cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian
ISSN : 19789726     EISSN : 25410717     DOI : -
Al-Izzah receive article from academics, researchers, and students national and international in the field of Muslim community, education, culture, gender, and any social religious issues. The articles published in the journal Al-Izzah covers scientific research result as a priority research, scientific articles review, and responses or critics to the existing the prior researches. Journal Al Izzah published twice a year by Intitute of Research and Community Development (LP2M) IAIN Kendari and always places Islam and Muslim society in the central focus of academic inquiry. Article submitted in the form of original ideas, based on research result (both library as well as fieldwork), and not yet ever published in journal anywhere. The manuscript submitted to Al-Izzah is independently reviewed by at least two reviewers in the form of "double-blind review". Decision for publication, amendment, or rejection is based upon their reports/recommendation. In certain cases, the editor may submit an article for review to another, third reviewer before making a decision, if necessary.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No. 1 Mei 2013" : 12 Documents clear
PERANAN LEMBAGA EKSTRA KAMPUS DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH MAHASISWA STAIN KENDARI (Studi Kasus KAMMI dan LDK STAIN Kendari) Rahmawati Rahmawati
Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Vol 8, No. 1 Mei 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (77.249 KB) | DOI: 10.31332/ai.v8i1.93

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang peranan lembaga ekstra kampusdalam pembentukan akhlakul karimah mahasiswa STAIN Kendari. Tujuanpenelitian adalah untuk mengetahui: 1) peranan lembaga ekstra kampusdengan pembentukan akhlakul karimah mahasiswa STAIN Kendari; 2)bagaimana persepsi mahasiswa terhadap lembaga ekstra kampus dalampembentukan akhlakul karimah mahasiswa STAIN Kendari; 3) bagaimanapola pembinaan lembaga ekstra kampus dalam pembentukan akhlakulkarimah mahasiswa STAIN Kendari.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Yangtergolong “penelitian deskriptif adalah penelitian tentang gejala dan keadaanyang dialami sekarang oleh subyek yang sedang diteliti”. Jenis penelitiandeskriptif yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif yaitumenyajikan penelitian dengan lengkap, rinci, prosedur yang spesifik, literaturyang lengkap dan hipotesis yang dirumuskan dengan jelas dan terkadang jugadisajikan tersebut diperoleh dari tinjauan langsung dilapangan”.Penelitian ini menyimpulkan bahwa : 1) Organisasi ekstra kampusadalah merupakan salah satu wadah yang berusaha membentuk kadernyasehingga tercapai apa yang menjadi visi dan misi sebuah institusi, dalamhal ini LDK (Lembaga Dakwah Kampus) dan KAMMI STAIN Kendaridalam menjalani hari-harinya; 2) Gerakan pembentuk Moral mahasiswamelalui lembaga dakwah kampus dan KAMMI memiliki peran sangatpenting, hal ini dapat dilihat dari strategi pola pengembangan dakwah yangdilakukan oleh LDK dan KAMMI dalam memb entuk Akhlakul karimahmahasiswa STAIN Kendari; 3) Pembangunan Akhlakul Karimahmahasiswa tidak hanya sebatas pembentukan intelektual dalam bentukformal seperti perkuliahan saja, melainkan kontrol pendewasaan sikap danprilaku dapat tercipta dan diperoleh melalui institusi atau lembaga yangberusaha membangun kadernya memiliki akhlak Islami.Kata Kunci : Dakwah, Lembaga Dakwah Kampus, KAMMI, AkhlakKarimah
PENGEMBANGAN VOCABULARY (KOSAKATA) DALAM PEMBELAJARAN ANAK Haslan Haslan
Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Vol 8, No. 1 Mei 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.139 KB) | DOI: 10.31332/ai.v8i1.89

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan fokus padapengembangan vocabulary (kosakata) dengan menggunakan Key word(kata kunci) dalam pembelajaran anak yang meliputi sepuluh langkah untukmemahami dan menguasai vocabulary antara lain: (1) Key word in context,(2) key word and definition,(3) key word in comprehension check, (4) keyword on word families, (5) key word on same word, different meaning,(6)key word in sentences,(7) key word in collocation and expression,(8) keyword in a reading, (9) key word in discussion, (10) and key word inwriting. Dengan demikian diharapkan anak akan lebih cepatmengembangkan vocabulary dalam menghapal dan menggunakannya.Kata kunci : Pengembangan, vocabulary
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI MELALUI STRATEGI INDEKS CARD MATCH (MENCARI PASANGAN) DI KELAS V SD NEGERI RAPAMBINOPOKA DESA LALOMBONDA KEC. LALONGGASUMEETO KAB. KONAWE Samrin Samrin
Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Vol 8, No. 1 Mei 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.749 KB) | DOI: 10.31332/ai.v8i1.94

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa padabidang studi pendidikan agama Islam melalui strategi indeks card match(mencari pasangan). Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni apakahstrategi indeks card match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswapada bidang studi pendidikan agama Islam di kelas V SD NegeriRapambinopoka Desa Lalomboda Kec.Lalonggasumeeto Kab. Konawe.Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukandengan dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari dua kali tatap mukaPeneliti berperan sebagai pengamat terhadap proses pembelajaran bidang studipendidikan agama Islam di kelas V dalam penerapan strategi indeks card match,yang dilaksanakan oleh guru pendidikan agama Islam.Hasil penelitin menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus Ipertemuan pertama persentase aktivitas siswa yang masuk dalam kategorisangat aktif dan aktif sebesar 58% dan siswa yang berada pada kategoricukup aktif dan kurang aktif sebesar 42%. kemudian pad pertemuan ke duamengalami peningkatan dimana siswa yang sangat aktif dan aktif sebesar76% sedangkan untuk siswa yang masuk dalam ketegori cukup aktif dankurang aktif sebesar 24%. Pada siklus II pertemuan pertama siswa yangberada pada kategori sangat aktif dan aktif sebesar 82% dan siswa yangberada pada karegori cukup aktif dan kurang aktif sebesar 18%. Kemudianpada pertemuan ke dua kategori siswa yang sangat aktif dan aktifmeningkat menjadi 94% dan siswa yang berada pada karegori cukup aktifhanya 6%. Sedangkan hasil belajar siswa manunjukkan bahwa siswa yangtuntas kegiatan pembelajarannya pada siklus I sebanyak 12 orang atau 71%dan siswa yang tidak tuntas kegiatan pembelajarannya sebanyak 5 orangatau 29%. Kemudian hasil evaluasi yang dilakukan oleh guru mengalamipeningkatan pada siklus II dimana siswa yang tuntas kegiatanpembelajarannya sebanyak 15 orang atau 88% dan siswa yang tidak tuntaskegiatan pembelajarannya sebanyak 2 orang atau 12%.Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Strategi, Indeks Card Match.
KESALAHAN FONOLOGIS DALAM BERBICARA BAHASA ARAB PADA MAHASISWA MATRIKULASI STAIN KENDARI Batmang Batmang
Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Vol 8, No. 1 Mei 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.731 KB) | DOI: 10.31332/ai.v8i1.85

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kesalahan fonologis dalamberbicara bahasa Arab pada mahasiswa matrikulasi STAIN Kendari.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kesalahanfonologis dalam berbicara bahasa Arab pada mahasiswa Matrikulasi diSTAIN Kendari; 2) Faktor- faktor penyebab terjadinya kesalahan fonologisdalam berbicara bahasa Arab pada mahasiswa Matrikulasi di STAINKendari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodedeskriptif dengan teknik analisis isi (content analysis) yaitu analisiskesalahan fonologis di dalam berbicara bahasa Arab.Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk tataran padatatanan segmental dapat dilihat bahwa kesalahan fonologis pada bentuktaksonomi struktur lahir yaitu, kesalahan yang paling banyak dilakukanresponden dalam berbicara bahasa Arab adalah bentuk kesalahanpenggantian (substitution) berjumlah 17 kesalahan dengan presentasesebanyak 77,27 %, kesalahan yang sedang adalah penambahan (addition)berjumlah 3 kesalahan dengan presentase sebanyak 9,09%. 2) Bentukkesalahan pada tataran supra segmental dapat dilihat bahwa kesalahanfonologis pada bentuk taksonomi struktur lahir yaitu, kesalahan yangpaling banyak dilakukan responden adalah bentuk kesalahan penghilangan(omission) berjumlah 11 kesalahan dengan presentase sebanyak 68, 75 %,kesalahan yang sedang adalah penambahan (addition) berjumlah 5kesalahan dengan presentase sebanyak 31,25 % sementara pada kesalahanpenggantian (substitution) tidak terdapat kesalahan. 3) Penyebab kesalahanpada tataran segmental dapat dilihat bahwa penyebab kesalahan yangsering terjadi pada responden dalam berbicara bahasa Arab yaitudisebabkan oleh pengaruh bahasa pertama (interlingual) dengan jumlah9 kesalahan dengan presentase sebanyak 56,25 % dam kesalahan yangdisebabkan oleh pengaruh bahasa targt (intralingual) berjumlah7 kesalahan dengan presentase sebanyak 43, 45 %.Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa kesalahan fonologisdalam berbicara bahasa arab, terjadi di akibatkan oleh keterbatasan pararesponden dalam meproduksi ujaran dan masih terpengaruh oleh bahasapertama (interlingual), dan keterbatasan dalam aturan berbicara padabahasa target (intralingual).Kata kunci : Fonologis, Bahasa Arab, interlingual, intralingual
IMPLEMENTASI PROFESIONALISME PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI DI PROVINSI SULAWESI TENGGARA St. Hasniaty Gani Ali
Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Vol 8, No. 1 Mei 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.794 KB) | DOI: 10.31332/ai.v8i1.90

Abstract

Penelitian ini berjudul Implementasi Profesionalisme PengawasDalam Meningkatkan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam ( StudiTentang Pengelolaan Pembelajaran pada MAN di Provinsi SulawesiTengara). Pokok permasalahan adalah bagaimana implementasiprofesionalisme pengawas dalam meningkatkan kreativitas gurupendididkna agama Islam (Studi tentang pengelolaan pembelajaran padaMAN di Provinsi Sulawesi Tenggara).Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) dalammenghimpun data lapangan penulis menggunakan metode observasi,wawancara dan dokumentasi. Kemudian masalah ini dilihat daripendekatan multi disipliner yaitu: pendekatan pedagogik, psikologis,sosiologis, teologis normatif serta menejemen, dengan analisis datakualitatif deskriptif yaitu menggambarkan secara sistimatis, faktual danakurat, kemudian data tersebut disimpulkan secara induktif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapanprofesionalisme pengawas dalam meningkatkan kreativitas guru PAI telahterlaksana meskipun belum maksimal. Indikatornya adalah, dalammelaksanakan pembinaan kepada guru agama pada bidang perencanaanhanya 6 orang (60%), pada bidang proses pembelajaran hanya 7 0rang(70%), penggunaan media 4 orang (40%), pada bidang evaluasi hanya 4orang (40%) dari 10 orang pengawas yang diamati, sehingga berdampakpada kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran.Kata Kunci : Profesionalisme Pengawas, Kreativitas Guru, PengelolaanPembelajaran
DINAMIKA PEMBELAJARAN METODOLOGI PENELITIAN PADA MAHASISWA JURUSAN TARBIYAH STAIN KENDARI Syahrul Syahrul
Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Vol 8, No. 1 Mei 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.108 KB) | DOI: 10.31332/ai.v8i1.95

Abstract

Secara faktual, pemahaman dan kemampuan meneliti kebanyakanmahasiswa jurusan Tarbiyah STAIN Kendari belum mencapai standarminimal. Hal ini dapat dilihat pada saat seminar proposal dan ujian skripsi,dimana mahasiswa mengalami kesulitan menjawab pertanyaan seperti:“apa masalahnya”, “apa faktanya”, “jelaskan kerangka pikir”, danseterusnya. Sehingga penelitian ini mencoba menelisik dari aspek interaksidosen dengan mahasiswa dalam pembelajaran penelitian di kelas,memahami konsep diri mereka, gaya belajar, dan motivasi berprestasi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif,dimana peneliti terlibat secara aktif di dalam proses pembelajaran sebagaimitra belajar dalam rangka mencapai tujuan-tujuan pembelajaran. Datadatadiperloleh dari hasil pengamatan, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yakni melaluitahapan: reduksi, display, dan verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: perilaku belajar mahasiswajurusan tarbiyah dapat dilihat manajemen belajar dan strategi belajar yanglemah. Cara pandang terhadap mata kuliah metodologi penelitian baiksebagai “mata kuliah strategis” maupun sebagai “mata kuliah puncak”belum terbangun. Temuan menunjukkan mahasiswa memiliki motivasiberprestasi yang rendah, serta memiliki budaya belajar yang rendah pula.Simpul dari semua temuan itu adalah pada konsep diri yang lemah, yaitutidak peduli terhadap figur ideal yang menjadi contoh dalam belajarmaupun melihat diri sendiri secara ideal (self ideal), rendah kepedulian diridalam kaitannya dengan penilaian orang lain (self image), dan jati diri (selfesteem) yang tidak menunjukkan perilaku committed terhadap kualitas diri.Kata Kunci: Pembelajaran Penelitian, Konsep Diri, Gaya Belajar, MotivasiBerprestasi
PENERAPAN THARIQAH Al-QAWAID WA Al-TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWARAH WAWOLEMO SULAWESI TENGGARA Beti Mulu
Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Vol 8, No. 1 Mei 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.445 KB) | DOI: 10.31332/ai.v8i1.86

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Thariqah Al-Qawaid WaAl-Tarjamah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok PesantrenAl-Munawwarah Wawolemo Sulawesi Tenggara.Masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana desain materi,desain metode, prosedur dan teknik, penggunaan media pembelajaran,serta faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat penerapanthariqah al-qawaid wa al-tarjamah yang diterapkan dalam pembelajaranBahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Munawwarah Wawolemo SulawesiTenggara.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Artinya,penelitian ini mengkaji dan mendeskripsikan situasi sosial di lokasipenelitian, khususnya Penerapan Thariqah Al-Qawaid Wa Al-Tarjamahdalam Pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatanpedagogis dan linguistik. Teknik pengumpulan data dilakukan denganobservasi partisipatif, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis datadengan menggunakan analisis domain, taksonomi, komponensial, dan temabudaya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan thariqah al-qawaidwa al-tarjamah dalam pembelajaran bahasa Arab efektif digunakan untukmemahami kitab Alquran dan kitab kuning dengan desain materibedasarkan tujuan pembelajaran, kondisi kemampuan dasar bahasa santri,menyesuaikan dengan fasilitas yang tersedia, memperhatikan tahapantahapanmateri. Desain metode berdasarkan pada pendekatan analisisdengan motif pemahaman secara struktural kebahasaan, penggunaan tatabahasa dan praktek terjemahan. Prosedur dan teknik pelaksanaannyamalalui tahapan pembelajaran kaidah nahwiyah, pembelajaran kaidahsharfiyah, dan tahap analisa dalam tathbiq. Media yang digunakan masihterbatas pada media bashariyah (visual aids) dan media materi cetak(mathbuah).Penerapan thariqah al-qawaid wa al-tarjamah dalam pembelajaranbahasa Arab terlaksana atas dukungan pimpinan pondok pesantren sebagaipenentu kebijakan pada Madrasah Diniyah, Mesjid sebagai pusat kegiatandan pembelajaran, santri, Kiai/guru bahasa Arab sebagai komponenterpenting penentu keberhasilan pembelajaran.Kata Kunci : Thariqah, Al-Qawaid Wa Al-Tarjamah, Bahasa Arab
INTEGRASI SOSIAL DAN BUDAYA ANTAR SUKU PENGEMBARA LAUT DAN MASYARAKAT PESISIR SUKU BUTON (Studi Kasus Di Kecamatan Talaga Raya Kabupaten Buton) Mahrudin Mahrudin
Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Vol 8, No. 1 Mei 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.743 KB) | DOI: 10.31332/ai.v8i1.91

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi sosial dan budayaantar Suku Pengembara Laut (Suku Bajo) dengan Masyarakat Pesisir SukuButon. Integrasi sosial dan budaya yang dimaksud adalah adanyakerjasama dari seluruh anggota masyarakat, mulai dari individu, keluarga,lembaga-lembaga dan masyarakat secara keseluruhan. Sehinggamenghasilkan persenyawaan-persenyawaan, berupa adanya konsensusnilai-nilai yang sama dijunjung tinggi. Metode penelitian yang digunakanadalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitiandeskriptif. Cara pengumpulan data melalui observasi, wawancara dandokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi antara ke dua sukuini terbentuk karena bererapa faktor yaitu Terjadinya Perkawinancampuran, Integrasi Atas Dasar Ketergantungan Ekonomi, dan AdanyaRasa Toleransi. Selain beberapa faktor di atas, integrasi antara sukupengembara laut dengan masyarakat pesisir suku buton di kecamatantalaga raya di dorong pula oleh faktor Bahasa, Adat Istiadat dan tradisikeagamaan.Untuk menciptakan kuatnya integrasi Suku Bajo dan MasyarakatPesisir Suku Buton, maka pemerintah daerah bersama aparat pemerintah ditingkat Kecamatan Talaga Raya dapat melibatkan suku bajo dalam prosespembangunan, maupun kegiatan sosial kemasyarakatan. Dengan demikianperilaku kebersamaan yang telah ada dapat dipertahankan sehingga konflik antara etnis yang terjadi di tempat lain tidak terjadi di Kecamatan Talaga Raya.Kata Kunci : Integrasi, Sosial, Budaya
IMPLIKASI PENGGUNAAN BAHASA GAUL TERHADAP PEMAKAIAN BAHASA INDONESIA DI KALANGAN SISWA SMAN 3 KENDARI Fahmi Gunawan
Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Vol 8, No. 1 Mei 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.322 KB) | DOI: 10.31332/ai.v8i1.87

Abstract

Fenomena bahasa gaul dewasa ini sungguh tidak dapat dihindarkanlagi. Fenomena ini disebabkan oleh perkembangan gaya komunikasigenerasi muda yang telah menembus sekat ruang dan waktu. Tulisan inimembahas Implikasi Penggunaan Bahasa Gaul terhadap PemakaianBahasa Indonesia di Kalangan Siswa SMAN 3 Kendari. Sumber datadiperoleh dari tuturan verbal siswa yang aktif menulis di ruangcyberspace. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan bahasa gaulitu telah mempengaruhi pemakaian ragam tulis bahasa Indonesia mereka.Pengaruh itu dapat dilihat dari penggunaan kata sandang bahasa daerah,tanda baca khusus dan penggunaan sistem morfologi tertentu.Kata Kunci : Pengaruh Bahasa Gaul, Pemakaian BahasaIndonesia.
POLA DAKWAH YANG DIKEMBANGKAN PADA MASYARAKAT ETNIS MUSLIM BALI DI DESA SULEMANDARA KECAMATAN PONDIDAHA KABUPATEN KONAWE Mansur Mansur
Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Vol 8, No. 1 Mei 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.389 KB) | DOI: 10.31332/ai.v8i1.92

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pola dakwah yang dikembangkanpada masyarakat etnis muslim Bali di Desa Sulemandara KecamatanPondidaha Kabupaten Konawe. Adapun rumusan masalahnya adalah:1) bagaimana pola dakwah yang dikembangkan pada masyarakat etnismuslim Bali di Desa Sulemandara Kecamatan Pondidaha KabupatenKonawe; 2) Bagaimana upaya-upaya yang dilakukan dalammentransformasi nilai-nilai Islam pada masyarakat etnis muslim Bali diDesa Sulemandara Kecamatan Pondidaha Kabupaten Konawe.Untuk menjawab masalah penelitian ini, peneliti menggunakanjenis penelitian kualitatif. Data-data dikumpulkan dengan menggunakanteknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Setelah datadikumpulkan maka dilakukan analisis dengan menggunakan model Milesdan Humerman yang meliputi tiga tahap: reduksi, display, dan verifikasi.Penelitian ini menyimpulkan bahwa “Pola dakwah yangdikembangkan pada masyarakat muslim etnis Bali di Desa SulemandaraKecamatan Pondidaha Kabupaten Konawe adalah pola ceramah.Efektifitas pola ceramah dinilai memiliki banyak kelemahan sehinggadikembangkan pola dialog terhadap tema-tema aktual yang meliputikeseharian masyarakat. Upaya tranformasi nilai-nilai keagamaan kepadaanak muslim etnis Bali di Desa Sulemandara Kecamatan PondidahaKabupaten Konawe dilakukan dengan beberapa cara : 1. Pengajian dasar;2. Pengajian majelis taklim (laki-laki dan perempuan); 3. Pengajian kitabkuning; 4. Pengiriman anak mereka menuntut ilmu di lembaga pendidikanIslam; 5. Melalui kesenian Islami (hadrah)”.Kata Kunci : Pola Dakwah, Etnis Muslim Bali, Metode

Page 1 of 2 | Total Record : 12