cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bukittinggi,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies
ISSN : 25494120     EISSN : 25494139     DOI : -
Journal Educative is a scientific journal in the field of educational study published by the State Institute of Islamic Studies (IAIN) Bukittinggi, which is a transformation of the analysis journal published by STAIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi. Journal of analysis has been published periodically since 2007 and is a journal in the study of education. In each of its publications, the Educative Journal presents various academic articles in educational studies that not only from textual traditions in education, but also are mixed from field studies. The themes are also varies; educational management, educational sociology, educational technology, curriculum and learning, educational psychology, educational anthropology and Islamic education.
Arjuna Subject : -
Articles 103 Documents
PENDEKATAN PSYCHOTHERAPY AGAMA DALAM MENANGGULANGI PERILAKU MENYIMPANG (LGBT) Dodi Pasilaputra
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 1, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.04 KB) | DOI: 10.30983/educative.v1i2.157

Abstract

Abstract LGBT deviant behavior is a behavior that arose as a result of the pressured experienced by individuals about the circumstances and changes of times that they can’t face in accordance to religious teachings. That individuals diseases can never be treated with any therapy device except go back to religious psychotherapy. Application of religious psychotherapy approaches aimed to; 1) strengthen the motivation, 2) reducing emotional stress, 3) developing the potential, 4) change the habits of maladaptive, 5) changing the cognitive structure, 6) increasing the capacity to make appropriate decisions, 7) increase self knowledge / insight, 8) improve personal relations, 9) transforms the process of somatic increased body awareness, and 10) develop awareness, control and creativity. Forms of religious psychotherapy approach in tackling LGBT deviant behavior such as; 1) set-up, approach by inviting individuals to neutralize subconscious psychological resistance (psychological reversal) ¸ and individuals are invited to express desires (willpower) to develop themselves, 2) tune in, arouse negative emotions of clients and then return it all to the result of negative emotions, and 3) tapping, opening and developing the client insight into the good expectations that can be done and achieved in the future. Keywords:. LGBT, psychotherapy, deviant behavior Abstrak Perilaku menyimpang dalam bentuk LGBT merupakan perilaku yang muncul sebagai akibat individu selalu merasa tertekan dengan keadaan dan perkembangan zaman yang tidak mampu ia sikapi sesuai dengan ajaran agama. Penyakit individu itu tidak akan pernah dapat diterapi dengan alat terapi apapun kecuali kembali kepada psychotherapy agama. Penerapan pendekatan psychotherapy agama bertujuan; 1) memperkuat motivasi, 2) mengurangi tekanan emosi, 3) mengembangkan potensi, 4) merubah kebiasaan maladaptif, 5) merubah struktur kognitif, 6) meningkatkan kapasitas untuk mengambil keputusan dengan tepat, 7) meningkatkan pengetahuan diri/insight, 8) meningkatkan hubungan pribadi, 9) merubah proses somatik meningkatkan kesadaran tubuh, dan 10) mengembangkan kesadaran, kontrol dan kreatifitas. Bentuk pendekatan psychotherapy agama dalam menanggulangi perilaku menyimpang LGBT di antaranya; 1) set-up, pendekatan dengan mengajak individu untuk menetralisir perlawanan psikologis bawah sadar (psychological reversal)¸ dan individu diajak untuk mengungkapkan keinginan (tekad)nya dalam mengembangkan diri, 2) tune in, membangkitkan emosi negatif klien dan kemudian mengembalikan semuanya kepada akibat dari emosi negatif tersebut, dan 3) tapping, membuka dan mengembangkan wawasan klien dengan harapan-harapan baik yang bisa dilakukan dan dicapainya pada masa yang akan datang. Kata Kunci: LGBT, Psikoterapi, Perilaku Menyimpang
GURU PROFESIONAL DAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS Syafruddin Nurdin
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 1, No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.771 KB) | DOI: 10.30983/educative.v1i1.118

Abstract

Untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas, guru profesional selain dituntut memiliki empat kompetensi utama yaitu: pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional juga diharapkan piawai dalam melakukan penelitian Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas adalah kajian sistematis dalam upaya perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan oleh sekelompok guru dengan melakukan tindakan dalam pembelajaran berdasarkan refleksi mereka mengenai hasil dari tindakan-tindakan tersebut. Tujuan utama Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) adalah untuk perbaikan dan meningkatkan layanan keprofesionalan pendidik dalam menangani proses Belajar-Mengajar. Tiga konsep dalam PTK adalah sebagai berikut: (1) Penelitian, yaitu kegiatan mencermati suatu objek melalui metode ilmiah; (2) Tindakan, yaitu aktifitas yang disengaja dilakukan dengan tujuan tertentu dalam penelitian berbentuk rangkaian siklus kegiatan, untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar mengajar; (3)Kelas, yaitu sekelompok siswa dalam waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari seorang guru
Hubungan Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran dengan Hasil Belajar Siswa Yelmi Yunarti
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 2, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.431 KB) | DOI: 10.30983/educative.v2i1.339

Abstract

The purpose of this study was to determine a significant positive relationship between internet utilization and student learning outcomes in SMA Negeri 1 OKU. This research is quantitative research using correlation method. The sample in this research is 216 students. Data collection in this research is using questionnaire. Data analysis using Pearson Product Moment formula. Based on the results of research elements of internet utilization in learning in SMA Negeri 1 OKU get good value is in terms of internet as a medium. While the weakest is the use of e-learning for learning. The result of the value of the correlation coefficient is 0.769. The correlation coefficient of 0.569 is included in the strong category. This shows a strong relationship of variable X (the use of Internet in Learning) with variable Y (learning outcomes) in students of SMA Negeri 1 OKU.
PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KESULITAN BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SEKOLAH BERASRAMA DI KOTA PADANG PANJANG Febri Hastuti
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 1, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.416 KB) | DOI: 10.30983/educative.v1i2.162

Abstract

Abstract The aims of this study are to analyze learning discipline that influence students learning difficulties of economics grade X at boarding schools in Padangpanjang. The type of this research is explorative research. The techniques of data analysis was done by using Wald Test and Chi Square at significance level 5%. Based on the finding and analysis of the data it can be concluded that third factors have significant influence in learning difficulties. Keywords: disiplin belajar, kesulitan belajar.
Pandangan Islam Terhadap Manusia : Terminologi Manusia dan Konsep Fitrah serta Implikasinya dengan Pendidikan Alfurqan Alfurqan; Harmonedi Harmonedi
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 2, No 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1900.785 KB) | DOI: 10.30983/educative.v2i2.468

Abstract

Abstrak memuat uraian singkat mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan dan hasil penelitian. Tekanan penulisan abstrak terutama pada hasil dan analisis penelitian. Abstrak ditulis dalam dua bahasa; bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, hanya saja abstrak bahasa Inggris disajikan terlebih dahulu dengan format miring atau Italic. Jumlah kata berkisar antara 150-200 kata. Pengetikan abstrak dilakukan dengan spasi 1 atau tunggal front 10 jenis huruf Garamond dengan margin yang lebih sempit dari margin kanan dan kiri teks utama. Kata kunci perlu dicantumkan untuk menggambarkan ranah masalah yang diteliti dan istilah-istilah pokok yang mendasari pelaksanaan penelitian. Kata-kata kunci dapat berupa kata tunggal atau gabungan kata. Jumlah kata-kata kunci 3-5 kata. Kata-kata kunci ini diperlukan untuk komputerisasi. pencarian judul penelitian dan abstraknya dipermudah dengan kata-kata kunci tersebut. Kata Kunci: konsep, fitrah, manusia, pendidikan
Pendidikan Multikultural Untuk Memperkuat Kohesifitas Persatuan dan Kesatuan Bangsa Charles Charles
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 2, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (710.059 KB) | DOI: 10.30983/educative.v2i1.319

Abstract

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat kuat sikap respeknya terhadap perbedaan. Bangsa Indonesia dengan Bhineka Tunggal Ikanya tidak berangan-angan untuk melahirkan satu kesatuan uniformity, tapi kesatuan dalam keragaman yakni unity in diversity disiniliah pentingnya Pendidikan Multikultural sebagai suatu pendekatan yang progresif untuk melakukan transformasi pendidikan yang secara menyeluruh membongkar kekurangan, kegagalan dan praktek-praktek diskriminasi dalam pendidikan oleh sebab itu pendidikan multikultural merupakan proses penanaman cara hidup menghormati, tulus dan toleran terhadap keragaman kebudayaan yang hidup di tengah-tengah masyarakat plural. Kata Kunci : Pendidikan Multikultural, persatuan, kesatuan bangsa.
KOMPETENSI GURU SD IT ADZKIA PADANG Hendrizal Hendrizal; Sisri Wahyuni; Evi Desmariani
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 1, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.592 KB) | DOI: 10.30983/educative.v1i2.158

Abstract

Abstract Positive Professional attitude of teacher can make them perform various teachers activities vigorously, otherwise negative professional attitude of teachers tend to reduce their performance. Professional teachers have the competencies required to perform the educational and teaching task appropriately and effectively. Teachers have four basic competencies, pedagogical competence, professional competence, social competence and personal competence. The purpose of this study was to describe the teachers competency of SDIT Adzkia. This type of research is descriptive analysis, a research method that is intended to describe the phenomenon. The population used in this research is all elementary school teachers in SDIT Adzkia Padang, while the sample used is five teachers in SD IT Adzkia Padang. The sampling technique used is random sampling. Based on the results, from the four competency standards that were being observed and the results of questionnaires, the competence of IT Adzkia primary school teachers generally good. Keywords: Competence
KONSTRUKSI PENDIDIKAN INTEGRATIF MENURUT HAMKA Nunu Burhanuddin
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 1, No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.169 KB) | DOI: 10.30983/educative.v1i1.119

Abstract

Abstrak memuat uraian singkat mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan dan hasil penelitian. Tekanan penulisan abstrak terutama pada hasil dan analisis penelitian. Abstrak ditulis dalam dua bahasa; bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, hanya saja abstrak bahasa Inggris disajikan terlebih dahulu dengan format miring atau Italic. Jumlah kata berkisar antara 150-200 kata. Pengetikan abstrak dilakukan dengan spasi 1 atau tunggal front 10 jenis huruf Garamond dengan margin yang lebih sempit dari margin kanan dan kiri teks utama. Kata kunci perlu dicantumkan untuk menggambarkan ranah masalah yang diteliti dan istilah-istilah pokok yang mendasari pelaksanaan penelitian. Kata-kata kunci dapat berupa kata tunggal atau gabungan kata. Jumlah kata-kata kunci 3-5 kata. Kata-kata kunci ini diperlukan untuk komputerisasi. pencarian judul penelitian dan abstraknya dipermudah dengan kata-kata kunci tersebut.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Problem Posing SD Inpres 6/75 Biru Kab. Bone Sulawesi Selatan Awaluddin Muin
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 2, No 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (33.611 KB) | DOI: 10.30983/educative.v2i2.464

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Problem Posing dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Biru? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Posing dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Biru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus yang diteliti adalah penerapan model pembelajaran Problem Posing dan hasil belajar Matematika. Setting penelitian yaitu kelas IV SD Inpres 6/75 Biru sedangkan subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 11 perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, beberan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang berarti, baik pada aktivits guru maupun siswa serta hasil belajar dalam proses pembelajaran matematika. Kesimpulan penelitian bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan proses dan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 KOTA SOLOK Revita Yuni
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 1, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.526 KB) | DOI: 10.30983/educative.v1i2.163

Abstract

Abstract The research was background by student’s of result of class X student studying economics at SMAN 3 Solok still low. In this case, the teacher is still using lecture and discussion methods in teaching and learning. In the discussion of the method is still often a child is passive and resigned to it in his more dominant at the time of group discussion. One of the way that can use to problem solve, it’s cooperative learning of gemerincing button type. Purpose of this study economics student learning outcomes using cooperative learning of gemerincing button type better than conventional learning models in X grade at SMA Negeri 3 Solok. The types of quasi-experimental research is the subject of purposive sample. The data used was obtained by ANOVA analysis used two lines. Based on data analysis, SPSS 20, with a probability value of 0.000. Thus, we can conclude the results of the economic study of students taught with cooperative learning economics learning outcomes students who were taught by using cooperative learning of gemerincing button type had higher outcomes than students who were taught by using conventional model in X grade at SMA Negeri 3 Solok, the trust level is 95%. Key Word: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing, Disiplin Belajar, Hasil Belajar Ekonomi

Page 1 of 11 | Total Record : 103