cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Rekayasa Teknologi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 66 Documents
Perencanaan Sistem Database Penempatan Tenaga Kerja Berbasis Web dengan Pendekatan Work Breakdown Structure dan COCOMO Martono, Aris
Rekayasa Teknologi Vol 4 No 2 (2012): Rekayasa Teknologi
Publisher : Rekayasa Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The project plan of manpower replacement system based on web is to aim preparing the system, supported tools and kinds of informations that be inputed in database oninternet so that some stakeholders—job seeker, company, higher education (to supplyexperts)and government as facilitator—can access the database system accurately,relevant and on-time.The project plan system had been done in Department of Manpower and Transmigrationthat be used of guidance for measuring the system project modul with work breakdownstructure dan constructive cost model (Cocomo) so it is easy to make a project costproposal.The result of calculation of the both approaches are the time schedule needs 7.68months where the product design modul needs 1.23 months with experts are 2.49 manmonths,the detaileddesignmodulneeds1.86monthswith expertsare2.5man-months,thecode modul and unit test need 2.51 months with experts are1.64 man-months.The project plans can be concluded as follows : (1) can be known the results ofestimated calculation for experts and time each activity; (2) can be made the organizationchart included experts and their tasks; and (3) can be made the time schedule.
Kajian Penjadwalan PLTA Pompa Dengan Metode Gradient Pada Sistem Tenaga Listrik Multi, Abdul
Rekayasa Teknologi Vol 2 No 2 (2011): Rekayasa Teknologi
Publisher : Rekayasa Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This paper presents the study of scheduling pumped storage unit based on the Gradient method. After optimizing hydro-thermal units existed in the system, the problem is to determine the scheduling of pumped storage unit. This paper concentrates on the study of solution methodology for pumped-storage. A pumped-storage unit can be operated in generation, pumping or idle states. It can smooth peak loads and provide spinning reserve, therefore plays an important role in reducing total generation costs. There are, however, many constraints limiting the operation of a pumped-storage unit, such as reservoir volume, inflow and discharge of hydro plant. It saves fuel costs by generating during peak load with water in the upper reservoir, which would be pumped up during light load hours.
Prototipe Sistem Pendukung Keputusan dengan Menerapkan Logika Fuzzy untuk Penilaian Kinerja Dosen: Studi Kasus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Erizal, Erizal
Rekayasa Teknologi Vol 7 No 1 (2014): Rekayasa Teknologi
Publisher : Rekayasa Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan evaluasi kinerja dosen merupakan rutinitas suatu perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas internal secara berkelanjutan. Fakultas Ilmu Sosial dan IlmuPolitik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA (UHAMKA) secara rutinsetiap semester melakukan evaluasi kinerja dosen. Namun hasil yang didapat olehpimpinan Fakultas dalam mengambil keputusan dan umpan balik (feedback) untuk dosenyang bersangkutan sangat lambat sekali, karena belum adanya suatu sistem keputusanyang efektif dan optimal dalam menentukan hasil dari evaluasi kinerja dosen di FISIPUHAMKA. Penelitian ini bertujuan melakukan pengembangan prototipe sistem pendukungkeputusanpenilaiankinerjaberdasarkankompetensi dosensebagaivariable penilaiankinerjadengan menggunakan pendekatan LogikaFuzzy dan SoftwareMatlab.Hasilpenelitian berupaprototipesistempendukung keputusanyangakan memberikandukunganinformasidi FISIPUHAMKAguna mempermudah prosespengambilan keputusan, khususnya dalam hal mengevaluasi kinerja dosen pada setiap semester.
Penyembunyian Informasi (steganography) Gambar Menggunakan Metode LSB (Least Significant Bit) M.Kom, Irfan
Rekayasa Teknologi Vol 5 No 1 (2013): Rekayasa Teknologi
Publisher : Rekayasa Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dengan semakin populernya media digital, perhatian pada tingkat keamanan akan menjadi semakin penting. Salah satu isu penting adalah tingkat keamanan pengirimaninformasi. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan enkripsi atau steganografi.Steganografi merupakan suatu metode untuk menyisipkan potongan sebuah informasirahasia dalam suatu objek media lain. Dalam steganografi dikenal data hiding atau dataembedding yaitu penyembunyian data yang nampak sangat familiar dengan enkripsi.Namun, data hiding dalam steganografi dan enkripsi sangat berbeda, dimana enkripsimelakukan data hiding dengan mengubah susunan karakter dalam suatu media yangsama. Sedangkan dalam steganografi, data hiding dilakukan dengan cara mengubahatau menukar beberapa informasi yang tidak terlihat penting dalam media host pembawapesan. Dalam jurnal ini, judul yang diajukan adalah penggunaan media gambar sebagaidata masukan media pembawa pesan rahasia berupa gambar dengan format BMP,metode yang digunakan adalah LSB (least significant bit).
Perancangan Piranti Perangkap Serangga (Hama) dengan Intensitas Cahaya Alim, Endy Sjaiful; Ramza, Harry
Rekayasa Teknologi Vol 3 No 1 (2012): Rekayasa Teknologi
Publisher : Rekayasa Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini memaparkan tentang piranti pengendali hama dengan memanfaatkan intensitas cahaya. Intensitas cahaya dapat berpengaruhterhadap perilaku serangga (hama), sehingga intensitas cahaya dapatdimanfaatkan guna menangkap serangga (hama) yang mana penangkapanserangga (hama) tersebut dapat dimanfaatkan dalam bidang pertanian(pengendalian hama serangga) serta dapat digunakan sebagai bahanpakan ternak. Cahaya memiliki daya tarik dan mampu mempengaruhi perilakuserangga (hama), dengan intensitas tertentu akan diperoleh efesiensisumber energi (catu daya), serta daya pikat untuk mengumpulkan serangga(hama). Kemampuan ini dapat dijadikan sebagai alat pengendalianpopulasi serangga yang tidak menguntungkan (hama) dengan pendekatanramah lingkungan, disamping juga serangga yang diperoleh dapatdijadikan sumber pakan ternak yang berkualitas.Piranti yang efektif dan efesien dapat dirancang agar cahayadapat dipergunakan secara praktis di lahan-lahan pertanian, denganmemperhatikan jangka waktu penggunaan dan sumber listrik yangdiperlukan.
Perkembangan Desain Pembangkit Uap Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Jenis PWR Suhaemi, Tjipta; Djainal, Djen Djen
Rekayasa Teknologi Vol 1 No 1 (2011): Rekayasa Teknologi
Publisher : Rekayasa Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah dilakukan kajian dan analisis perkembangan pembangkit uap pembangkit listriktenaga nuklir jenis PWR untuk mengetahui keandalan, kinerja, dan potensiketidaksesuaian pembangkit uap. Pembangkit uap termasuk salah satu sistem yang sangatpenting dalam suatu pembangkit listrik tenaga nuklir, karena pembangkit uap berfungsiuntuk menghasilkan uap yang diperlukan untuk menggerakkan turbin. Pembangkit ListrikTenaga Nuklir (PLTN) jenis PWR adalah jenis reaktor daya yang menggunakan airsebagai moderator dan uranium diperkaya sebagai bahan bakar. Kajian pada penelitiansebelumnya tentang pembangkit uap ini adalah terjadinya mekanisme degradasi yang disebabkan oleh fretting, wastage, crack, dan fatik. Untuk meminimalisir degradasitersebut dianjurkan untuk melakukan kegiatan perawatan yang konsisten. Kajiandilakukan dengan mengumpulkan data reaktor beserta sistem yang terkait denganpembangkit uap dari PLTN jenis PWR. Dilakukan pula kajian terhadap kriteria danpersyaratan keselamatan, tinjauan terhadap perkembangan desain pembangkit uap, sertaberbagai pengalaman pengoperasian PLTN jenis PWR. Pengalaman pengoperasianPLTN PWR menunjukkan kinerja yang cukup baik, dan sampai saat ini belum pernah adaPLTN jenis PWR yang mengalami kecelakaan fatal. Dilakukan pula pengkajian terhadap beberapa pembangkit uap PLTN jenis PWR di Amerika Serikat dan Perancis Dari hasilbahasan dapat diketahui bagaimana desain pembangkit uap PLTN jenis PWRdikembangkan sejak desain pertama sampai desain terakhir. Dapat disimpulkan bahwadesain dan teknologi keselamatan dari pembangkit uap PLTN jenis PWR dikembangkansecara bertahap untuk memenuhi peningkatan keandalan. Dewasa ini desain pembangkituap PWR telah dikembangkan lebih kompak, vertical, kualitas uap yang tinggi, serta menunjukkan kemampuan pengoperasian dan efisiensi yang lebih baik.
Perbandingan Koefisien Prestasi (CoP) pada Refrigerator dengan Refrigeran CFC R12 dan HC R134a untuk Panjang Pipa Kapiler yang Berbeda Muzakkir, Mohammad Arfan; MT, Rifky
Rekayasa Teknologi Vol 5 No 1 (2013): Rekayasa Teknologi
Publisher : Rekayasa Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bermacam-macam refrigeran telah banyak sebagai fluida pada refrigerator, salah satunya yang dapat merusak lingkungan seperti CFC (Cloro Floro Carbon). Untukmengurangi hal tersebut maka dilakukan penggantian refrigeran yang ramah lingkungan.Penggantian refrigeran memiliki pengaruh cukup besar terhadap temperatur yangdihasilkan di dalam evaporator. Pada penelitian ini, dilakukan penggantian refrigeranCFC R12 ke HC MC134a pada refrigerator satu pintu dan mengganti ukuran panjangpipa kapiler dengan ukuran 1.75m, 2.00m, 2.25m sebagai acuan dasar perbandingan. Hasil penelitian menujukkan nilai koefisien prestasi (CoP) untuk panjang pipa kapiler1,75 m = 3,05 (CFC R12), dan 3,40 (HC MC134a). Untuk panjang pipa kapiler 2 m =3,04 (CFC R12) dan 3,30 (HC MC134a). Untuk panjang pipa kapiler 2,25 m = 2,95(CFC R12), dan 3,34 (HC MC134a)Temperatur evaporator terendah yang di dapat adalah -16°C dengan ukuran panjangpipa kapiler 2,25 m untuk refrigerant HC MC134a.
Analisis SNR (Signal To Noise Ratio) terhadap Jarak Deteksi pada RADAR Menggunakan MATLAB Firmansyah, Ade
Rekayasa Teknologi Vol 4 No 2 (2012): Rekayasa Teknologi
Publisher : Rekayasa Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada makalah ini menjelaskan tentang analisis SNR (Signal To Noise) terhadap jarak deteksi dengan menggunakan program MATLAB 7.8. Variabel—variabel yang digunakanadalah daya pancar yang digunakan, gain antenna, frekuensi operasi yang digunakan,lebar pulsa radar, Nilai ambang pada radar (SNR) dan asumsi luas target radar. Datayang dihasilkan berupa grafik dari luas target yang berbeda–beda terhadap (SNR)min dandaya pancar yang berbeda terhadap jarak deteksi pada radar. Persamaan–persamaanradar yang ada dapat digunakan untuk variabel–variabel yang lain sesuai dengan nilaiyang dibutuhkan. Hasil grafik pada Program MATLAB 7.8 hanya menganalisis kondisi 3nilai dari variabel yang digunakan.min
Bahaya Kebisingan Di Lingkungan Kerja Pada Industri Penarikan Kawat Dan Metode Pengendaliannya Gunara, Muhammad
Rekayasa Teknologi Vol 2 No 2 (2011): Rekayasa Teknologi
Publisher : Rekayasa Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan kebisingan di lingkungan kerja terutama industri logam pada hakekatnya merupakan permasalahan multi dimensi,dari waktu ke waktu menjadi semakin penting untuk diperhatikan dandikendalikan sejalan dengan bertambahnya jenis dan jumlah sistem/produk/komponen engineering. Tuntutan akan produk/komponen denganrendah bising sudah merupakan parameter yang sangat menentukanguna menghasilkan produk dan rancangan yang kompetitif, apalagi biladikaitkan dengan era pasar bebas. Aspek pengendalian kebisingan ini menjadi sangat penting,karena disamping membawa efek fisis dan biologis pada tenaga kerja,juga merupakan permasalahan kenyamanan. Sebagai bunyi yang tidakdikehendaki dan merusak, kebisingan mempengaruhi konsentrasi,mengganggu komunikasi verbal (speech communication), menyebabkanberkurangnya kemampuan pendengaran secara temporer dan bertanggungjawab atas kerusakan indera pendengaran secara permanen.Keselamatan dan kenyamanan dalam bekerja di industri logammerupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dan dilaksanakanmengingat keselamatan dan kenyamanan ini berkaitan erat dengan elemenelemensistimdidalamnya seperti material,mesin,metode kerjadanyangtakkalahpentingnyaadalah elemen manusia dimana hal tersebut sebagaiassetyang bergunauntuk menjaga kelangsungan suatu perusahaan.Keterkaitan antara elemen-elemen diatas dalam suatu aktivitasproduksi mempunyai peluang untuk menimbulkanpotensi bahaya, dimanapotensi bahaya tersebut bisa berkembang lagi menjadi bentuk kerugianseperti yang ditemui pada proses penarikan kawat untuk kabel listrik daribahan aluminium atau tembaga. .
Rancang Bangun Attenuator 105 MHz-990 MHz Permana, Agus Mulya; Wibowo, Priyo; Mandaris, Dwi; Prayitno, Gunarwan; Fayakun, Kun; Harjadi, R. Harry
Rekayasa Teknologi Vol 1 No 1 (2011): Rekayasa Teknologi
Publisher : Rekayasa Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan Band Stop Filter pada Attenuator banyak digunakan karena rentang frekuensi attenuasi yang besar, serta perhitungan komponen yang tidak rumit. Penggunaan dioda pada rangkaian digunakan sebagai pemotong level tegangan pada sisi rangkaian pararel dan penahan arus DC pada sisi rangkaian serial. Model tipe π digunakan dengan cara pemberian arus pada baterai agar dapat memberikan level attenuasi yang besar. Rangkaian didalam attenuator ini menggunakan komponen pasif dimana komponen yang digunakan adalah sebuah dioda sebagai penyearah, kapasitor, resistor dan induktansi dan lain-lain. Metode pembuatan alat ini dengan cara merancang sebuah rangkaian yang telah ditentukan nilai komponennya. Di dalam pengujian alat ini digunakan sebuah spectrum analyzer atau function generator untuk melihat frekuensi gelombang radio yang sudah diredam.