cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer
ISSN : 2442241X     EISSN : 25285211     DOI : -
Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang teknologi informasi dan komputer. Jurnal ini merupakan sarana bagi peneliti di bidang ilmu teknologi informasi dan komputer untuk mempublikasikan karya-karya penelitiannya. Redaksi penyunting jurnal Teknologi Informasi dan Komputer terdiri dari dosen-dosen yang terkait bidang ilmu teknologi informasi dan komputer dalam konsentrasi antara lain : Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, Jaringan dan Keamanan Komputer, Pengolahan Citra, Multimedia dan Kecerdasan Buatan, dan konsentrasi lainnya terkait bidang ilmu teknologi informasi dan komputer.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer" : 14 Documents clear
PERANCANGAN DISTRIBUSI SISTEM INFORMASI UNTUK OPTIMALISASI PERUBAHAN JADWAL KULIAH BERBASIS MOBILE ANDROID (STUDI KASUS: STIKI INDONESIA) Yuri Prima Fittryani; Made Suci Ariantini
Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (683.414 KB)

Abstract

ABSTRACTScheduling distribution problems that exist in STIKI namely if there are lectures that are canceled, postponed lectures, and substitute lectures, students will get notifications after being in college or from BAAK (unless the lecturer informs the students via the whatsapp application), changes in class schedules cannot be accessed online by students. All lecturers who want to cancel lectures, postpone lecture time, and change lecture schedules must pass BAAK (it takes time to get to students, while students are often unable to attend the substitute lectures). From the problems above, then we will analyze and create a design and information system based on Android mobile applications. Distribution information system changes lecture schedules that can be accessed by every student, lecturer and BAAK to facilitate access and convey information. This makes it easy in the process of distributing information to students and lecturers at STIKI INDONESIA quickly and accurately.Keywords: distribution, information systems, scheduling, mobile androidABSTRAKAdapun beberapa masalah distribusi penjadwalan yang ada pada STIKI yaitu jika terdapat kuliah yangdibatalkan, kuliah yang diundur, dan kuliah pengganti, mahasiswa akan mendapatkan pemberitahuansetelah berada dikampus atau dari BAAK (kecuali jika dosen menginfokan ke group mahasiswa lewataplikasi WhatsApp), adanya perubahan jadwal kuliah tidak bisa diakses secara online oleh mahasiswa.Semua dosen yang ingin membatalkan kuliah, mengundur waktu perkuliahan, serta mengganti jadwalperkuliahan harus melewati BAAK (perlu waktu untuk sampai ke mahasiswa, sementara mahasiswasering berhalangan hadir pada kuliah pengganti. Dari permasalahan diatas, maka kami akanmenganalisis dan membuat sebuah rancang bangun aplikasi sistem informasi berbasis mobile android.System informasi pendistribusian perubahan jadwal perkuliahan yang dapat diakses setiap mahasiswa,dosen, serta BAAK untuk memudahkan mengakses dan menyampaikan informasi. Hal ini memberikankemudahan dalam proses distribusi informasi kepada Mahasiswa dan Dosen di STIKI INDONESIAsecara cepat, tepat, dan akurat.Kata kunci : distribusi, sistem informasi, penjadwalan, mobile, android.
SISTEM INFORMASI USULAN ANGGARAN DANA DESA BERBASIS WEB DI KANTOR DESA PETANG I Gusti Agung Istri Siva Larasathi; Ni Made Estiyanti; I Putu Satwika
Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (946.85 KB)

Abstract

ABSTRACTThis study aims to create a design plan web-based for the village budget proposal and a village fundbudget recapitulation that addresses several problems that occur in the village office's externalenvironment. The study was conducted at the Petang Village Office. The system development methodused in this study is waterfall method which only reaches thephase testing. This system was built withthe CSS framework Bootstrap and web framework Laravel, and for databases using MySQL. This webbasedsystem is expected to be able to answer number of problems that occur, such as proposals frompeople with minimal personal contact information, submitting proposals made many times becausehardcopy of proposals is often lost, and so forth. The design of the system of village fund budgetproposals and web-based village fund recapitulation will be used by 3 (three) types of users, namelyadmin, village head, and banjar clan.Keywords: Proposed Village Fund Budget, Village Accounting, Bootstrap, Laravel, MySQL.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah rancang bangun sistem usulan anggaran dana desa danrekapitulasi anggaran dana desa berbasis web yang menjawab beberapa masalah yang terjadi dilingkungan eksternal kantor desa. Penelitian dilakukan di Kantor Desa Petang. Metode pengembangansistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode waterfall yang hanya sampai dengan fasetesting. Sistem ini dibangun dengan framework CSS Bootstrap dan web framework Laravel, serta untukdatabase menggunakan MySQL. Sistem berbasis web ini diharapkan dapat menjawab beberapapermasalahan yang terjadi, seperti proposal dari klian banjar minim informasi kontak personal,pengajuan usulan dilakukan berkali-kali karena hardcopy proposal sering kali hilang, dan lainsebagainya. Rancang bangun sistem usulan anggaran dana desa dan rekapitulasi dana desa berbasis webakan dapat digunakan oleh 3 (tiga) jenis user, yakni admin, kepala desa, dan klian banjar.Kata Kunci: Usulan Anggaran Dana Desa, Akuntansi Desa, Laravel, MySQL.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN NILAI SISWA PADA SMK KESEHATAN PANCA ATMA JAYA I Putu Eka Andika Cakra; Made Leo Radhitya; Ketut Laksmi Maswari
Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (851.781 KB)

Abstract

ABSTRACTSMK Kesehatan Panca Atma Jaya is one of the vocational school in the Klungkung area, where every semester students will recieve report cards as a result of teaching and learning process. The process of recording report at SMK Kesehatan Panca Atma Jaya is hampered by late collection of student grades made by the honorary teacher causing the preparation of report cards a little delayed. This research was created to assist in the processing of report cards grades and assist teachers in collecting grades because the process inputing grades can be done online. In addition this system is equipped with e-mail notifications. Functional and non-fuctional testing, it can be concluded that the design of students report cards processing information system has een running in accordance with fuctional and non-fucntional testing.Keywords: Information System, Report Cards, Email Notification..ABSTRAKSMK Kesehatan Panca Atma Jaya merupakan salah satu sekolah kejuruan yang ada didaerah klungkung, dimana setiap semester siswa akan menerima rapor sebagai hasil proses belajar mengajar. Proses perekapan nilai rapor pada SMK Kesehatan Panca Atma Jaya terkendala pada pengumpulan nilai yang sering terlambat yang dilakukan oleh guru honorer menyebabkan penyusunan rapor sedikit terhambat. Penelitian ini dibuat untuk membantu dalam pengolahan data nilai rapor dan membantu guru dalam pengumpulan nilai karena proses penginputan nilai bisa dilakukan secara online. Selain itu sistem ini dilengkapi dengan notifikasi email sebagai pemberitauan dalam pengumpulan nilai. Pengujian fungsional dan non fungsional, dapat diperoleh kesimpulan bahwa rancang bangun sistem informasi pengolahan nilai siswa sudah berjalan sesuai dengan pengujian fungsional dan non fuungsional.Kata Kunci: Sistem Informasi, Rapor, Notifikasi Email
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM ABSENSI DENGAN MENGGUNAKAN QR CODE DAN METODE BYOD I Gusti Ngurah Darma Paramartha; I Wayan Aditya Suranata
Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.407 KB)

Abstract

ABSTRACTThe current method of attendance recording can be done in various way. Ranging from conventional method that using a piece of paper, or more advanced technology such as finger print, face recognition, retina, RFID and using a QR Code. From several choices of attendance system methods, especially for recording student attendance, QR Code offers a cheap and effective solution. This is possible thanks to the use of smart phones that have become common needs, students bring their own ponsel pintar or known as Bring Your Own Device (BYOD). In this study, the camera feature is used to record attendance using the QR Code (Quick Response Code). The QR Code feature has become a hot topic especially in terms of dynamic publication of URL links such as payment transactions, login processes and attendance systems. By combining the QR Code and BYOD methods, it is expected that the attendance system can be done more cheaply and accurately compared to other methods. So that the attendance process becomes faster and more precise. This study also discusses more deeply the comparison of attendance methods and the attendance prototype design using the QR Code and BYOD.Keywords: Attendance Information System, Quick Response Code, BYOD.ABSTRAKProses absensi saat ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari absen secara manual dengan menggunakan kertas, secara system dengan menggunakan finger print, face recognition, retina, menggunakan kartu RFID dan yang terbaru dengan menggunakan QR Code. Dari beberapa pilihan metode system absensi, terutama untuk system absensi mahasiswa di sebuah perguruan tinggi, QR Code merupakan pilihan tepat dan murah karena saat mahasiswa memiliki ponsel pintar dan mereka membawa sendiri ponsel pintarnya atau dikenal dengan istilah Bring Your Own Device (BYOD). Pada penelitian ini fitur kamera dimanfaatkan untuk melakukan pencatatan kehadiran dengan menggunakan QR Code(Quick Response Code). Fitur QR Code telah menjadi topik hangat terutama dalam hal publikasi dinamis tautan URL such as transaksi pembayaran, proses login dan system absensi. Dengan penggabungan metode QR Code dan BYOD maka diharapkan system absensi dapat dilakukan dengan lebih murah dan akurat dibandingan dengan metode lainnya. Sehingga proses absensi menjadi lebih cepat dan tepat. Pada penelitian juga dibahas lebih dalam mengenai perbandingan metode-metode absensi dan rancang bangun prototype system absensi dengan menggunakan QR Code dan BYOD.Kata Kunci : Sistem Informasi Kehadiran, Quick Response Code, BYOD.
SISTEM INFORMASI SKRIPSI STMIK PRIMAKARA BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL I Gede Nyoman T.A. Panji Wijaksana; I Putu Satwika; I Nyoman Yudi Anggara Wijaya
Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (692.497 KB)

Abstract

ABSTRACTThe registration process for the final assignment done manually without computer support,the commission needs to manually recapitalize the registrant students, which makes the registrationprocess take a long time. This study discusses the design and construction of the minithesisinformation system at STMIK Primakara. This research was conducted with a qualitative approach,and used the waterfall Software Development Life Cycle (SDLC) method. The design process used inthis study uses the Unified Modeling Language (UML), and uses the Laravel framework as a backendand the VueJs framework as a frontend. This research succeeded in designing and building aninformation system at STMIK Primakara which was used to register and manage students taking finalassignments. From the results of interviews conducted with minithesis commissions and students takingfinal assignments, the system can help simplify the registration process.Keywords: Laravel, Vuejs, Minithesis, Information Systems, UML, SDLC.ABSTRAKDalam proses pendaftaran mata kuliah tugas akhir yang dilakukan secara manual komisi perlumelakukan rekap mahasiswa pendaftar secara manual, yang membuat proses pendaftaran memerlukanwaktu yang cukup lama. Penelitian ini membahas mengenai perancangan dan pembangunan sisteminformasi skripsi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Primakara.Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, serta menggunakan metode SoftwareDevelopment Life Cycle (SDLC) model waterfall. Proses perancangan yang digunakan dalampenelitian ini menggunakan bahasa pemodelan Unified Modeling Language (UML), sertamenggunakan framework Laravel sebagai backend dan framework VueJs sebagai frontend. Pelitian iniberhasil merancang dan membangun sistem informasi pada STMIK Primakara yang digunakan untukmelakukan pendaftaran dan pengelolaan mahasiswa yang mengambil mata kuliah tugas akhir. Darihasil wawancara yang dilakukan dengan komisi skripsi dan mahasiswa yang mengambil mata kuliahtugas akhir, sistem dapat membantu mempermudah proses pendaftaran.Kata Kunci : Laravel, Vuejs, Tugas Akhir, Sistem Informasi, UML, SDLC.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF BERBASIS WEB PADA UPT LABORATORIUM HAYATI PERTANIAN BALI UNTUK PENENTUAN PENYAKIT PADA BIBIT TANAMAN Agus Purwanto; Anggun Nugroho; Shofwan Hanief
Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.59 KB)

Abstract

ABSTRACTNursery varieties of plants carried out by the UPT Laboratory of Biological Services of the Gianyar Agriculture Office is one of the stages of developing plant seeds which will then be given to farmers for cultivation. The problem that occurs at this time is in the process of breeding there is often a disease attack caused by a variety of factors, and this often occurs repeatedly so that what must be done to deal with the problems in the germ of the disease becomes inefficient. This is because there is no documentation that can provide information about diseases, disease categories and their management. With the presence of documented input data based on technology, disease information can be displayed either per item or seedling variety, disease category, and several other information as needed. With the existence of an executive information system, managers, especially the head of the UPT, can monitor the diseases of the seeds so that they can be handled based on data that has been inputted or even conduct research on the disease and how to overcome them so that it enriches the insight and knowledge of the head of the UPT for tackling the seeds, thereby being able to direct UPT staff in the laboratory and field to execute according to documented information. This system will be developed based on the web so that it can be accessed from anywhere, because the nursery process is not only done at one point. The results of this study are a system design that can provide information on seeds and diseases that attack the seedlings and how to overcome them based on data that has been entered.Keywords : Nursery, UPT Laboratorium Hayati Pertanian Bali, EISABSTRAKPembibitan varietas tanaman yang dilakukan oleh UPT Laboratorium Hayati Dinas Pertanian Gianyar merupakan salah satu tahapan pengembangan bibit tanaman yang selanjutnya akan diberikan kepada petani untuk dibudidayakan. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah pada proses pembibitan sering terjadi serangan penyakit yang disebebkan oleh berbagai macam faktor, dan hal ini sering berulang terjadi sehingga apa yang harus dilakukan untuk penangana permasalahan pada bibit penyakit tersebut manjadi tidak efisien. Hal ini dikarenakan tida adanya dokumentasi yang dapat memberikan informasi tentang penyakit, kategori penyakit serta penanggulangannya. Dengan adanya data inputan yang terdokumentasi berbasis teknologi akan dapat ditampilkan informasi penyakit baik per item atau varietas bibit, kategori penyakit, dan beberapa informasi lainnya sesuai dengan kebutuhan. Dengan adanya sebuah sistem informasi eksekutif, para pengelola khususnya kepala UPT dapat memonitor penyakit pada bibit sehingga dapat dilakukan penanganan berdasarkan data yang sudah diinput atau bahkan melakukan penelitian terhadap penyakit dan cara penanggulangannya sehingga memperkaya wawasan dan pengetahuan kepala UPT untuk penanggulangan bibit, dengan demikian dapat mengarahkan para staf UPT di laboratorium dan lapangan untuk mengeksekusi sesuai dengan informasi yang telah terdokumentasi. Sistem ini akan dikembangkan berbasis web agar dapat diakses dari mana saja, karena proses pembibitan tidak hanya dilakukan di satu titik. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah perancangan system yang dapat memberikan informasi bibit dan penyakit-penyakit yang menyerang pada bibit tsb dan cara penanggulangannya berdasarkan data yang telah dimasukkan.Kata Kunci : Pembibitan, UPT Laboratorium Hayati Pertanian Bali, SIE
PENGARUH WEBQUAL 4.0 TERHADAP MINAT BELI (STUDI KUANTITATIF PADA E-COMMERCE MATAHARIMALL.COM) Wayan Weda Asmara Dewi; Adinda Widya Des Naya
Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.575 KB)

Abstract

ABSTRACTThis study aimed to determine the effect of WebQual 4.0. (X) towards the purchase intention (Y) at Mataharimall.com. This study used the concept of Marketing Communication that focussed on Internet Marketing through website. This study used Usability (X1), Information Quality (X2), and Service Interaction Quality (X3) variables. This type of research is quantitative explanative with survey method. This study also aimed to determine what variables are the most dominant in influenced consumer purchase intention. The sample of this study amounted to 272 respondents with purposive sampling technique. The result of this research showed that all the variables of WebQual 4.0 simultaneously influence significantly to the purchase intention at Mataharimall.com. Partially or individually variables that significantly influence purchasing intention are Usability (X1) and Service Interaction Quality (X3). While the Information Quality (X2) variable does not significantly influence the intention of purchase. The most dominant variable affected consumer purchase intention is Service Interaction Quality (X3).Keywords: WebQual 4.0, Usability, Information Quality, Service Interaction Quality, Purchase IntentionABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh WebQual 4.0 (X) terhadap Minat Beli (Y) pada Mataharimall.com. Penelitian ini menggunakan konsep Komunikasi Pemasaran yang berfokus pada Internet Marketing melalui website. Penelitian ini menggunakan variabel Usability (X1), Information Quality (X2), dan Service Interaction Quality (X3). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif dengan metode survey. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui variabel apa yang paling dominan dalam mempengaruhi minat beli konsumen. Sampel penelitian ini berjumlah 272 responden menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menghasilkan secara bersama-sama seluruh variabel WebQual 4.0 berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli pada e-commerce Mataharimall.com. Secara parsial atau individu, variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli adalah Usability (X1) dan Service Interaction Quality (X3). Sedangkan, variabel Information Quality (X2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap minat beli konsumen adalah variabel Service Interaction Quality (X3).Kata Kunci: WebQual 4.0, Usability, Information Quality, Service Interaction Quality, Minat Beli.
SISTEM INFORMASI PELANGGAN (SINGGAN) PDAM KOTA DENPASAR BERBASIS ANDROID Joko Santoso; I Made Darma Susila; I Putu Oka Juliantara
Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (614.87 KB)

Abstract

ABSTRACTPDAM Denpasar is the Regional Water Company in the city of Denpasar. Now, PDAM Denpasaralready has a Customer Information System however there are still deficiencies in the delivery ofinformation to customers and attract new customers. Registration of new customers and the surveywas handled by officers and required time to carry out the registration and surveys. In addition,potential customers should also visit the counters PDAM Denpasar to being recorded, and submit theregistration requirements. The development of smart phone technology with the mobile operatingsystem greatly facilitates the development of applications that aim to overcome these problems. So thequeues in the submission of the registration requirement can be reduced and the registration processbecomes shorter. Results of the research is a SINGGAN application that can handle customerregistration process, Customer Surveys, Monthly Checking Account, Report Stan and CustomerComplaints in one application that allows customers to access the service.Keywords: SINGGAN, android, PDAMABSTRAKPDAM Kota Denpasar merupakan Perusahaan Daerah Air Minum untuk wilayah Kota Denpasar. Saatini, telah memiliki Sistem Informasi Pelanggan namun masih terdapat kekurangan dalam penyampaianinformasi kepada pelanggan dan menjaring pelanggan baru. Pendaftaran pelanggan baru dan surveimasih ditangani oleh petugas dan diperlukan waktu untuk melakukan pendaftaran dan survei. Selainitu, calon pelanggan juga harus mengunjungi loket-loket PDAM Kota Denpasar untuk didata danmenyerahkan persyaratan pendaftaran. Perkembangan teknologi ponsel cerdas dengan sistem operasimobile sangat memudahkan dalam pembangunan aplikasi yang bertujuan untuk mengatasipermasalahan tersebut. Sehingga antrian dalam penyerahan persyaratan pendaftaran dapat dikurangidan proses pendaftaran menjadi lebih singkat. Hasil penelitian berupa aplikasi SINGGAN yang dapatmenangani proses Pendaftaran Pelanggan, Survei Pelanggan, Pengecekan Rekening Bulanan, LaporStan dan Keluhan Pelanggan dalam satu aplikasi yang memudahkan pelanggan mengakses layanantersebutKata Kunci : SINGGAN, android, PDAM
PENERAPAN FRAMEWORK ITIL V3 DALAM ANALISIS TATA KELOLA SISTEM INFORMASI LAYANAN AKADEMIK DOMAIN SERVICE TRANSITION I Putu Ramayasa
Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.551 KB)

Abstract

ABSTRACTOne of the organization that utilizes information technology is university. The application of information technology at university is very useful if it runs in accordance with the goals, vision and mission of the organization. STIKOM Bali is one of the university in Bali that utilizes information technology in its organizational activities. In the application of information technology, it is necessary to plan related steps to be taken as well as good strategy management. This can improve service quality, operational effectiveness and budget efficiency without reducing quality. Information technology based services at STIKOM Bali are academic information system. The use of this information system does not necessarily run effectively and efficiently. Need for an adjustment process from both stakeholders and students who use the information system. A study is needed to measure the level of maturity and success in the use of information technology compared to manuals. This measurement is carried out to find out how much the readiness of users in migrating from manual to information systems, whether there are guidelines for the addition of information technology services, service configuration management, and guidelines for dealing with problems and risks. In this reserach, the analysis of information system uses the framework of Information Technology Infrastructure Library (ITIL) version 3 on the domain service transition. The results of this study are in the form of the expected maturity level value in accordance with the results of the questionnaire and the value of the current maturity level based on the results of interviews and observations as well as recommendations for improvement and improvement that must be done.Keywords: IT Governance, Academic Information System, ITIL V3, Domain Service transition.ABSTRAKSalah satu organisasi yang memanfaatkan teknologi informasi adalah perguruan tinggi. Penerapan teknologi informasi pada perguruan tinggi ini sangatlah bermanfaat apabila berjalan sesuai dengan tujuan, visi dan misi organisasi. STIKOM Bali merupakan salah satu perguruan tinggi di Bali yang memanfaatkan teknologi informasi dalam kegiatan organisasinya. Dalam penerapan teknologi informasi perlu adanya perencanaan terkait langkah-langkah yang harus diambil serta manajemen strategi yang baik. Hal ini dapat meningkatkan kualitas layanan, efektifitas operasional dan efisiensi anggaran tanpa mengurangi kualitas. Layanan yang berbasis teknologi informasi pada STIKOM Bali adalah layanan akademik. Pemanfaatan sistem informasi ini tidak serta merta nerjalan dengan efektif dan efisien. Perlunya proses penyesuaian baik dari pihak stakeholder maupun mahasiswa yang menggunakan sistem informasi tersebut. Perlu adanya kajian untuk mengukur tingkat kematangan dan keberhasilan dalam pemanfaatan teknologi informasi ini dibandingkan manual. Pengukuran ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kesiapan pengguna dalam migrasi dari manual ke sistem informasi, apakah terdapat pedoman untuk penambahan layanan teknologi informasi, manajemen konfigurasi layanan, dan pedoman untuk menghadapi permasalahan dan resiko. Pada penelitian ini analisa tata kelola sistem informasi menggunakan framework kerja Information Technology Infrastructure Library (ITIL) versi 3 pada domain service transition. Hasil dari penelitian ini berupa nilai maturity level yang diharapkan sesuai dengan hasil kuisioner dan nilai current maturity level berdasarkan hasil wawancara dan observasi serta rekomendasi perbaikan dan peningkatan yang harus dilakukan.Kata Kunci: Tata Kelola IT, Layanan Akademik, ITIL V3, Domain Service transition.
PELESTARIAN TEKA-TEKI PERIBAHASA BALI MELALUI GAME TRIVIA CECIMPEDAN BERBASIS MOBILE Dewa Putu Yudhi Ardiana; I Wayan Dharma Suryawan
Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (849.668 KB)

Abstract

ABSTRACTThe phenomenon of the lack of use of Balinese language in Balinese communication has causedconcern and even fear of the use of Balinese as the language of Balinese communication will beextinct. Responding to these problems, the Government of Bali has to preserve Balinese culture. TheGovernment of Bali effort must be supported by the awareness of each Balinese community toconserve Balinese culture. The use of Balinese should be taught as early as possible to youngBalinese to get used to using Balinese. As a form of effort in introducing Balinese to the youngergeneration of Balinese, this study developed a mobile game with Balinese culture as a content. Thecontent presented in this game is Cecimpedan which is a Balinese proverb in the form of puzzle thatis traditionally played individually or in groups. Cecimpedan is useful for sharpening the mind andtesting the vocabulary of Balinese language. The results showed had successfully developed a triviagame application and trivia. The result of alpha testing conducted by media experts to test thefunctionality, efficiency, usability and portability of the game show that game was working asplanned.Keywords: Culture, Bali, Cecimpedan, Game, Mobile, TriviaABSTRAKFenomena kurangnya penggunaan bahasa Bali dalam komunikasi masyarakat Bali menyebabkankekhawatiran bahkan ketakutan penggunaan Bahasa Bali sebagai bahasa komunikasi masyarakatbali akan punah. Menanggapi permasalahan tersebut, Pemerintah Provinsi Bali telah berupaya untukmelestarikan budaya Bali. Upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Bali harus didukung olehkesadaran tiap masyarakat Bali untuk berupaya melestarikan Bahasa Bali. Penggunaan Bahasa Baliharus sedini mungkin diajarkan kepada generasi muda Bali untuk membiasakan diri menggunakanBahasa Bali. Sebagai bentuk upaya dalam memperkenalkan Bahasa Bali kepada generasi muda Balimaka pada penelitian ini dikembangkan permainan digital (game) berbasis mobile dengan budayaBali sebagai isinya. Konten yang disajikan dalam permainan ini adalah cecimpedan yang merupakanperibahasa Bali berbentuk teka-teki yang secara tradisional dimainkan secara individual ataupunkelompok. Cecimpedan berguna untuk mengasah otak dan menguji pembendaharaan bahasa Bali.Hasil penelitian menunjukkan telah berhasil mengembangkan aplikasi game trivia cecimpedan.Melalui pengujian alpha testing yang dilakukan oleh ahli media untuk menguji functionality,efficiency, usability dan portability dari aplikasi game didapatkan hasil aplikasi game yangdikembangkan sudah bekerja sesuai dengan rancangan yang dibuat.Kata Kunci: Budaya, Bali, Cecimpedan, Game, Mobile, Trivia

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 9 No. 5 (2023): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol. 9 No. 4 (2023): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol. 9 No. 3 (2023): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 7, No 4 (2021): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol. 7 No. 3 (2021): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 7, No 3 (2021): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 6, No 3 (2020): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 5, No 3 (2019): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer More Issue