cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR)
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
BIOEDUSCIENCE is a scientific journal in collaboration with the Association of Lecturer in Biology, Biology Education in Indonesia and Biology Association of Indonesia. This journal encompasses original research articles and short communications in the major of biology education and biology fields.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2021)" : 11 Documents clear
Kohesi dan Koherensi pada Surat Dinas di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Praumulih Syelly Eka Permatasari
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 4 No 1 (2021)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v3i2.5771

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apa saja jenis kohesi dan koherensi yang digunakan dan bagaimana kekohesifan dan kekoherensian dalam surat dinas di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan jenis kohesi dan koherensi, serta kekohesifan dan kekoherensian dalam surat dinas di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih. Metode penelitiannya, deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik dokumentasi dan check list dalam pengumpulan datanya. Sumber data dalam penelitian ini adalah surat dinas yang berjumlah 23 surat. Berdasarkan hasil analisis data surat dinas yang dikeluarkan kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih dapat diketahui, bahwa penggunaan jenis penanda kohesi gramatikal berjumlah 185 penanda dan kohesi leksikal berjumlah 32 penanda. Jenis koherensi yang berjumlah 27 penanda. Secara keseluruhan kekohesifan dapat dikategorikan sangat baik 88,7 % dan kekoherensian dapat dikategorikan sangat baik 91,6 %. Dengan demikian kohesi dan koherensi surat dinas di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih sudah baik.
KUMPULAN CERITA ANAK SEMUT RAKSASA KARYA ANI ROSTIANI DKK. : Telaah Penguatan Pendidikan Karakter Berti Nurul Khajati
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 4 No 1 (2021)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v4i1.7616

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lima unsur penguatan pendidikan karakter dalam kumpulan cerita anak Semut Raksasa karya Ani Rostiani dkk. yang dikaitkan dengan teori pendidikan karakter menurut Thomas Lickona, Ki Hajar Dewantara, dan Lawrence Kohlberg. Penelitian ini menggunakan paparan kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi. Penelitian terhadap kumpulan cerita anak Semut Raksasa karya Ani Rostiani dkk. menghasilkan data analisis yang memuat lima unsur penguatan pendidikan karakter dengan proporsi seimbang pada lima poin yaitu unsur religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Subnilai-subnilai yang terdapat dalam wacana yang dianalisis memiliki kesesuaian dengan teori pendidikan karakter menurut Thomas Lickona, Ki Hajar Dewantara, dan Lawrence Kohlberg. Berdasarkan temuan penelitian maka dapat diketahui bahwa unsur penguatan pendidikan karakter yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas masing-masing terdapat dalam lima judul cerita dari sembilan judul yang diteliti. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kumpulan cerita anak Semut Raksasa karya Ani Rostiani dkk. memuat unsur-unsur yang dibutuhkan dalam upaya penguatan pendidikan karakter sehingga layak digunakan sebagai materi pendukung dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya bagi siswa sekolah dasar. Kata Kunci: cerita anak, Semut Raksasa, Penguatan Pendidikan Karakter Abstract This research aims to analyze the five elements of strengthening character education in the collection of children's stories Semut Raksasa by Ani Rostiani et al. which is associated with the theory of character education according to Thomas Lickona, Ki Hajar Dewantara, and Lawrence Kohlberg. This research uses descriptive qualitative exposure with content analysis method. Research on a collection of children's stories Semut Raksasa by Ani Rostiani et al. produce analytical data that contains five elements of strengthening character education with the balanced proportions at five points, namely religious, nationalist, independent, mutual cooperation and integrity elements. The sub-values contained in the analyzed discourse have conformity with the theory of character education according to Thomas Lickona, Ki Hajar Dewantara, and Lawrence Kohlberg. Based on the research findings, it can be seen that the elements of strengthening character education, namely religious, nationalist, independent, mutual cooperation and integrity are contained in five of the nine titles studied. From this research, it can be concluded that the collection of children's stories Semut Raksasa by Ani Rostiani et al. contains the elements needed in efforts to strengthen character so that it is appropriate to be used as supporting material in Indonesian language learning, especially for elementary school students. Keywords: children's stories, Semut Raksasa, Strengthening Character Education
Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII: Tinjauan Isi, Bahasa, dan Teknik Penyajian Rifada Robhita Silmi Kaaffah
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 4 No 1 (2021)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v4i1.7707

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan buku teks ditinjau dari segi isi, bahasa, dan teknik penyajian. Penelitian ini berpendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pertama, materi buku teks sesuai dengan kompetensi dasar dalam Kurikulum 2013, kedua, bahasa penyajian buku teks sesuai dengan tingkat perkembangan bahasa siswa, dan ketiga, buku teks sangat sesuai dengan teknik penyajian dalam Kurikulum 2013. Buku teks bahasa Indonesia Mahir Berbahasa Indonesia, Jilid 2 Kelas VIII SMP/MTs layak digunakan sebagai sumber pembelajaran.dan klausa dwi-intransitif ini dapat membuat konstruksi kalimat menjadi lebih efektif dan sederhana.
Content Validity of English Summative Test Rizky Hilaldy
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 4 No 1 (2021)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v4i1.7708

Abstract

The objective of the research was to answer the question of the study whether the content of the English summative test of the tenth grade students at SMA An- Nurmaniyah in the 2016/2017 academic year was in line with the English syllabus content of 2013 Curriculum. In this research, the writer used descriptive comparative analysis. The writer compared a set of the English summative test content with a number of required items in the English syllabus content used in teaching and learning activities.The instruments were in the checklists forms which were arranged based on materials and objectives in syllabus of the 2013 Curriculum. The materials and objectives of each language skills were identified and arranged into the lists. They were changed into the questions as instrument. The research found that the content validity of the English summative test which was administered at the school was quite appropriate with the syllabus content of 2013 Curriculum. The percentage of the materials the material conformity was 20%. Meanwhile, the the percentage of objective reading skill conformity was 57%. And then, the the percentage of objective writing skill conformity was 64% However, in the listening and speaking skills could not be analyzed because they did not exist in the summative test for tenth grade student. The benefit of the research result is to help the teacher to arrange and make a good test.
Tindak Tutur Komisif Politikus Pemenang Partai Pemilu di Indonesia Tahun 2019: Kajian Pragmatik Yelmida
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 4 No 1 (2021)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v4i1.7709

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya tuturan komisif pada pidato politikus partai pemilu di Indonesia tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi, fenomenologi, grounded theory, dan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan: 1. Jenis tindak tutur komisif yang terdapat pada pidato politikus pemenang partai pemilu di Indonesia tahun 2019 ditemukan jenis tindak tutur berniat, berjanji, dan, menawarkan. 2. Fungsi tindak tutur komisif politikus pemenang partai pemilu di Indonesia tahun 2019 terdiri atas 43 fungsi tindak tutur berniat ditandai dengan penanda gramatikal akan . 38 fungsi tindak tutur berjanji ditandai dengan penanda gramatikal harus, akan pasti dan InsyaAllah. 3 fungsi tindak tutur menawarkan ditandai dengan penanda gramatikal dapat, menawarkan. Tuturan bersumpah tidak ditemukan. Dengan demikian, kecenderungan yang paling banyak digunakan adalah tindak tutur janji yang komisif.
Model Pertutuan Introgatif Anak Prasekolah : Kajian Sintaksis Dan Sematis Wini Tarmini
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 4 No 1 (2021)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v4i1.8150

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan model pertuturan kalimat interogatif siswa prasekolah dalam proses pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah tuturan siswa kelas A Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Qurrota A’yun Lampung. Metode penelitian ini adalah metode deskriptip kualitatif dengan pendekatan studi kasus observasi (observational case studies) dengan teknik pengumpulan data interogatif melalui observasi partisipan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kalimat interogatif yang digunakan anak prasekolah pada saat beinteraksi dalam pembelajaran di kelas berupa kalimat interogatif dengan menggunakan kata tanya dan intonasi tanya. Pada kalimat interogatif yang menggunakan kata tanya, kata yang digunakan berupa variasi kata tanya apa (ngapain), siapa, bagaimana (gimana, gini), kenapa (kok), mana (di mana, ke mana, dari mana), berapa. Pada kalimat interogatif dengan intonasi tanya ditandai oleh struktur kalimat yang menyatakan makna bertanya. Dari jumlah data penelitian kalimat interogatif sebanyak 530 ditemukan kalimat interogatif yang menggunakan kata tanya sebanyak 302 dan kalimat interogatif dengan intonasi tanya sebanyak 228 .
KUMPULAN CERITA ANAK SEMUT RAKSASA KARYA ANI ROSTIANI DKK. : Telaah Penguatan Pendidikan Karakter Berti Nurul Khajati
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 4 No 1 (2021)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v4i1.7616

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lima unsur penguatan pendidikan karakter dalam kumpulan cerita anak Semut Raksasa karya Ani Rostiani dkk. yang dikaitkan dengan teori pendidikan karakter menurut Thomas Lickona, Ki Hajar Dewantara, dan Lawrence Kohlberg. Penelitian ini menggunakan paparan kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi. Penelitian terhadap kumpulan cerita anak Semut Raksasa karya Ani Rostiani dkk. menghasilkan data analisis yang memuat lima unsur penguatan pendidikan karakter dengan proporsi seimbang pada lima poin yaitu unsur religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Subnilai-subnilai yang terdapat dalam wacana yang dianalisis memiliki kesesuaian dengan teori pendidikan karakter menurut Thomas Lickona, Ki Hajar Dewantara, dan Lawrence Kohlberg. Berdasarkan temuan penelitian maka dapat diketahui bahwa unsur penguatan pendidikan karakter yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas masing-masing terdapat dalam lima judul cerita dari sembilan judul yang diteliti. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kumpulan cerita anak Semut Raksasa karya Ani Rostiani dkk. memuat unsur-unsur yang dibutuhkan dalam upaya penguatan pendidikan karakter sehingga layak digunakan sebagai materi pendukung dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya bagi siswa sekolah dasar. Kata Kunci: cerita anak, Semut Raksasa, Penguatan Pendidikan Karakter Abstract This research aims to analyze the five elements of strengthening character education in the collection of children's stories Semut Raksasa by Ani Rostiani et al. which is associated with the theory of character education according to Thomas Lickona, Ki Hajar Dewantara, and Lawrence Kohlberg. This research uses descriptive qualitative exposure with content analysis method. Research on a collection of children's stories Semut Raksasa by Ani Rostiani et al. produce analytical data that contains five elements of strengthening character education with the balanced proportions at five points, namely religious, nationalist, independent, mutual cooperation and integrity elements. The sub-values contained in the analyzed discourse have conformity with the theory of character education according to Thomas Lickona, Ki Hajar Dewantara, and Lawrence Kohlberg. Based on the research findings, it can be seen that the elements of strengthening character education, namely religious, nationalist, independent, mutual cooperation and integrity are contained in five of the nine titles studied. From this research, it can be concluded that the collection of children's stories Semut Raksasa by Ani Rostiani et al. contains the elements needed in efforts to strengthen character so that it is appropriate to be used as supporting material in Indonesian language learning, especially for elementary school students. Keywords: children's stories, Semut Raksasa, Strengthening Character Education
Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII: Tinjauan Isi, Bahasa, dan Teknik Penyajian Rifada Robhita Silmi Kaaffah
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 4 No 1 (2021)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v4i1.7707

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan buku teks ditinjau dari segi isi, bahasa, dan teknik penyajian. Penelitian ini berpendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pertama, materi buku teks sesuai dengan kompetensi dasar dalam Kurikulum 2013, kedua, bahasa penyajian buku teks sesuai dengan tingkat perkembangan bahasa siswa, dan ketiga, buku teks sangat sesuai dengan teknik penyajian dalam Kurikulum 2013. Buku teks bahasa Indonesia Mahir Berbahasa Indonesia, Jilid 2 Kelas VIII SMP/MTs layak digunakan sebagai sumber pembelajaran.dan klausa dwi-intransitif ini dapat membuat konstruksi kalimat menjadi lebih efektif dan sederhana.
Content Validity of English Summative Test Rizky Hilaldy
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 4 No 1 (2021)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v4i1.7708

Abstract

The objective of the research was to answer the question of the study whether the content of the English summative test of the tenth grade students at SMA An- Nurmaniyah in the 2016/2017 academic year was in line with the English syllabus content of 2013 Curriculum. In this research, the writer used descriptive comparative analysis. The writer compared a set of the English summative test content with a number of required items in the English syllabus content used in teaching and learning activities.The instruments were in the checklists forms which were arranged based on materials and objectives in syllabus of the 2013 Curriculum. The materials and objectives of each language skills were identified and arranged into the lists. They were changed into the questions as instrument. The research found that the content validity of the English summative test which was administered at the school was quite appropriate with the syllabus content of 2013 Curriculum. The percentage of the materials the material conformity was 20%. Meanwhile, the the percentage of objective reading skill conformity was 57%. And then, the the percentage of objective writing skill conformity was 64% However, in the listening and speaking skills could not be analyzed because they did not exist in the summative test for tenth grade student. The benefit of the research result is to help the teacher to arrange and make a good test.
Tindak Tutur Komisif Politikus Pemenang Partai Pemilu di Indonesia Tahun 2019: Kajian Pragmatik Yelmida
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 4 No 1 (2021)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v4i1.7709

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya tuturan komisif pada pidato politikus partai pemilu di Indonesia tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi, fenomenologi, grounded theory, dan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan: 1. Jenis tindak tutur komisif yang terdapat pada pidato politikus pemenang partai pemilu di Indonesia tahun 2019 ditemukan jenis tindak tutur berniat, berjanji, dan, menawarkan. 2. Fungsi tindak tutur komisif politikus pemenang partai pemilu di Indonesia tahun 2019 terdiri atas 43 fungsi tindak tutur berniat ditandai dengan penanda gramatikal akan . 38 fungsi tindak tutur berjanji ditandai dengan penanda gramatikal harus, akan pasti dan InsyaAllah. 3 fungsi tindak tutur menawarkan ditandai dengan penanda gramatikal dapat, menawarkan. Tuturan bersumpah tidak ditemukan. Dengan demikian, kecenderungan yang paling banyak digunakan adalah tindak tutur janji yang komisif.

Page 1 of 2 | Total Record : 11