berbagai teknik analisis data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis pertama diterima karena menunjukkan hasil uji hipotesis t hitung 6,279> t tabel 1,660. Berarti perilaku inovatif memberikan kontribusi yang nyata terhadap kinerja karyawan. Hipotesis kedua diterima karena menunjukkan hasil uji hipotesis t hitung 2,898 > t tabel 1,660. Berarti keterlibatan kerja memberikan kontribusi nyata terhadap kineja karyawan.   
PENGARUH ETOS KERJA DAN FASILITAS KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT MOILONG KABUPATEN BANGGAI La Diu Samiu; La Saudin; Syamsir .
Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R" Vol 7, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32529/jim.v7i1.2554

Abstract

Penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah Etos Kerja dan Fasilitas Kerja secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Efektivitas Kerja pada Kantor Camat Moilong Kabupaten Banggai Sampel penelitian adalah seluruh pegawai Pada Kantor Camat Moilong Kabupaten Banggai dengan menggunakan teknik purpose sampling dengan jumlah 22 orang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan tabel frekuensi dan regresi linier berganda 2 prediktor. Hasil pengolahan data yang dilakukan melalui program SPSS versi 25.0. Dari hasil uji t didapatkan bahwa seluruh variabel bebas yaitu Etos Kerja (X1), dan Fasilitas Kerja (X2),mempunyai pengaruh secara parsial terhadap Efektivitas Kerja (Y) pada Kantor Camat Moilong Kabupaten Banggai. Dari hasil uji ANOVA (analysis of variant) atau uji F didapatkan F-hitung sebesar 113,945 dan F-tabel sebesar 3,44 dengan perbandingan tersebut berarti dapat diketahui bahwa F-hitung = 113,945 > F-tabel = 3,44 yang berarti secara simultan berpengaruh positif dan signifikan.Kata Kunci: Etos Kerja, Fasilitas Kerja, Efektivitas Kerja

Page 1 of 2 | Total Record : 12