cover
Contact Name
Kiki Fatmawati
Contact Email
kikifatmawati86@uinjambi.ac.id
Phone
+6282281174070
Journal Mail Official
pej.pgmi.ftk@uinjambi.ac.id
Editorial Address
Jl. Jambi - Muara Bulian Km.16, Muara Jambi-Jambi Telp/Faks. (0741)583183 / 082177191704
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
(PEJ) Primary Education Journal
ISSN : -     EISSN : 25982206     DOI : https://doi.org/10.30631/pej
Core Subject : Education, Social,
Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education Jurnal (PEJ): Jurnal Program Studi PGMI berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan di Madrasah atau Sekolah, inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2 (2023): 2023.2" : 5 Documents clear
META ANALISIS PERAN TEMAN SEBAYA DALAM MENINGKATKAN SOCIAL SKILL PADA PESERTA DIDIK Yudha Rello Pambudi; Syahrani Novia Siregar; Fitriani; Serita Ningsih; Kasmawati
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 7 No. 2 (2023): 2023.2
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sahabat sebaya atau teman sebaya memegang peran yang sangat penting dalam peningkatan keterampilan sosial. Teman sebaya juga berperan dalam membantu meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini menganalisis keberhasilan peran teman sebaya dalam meningkatkan social skill pada peserta didik. Penelitian ini membandingkan 8 jurnal dan 2 skripsi yang sudah memenuhi syarat. Penelitian ini memakai metode meta analisis dengan menelaah beberapa artikel pada jurnal nasional. Meta analisis pada penelitian ini digunakan untuk menganalisis efektivitas peran teman sebaya terhadap peningkatan social skill pada peserta didik. Meta analisis memiliki beberapa tahapan yaitu mengarahkan pada topik/tema, membuat desain secara holistic atau keseluruhan, mencari sampel penelitian, mengumpulkan data, serta menganalisis data. Sesuai hasil penelitian sampel 8 jurnal dan 2 skripsi menunjukkan besarnya imbas penerapan peran teman sebaya kearah yang positif. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata yang diperoleh dari data yang telah dianalisis yakni 19,9. Kemudian dari data-data sebelumnya dan rata-rata sesudah dengan peran teman sebaya mempunyai perubahan yang cukup signifikan sebanyak 30,935%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan peran teman sebaya mampu meningkatkan social skill peserta didik. Hal ini dikarenakan penerapan peran teman sebaya cukup efektif digunakan untuk meningkatkan social skill peserta didik. Kesimpulan penelitian ini dapat ditinjau bahwa dengan penerapan peran teman sebaya dapat menyampaikan dampak positif terhadap meningkatnya social skill pada siswa.
IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKN DI SEKOLAH DASAR Lula Dwi Kemaliah; Nina Kania Dwi; Santika Az Zahra; Rana Gustian Nugraha
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 7 No. 2 (2023): 2023.2
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/pej.v7i2.114

Abstract

This article examines the implementation of the traditional game "Gerobak Sodor" in increasing students' learning creativity in Citizenship Education (PKN) subjects in elementary schools. Gerobak Sodor is a game that involves traditional and local elements which can be an effective tool for improving the PKN learning process. This research uses a questionnaire as a tool to collect data from students involved in the game. The results of this research indicate that the Sodor Cart game can be an effective tool in increasing learning motivation and understanding of PKN concepts, especially in the context of cooperation and mutual cooperation.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI DI KELAS V MIN 1 BATAM Narti Harahap
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 7 No. 2 (2023): 2023.2
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/pej.v7i2.118

Abstract

Penelitian ini berawal dari kurangnya hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran matematika, sehingga terlihat pada hasil belajar siswa masih banyak dibawah ketuntasan yang ditetapkan sekolah. Pembelajaran masih terfokus pada guru. Rumusan masalah ini penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dikelas dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dikelas dalam pembelajaran matematika dan sejauh mana strategi pembelajaran metode inkuiri dapat meningkatkan dan hasil belajar siswa dalam mata pembelajaran matematika sisa menggunakan metode inkuiri di kelas V MIN 1 Batam yang berjumlah 23 orang. Berdasarkan hasil analisis lembar hasil belajar siswa diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 65%. Pada siklus II menjadi 89. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika menggunakan metode inkuiri di kelas V MIN 1 Batam.
VALIDITAS DAN EFEKTIFITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL YAQIN MUARO JAMBI Muhaiminah Jalal; Desvi Ramadhana
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 7 No. 2 (2023): 2023.2
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/pej.v7i2.119

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengerahui Validitas dan Efektifitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yakni dengan adanya LKPD berbasis CTL siswa dapat diajak untuk mengaitkan antara materi pelajaran dengan kegiatan yang nyata berupa kegiatan sehari- hari mereka dan juga langsung untuk diajak kerja ilmiah, sehingga pembelajaran lebih bermakna untuk siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model Bord and Gall. Hasil kevalidan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis contextual teaching and learning pada pembelajaran tematik di MIS Nurul Yaqin Muaro Jambi berada pada kategori valid dengan nilai sebesar 4,71. Pada tingkat kelayakan di ketegori tinggi dengan rata-rata 4,64. Adapun tingkat keefektifan berada pada kategori sangat tinggi dengan nilai hasil belajar memiliki rata-rata 85,41 dan ketuntasan klasikal 100%.
PEMBINAAN MUSIK TRADISIONAL KOMPANGAN UNTUK MENUMBUHKAN KEPEDULIAN BUDAYA LOKAL Sri Ramadhanti
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 7 No. 2 (2023): 2023.2
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/pej.v7i2.120

Abstract

Musik modern yang berkembang pada saat ini sangat berpengaruh pada pemahaman dan keingintahuan masyarakat terhadap kebudayaan tradisionalnya sendiri khusunya musik tradisional. Masuknya era digital yang serba instan dan serba cepat mengakibatkan kebudayaan lokal seperti musik tradisional kurang diminati. Muda mudi saat ini lebih menyukai musik pop barat dan musik elektronik (EDM). Jika hal ini terjadi, keberadaan musik tradisional bisa dipastikan hilang seiring berjalannya waktu sehingga perlu kiranya upaya nyata dalam meningkatkan kepedulian generasi muda pada keberadaan musik tradisional Melayu Jambi yaitu Kompangan. Pembinaan seni musik trasional menjadi salah satu upaya untuk memberikan pengenalan dan latihan bermain kompangan melalui kegiatan pengabdian, bekerjasama dengan Sanggar Seni PAC PGMI UIN STS Jambi sebagai mitra. Melalui kegiatan pengabdian ini, diharapkan agar anggota sanggar Seni PAC PGMI semakin tertarik dan semangat berkreatifitas dan mengembangkan skill bermusik khususnya musik tradisional kompangan untuk melestarikan dan memperkenalkan salah satu budaya lokal daerahnya. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk melatih dan meningkatkan pengetahuan musik tradisional Kompangan kepada anggota divisi Kompangan di Sanggar Seni PAC PGMI dan menumbuhkembangkan kesadaran untuk ikut peduli akan kebudayaan tradisionalnya. Untuk metodenya adalah metode demontrasi dan metode latihan yang lebih banyak melibatkan peran serta aktif pada objek pengabdian yaitu anggota Sanggar Seni PAC PGMI UIN STS Jambi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5