cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR)
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
BIOEDUSCIENCE is a scientific journal in collaboration with the Association of Lecturer in Biology, Biology Education in Indonesia and Biology Association of Indonesia. This journal encompasses original research articles and short communications in the major of biology education and biology fields.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2019)" : 5 Documents clear
Validitas Konstruk Istrumen Evaluasi pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Andi Wibowo
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 2 No 2 (2019)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v3i2.5768

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alat evaluasi butir soal uraian yang terdapat pada buku teks Bahasa Indonesia kelas XI SMA Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Terbitan Yrama Widya yang dihubungkan dengan validitas konstruk untuk melihat subbidang keilmuan di buku teks Bahasa Indonesia tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan berdasarkan fakta atau gejala yang ada dan dapat diamati secara empiris. Penelitian ini sifatnya Applied Research (Penelitian Terapan) yaitu penelitian yang Berdasarkan atas alasan praktis, keinginan untuk mengetahui dan bertujuan agar dapat melakukan sesuatu yang lebih baik, efektif, dan efisien. Temuan yang didapatkan oleh peneliti pada alat evaluasi butir soal uraian buku teks Bahasa Indonesia kelas XI SMA Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 menemukan validitas konstruk keilmuan kebahasaan persentase sebesar 57,5%, validitas konstruk keilmuan kesusastraan persentase sebesar 25%, lalu untuk hasil analisis keterampilan berbahasa membaca persentase sebesar 17,5%, untuk keterampilan berbahasa menulis sebesar 7,5%. Setelah di atas temuan persentase validitas konstruk konten keilmuan kebahasaan, kesusastraan, dan keterampilan berbahasa, berikut temuan persentase ranah kognitif pada alat evaluasi butir soal uraian pada C1 sebesar 75%, C2 sebesar 2,5%, C4 sebesar 15%, dan C6 sebesar 10%. Hasil Penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu acuan dalam pengembangan instrument evaluasi dalam bahan ajar bahan ajar bahasa Indoneia.
Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Universitas Nasional Taufik Indarto
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 2 No 2 (2019)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v3i2.5769

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan 1) perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing, 2) pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing, 3) pola komunikasi pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing, 4) kendala dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing di Universitas Nasional, 5) upaya mengatasi kendala dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing di Universitas Nasional. Hasil penelitian ini adalah 1) perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing cukup baik dan positif, 2) pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing yang dilaksanakan pengajar sudah mengarah pada pengembangan kemampuan berbahasa Indonesia siswa melalui pengenalan budaya Indonesia, 3) pada pola komunikasi pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing masih terjadi interferensi bahasa pada siswa, 4) kendala dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing di Universitas Nasional dapat dibedakan ke dalam enam sumber kesulitan, yaitu a) kesibukan atau keperluan mendesak pengajar, b) penyampaian atau bicara yang terlalu cepat, c) bahasa pengantar pada awal pertemuan, d) sarana dan prasarana kelas besar, e) silabus, RPP, referensi buku digital, dan buku conversation, 5) upaya mengatasi kendala dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing di Universitas Nasional adalah dengan mengganti pertemuan yang hilang, mengubah tempo berbicara lebih pelan, menggunakan bentuk simbol dan gambar dalam pertemuan awal, mengajukan permohonan untuk membuka kelas besar, serta bekerja sama dengan instansi lain seperti Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengadakan bimbingan teknis sosialisasi dan verifikasi data yang berkaitan dengan standar acuan silabus, RPP, referensi buku digital, dan buku conversation.
NILAI SUFISTIK PADA BIOGRAFI AYAH… : KISAH BUYA HAMKA KARYA IRFAN HAMKA Abdul Latif
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 2 No 2 (2019)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v3i2.5770

Abstract

Penelitian ini berkenaan dengan apresiasi sastra dalam bentuk biografi implikasinya terhadap pembelajaran sastra Indonesia di SMA. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini berkenaan dengan nilai-nilai sufistik Kisah Buya Hamka pada Biografi berjudul Ayah karya Irfan Hamka. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data. Peneliti menganalisis unsur ekstrinsik pada aspek penokohan untuk mengetahui nilai sufistik. Hasil penelitian menyimpulkan berdasarkan nilai-nilai sufistik yang diteliti yaitu sebanyak 71 nilai dengan rincian yaitu nilai tobat sebanyak 48 nilai dengan pengertian mendekatkan diri hanya kepada Allah swt; zuhud 3 nilai, sesuai dengan kebutuhannya; sabar 10 nilai dengan pengertian menghindarkan diri dan menahan diri ketika mendapatkan ujian; tawakal 6 nilai dengan pengertian bersikap menyerahkan diri dari segala perkara serta berikhtiar hanya kepada Allah Swt; dan kerelaan/qanaah 3 nilai dengan pengertian bersikap kepuasan diri/cukup.
Keterbacaan Teks-Teks pada Buku Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2017 (Analisis Fry) Muhammad Yusuf Saputro
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 2 No 2 (2019)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v3i2.5772

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang tingkat keterbacaan teks-teks yang ada pada buku siswa kelas VII kurikulum 2013 revisi 2017 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi yang digunakan dalam penelitian ini. Pemilihan data dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling dari seluruh teks yang ada pada buku tersebut. Hasil penelitian dari 8 jenis teks dipilih sampel 6 jenis teks. Teks yang sesuai dengan kriteria keterbacaan jenjang kelas VII berjumlah 5 teks, dan 1 teks tidak sesuai kriteria. Penelitian ini penting dilakukan karena kualitas teks dalam buku menentukan tujuan dibuatnya buku tersebut terlebih tujuan dari pembelajaran tersebut. Teks yang tidak memenuhi kriteria dan dipakai secara nasional akan berdampak sangat besar bagi pemahaman peserta didik yang ada di Indonesia. Dengan demikian, perlu adanya penelitian yang mendalam untuk melihat kesesuaian teks dalam buku teks siswa yang telah direvisi ini agar dapat memberikan dampak positif untuk pembelajaran bahasa Indonesia.
Peran Kegiatan Literasi Baca Tulis dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kelas Awal di Wilayah Pinggiran Kab. Sorong (Kemitraan Unicef dan Unimuda Sorong) Nursalim Nursalim; Surya Putra Raharja
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 2 No 2 (2019)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v3i2.5773

Abstract

Penelitian ini membahas literasi baca tulis kelas awal di wilayah pinggiran Kabupaten Sorong. Tujuan penelitian mendeskripsikan peran kegiatan literasi baca tulis dalam meningkatkan kemampuan membaca kelas awal di wilayah pinggiran Kab. Sorong kemitraan Unicef dengan Kampus Unimuda Sorong. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan menggunakan instrument EGRA. Untuk mempertahankan tingkat kesalahan 5% dengan tingkat kepercayaan 95%, jumlah sekolah yang menjadi sampel dalam studi EGRA ini adalah 406, yang dipilih secara acak dari 21 sekolah yang berpartisipasi dalam studi baseline. Di tiap sekolah, 18 murid kelas awal (kelas dua dan tiga) dipilih secara acak. Untuk membandingkan dengan adil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca para siswa kelas awal di sekolah intervensi, untuk model A , telah meningkat secara signifikan. Peningkatan ini terlihat jelas di ketujuh sub-tugas EGRA, yaitu mengenali bunyi huruf, membaca kata yang tidak bermakna, kelancaran membaca lisan, pemahaman bacaan, pemahaman menyimak, kosa kata Bahasa Indonesia, dan dikte. Pada sekolah model B tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan baca siswa meskipun demikian di beberapa sub-tugas EGRA di terdapat peningkatan dibandingkan dari hasil baseline, sedangkan pada sekolah replikasi mendapatkan hasil yang baik dimasing-masing sub-tugas jika dibandingkan nilai baseline pada sekolah intervensi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5