cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bukittinggi,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies
ISSN : 25494120     EISSN : 25494139     DOI : -
Journal Educative is a scientific journal in the field of educational study published by the State Institute of Islamic Studies (IAIN) Bukittinggi, which is a transformation of the analysis journal published by STAIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi. Journal of analysis has been published periodically since 2007 and is a journal in the study of education. In each of its publications, the Educative Journal presents various academic articles in educational studies that not only from textual traditions in education, but also are mixed from field studies. The themes are also varies; educational management, educational sociology, educational technology, curriculum and learning, educational psychology, educational anthropology and Islamic education.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2016): Juni 2016" : 8 Documents clear
GURU PROFESIONAL DAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS Syafruddin Nurdin
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 1, No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.771 KB) | DOI: 10.30983/educative.v1i1.118

Abstract

Untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas, guru profesional selain dituntut memiliki empat kompetensi utama yaitu: pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional juga diharapkan piawai dalam melakukan penelitian Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas adalah kajian sistematis dalam upaya perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan oleh sekelompok guru dengan melakukan tindakan dalam pembelajaran berdasarkan refleksi mereka mengenai hasil dari tindakan-tindakan tersebut. Tujuan utama Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) adalah untuk perbaikan dan meningkatkan layanan keprofesionalan pendidik dalam menangani proses Belajar-Mengajar. Tiga konsep dalam PTK adalah sebagai berikut: (1) Penelitian, yaitu kegiatan mencermati suatu objek melalui metode ilmiah; (2) Tindakan, yaitu aktifitas yang disengaja dilakukan dengan tujuan tertentu dalam penelitian berbentuk rangkaian siklus kegiatan, untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar mengajar; (3)Kelas, yaitu sekelompok siswa dalam waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari seorang guru
KONSTRUKSI PENDIDIKAN INTEGRATIF MENURUT HAMKA Nunu Burhanuddin
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 1, No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.169 KB) | DOI: 10.30983/educative.v1i1.119

Abstract

Abstrak memuat uraian singkat mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan dan hasil penelitian. Tekanan penulisan abstrak terutama pada hasil dan analisis penelitian. Abstrak ditulis dalam dua bahasa; bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, hanya saja abstrak bahasa Inggris disajikan terlebih dahulu dengan format miring atau Italic. Jumlah kata berkisar antara 150-200 kata. Pengetikan abstrak dilakukan dengan spasi 1 atau tunggal front 10 jenis huruf Garamond dengan margin yang lebih sempit dari margin kanan dan kiri teks utama. Kata kunci perlu dicantumkan untuk menggambarkan ranah masalah yang diteliti dan istilah-istilah pokok yang mendasari pelaksanaan penelitian. Kata-kata kunci dapat berupa kata tunggal atau gabungan kata. Jumlah kata-kata kunci 3-5 kata. Kata-kata kunci ini diperlukan untuk komputerisasi. pencarian judul penelitian dan abstraknya dipermudah dengan kata-kata kunci tersebut.
PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL “MANJALO” SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN KETERAMPILAN Muhiddinur Kamal
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 1, No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.291 KB) | DOI: 10.30983/educative.v1i1.125

Abstract

Penelitian ini beranjak dari masalah yang fundamental dalam kegiatan pembelajaran pada anak usia dini khususnya pada Taman Kanak-Kanak/Raudhatul Athfal. Terindikasi beberapa kekeliruan yang dilakukan dalam pembelajaran pada TK/RA, misalnya pembelajaran yang mengedapankan pembelajaran Baca-Tulis-Berhitung (Calistung) kepada anak usia dini, padahal tidak semua anak memiliki kesiapan untuk pembelajaran yang berorientasi akademik tersebut.Pada sisis lain, para orang tua juga memiliki kekeliruan dalam memahami pembelajaran di TK/RA. Para orang tua memandang bahwa keberhasilan anaknya dalam belajar di TK/RA adalah ketika anaknya memiliki kemampuan Calistung. Tuntutan para orang tua di atas menjadikan para guru di TK/RA sehingga kebanyakan guru di TK/RA berorientasi pada pembelajaran yang bersifat akademik seperti Calistung dan mengabaikan pembelajaran yang mengembangkan nilai-nilai karakter pada anak khususnya pada keterampilan sosial seperti bekerjasama, aktivitas sosial, percaya diri dan sebagainya. Pengabaian terhadap pengembangan keterampilan sosial anak sejak dini bisa berakibat fatal pada perkembangan anak selanjutnya dikehidupannya kelak. Berdasarkan berbagai permasalahan di atas maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial anak melalui penerapan permainan tradisional “Manjalo” sebagai upaya menumbuhkan Keterampilan sosial anak sejak dini. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian kuasi eksperimen dengan kelas kontrol dan kelas eksperimen untuk mengungkap pengaruh penerapan permainan tradisional Manjalo terhadap peningkatan keterampilan sosial anak usia dini. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial anak dengan penerapan permainan tradisional “Manjalo” lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang tidak menerapkan permainan dalam proses pembelajaran.
STUDENTS’ PERCEPTION OF CLASSROOM ENVIRONMENT OF WRITING CLASS Indah Rahmalia
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 1, No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.176 KB) | DOI: 10.30983/educative.v1i1.121

Abstract

The purpose of this study was to find out students’ perception toward classroom environment in writing class at STKIP AbdiPendidikanPayakumbuh. This study was carried out of descriptive research that undertaken through phenomenological approach by employing questionnaire to 24 students selected by using purposive sampling technique. The findings of this study show that the students have good perception toward classroom environment of writing class by mean score is 79.25. From the interval statistical, the mean score belongs to good classification. It can be concluded that the students perceived their classroom as having positively atmosphere which extrinsically motivated them in learning, especially in writing.
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE DREAMWEAVER CS5 PADA MATA KULIAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BATURAJA Yelmi Yunarti; Mailan Anggraini
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 1, No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.302 KB) | DOI: 10.30983/educative.v1i1.126

Abstract

Produk yang dikembangkan dan dibuat adalah Web Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Dreamweaver CS5 pada Mata Kuliah Penelitian Tindakan Kelas di Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development) dengan model yang digunakan adalah model prosedural dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan alat berupa angket, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus persentase. Pada tahap pertama ujicoba produk dengan ahli media di peroleh 91,15% dengan predikat Baik Sekali, Ahli desain diperoleh 81,2% dengan predikat Baik, dan ahli materi diperoleh nilai 79,7% dengan predikat Baik. Tahap kedua dilakukan uji produk skala kecil dengan jumlah responden 24 diperoleh nilai 83% dengan kategori Baik. Setelah itu tahap selanjutnya ujicoba skala besar 86 % dengan predikat Baik Sekali. Hasil ujicoba skala kecil dan besar menunjukkan bahwa produk dapat diterima dan layak digunakan. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa produk Web yang dibuat dapat membantu proses penyampaian materi, pencarian data dengan mudah, dapat diakses dimana-mana melalui jaringan internet, melakukan evaluasi dapat dilakukan dengan cepat. Peneliti berharap produk ini dapat digunakan semaksimal mungkin demi terciptanya pembelajaran yang kreatif
MODEL PENDIDIKAN DAN PELATIHAN CALON PENGANTIN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KOTA PARIAMAN Zulfani Sesmiarni; Afrinaldi Afrinaldi
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 1, No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.21 KB) | DOI: 10.30983/educative.v1i1.122

Abstract

Secara teknis pemerintah kota Pariaman memberikan mandat sepenuhnya pelaksanaan kegiatan kursus pra-nikah kepada BP4 kota Pariaman. Langkah konkrit yang telah ditempuh oleh BP4 kota Pariaman dalam rangka sosialisasi adalah melibatkan partisipasi warga kota Pariaman demi kesuksesan kegiatan kursus pra nikah yang ditunggu-tunggu kehadirannnya oleh warga kota Pariaman semenjak mulai di lunching-nya kegiatan kursus pra nikah oleh Walikota Pariaman bersama-sama dengan Kepala Kemenag kota Pariaman yang juga dihadiri oleh kasi urais dan haji beserta para KUA di lingkungan kota Pariaman. Pelaksanaan kursus selama 3 hari ini perlu kajian yang mendalam, apakah dengan waktu yang tersedia bisa meningkatkan pemahaman CATIN dalam memahami materi kursus pra-nikah sebanyak 13 materi. Untuk menjawab semua andaian dan tanda tanya itu maka diperlukanlah kajian mendalam terhadap pelaksanaan kegiatan kursus pra-nikah yang sedang berlangsung sekarang. Kegiatan ini sudah 4 tahun berjalan tanpa pembiayaan dari pemerintah kota maupun pusat, tapi BP4 ini tetap bisa eksis melangsungkan kegiatan kursus pra nikah sampai sekarang sekalipun dengan dana yang terbatas.
TEKNIK PENGEMBANGAN DAN EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF Novrianti Novrianti
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 1, No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.619 KB) | DOI: 10.30983/educative.v1i1.123

Abstract

Penelitian pengembangan menjadi suatu metode penelitian yang cukup popular dan banyak dipilih sebagai metode penelitian dalam segala bidang kajian, termasuk dalam dunia pendidikan. Penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada yang dapat dipertanggung jawabkan. Penelitian dan pengembangan bertujuan menghasilkan produk maka sangat jelas produk ini adalah objek yang diteliti pada proses awal penelitian sampai akhir, sedangkan jika dilakukan uji coba dalam kelas peserta didik, maka peserta didik ada lah subjek penelitian (pelaku). Jadi titik fokus penelitian kita sebenarnya ada pada objek penelitian (produk), sehingga dalam mengambil keputusan tidak mengarah kemana-mana yaitu tetap pada produk yang dikembangkan (objek penelitian). Proses evaluasi terhadap produk yang dihasilkan dalam pengembangan adalah rangkaian utama untuk melihat kelayakan suatu produk sebelum dilakukan ujicoba. Evaluasi sering dilihat sebagai proses yang sulit seolah-olah lebih sulit dari kehidupan diluar kemampuan orang pada umumnya, tapi bisa dipecahkan oleh para ahli statistic, dan umumnya tidak mungkin hanya dilakukan oleh orang-orang biasa dalam merancang pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Dalam pengaturan pengembangan pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang berskala besar, teknik evaluasilah yang seharusnya memberikan pengaruh yang kuat terhadap kualitas produk namun ini justru tidak terjadi. Hal ini menimbulkan satu persoalan yang semestinya menjadi perhatian bagi para peneliti pengembangan terutama mahasiswa, sehingga tetap memfokuskan proses validasi dan evaluasi dalam penelitian pengembangan.
INSTRUCTIONAL ENGLISH READING MATERIALS USED BY TEACHER AT GRADE X SMKN I PANGKALAN KOTO BARU 50 KOTA REGENCY Nofrika Sari
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 1, No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.342 KB) | DOI: 10.30983/educative.v1i1.124

Abstract

Materi bacaan adalah hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran membaca untuk mencapai tujuan pembelajaran. Mengingat pentingnya peranan bahan ajar membaca, maka bahan ajar membaca perlu dianalisa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bahan ajar membaca pada bidang studi bahasa inggris yang digunakan oleh guru di kelas X SMKN 1 Pangkalan memenuhi kriteria bahan ajar membaca yang bagus. Tujuan ini dipecah menjadi beberapa aspek : autentisitas, realitas, konteks dan berpusat pada kebutuhan siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Angket, lembar observasi dan wawancara merupakan instrumen yang digunakan pada penelitian ini. Sumber data pada penelitian ini adalah bahan ajar membaca bahasa Inggris yang digunakan oleh guru, siswa SMKN 1 Pangkalan kelas X khususnya jurusan pertanian yang berjumlah 50 orang, dan 1 orang guru bahasa inggris. Data dikumpulkan dengan menyebarkan angket, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar membaca pada bidang studi bahasa inggris yang digunakan oleh guru belum memenuhi semua keriteria bahan ajar membaca yang bagus. Bahan ajar membaca tersebut belum memenuhi keriteria auntentisitas, realitas, konteks, dan berpusat pada kebutuhan siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar membaca pada bidang studi bahasa inggris yang digunakan oleh guru pada kelas X di SMKN 1 Pangkalan Koto Baru Kabupaten 50 Kota tidak dapat diklasifikasikan ke dalam bahan ajar membaca yang bagus.

Page 1 of 1 | Total Record : 8