cover
Contact Name
Saepul Bahri
Contact Email
lppm.antarbangsa@gmail.com
Phone
+628811372400
Journal Mail Official
lppm@antarbangsa.ac.id
Editorial Address
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21 Jl. HOS Cokroaminoto Karang Tengah, Ciledug Tangerang 15157, Banten call center: Telp. 021-50986099 WA: 0821-1717-1441
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Teknik Informatika STMIK Antar Bangsa
ISSN : 24422444     EISSN : 26153459     DOI : doi.org/10.51998/jti.v7i1
Core Subject : Science,
Jurnal Teknik Informatika (JTI) STMIK Antar Bangsa merupakan kumpulan artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika STMIK Antar Bangsa. Jurnal yang terbit dalam dua periode per Tahun ini berisi artikel ilmiah yang meliputi tema : Jaringan (Networking), Aplikasi Sains, Animasi / Multimedia Interaktif, Pengolahan Citra, Sistem Pakar, Sistem Penunjang Keputusan, Soft/Mobile Computing. Jurnal ini berisi pokok-pokok permasalahan dalam kerangka pengembangan secara teoritis maupun dalam bentuk implementasi.
Arjuna Subject : -
Articles 304 Documents
PERBANDINGAN KRITERIA METODE AHP DAN ANP UNTUK MENENTUKAN PEMBELIAN MOBIL LOW COST GREEN CAR (LCGC) Kasoni, Dian
Jurnal Teknik Informatika Vol. 2 No. 1 (2016): JTI Periode Februari 2016
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51998/jti.v2i1.1

Abstract

Abstract — The model criteria for car Low cost green car is very importants because error in determining the criteria error, then needed a modek criteria by using methodology based computing processes. In the reserch are discussed comparison between AHP and ANP to test models of the message. Model car buying Low Cost determination criteria for Green Car consists of six criteria, namely price, ,carBody, customer care,fuel, security and safety features, Accessories and sub criteria on the purchase price, discount, the cost of a regular service, the rate of price increase/sales, aerodynamic, number of seat, choice of colors, the willingness of  the crane network workshop, official response of the consumer insurance, fuel use emissions, Imobilizer , seat bealts,  electric power steering,ac,Gear Shift indicator, power window and eco indicator of subkriteria above, the criteria and the results obtained showed the kind of car Toyota Agya was chosen as the first stage andthe next rank of each is Dayhatsu Ayla, Honda Brio, Nissan Datsun, Suzuki wagon,car choice for election error Low Cost Green Car for The Criteria of AHP and ANP was 0.078%  for AHP and ANP to 0.077%.Intisari — Model kriteria untuk pembelian mobil Low Cost Green Car sangat penting karena kesalahan dalam menentukan kriteria berakibatkan fatal, Maka diperlukan suatu model kriteria dengan menggunakan metodologi berbasis proses komputasi. Dalam penelitian ini dibahas perbandingan antara AHP dan ANP untuk menguji model kriterianya. Model kriteria penentuan pembelian mobil Low Cost Green Car terdiri dari enam kriteria yaitu harga, Body mobil, customer Care, Bahan Bakar, fitur keamanan dan keselamatan, Accessories dan sub kriteria harga beli,potongan diskon, biaya service rutin, tingkat kenaikan harga/purna jual, aerodinamis, jumlah seat, pilihan warna, kesediaan Derek, jaringan bengkel resmi, respon pada konsumen, asuransi, penggunaan bahan bakar, emisi gas buang, Imobilizer, seat bealts, electric power steering, Ac, Gear Shift indicator, power window dan eco indicator dari kriteria dan subkriteria diatas maka hasil yang diperoleh menunjukan  mobil jenis Toyota Agya dipilih sebagai peringkat pertama dan peringkat berikutnya masing-masing adalah Dayhatsu Ayla,Honda Brio, Nissan Datsun, Suzuki wagon. Kesalahan pemilihan untuk pemilihann Mobil Low Cost Green Car untuk kriteria AHP dan ANP adalah 0.078% untuk AHP dan 0.077 untuk ANP.Kata Kunci — Mobil Low Cost Green Car, Super Decision, sistem pembelian mobil LCGC, mobil murah
PREDIKSI KELAHIRAN BAYI SECARA PREMATUR DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA C.45 BERBASIS PARTICLE SWARM OPTIMIZATION Puspita, Ari
Jurnal Teknik Informatika Vol. 2 No. 1 (2016): JTI Periode Februari 2016
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51998/jti.v2i1.2

Abstract

Abstract - Preterm labor can happen when pregnancy has not entered the 37th week, or three weeks or more before the birth day forecast (HPL). Babies who are born prematurely usually weigh less than 2.5 kilograms it is that causes the body's organs are not functioning properly infants can suffer from a variety of more serious health problems than babies who were born on schedule birth. Until now, there are some cases of premature labor of unknown cause. There are several factors and health problems that can trigger preterm labor that mothers who do not exercise, smoking, history of pregnancy, fetal condition, psychological condition. To the authors intend to make a research on how to predict a patient who will give birth prematurely. After testing the algorithm C4.5 models that the results obtained are C4.5 algorithm produces a value of  93.60% accuracy and AUC value of 0.946 to the level of diagnostics Excellent Classification. But after namely, the addition of C4.5 algorithm based particle swarm optimization accuracy rate of 96.00% and the AUC value of 0.967 with a diagnosis rate Excellent Classification. So that both methods have tingkar difference in the amount of 2.4% accuracy.Intisari – Persalinan prematur bisa terjadi ketika kehamilan belum memasuki minggu ke-37, atau tiga minggu atau lebih sebelum perkiraan hari lahir (HPL). Bayi yang lahir prematur biasanya kurang dari 2,5 kilogram itu yang menyebabkan organ tubuh tidak berfungsi dengan baik bayi bisa menderita berbagai masalah kesehatan yang lebih serius daripada bayi yang lahir pada jadwal kelahiran. Hingga saat ini, ada beberapa kasus persalinan prematur penyebabnya tidak diketahui. Ada beberapa faktor dan masalah kesehatan yang dapat memicu persalinan prematur bahwa ibu yang tidak berolahraga, merokok, riwayat kehamilan, kondisi janin, kondisi psikologis. Untuk itu penulis bermaksud untuk melakukan penelitian tentang bagaimana untuk memprediksi pasien yang akan melahirkan prematur. Setelah menguji model algoritma C4.5 bahwa hasil yang didapatkan algoritma C4.5 menghasilkan nilai akurasi 93.60% dan nilai AUC 0,946 dengan tingkat diagnosa Klasifikasi sangat baik. Tapi setelah yaitu penambahan partikel swarm tingkat algoritma C4.5 berdasarkan optimasi akurasi 96.00% dan nilai AUC 0,967 dengan tingkat diagnosis yang sangat baik Klasifikasi. Sehingga kedua metode memiliki tingkar perbedaan jumlah akurasi 2,4%.Keywords: Preterm, C4.5 Algorithm, Particle Swarm Optimization, Pregnancy
MULTIMEDIA INTERAKTIF PENGENALAN BENDA – BENDA DI SEKITAR KELAS DALAM BAHASA INGGRIS UNTUK KELAS 1 SD Musthoharin, Musthoharin
Jurnal Teknik Informatika Vol. 2 No. 1 (2016): JTI Periode Februari 2016
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51998/jti.v2i1.3

Abstract

Abstract - Able to speak English is one of the important things, because it is the international language. It is necessary in order to grow early on to master the English language at an early age so that children get used to and understand the English language. purpose of making multimedia is an exciting multimedia show which can be used to facilitate the understanding of the children in learning English and as a means of socialization on all parties concerned. The method used in the manufacture of multimedia are the libraries, analysis, planning, designing, programming, system testing, and implementation. After doing all the process and ending with testing and implemtasi, introduction interactive multimedia objects - objects around the classroom in English can be an attractive alternative for the child's learning.Intisari - Mampu berbahasa Inggris adalah salah satu hal penting, karena merupakan bahasa Internasional. Maka perlu di tumbuhkan sejak dini untuk bisa menguasai bahasa tersebut sehingga pada usia dini atau sekolah dasar anak terbiasa dan dengan mudah memahami bahasa inggris.Tujuan dari pembuatan multimedia ini adalah menyampaikan aplikasi multimedia yang menarik yang bisa digunakan untuk memudahkan pemahaman anak-anak khususnya belajar bahasa inggris dan sebagai sarana sosialisasi multimedia pada semua pihak yang ada. Metode yang digunakan dalam pembuatan multimedia ini adalah pustaka, analisis, perencanaan, perancangan, pemograman, uji coba sistem, dan implementasi. Setelah menjalani semua proses yang diakhiri dengan testing dan implemtasi, multimedia interaktif pengenalan benda - benda di sekitar kelas dalam bahasa inggris dapat menjadi alternatif pembelajaran bagi anak yang menarik.Kata Kunci : Animasi, Multimedia Interaktif, Bahasa Inggris
KNOWLEDGE SHARING PEMECAHAN SOAL FISIKA BERBASIS SMARTPHONE ANDROID DI BIMBINGAN BELAJAR SCIENCE CENTRE TANGERANG Susila, Mochamad Nandi
Jurnal Teknik Informatika Vol. 2 No. 1 (2016): JTI Periode Februari 2016
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51998/jti.v2i1.4

Abstract

Abstract—Non formal education institutions, is currently a backup students in getting the knowledge. Bimbingan Belajar Best Science Centre Tangerang is the object in this research. The purpose of this research is to build applications that can provide ease in sharing knowledge between tentor and students in answering a question of physics. The author uses a method that is the strategic steps of amrit tiwana in The Four Phase of the 10- step KM Roadmap. To find out which objects have a default knowledge enterprise deployment of questionnaires using the framework MAKE the testing stages, using the concept of Software Quality Assurance, data processing assisted with likert scale. The result of this research, obtained results recap the entire questionnaire that is being processed on the range with Good results, and can be drawn the conclusion that the prototype made can provide ease in sharing knowledge about solving a physics problem. This prototype use android-based smartphone. Intisari—Lembaga pendidikan non formal saat ini menjadi backup siswa dalam mendapatkan ilmu pengetahuan. Bimbingan Belajar Best Science Centre Tangerang menjadi objek dalam penelitian ini. Sedangkan, tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi yang dapat memberikan kemudahan dalam berbagi pengetahuan, khususnya antara tentor dan siswa dalam menjawab pertanyaan seputar soal fisika. Penulis menggunakan metode yang merupakan  angkahlangkah stratejik dari amrit tiwana dalam The Four Phase of the 10-step KM Roadmap. Untuk mengetahui objek penelitian memiliki standar agar dapat disebut sebagai knowledge enterprise dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan kerangka MAKE, sedangkan tahapan pengujian penulis menggunakan konsep Software Quality Assurance, serta pengolahan data kuesioner dibantu dengan skala likert. Hasil dari penelitian ini, yaitu, didapatkan rekapitulasi hasil seluruh kuesioner yang diolah berada pada range dengan hasil Baik dan dapat ditarik kesimpulan bahwa prototipe yang dibuat dapat memberikan kemudahan dalam berbagi pengetahuan mengenai pemecahan soal Fisika. Prototipe yang dibangun menggunakan basis smartphone android.  Kata Kunci—Knowledge Sharing, physics problem solving, Android Application
PREDIKSI PENYAKIT DIA BETES MELLITUS DENGAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE BERBASIS PARTICLE SWARM OPTIMIZATION Handayanna, Frisma
Jurnal Teknik Informatika Vol. 2 No. 1 (2016): JTI Periode Februari 2016
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51998/jti.v2i1.5

Abstract

Abstract—Diabetes at this time has increased the number of its patient. Diabetes is a disease that can cause complications even can causes death. In this research made model algorithm Support Vector Machines and model algorithm Support Vector Machines based on Particle Swarm Optimization to get the rule to predict the disease diabetes and give a more accurate value of the accuracy. Because there are still a lot of research using Support Vector Machines in predicting diabetes but the accuracy of the resulting value is still less accurate.. After the testing with two models that Support Vector Machines algorithms and Support Vector Machines based on Particle Swarm Optimization and so test the results are by using Support Vector Machines are get accuracy values 74.21% and AUC values was 0.758, while testing by Support Vector Machines based particle swarm optimization are get value accuracy 77.36 % and value AUC is 0.765 to level diagnose good classification. The two this method having the different levels of accuracy is as much as 3.15 % and the difference in value AUC of 0,017.Intisari—Penyakit diabetes saat ini semakin lama semakin meningkat jumlah penderitanya. Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi bahkan dapat menyebabkan  kematian. Dalam penelitian ini dibuatkan model algoritma Support  Vector Machines dan model algoritma Suppor Vector Machines berbasis Particle Swarm Optimization untuk mendapatkan rule dalam memprediksi penyakit diabetes dan memberikan nilai akurasi yang lebih akurat. Dikarenakan masih banyak penelitian yang menggunakan metode Support  Vector Machines dalam memprediksi penyakit diabetes tetapi nilai akurasi yang dihasilkan masih kurang akurat.  Setelah dilakukan pengujian dengan dua model yaitu Algoritma Support  Vector Machines dan Support Vector Machines berbasis Particle Swarm Optimization maka hasil yang didapat adalah algoritma sehingga didapat pengujian dengan menggunakan Support Vector Machines dimana didapat nilai accuracy adalah 74.21% dan nilai AUC adalah 0.758, sedangkan pengujian dengan menggunakan Support Vector Machines berbasis Particle Swarm Optimization didapatkan nilai accuracy 77.36% dan nilai AUC adalah 0.765 dengan tingkat diagnosa good classification. Sehingga kedua metode tersebut memiliki perbedaan tingkat akurasi yaitu sebesar 3.15% dan perbedaan nilai AUC sebesar 0,017.Kata Kunci— Diabetes, Particle Swarm Optimization, Support Vector Machine.
PERANCANGAN JARINGAN WIRELESS DI PPPA DAARUL QUR’AN MENGGNAKAN MIKROTIK ROUTER OS Minarsih, Minarsih
Jurnal Teknik Informatika Vol. 2 No. 1 (2016): JTI Periode Februari 2016
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51998/jti.v2i1.6

Abstract

Abstrak - PPPA Daarul Quran is a management institutions alms which there are many pilgrims and donor databases that must be kept confidential. It required a secure wireless network. Wireless networks are also needed to access social media as a means of preaching. It often happens that a slow internet connection due to the incompatibility of the amount of usage with available bandwidth so that the work be delayed. It required a wireless network with a bandwidth corresponding to the number of users. In the design of wireless networks, the writer will use the Mikrotik Router OS for network configuration. With Mikrotik Router, PC-based Intel / AMD is able to perform the functions of a router, firewall, bandwidth settings and many other functions. The author will set the bandwidth according to employee category according to the portion of employees work itself. The author will also use the User Login system for this wireless network security. Moreover, I also will implement Bypass system for computers connected by a cable. That way only people who are entitled to access the internet. Intisari - PPPA Daarul Quran adalah sebuah lembaga pengelola sedekah dimana didalamnya terdapat banyak database jamaah dan donatur yang harus dijaga kerahasiaannya. Untuk itu diperlukan jaringan wireless yang aman.  Jaringan wireless juga dibutuhkan untuk mengakses sosial media sebagai salah satu sarana berdakwah. Seringkali terjadi koneksi internet yang lambat karena tidak sesuainya jumlah pemakaian dengan bandwidth yang tersedia sehingga pekerjaan menjadi tertunda. Untuk itu diperlukan jaringan wireless dengan bandwidth yang sesuai dengan jumlah pemakai. Dalam perancangan jaringan wireless ini penulis akan menggunakan Mikrotik Router OS untuk konfigurasi jaringan. Dengan Mikrotik Router, PC berbasis intel/AMD mampu melakukan fungsi router, firewall, pengaturan bandwidth dan masih banyak fungsi lainnya. Penulis akan mengatur bandwidth sesuai dengan kategori karyawan sesuai porsi pekerjaan karyawan itu sendiri. Penulis juga akan menggunakan sistem Login User untuk keamanan jaringan wireless ini. Selain itu penulis juga akan menerapkan sistem Bypass untuk komputer yang tersambung dengan kabel. Dengan begitu hanya orang yang berhak saja yang bisa mengakses internet.Kata kunci : Wireless, Mikrotik, Router, Bandwidth
PERANCANGAN APLIKASI PERANGKAT AJAR ILMU TAJWID DASAR BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK SISWA SD DENGAN FLASH MACROMEDIA Sugiyarti, Nurma
Jurnal Teknik Informatika Vol. 2 No. 1 (2016): JTI Periode Februari 2016
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51998/jti.v2i1.7

Abstract

Abstrak - Tajweed Festive device applications is made with the initial idea to provide knowledge of how the law and how to read al-quran recitation right to use, because reading the Qur'an correctly that his law fardlu 'ain that every Muslim is obliged, without exception . Today a lot of people do not understand how to read the Qur'an in accordance with correct principles, to the need for early learning about recitation. Thus the authors are interested in creating learning applications recitation to help elementary school children in terms of learning tajweed with ease. Techniques of data collection using a literature or documentation, tool development using Waterfall model system.  With this application, it is expected to help the children to learn the science of recitation are easy and interesting. In this application there is an understanding of the science of recitation, (izh-har, idghaam, iqlaab, ikhfa)Intisari - aplikasi perangkat Festive tajwid dibuat dengan ide awal untuk memberikan pengetahuan tentang bagaimana hukum dan cara membaca al-quran yang tepat pembacaan untuk digunakan, karena membaca Alquran dengan benar bahwa fardlu hukumnya 'ain bahwa setiap Muslim wajib, tanpa kecuali . Hari ini banyak orang tidak mengerti bagaimana membaca Al-Qur'an sesuai dengan prinsip yang benar, untuk kebutuhan belajar awal tentang zikir. Maka dari itu penulis tertarik untuk membuat aplikasi pembelajaran resitasi untuk membantu anak-anak sekolah dasar dalam hal belajar tajwid dengan mudah. Teknik pengumpulan data menggunakan literatur atau dokumentasi, pengembangan alat menggunakan sistem model Waterfall. Dengan aplikasi ini, diharapkan untuk membantu anak-anak untuk belajar ilmu bacaan yang mudah dan menarik. Dalam aplikasi ini ada pemahaman tentang ilmu bacaan, (Izh-har, idghaam, iqlaab, ikhfa)Kata Kunci : Aplikasi, Ilmu Tajwid, Multimedia, Perangkat Ajar
MEDIA INTERAKTIF MENGENAL HEWAN DALAM BAHASA ARAB DI DAARUL QUR’AN I’DAAD PRIMARY SCHOOL FOR GIRL Nurasiah, Nunung; Prasetya, Mirza Ardian
Jurnal Teknik Informatika Vol. 2 No. 1 (2016): JTI Periode Februari 2016
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51998/jti.v2i1.8

Abstract

Abstract - Arabic is one of the two compulsory foreign languages learned in Boarding School Tahfidz Daarul Qur’an I’daad Primary School for Girls. Both used not only in daily conversation, also to understand the contents of the Qur'an. For that, it needs an effective and interesting learning Arabic to make it be easier to understood and liked by all the students who almost are children of elementary school age. Data collection methods in this study using field studies, which include observation and interviews, as well as literature. In building this system, the authors use an object-oriented system design. As for the design, the system used is a storyboard. The programming language used is Adobe Flash CS5 and Actionscript 3. With this interactive media, we expected to be much easier for teachers to teach and to help students understand the lesson, so that maximum learning objectives can achieved.  Intisari - Bahasa Arab merupakan salah satu dari dua bahasa asing yang wajib di pelajari di Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an I’daad Primary School for Girl. Digunakan baik dalam percakapan sehari-hari, juga untuk memahami isi kandungan Al-Qur’an. Untuk itulah, perlu pembelajaran yang efektif dan menarik agar Bahasa Arab lebih mudah untuk dipahami dan disukai oleh siswa yang semuanya adalah anak-anak usia SD. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi lapangan, yang meliputi: observasi dan wawancara, serta studi pustaka. Dalam membangun sistem ini, penulis menggunakan rancangan sistem berorientasi objek. Sedangkan untuk desain, sistem yang digunakan adalah storyboard. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Adobe Flash CS5 dan Actionscript 3. Dengan adanya media interaktif  ini, diharapkan agar bisa lebih memudahkan guru dalam mengajar dan juga untuk memudahkan siswa dalam memahami pelajaran, sehingga tujuan pembelajaran yang maksimal bisa tercapai. Kata kunci : Bahasa Arab, I’daad, Media Interaktif
PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN (Studi Kasus : Kelas XI SMK PGRI 35 Jakarta) Prabaningrum, Rara; Hati, Kusuma
Jurnal Teknik Informatika Vol. 2 No. 1 (2016): JTI Periode Februari 2016
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51998/jti.v2i1.9

Abstract

Abstract - Mandarin Language can be categorized as one of the world's most popular language, used in the Chinese, Taiwan, Hongkong, Singapore and other Asian countries. There are approximately 885 million people who speak Mandarin, which is the most common dialect. There are so many dialects of Mandarin, all different in pronunciation, but kamian Chinese character is the same.Recently Chinese's economic has growth rapidly and its trigger people to learn this language in order to involve in business activity, Therefore, the need for a system that can help users Mandarin as a foreign language especially the people of Indonesia, to learn basic Mandarin is good and true. This project aims to design a “Designing Interactive Animation Learning Mandarin Class XI of SMK PGRI 35 Jakarta” with multimedia facilities, such as images, animations, and sounds that can support the learning process.Intisari - Bahasa Mandarin dapat dikategorikan sebagai salah satu bahasa terpopuler di dunia, digunakan di Republik Rakyat China (RRC), Taiwan, Hongkong, Singapura, dan negara-negara Asia lainnya. Terdapat sekitar 885 juta orang yang menggunakan bahasa Mandarin, yang merupakan dialek yang paling umum. Banyak sekali dialek bahasa Mandarin, semuanya berbeda dalam pengucapan, tetapi kajian karakter Mandarin adalah sama. Pertumbuhan ekonomi RRC yang sedemikian pesat juga memicu semakin banyak orang untuk mempelajari bahasa ini agar bisa turut ambil bagian dalam setiap perkembangannya. Oleh sebab itu, perlu adanya suatu sistem yang mampu membantu pengguna bahasa Mandarin sebagai bahasa asing, khususnya orang Indonesia, untuk mempelajari bahasa Mandarin dasar yang baik dan benar. Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti membuat sistem dengan judul. “Perancangan Animasi Interaktif Bahasa Mandarin Kelas XI pada SMK PGRI 35 Jakarta” dengan fasilitas multimedia, seperti gambar, dan suara yang dapat mendukung proses pembelajaran.Kata Kunci: Animasi interaktif, Bahasa Mandarin, Pembelajaran
ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN HIJAB UNTUK PEMULA SEBAGAI MEDIA DAKWAH ISLAM Adityarini, Esthi; Syarifuddin, Syarifuddin
Jurnal Teknik Informatika Vol. 2 No. 1 (2016): JTI Periode Februari 2016
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51998/jti.v2i1.10

Abstract

Abstract - Requirement to cover nakedness is obligation given by Allah to the moeslim womens,  beside that they will not be distrubed by ignorant men. But now the current knowledge about hijab womens is lacking, and it’s less attention. Even tough in the Islamic knowledges nakedness cover is not only about hijab, but it’s also about everydah appearance and behavior. The purpose of making this application is to help sharing some information and knowledges as an Islamic propaganda media to them who are beginners into understanding the difference of the kinds of hijab. The used methods of this animation manufacture are libraries, interviews, planning, designs, programming, systems testing, implementation. After undergoin all the processes that ended by testing and implemtation, this interactive animation of hijab introduction can be used alternatif media for beginners as knowledges Islamic propaganda media. Intisari - Keharusan menggunakan penutup aurat adalah kewajiban yang diberikan oleh Allah kepada perempuan muslim, disamping agar mereka tidak diganggu oleh lelaki jahil. Namun saat ini pengetahuan perempuan-perampuan islam mengenai jilbab sangat kurang, dan hal ini kurang diperhatikan. Padahal dalam ilmu islam penutup aurat tidak terbatas pada jilbab saja, melainkan juga pada penampilan dan perilaku sehari-hari. Tujuan pembuatan aplikasi ini untuk membantu memberikan informasi dan sedikit pengetahuan sebagai media dakwah kepada mereka para pemula dalam memahami perbedaan jenis-jenis hijab. Metode yang digunakan dalam pembuatan animasi ini adalah pustaka, wawancara, analisis, perencanaan, perancangan, pemograman, uji coba sistem, dan implementasi. Setelah menjalani semua proses yang diakhiri dengan testing dan implemtasi, animasi interaktif pengenalan hijab ini  dapat digunakan menjadi media alternatif  bagi pemula sebagai pengetahuan dan media dakwah. Kata Kunci : Animasi Interaktif, Hijab, Media Dakwah

Page 1 of 31 | Total Record : 304