cover
Contact Name
Muhammad Hambal Shafwan
Contact Email
studiareligia@pps.um-surabaya.ac.id
Phone
+6281335937424
Journal Mail Official
studiareligia@pps.um-surabaya.ac.id
Editorial Address
Pascasarjana Gedung Attauhid lt 3 Universitas Muhammadiyah Surabaya Sutorejo number 59 Surabaya, East Java, Indonesia 60113
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Studia Religia: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam
ISSN : 25982834     EISSN : 26148196     DOI : http://dx.doi.org/10.30651/sr.v7i1
Jurnal ini mempublikasikan artikel konsep pembelajaran dan luaran pembelajaran dalam konteks Pendidikan Agama Islam. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini diantaranya: Bahan pendidikan Agama Islam Edukator dan siswa Metode pembelajaran Kurikulum Politik Edukasi Filosofi pendidikan Pendidikan sejarah Islam
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2021)" : 15 Documents clear
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’AN (Studi Komparatif Penerapan Metode Iqro’ dan Ummi di TPA Kecamatan Solokuro Lamongan) Zainal Arifin
Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/sr.v5i2.10235

Abstract

The focus of this research is to find out and explain the Implementation of Al-Qur'an Learning Method with Iqro' Method in TPA Solokuro Lamongan District, to know and explain the Implementation of Al-Qur'an Learning Method with Ummi Method at TPA Solokuro Lamongan District, and to know and explain the advantages and disadvantages of learning the Qur'an with the Iqra' and Ummi methods. This research method is qualitative with a comparative mindset/analysis. Data collection methods in the form of observation, interviews, and documentation. The data analysis used descriptive analysis. The results of this study indicate that (1) the implementation of the Iqro' method of learning Al-Qur'an in TPA Solokuro Lamongan District which consists of TPA Syifa'ul Qulub, TPA Umar Bin Khottob and TPA Al-Musthofa in its application is not based on the procedures of Iqro' itself because the Iqro' method does not have a central institution like other methods. (2) The implementation of the Ummi method of Al-Qur'an learning at the TPA Solokuro Lamongan District which consists of the Al-Ittihad TPA and the Fathurrohim TPA in its application has used the standards and procedures of the Ummi Foundation institution. (3) The advantages of the Iqro' method include: using the CBSA system (Active Student Learning Method), in its application using private; Communicative; may be with the tadarus system. While the weaknesses of the Iqro' method are: recitation readings are not introduced from an early age, there is no learning media, and it is not recommended to use murottal rhythms. The advantages of the Ummi Method include a quality-based system, systematic stages, continuous material and strict control. While the weakness of the Ummi Method is that it requires a lot of teachers, takes a long time and costs a lot. Fokus dari penelitian ini diantaranya untuk mengetahui dan menjelaskan Implementasi Metode Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Iqro’ di TPA Kecamatan Solokuro Lamongan, mengetahui dan menjelaskan Implementasi Metode Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Ummi di TPA Kecamatan Solokuro Lamongan, serta mengetahui dan menjelaskan kelebihan dan kekurangan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Iqra’ dan Ummi. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan dengan pola pikir/analisis komparatif. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an metode Iqro’ di TPA Kecamatan Solokuro Lamongan yang terdiri dari Tpa Syifa’ul Qulub, TPA Umar Bin Khottob dan TPA Al-Musthofa dalam penerapannya tidak berdasarkan pada prosedur dari Iqro’ itu sendiri karena memang metode Iqro’ tidak memiliki lembaga pusat seperti metode lainnya. (2) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi di TPA Kecamatan Solokuro Lamongan yang terdiri dari TPA Al-Ittihad dan TPA Fathurrohim dalam penerapannya sudah menggunakan standar dan prosedur dari lembaga Ummi Foundation. (3) Kelebihan metode Iqro’ diantaranya: menggunakan sistem CBSA (Cara Belajar  Siswa aktif), dalam penerapannya menggunakan privat; Komunikatif; boleh dengan sistem tadarus. Sedangkan kelemahan metode Iqro’ yaitu: bacaan-bacaan tajwid tak dikenalkan sejak dini, tak ada media belajar, dan tidak dianjurkan menggunakan irama murottal. Adapun kelebihan Metode Ummi diantaranya yaitu sistem yang berbasis mutu, tahapan yang sistematis, materi yang kontinu dan kontrol yang ketat. Sedangkan kelemahan Metode Ummi yaitu membutuhkan pengajar  yang banyak, waktu yang lama serta biaya yang besar.
IMPLEMENTASI KONSEP THE TALENTED SCHOOL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 21 SURABAYA maliki maliki
Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/sr.v5i2.10044

Abstract

This thesis has a goal, namely to find out how far the implementation of the Talented School concept in improving student achievement at Muhammadiyah 21 Elementary School Surabaya. Its purpose is to contribute ideas for concept implementing schools and educational institutions in the Semampir sub-district, Surabaya. The hope is to be able to contribute ideas for the development of Muhammadiyah 21 Surabaya Elementary School which can become a pilot school both at the Semampir sub-district and Surabaya city level within Muhammadiyah circles. In this study, the author uses a descriptive qualitative method that takes data directly from the existing reality. The author gets information that the curriculum at this school has been planned and structured effectively, not just decoration. But it must be applied in learning effectively as well. The success of a plan that has been prepared cannot be carried out by one party alone. In school educational institutions, success can be determined from an educator who is an expert in talent development, besides that it is supported by adequate facilities and infrastructure and directed leadership. To explore the hidden talent in each student, an educator must be done continuously. In addition to expert educators and adequate infrastructure, parents must also be supported, either directly or indirectly.Tesis ini memiliki tujuan yakni ingin mengetahui sejauh mana Implementasi Konsep The Talented School dalam meningkatkan prestasi siswa di Sekolah Dasar Muhammadiyah 21 Surabaya. Kegunaannya adalah memberikan kontribusi pemikiran bagi sekolah pelaksana konsep dan lembaga pendidikan yang berada di wilayah kecamatan Semampir Surabaya. Harapannya mampu memberikan sumbangsih pemikiran demi perkembangan Sekolah Dasar Muhammadiyah 21 Surabaya bisa menjadi sekolah percontohan baik di tingkat kecamatan Semampir maupun tingkat kota Surabaya dalam kalangan Muhammadiyah. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif yang mengambil data langsung dari realita yang ada. Penulis mendapatkan informasi bahwa kurikulum pada sekolah ini sudah terencana dan tersusun secara efektif, tidak hanya sekedar hiasan. Tetapi harus di aplikasikan dalam pembelajaran secara efektif pula. Keberhasilan suatu rencana yang sudah tersusun tidak bisa dilakukan oleh salah satu pihak saja. Dalam lembaga pendidikan sekolah, keberhasilan bisa ditentukan dari seorang pendidik yang ahli dalam pengembangan bakat, selain itu didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai serta kepemimpinan yang terarah. Untuk menggali bakat yang terpendam dalam setiap peserta didik harus dilakukan seorang pendidik secara terus menerus. Selain pendidik yang ahli dan sarana prasarana yang memadai juga harus didukung oleh orang tua baik secara langsung maupun tidak langsung.
METODE TAJDIED DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK DIDIK DIBIDANG BACA ALQUR’AN (Study Kasus Di SD Muhammadiyah 10 Surabaya) M. Wasyib Tirtanang
Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/sr.v5i2.10240

Abstract

Developing children's potential in the field of reading the Quran requires an effective and periodic learning process. In the sense that developing children's potential in reading the Qur'an is not easy, requires intensive observation and learning. It is said to be intensive because reading the Qur'an is not just reading, but the correctness of reading it is important. Besides, method is very influential in developing the potential of students in the field of reading the Quran. Thus, learning the Qur'an is not as easy as raising the palm of a needy hand a process. This research has several aims, first it is to find out the Tajdied method used by SD Muhammadiyah 10 Surabaya, secondly, to find out the students' interest in reading Al-Qur'an at SD Muhammadiyah 10 Surabaya, thirdly, to the increase in interest in reading Al-Quran with the Tajdied  method at SD Muhammadiyah 10 Surabaya. This research method is quantitative with a population of 272 students and a sample of 200 students taken using a stratified random sampling technique. The data collection methods were questionnaire, interview, observation, and documentation. The data analysis used simple regression analysis. The results of this study indicate that in developing the potential of students, especially in the field of reading the Quran through the Tajdied method. There have been many developments in this case reading the Quran, through the method applied in the Tajdied  method. The Tajdied  method combines the pure SAS method (Synthetic Structural Analytical) and the Mnemoric method in the form of keywords packaged in five simple sentences. The five keywords, if linked together, will make a series that is easy to remember. Coupled with a fun learning method. Mengembangkan potensi anak dalam bidang baca Al-Qur’an membutuhkan suatu proses pembelajaran secara efektif dan berkala dalam artiannya adalah mengembangkan potensi anak dalam membaca Al- Qur’an tidaklah mudah membutuhkan pengamatan dan pembelajaran yang intensif, dikatakan intensif karena mebaca Al-Qur’an tidaklah hanya sekedar membaca saja, melainkan benar tidaknya suatu bacaan yang dibaca itu sangatlah mempengaruhi, dan juga metode sangatlah berpengaruh besar dalam mengembangkan potensi anak didik dibidang baca Al-Qur’an dengan demikian belajar Al-Qur’an tidaklah semudah membaikkan telapak tangan yang membutuhkan sebuah proses. Penelitian ini bertujian; Pertama, untuk mengetahui metode tajdied yang digunakan SD Muhammadiyah 10 Surabaya. Dan yang kedua, Untuk mengetahui minat baca Al-Qur’an siswa di SD Muhammadiyah 10 Surabaya.dan Untuk mengetahui peningkatan minat baca Al-Qur’an dengan metode tajdied di SD Muhammadiyah 10 Surabaya. Metode penelitian ini bersifat kualitatif  dengan Populasi sebanyak  272 siswa dan sampel sebanyak 200 siswa yang diambil menggunakan teknik penarikan sampel terlapis (Stratified Random Sampling). Metode pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisi regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengembangkan poteni anak didik khususnya di dalam bidang baca Al-Qur’an melaui metode tajdied ini sudah sangatlah banyak perkembangan dalam hal ini membaca Al-Qur’an, melalui metode metode yang diterapkan di dalam metode tajdied ini adalah metode Metode  tajdied menggabungkan metode SAS murni (Struktural Analitik Sintetik) dan metode Memoric dalam bentuk kata kunci dihubungkan akan menjadi sebuah rangkaian yang mudah diingat. Ditambah dengan metode pembelajaran yang menyenangkan.
STRENGTHENING THE ROLE OF SPECIAL SUPERVISORS (GPK) AS A MAIN PILLAR OF SUCCESS OF INCLUSION EDUCATION Isnaini Maulida Rahmawati
Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/sr.v5i2.10220

Abstract

This study aims to describe the importance of optimizing the strategic role and the main task of special supervisors (GPK) in inclusive schools. An inclusive school is a formal educational institution that organizes a special education system for children who have limitations and special needs. The implementation of inclusive education can be carried out in general schools by providing a special portion of time for learning by bringing in special mentoring teachers (GPK) who are assigned to guide and provide special services on inclusive education. On the other hand inclusive education can also be held independently in a formal institution with a learning system that is constructed based on the needs of students such as SLB (Extraordinary Schools). The method used in this research is descriptive qualitative research. With this research it is expected to reveal various qualitative information with careful and meaningful analysis-descriptions. Data sources in this study include principals, special supervisors and class teachers. Data collection is done by interview, observation, and documentation. As for the data analysis techniques through the stages of data reduction, data presentation and data analysis. The context of this research is the implementation of inclusive schools in Sidoarjo district for elementary and junior high school levels. The results of the study include (a) Knowing the model of implementing inclusive education in general schools by bringing in special tutors (GPK) (b) The importance of the presence of special tutor teachers (GPK) for the success of inclusive education in accordance with MoNE Regulation No. 70 of 2009.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INTEGRASI SAINS-QURAN PADA HUKUM NEWTON I,II,III DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 9 PONDOK PESANTREN AL-MIZAN LAMONGAN M. Ainul Yaqin Ahsan
Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/sr.v5i2.10236

Abstract

This study aims to determine how the planning, implementation and evaluation of learning the integration of science-quran in Newton's law at MA Muhammadiyah 9 Pondok Pesantren Al-Mizan Muhammadiyah Lamongan. This type of research is a case study research that collects primary data through interviews from waka madrasah, physics teacher integration science-quran and class X IPA 2 MA Muhammadiyah 9 Pondok Pesantren Al-Mizan Lamongan, while secondary data can be obtained from literature and documents. MA Muhammadiyah 9 Pondok Pesantren Al-Mizan Lamongan, after all the data has been collected, it is further analyzed qualitatively and described in descriptive form. The results of this study conclude that first, learning planning is carried out by the waka of the curriculum, namely determining the revised 2013 curriculum as the madrasa curriculum. The integration physics teacher is also involved in lesson planning, such as: preparing the Details of the Effective Week (RPE), Syllabus, Semester Program (Promes), Annual Program (Prota), and Lesson Plans (RPP). Second, the implementation of learning is divided into three activities, namely preliminary activities, core activities and closing activities. Third, the evaluation of learning the integration of science-quran on Newton's law material based on time is divided into two, namely material exams and daily exams. Based on the form, it is divided into three, namely: knowledge evaluation in the form of written and non-written, attitude evaluation in the form of an attitude evaluation sheet and skill evaluation in the form of a skill evaluation sheet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, implementasi dan evaluasi pembelajaran integrasi  sains-quran pada hukum Newton di MA Muhammadiyah 9 Pondok Pesantren Al-Mizan Muhammadiyah Lamongan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian studi kasus yang menghimpun data primer melaului wawancara dari waka madrasah, Guru mata pelajaran Fisika integrasi sains-quran dan Siswa kelas X IPA 2 MA Muhammadiyah 9 Pondok Pesantren Al-Mizan Lamongan, adapun data Skunder di dapat dari lieteratur dan dokumen MA Muhammadiyah 9 Pondok Pesantren Al-Mizan Lamongan, setelah semua data terkumpul di  lanjut analisis secara kulitatif dan diuraikan dalam bentuk diskriptif. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Pertama, Perencanaan pembelajaran dilakukan oleh waka kurikulum yaitu menentukan kurikulum 2013 revisi sebagai kurikulum madrasah. Guru mata pelajaran fisika integrasi  juga terlibat dalam perencanaan pembelajaran, seperti: menyusun Rincian Pekan Efektif (RPE), Silabus, Program Semester (Promes), Program Tahunan (Prota), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kedua, Pelaksanaan pembelajaran dibagi menjadi tiga kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Ketiga, Evaluasi pembelajaran integrasi  sains-quran pada materi hukum Newton berdasarkan waktunya dibagi menjadi dua, yaitu ujian materi dan ujian harian. Adapun berdasarkan bentuknya dibagi menjadi tiga, yaitu: evaluasi pengetahuan berbentuk tulisan dan non tulisan, evaluasi sikap berbentuk lembar evaluasi sikap dan evaluasi keterampilan berbentuk lembar evaluasi keterampilan.
STRATEGI PENCAPAIAN PRESTASI AKADEMIK DAN TAHFIDZ AL QURAN (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 15 Brondong, Lamongan) khoirul huda
Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/sr.v5i2.10045

Abstract

This study aims to: first, describe how the school's strategy achieves academic achievement, second, describe how the strategy achieves the achievement of Tahfidz Al Quran, and third, describes the supporting factors, obstacles and solutions. This study uses a qualitative methodology with data collection techniques interview, observation and documentation. Research informants are the Principal, Deputy Principal and Director of the Pondok. After the data was obtained, then the data were analyzed with the stages of data analysis in qualitative research, namely domain, taxonomy, and componential analysis, analysis of cultural themes. Then check the validity of the data using triangulation of data sources. In this study, the researchers found several research results, namely, first, several strategies for achieving academic achievement were (1) setting a target for the UNBK class average score, (2) focusing more on UNBK lessons in semester 5, (3) mapping students based on scoring diagnostic tests, (4) self-motivation mentoring by teachers (5) involving parents in UNBK preparation, (6) strengthening control of students' daily worship. Second, several strategies for achieving Tahfidz's achievements are (1) determination of quality assurance (2) preparation of human resources, (3) tahsin, muroja'ah and exam programs. Third, among the most significant inhibiting factors is the availability of teacher human resources. The solution is recruitment and coaching. Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mendeskripsikan bagaimana strategi sekolah tersebut mencapai prestasi akademik, kedua, mendeskripsikan bagaimana strategi mencapai prestasi Tahfidz Al Quran, dan ketiga, mendeskripsikan faktor-faktor pendukung, penghambat dan solusinya. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan Direktur Pondok. Setelah data diperoleh kemudian data dianalisis dengan tahapan analisis data dalam penelitian kualitatif yaitu analisis domain, taksonomi, dan komponensial, analisis tema kultural. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Dalam penelitian ini peneliti menemukan beberapa hasil penelitian yaitu pertama, beberapa strategi pencapaian prestasi akademik yang ditempuh adalah (1) menetapkan target nilai rata-rata kelas UNBK, (2) lebih fokus pada pelajaran unbk pada semester 5, (3) pemetaan siswa berdasarkan scoring tes diagnostik, (4) pendampingan motivasi diri oleh guru (5) melibatkan orang tua dalam persiapan UNBK, (6) menguatkan kontrol ibadah harian siswa. Kedua, beberapa strategi pencapaian prestasi Tahfidz adalah (1) penetapan jaminan mutu (2) penyiapan SDM, (3) program tahsin, muroja’ah dan ujian. Ketiga, di antara faktor penghambat yang paling siginifikan adalah ketersediaan SDM guru. Adapun solusinya adalah rekruitmen dan pembinaan.
TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP MANAGEMENT IN IMPROVING THE PERFORMANCE OF EDUCATORS AND EDUCATIONAL PERSONNEL Mashudi Harianto
Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/sr.v5i2.10221

Abstract

This study aims to determine the effect of transformational leadership management on the performance of educators and education personnel. many things are related in order to support the success of an Islamic educational institution one of which concerns the style displayed by the figure of the leader or the pattern of behavior that he displays in leading. In general leadership style there are two leadership styles namely task oriented style (task oriented), and member oriented style (employee-oriented). In subsequent developments along with social changes the model and style of leadership underwent a change in the style of transactional leadership, transformational leadership, and visual leadership. This research uses a descriptive quantitative approach. Data from this study were obtained from the school principal, board of teachers and other school staff at SMP Muhammadiyah 2 Taman. Data collected by observation, interview and documentation. The data analysis technique used is descriptive - qualitative. The results of the study indicate that transformational leadership management is able to improve the quality of the performance of educators and education personnel in SMP Muhammadiyah 2 Taman.
ANALISIS PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA MELALUI PENDIDIKAN AKHLAK SISWA DI MAM 4 SEDAYULAWAS BRONDONG LAMONGAN Muhammad Hambal Shafwan
Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/sr.v5i2.10237

Abstract

The problem of the study; First, How to overcome juvenile delinquency of students at MAM 4 Sedayulawas? Second; How is the role of moral education in the prevention of juvenile delinquency at MAM 4 Sedayulawas? The type of research in this study is field research the purpose is to create description or on overview sistematically, factually and accuratelly about facts with qualitative approach the method to collect data are; observation, interview nd documentation. Result of study First: effort which is used to overcome  juvenile delinquency of students (1)Through moral education, (2)Held  religious competition, (3)Studying religious science (4)Action by modeling good role models, (5)Guidance of reading and writing classical Arabic books, (6)Developing positive personality values by fostering cooperation, solidarity, tawadhu’,  (7)Familiarizing students to be discipline at school and through moral education held in school well, it is hoped that  students will be able to avoid those disgraceful characters and have good personality. Second: role of moral education against juvenile delinquency of students at MAM 4 Sedayulawas are, (1)As its concern for juvenile delinquency, (2)Youth coach to be true muslims, (3)Forming a pious believers,  (4)As broad insight in good attitude, (5)Play a role as noble character, (6)As a guide in achieving happiness of hereafter. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali tentang bagaimana upaya penanggulangan kenakalan remaja pada siswa MAM 4 Sedayulawas? Dan bagaimana peran pendidikan akhlak dalam penanggulangan kenakalan remaja dilingkungan MAM 4 Sedayulawas? Jenis penelitian adalah kualitatif dalam bentuk penelitian lapangan. Tujuannya adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sisematis, faktual dan akurat tentang fakta-fakta, dengan pendekatan kualitatif, metode pengumpulan datanya : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian; Pertama Upaya yang digunakan MAM 4 Sedayulawas dalam penanggulangan kenalan remaja pada siswa yaitu (1)Melalui pendidikan ahklak, (2)Mengadakan lomba, (3)Mengkaji ilmu keagamaan, (4)Tindakan dengan memberi contoh suri tauladan yang baik, (5)Bimbingan baca tulis kitab-kitab arab klsikal, (6)Mengembangkan nilai-nilai kepribadian yang memupuk kerja sama, kesetiakawanan, tawadhu’, (7) Membiasakan siswa berdisiplin di Madrasah dan Melalui pendidikan ahklak yang diselenggarakan di sekolah dengan baik, diharapkan para siswa akan dapat menghindari sifat-sifat tercela tersebut dan dapat berakhlakul karimah. Kedua Peran pendidikan Ahklak terhadap kenalan remaja pada siswa MAM 4 Sedayulawas yaitu (1)Sebagai keprihatinannya terhadap kenalan remaja, (2)Pembina remaja menjadi muslim sejati (3)Membentuk manusia mukmin yang bertakwa, (4)Sebagai wawasan yang luas dalam berakhlakul karimah, (5)Berperan sebagai berbudi pekerti yang tinggi, (6)Sebagai pedoman dalam mencapai kebahagiaan dunia akhirat.
PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN BACA AL QUR’AN PADA SISWA BIMBINGAN TAMBAHAN KELAS VIII DAN IX SECARA VIRTUAL (ZOOM) DI SMP AL FALAH SURABAYA wawan setiawan
Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/sr.v5i2.10110

Abstract

The learning method is one of the important elements in the implementation of learning in schools. Mastery of learning methods for every teacher is an obligation that must be fulfilled as a professional figure of education and must always be developed regularly. The formulation of the problem in the research are: 1. How is the Ability to Read Al-Qur'an in Additional Guidance Students of Class VIII and IX Virtually (ZOOM) at SMP Al Falah Surabaya? 2. How is Learning to Read the Qur'an for Additional Guidance Students for Classes VIII and IX with the Virtual Peer Tutor Method (ZOOM) at Al Falah Junior High School Surabaya?. This research is descriptive qualitative, data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that 1). Peer tutor learning to improve reading of the Qur'an in additional tutoring students of class VIII and IX virtually (ZOOM) at SMP Al Falah Surabaya is going well. This method is an alternative for learning the Qur'an at the school. 2). The results of the implementation of peer tutoring are very good. Judging from student responses and teacher support from reading the Qur'an and other teachers. The main result of this activity is that this activity becomes a positive culture in the school environment in order to support school programs that not only make students smart but also have moral or noble character. In addition, the interaction between students makes them not only enjoy knowledge for themselves but share knowledge with each other which makes for a good atmosphere of social interaction. Metode pembelajaran merupakan salah satu unsur penting dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Penguasaan metode pembelajaran bagi setiap guru adalah suatu kewajiban yang harus dipenuhi sebagai sosok tenaga yang profesional kependidikan dan senantiasa harus terus dikembangkan secara berkala. Rumusan masalah dalam penelitian adalah: 1. Bagaimana Kemampuan Baca Al Qur’an pada Siswa Bimbingan Tambahan Kelas VIII dan IX secara Virtual (ZOOM) di SMP Al Falah Surabaya? 2. Bagaimana Pembelajaran Baca Al Qur’an pada Siswa Bimbingan Tambahan Kelas VIII dan IX dengan Metode Tutor Sebaya secara Virtual (ZOOM) di SMP Al Falah Surabaya?. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Pembelajaran tutor sebaya untuk meningkattkan baca Al Qur’an pada siswa bimbingan tambahan kelas VIII dan IX secara virtual (ZOOM) di SMP Al Falah Surabaya berjalan dengan baik. Metode ini sebagai alternatif bagi pembelajaran Al Qur’an di sekolah tersebut. 2). Hasil dari pelaksanaan pembelajaran tutor sebaya sangat baik. Dilihat dari respon siswa dan dukungan guru dari mata pelajaran baca Al Qur’an dan guru lainnya. Hasil yang paling utama dari kegiatan ini adalah kegiatan ini menjadi budaya positif di lingkungan sekolah dalam rangka mendukung program sekolah yang tidak hanya menjadikan siswa menjadi pintar tetapi juga bermoral atau berakhlaq mulia. Selain itu juga interaksi antara siswa yang menjadikan mereka tidak hanya menikmati ilmu untuk dirinya tetapi saling berbagi ilmu yang menjadikan suasana interaksi sosial yang baik.
STUDI TENTANG MODEL PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN AL-MUTQIN DI MADRASAH IBTIDAIYAH QOMARUL WATHON LAMONGAN A Tohari
Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/sr.v5i2.10222

Abstract

The purpose of this study is to answer the formulation of the maslahah of memorizing the Qur;an which is urgent to be developed in every Islamic educational isstitution, both scools and madrasas because it is an effort to maintain the originality of the Qur’an which is an absolute obligation for muslim, to form noble personalities and improve the quality of live intelligence. Therefore, the success of the tahfidz al-Qur’an program for educational institutions is important. From obsrvation made at MI. Qomarul Wathon Lamongan there is no special valid, parctical, and effective tahfidz al-Qur’an learning model that is used to standrdize the tahfidz al-Qur’an lerning process. This research is a field research. The approach is qualitative to produce a valid, practical, and effective tahfidz al-Qur’an learning model. The type of research (qualitative). The data collection uses observation techniques, interviews, and which are used to validate the developed model. The model validation process is carried out by experts and practitions. The result of research and development of the tahfidz al-Qur’an learning model in MI. Qomarul Wathon Lamongan is in the form of stages of learning tahfidzal-Qur’an which emphasizes the frequent parctice (dill system), with the following steps: (1) the teacher perceives (2) the teacher provides examples of reading verses that will be memorized correctly (talqin) (3) student read the memorized verse at least 5 times repetition by looking at the manuscripts (4) the teacher writes the keywords (beginning of the verse) to be memorized (5) student raed the verse to be memorized by looking at the keywords (beginning of the verse) that has been written at least 5 times repetition (6) Student recite the verse to be memorized without looking (bil ghoib) at least 5 repetitions (7) Student listen to each other’s memorization, and ask questions by randomizing the number of verses or connecting verses. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mejawab rumusan maslahah menghafal al-Qur’an urgen untuk dikembangkan di setiap lembaga pendidikan Islam baik Sekolah maupun Madrasah karena merupakan usaha menjaga orisnilitas al-Qur’an yang mutlak menjadi kewajiban bagi umat Islam, membentuk prinadi mulia dan meningkatkan kecerdasan. Oleh karena itu, mensukseskan program tahfidz al-Qur’an bagi lembaga pendidikan adalah hal yang penting. Dari observasi yang dilakukan di MI. Qomarul Wathon Lamongan belum ada model pembelajaran tahfidz al-Qur’an khusus yang valid, praktis, dan efektif yang digunakan untuk menstandartkan proses pemebelajaran tahfidz al-Qur’an. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Adapun pendekatannya adalah diskriptif kualitatif untuk mengahsilakn model pemebelajaran tahfidz al-Qura’an yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengemnagan (kualitatif). Pengumpulan datanya menggunakan teknik obeservasi, wawancara, dan yang digunakan untuk validasi model yang dikembangkan. Proses validasi model dilakukan oleh pakar/ahli dan praktisi. Hasil penelitian dan pengembagan model pembelajran tahfidz al-Qur’an di MI. Qorul Wathon Lamongan itu berupa tahapan-tahapan pemeblajran tahfidz al-Qur’an yang menekankan pada seringya latihan (sistem drill), dengan langkah-langkah: (1) Guru mengapersepsi (2) Guru memberikan contoh bacaan ayat yang akan dihafal dengan benar (talqin) sebanyak 5x pengulangan (3) Siswa membaca ayat yang dihafalakan minimal 5x pengulangan dengan melihat mushaf (4) Guru menulis kata kunci (awal ayat) yang akan dihafalkan (5) Siswa membaca ayat yang akan dihafalkan dengan melihat kata kunci (awal ayat) yang telah ditulis minimla 5x pengulangan (6) Siswa melafalkan ayat yang akan dihafal tanpa melihat (bil ghoib) minmal 5x pengulangan (7) Siswa saling menyimak hafalan temannya, dan membrikan pertanyaan dengan mengacak nomor ayat maupu sambung ayat. 

Page 1 of 2 | Total Record : 15